Connect with us

Berita

Kejahatan Siber di Tahun 2017, Hacker Berhasil Mencuri Uang Total Rp. 2.390

Published

on

Trenteknologi.com – Konsumen di seluruh dunia selalu merasa dirinya aman saat menggunakan internet setiap harinya, namun menurut Laporan yang dibuat oleh Norton Cyber Security Insights 2017 ternyata disaat yang bersamaan para hacker berhasil mencuri uang dengan total nominal hingga 172 miliar dollar AS yang berasal dari 978 juta konsumen di 20 negara pada tahun 2017 lalu.

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan sebagian besar pengguna internet tidak cukup memiliki pengetahuan mengenai dasar-dasar tentang keamanan siber. Sebagai contoh yang paling sering terjadi sehingga kejahatan siber dapat terjadi adalah konsumen selalu menggunakan kata sandi yang sama di setiap akunnya. Terhitung 39% orang yang pernah menjadi korban kejahatan siber, selalu merasa percaya diri bahwa mereka saat ini telah mampu melindungi data dan informasi pribadi dan 33% korban percaya bahwa setelah menjadi korban kejahatan siber, mereka akan memiliki resiko yang kecil untuk menjadi korban untuk kesekian kalinya.

Laporan Internet Security Threat Reports (ISTR) ke-23 baru-baru ini menyebutkan bahwa profitabilitas ransomware pada tahun 2016 menjadikannya pasar yang menarik dengan permintaan tebusan yang terlalu mahal. Namun pada tahun 2017, ‘pasar’ ransomware melakukan perubahan dengan lebih sedikit jenis ransomware dan permintaan tebusan yang lebih rendah. Sementara itu, ancaman di ranah mobile terus bertumbuh dari tahun ke tahun. Tahun lalu, rata-rata 24.000 aplikasi mobile berbahaya diblokir setiap hari.

Khusus untuk pengguna internet di Indonesia, telah terhitung kurang lebih 78% dari 1.336 pengguna mengaku pernah menjadi korban kejahatan siber dengan kerugian total mencapai 35 ribu dolar AS. Pelaku kejahatan sebagian besar bermotif finansial, mereka mencuri uang dengan cara menggunakan ransomware, penipuan bank, dan serangan spear phising di industry jasa keuangan. Menurut ISTR, tampaknya terjadi peningkatan sebesar 1,29% pada tahun 2016 menjadi 1,67% di tahun 2017 dalam jumlah malware, spam, host phising, bot, serangan jaringan, ransomware, dan cryptominer.

Menurut laporan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), pada tahun 2017 lalu telah terjadi kurang lebih 205 juta serangan siber di Indonesia. Dengan jumlah serangan siber yang cukup besar tersebut, total di tahun 2017 Indonesia telah menangkap setidaknya 153 warga negara asing yang menjalankan sindikat penipuan online di Indonesia. Dan BSSN menghimbau kepada masyarakat pengguna internet di Indonesia untuk lebih bijak dan cerdas dalam menggunakan internet.

“Tindakan konsumen mengungkapkan suatu kejanggalan yang berbahaya: Meskipun terjadi gelombang rentetan kejahatan siber yang stabil yang dilaporkan oleh media, terlalu banyak orang tampaknya merasa kebal dan tidak mengambil tindakan pencegahan dasar untuk melindungi diri mereka sendiri. Kejanggalan ini menyoroti kebutuhan akan keamanan digital konsumen dan pentingnya konsumen untuk mengerti dasar-dasar keamanan guna mencegah kejahatan siber,” ujar Chee Choon Hong, Director, Asia Consumer Business, Symantec.

 

Orang Indonesia Menerapkan Langkah-Langkah Keamanan Siber, Namun Membiarkan Pintu Virtual Mereka Tidak Terkunci

Konsumen yang disurvei menggunakan teknologi perlindungan perangkat seperti ID sidik jari, pencocokan pola dan pengenalan wajah, di mana 40% menggunakan ID sidik jari, 34% menggunakan pencocokan pola, 23% menggunakan VPN pribadi, 10% menggunakan ID suara, 18% menggunakan otentikasi dua faktor dan 15% menggunakan pengenalan wajah. Namun, konsumen yang mengadopsi teknologi-teknologi tersebut masih kerap menggunakan password yang lemah dan menjadi korban kejahatan siber.

 

  • Konsumen menyatakan percaya diri, namun mereka lebih rentan terhadap serangan karena mereka melindungi banyak perangkat dan layanan yang lebih baru. Sebanyak 9% orang Indonesia yang disurvei yang menjadi korban kejahatan siber memiliki perangkat pintar untuk mengakses konten daring/streaming, dibandingkan dengan sekitar 91% yang bukan merupakan korban. Mereka juga tiga kali lebih mungkin untuk memiliki perangkat rumah yang terhubung.

