Kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 Tokopedia dan TikTok, Penjualan Brand Lokal Kecantikan dan Fashion Meningkat

Trenteknologi.com – Tokopedia dan TikTok bersinergi melalui kampanye “Beli Lokal” pada momen Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 yang lalu. Inisiatif ini didedikasikan untuk mendukung para pelaku usaha lokal, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), agar dapat meraih panggung lebih luas, khususnya selama Harbolnas 12.12, melalui platform aplikasi Tokopedia dan TikTok.

Tingginya antusiasme masyarakat terhadap kampanye “Beli Lokal,” terutama pada momen Harbolnas 12.12, memberikan dampak positif yang signifikan pada penjualan UMKM lokal.

Aditia Grasio Nelwan, Head of Communications Tokopedia, menyampaikan, “Tokopedia mencatat peningkatan transaksi yang cukup mencolok untuk sejumlah merek lokal di kategori kecantikan dan perawatan tubuh. Rata-rata kenaikan transaksi mencapai hampir 19 kali lipat, terutama selama kampanye Beli Lokal pada Harbolnas 12.12, dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.”

Tidak hanya itu, merek fesyen lokal di Tokopedia juga mengalami peningkatan transaksi signifikan, dengan rata-rata kenaikan lebih dari 13 kali lipat, terutama pada kampanye Beli Lokal di Harbolnas 12.12 dibandingkan dengan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023.

Secara keseluruhan, kategori produk yang menjadi favorit dalam kampanye Beli Lokal, terutama di Tokopedia selama Harbolnas 12.12, melibatkan Kecantikan, Perawatan Tubuh, Fashion, Makanan dan Minuman, serta Rumah Tangga. Sedangkan di TikTok, kategori tersebut didominasi oleh Kecantikan dan Perawatan Diri, Pakaian Wanita, Fashion Muslim, Pakaian Pria, serta Makanan dan Minuman.

BACA JUGA :  realme GT 6 Usung Layar 6000 Nits Pertama di Industri, New Flagship Killer Segera Hadir

Beberapa pelaku usaha di Tokopedia yang turut serta dalam kampanye “Beli Lokal” 12.12 mencatat peningkatan signifikan dalam penjualan mereka. Contohnya, merek seperti SAFF & Co., Aerostreet, dan INTHEBOX aktif menggunakan aplikasi TikTok untuk memperluas jangkauan pasar mereka di Indonesia.

Salah satu contoh kesuksesan adalah SAFF & Co., merek parfum lokal di Tokopedia, yang berhasil menciptakan wewangian eksklusif ‘Maleali’ selama Harbolnas 12.12. Produk ini sangat diminati karena karakter sweet dan woody yang unik.

Santi Tan, Co-Founder SAFF & Co., menyatakan, “Sebagai merek parfum lokal, SAFF & Co. terus mendapat dukungan positif dari Tokopedia dan TikTok, yang turut berkontribusi pada peningkatan penjualan kami. Pada Harbolnas 12.12, SAFF & Co. meluncurkan varian parfum SAFF & Co. ‘Maleali’ secara eksklusif dalam kampanye ‘Beli Lokal’ di Tokopedia. Maleali memiliki karakter sweet dan woody dengan sedikit aroma aromatic, diikuti oleh aroma creamy-woody dan dry down aroma sensual & comforting yang khas dari wangi patchouli Sulawesi.”

Dalam kategori fesyen dan sepatu, Aerostreet, merek lokal asal Klaten, Jawa Tengah, menceritakan perjalanan suksesnya. Dimulai dari penjualan sepatu sekolah pada tahun 2015, Adhitya Caesarico, pendiri Aerostreet, ingin menyediakan sepatu olahraga, sneakers, hingga sepatu formal buatan lokal yang berkualitas dengan harga terjangkau.

“Produk Aerostreet semakin beragam, mulai dari kaos, jeans, dan banyak lagi. Ini tak lepas dari kontribusi ribuan karyawan di Aerostreet. Prinsip kolaborasi yang erat selalu kami pegang teguh. Bergabung dengan Tokopedia sejak 2019 dan TikTok sejak 2022 membantu produk Aerostreet dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bahkan kampanye ‘Beli Lokal’ dari Tokopedia dan TikTok secara signifikan meningkatkan penjualan produk Aerostreet, terbukti dengan lonjakan penjualan yang cukup mencolok, terutama selama kampanye Beli Lokal di Tokopedia pada Harbolnas 12.12,” ungkap Adhitya.

BACA JUGA :  realme Buds T110 Hadir Sebagai TWS Tangguh dengan Sertifikasi IPX5

INTHEBOX, merek lokal di kategori Rumah Tangga di Tokopedia dan TikTok, membawa inovasi dengan kasur lipat. Berlokasi di Bandung, Jawa Barat, INTHEBOX memiliki pabrik yang mampu memberdayakan sekitar 500 karyawan.

“Memperkenalkan brand di awal bukanlah hal yang mudah. Keberadaan Tokopedia dan TikTok membantu kami membangun brand awareness. Bergabung dalam kampanye ‘Beli Lokal,’ INTHEBOX mengalami peningkatan penjualan lebih dari 7 kali lipat di Tokopedia, terutama selama Harbolnas 12.12, dibandingkan rata-rata transaksi harian di bulan November 2023. Selain itu, penjualan di TikTok juga meningkat lebih dari 3 kali lipat dibandingkan bulan September 2023,” kata Feiko Revoliady Robin, Public Relations INTHEBOX (PT Duta Mas Mandiri).

Salah satu keunggulan produk INTHEBOX adalah kasur lipat inovatif yang dikemas dalam ukuran kecil, sangat relevan untuk konsumen dengan rumah berukuran kecil. Setelah kasur dikeluarkan dari kotak, perlahan-lahan kasur akan mengembang, menghadirkan kenyamanan dan kemudahan untuk konsumen.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

DeepL Pro Resmi Hadir di Indonesia, Siap Bawa Bisnis Lokal ke Kancah Global

Next Post

TikTok Berkomitmen Jaga Integritas Pemilu di Indonesia, Melalui Kampanye #SalingJaga

Related Posts
Total
0
Share