TikTok Berkomitmen Jaga Integritas Pemilu di Indonesia, Melalui Kampanye #SalingJaga

Trenteknologi.com – Menyambut pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Indonesia, platform distribusi konten video terdepan, TikTok, berkomitmen penuh untuk melindungi integritas platformnya, khususnya dalam konteks Pemilu. Sebagai platform yang inklusif, TikTok ingin semua orang merasa yakin bahwa mereka dapat mengakses informasi yang dapat dipercaya, menemukan konten asli, dan berinteraksi dengan orang-orang autentik. Hal ini merupakan landasan penting untuk membangun komunitas yang dapat dipercaya dan memiliki akuntabilitas baik di dalam TikTok maupun di luar platform.

Untuk memastikan agar platform ini terus menjadi tempat untuk menyatukan masyarakat dengan konten kreatif dan menghibur, TikTok terus bekerja keras untuk menjaga platformnya dari misinformasi berbahaya dan pelanggaran kebijakan lainnya. Inilah sebabnya kami terus menegakkan kebijakan dalam aplikasi secara ketat dan holistik untuk membantu menjaga integritas pemilu.

Sebagai bagian dari inisiatif proaktif untuk melindungi integritas pemilu dan komunitas TikTok di Indonesia, TikTok Indonesia telah meluncurkan Pusat Panduan Pemilu 2024 di penghujung tahun 2023 lalu. Pusat Panduan Pemilu merupakan sebuah hub khusus di dalam platform TikTok yang menyajikan informasi kredibel dan otoritatif seputar Pemilu di Indonesia. Ketersediaan informasi di Pusat Panduan Pemilu 2024 ini didukung oleh sejumlah institusi dan organisasi yang fokus menjaga dan memantau pelaksanaan demokrasi dan Pemilu di Indonesia, seperti Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem), dan Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).

BACA JUGA :  realme Narzo N65 5G Segera Dirilis, Bakal Ditenagai dengan MediaTek Dimensity 6300

TikTok juga meluncurkan kampanye bertajuk #SalingJaga yang menekankan pentingnya keterlibatan komunitas dalam melawan penyebaran misinformasi. Kampanye #SalingJaga mendorong pengguna untuk secara aktif membentuk ruang digital yang aman dan mengambil kendali atas informasi yang mereka terima.

Selain menyediakan akses bagi para pengguna dan komunitas untuk mendapatkan informasi kredibel seputar Pemilu 2024 di dalam aplikasi, TikTok juga mengajak para komunitas dan pengguna di Indonesia untuk berbagi cara kreatif menjaga penyebaran informasi tetap aman melalui hashtag challenge bertajuk #SalingJaga yang berlangsung mulai dari 28 November hingga 31 Desember 2023. TikTok juga menggandeng kreator dan para ahli dari Aliansi Jurnalis Indonesia (AJI), ECPAT Indonesia, dan Perludem melalui sesi LIVE sebagai bagian dari kampanye #SalingJaga untuk meningkatkan kesadaran komunitas pengguna tentang bahaya misinformasi, memberikan edukasi kepada pemilih, dan mendorong pembuatan konten yang bertanggung jawab terutama bagi generasi muda.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Kampanye ‘Beli Lokal’ 12.12 Tokopedia dan TikTok, Penjualan Brand Lokal Kecantikan dan Fashion Meningkat

Next Post

realme C51 Semakin Terjangkau, Turun Harga Mulai dari Rp1.399.000

Related Posts
Total
0
Share