 

  • Meskipun mengalami tindak kejahatan siber dalam satu tahun terakhir, 20% korban yang disurvei menggunakan password online yang sama untuk beberapa akun dan 58% berbagi kata sandi mereka setidaknya untuk satu perangkat atau satu akun kepada orang lain sehingga meniadakan upaya keamanan. Sebagai perbandingan, hanya 16% responden yang bukan merupakan korban kejahatan siber yang menggunakan kembali kata sandi mereka dan 33% berbagi kata sandi dengan orang lain. Selain itu, 34% responden menulis kata sandi mereka di selembar kertas dan 19% menggunakan kata sandi yang berbeda dan menyimpan kata sandi tersebut ke dalam file di komputer/ponsel cerdas mereka dibandingkan dengan 12% responden yang bukan korban yang juga melakukan hal yang sama.

 

Batasan-Batasan Konsumen Menjadi Kabur Antara Kejahatan Dunia Maya dan “Kehidupan Nyata”

Sebanyak 79% konsumen Indonesia yang disurvei menyakini bahwa kejahatan dunia maya harus diperlakukan sebagai tindakan kriminal. Namun, ketika hal itu ditekankan, kontradiksi pun muncul. Hampir satu dari empat orang percaya bahwa mencuri informasi online tidak seburuk mencuri barang di ‘kehidupan nyata.’ Ketika diberi contoh-contoh kejahatan siber, 52% konsumen percaya bahwa melakukan perilaku-perilaku online yang secara moral patut dipertanyakan dalam beberapa kasus tertentu terkadang dapat diterima, seperti membaca email orang lain (30%), menggunakan email palsu atau email orang lain sebagai identitas pribadi secara online (29%), dan bahkan mengakses akun keuangan seseorang tanpa izin mereka (16%).

 

Kondisi Kepercayaan Konsumen

Terlepas dari serangan-serangan siber yang terjadi tahun ini, orang Indonesia pada umumnya terus mempercayai lembaga yang mengelola data dan informasi pribadi mereka. Namun, mereka tidak mempercayai beberapa lembaga dan organisasi.

 

  • Survei menemukan bahwa konsumen memberi atau mempertahankan kepercayaan pada organisasi-organisasi seperti bank dan lembaga keuangan (43%), dan penyedia layanan perlindungan pencurian identitas (34%) meskipun terjadi serangan-serangan atas organisasi-organisasi tersebut yang menjadi berita utama tahun ini.
  • Sebanyak 20% responden kehilangan kepercayaan pada platform media sosial.
  • Survei juga menemukan bahwa lebih dari separuh (53%) korban kejahatan siber di Indonesia merasa percaya diri pada kemampuan mereka untuk mengelola data dan informasi pribadi mereka sendiri.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Redmi Note 7 Resmi Dirilis, Ini Dia Keunggulannya !

Published

on

Trenteknologi.com – Yang ditunggu-tunggu oleh para Mi Fans di Indonesia akhirnya diwujudkan oleh Xiaomi Indonesia yaitu meluncurkan smartphone Redmi Note 7. Salah satu yang berbeda dari peluncuran kali ini adalah, ini pertama kalinya Redmi meluncurkan smartphone dengan nama sendiri setelah Redmi berpisah dengan Xiaomi dan menjadi sub-brand dari Xiaomi.

“Xiaomi sangat antusias untuk meluncurkan model terbaru dari seri Redmi Note, Redmi Note 7 di Indonesia untuk menjawab permintaan konsumen yang tinggi akan smartphone yang memiliki performa yang luar biasa dengan harga yang sangat kompetitif. Redmi Note telah dikenal sebagai lini produk dari Xiaomi yang menawarkan smartphone dengan harga yang paling kompetitif; berkualitas tinggi, dan memiliki kinerja yang tangguh untuk para konsumen. Kehadiran Redmi Note 7 di Indonesia diharapkan dapat memastikan seluruh pengguna dapat merasakan teknologi dan inovasi yang menawan dengan harga yang sangat terjangkau, ujar Steven Shi, Head of Southeast Asia, Country Head, Xiaomi Indonesia.”

Dirancang Menjadi Smartphone Yang Tangguh dan Dapat Diandalkan

Redmi Note 7 dirancang untuk dapat diandalkan dalam berbagai kondisi, seri ini telah menggunakan Gorilla® Glass 5 di bagian depan dan belakang, membuatnya tahan terhadap kerusakan jika jatuh. Pada pinggiran nya, Redmi Note 7 juga telah diperkuat untuk meningkatkan daya tahannya.

 

 

Selain itu, seri ini juga telah didukung  dengan P2i Spalsh-Proff yang membuatnya lebih andal terhadap tumpahan air yang tidak disengaja serta tombol dan port yang juga dilengkapi dengan segel kedap air untuk mengurangi dampak percikan air yang masuk ke dalam ponsel pada saat penggunaan sehari-hari.

Performa Luar Biasa dengan Prosesor Qualcomm® Snapdragon™ 660 AIE

Untuk memberikan perfoma yang luar biasa, Redmi Note 7 dibekali dengan chipset Qualcomm® Snapdragon™ 660 AIE SoC, dengan kecepatan clock-speed maksimum 2,2 GHz, yang akan menghasilkan performa luar biasa pada saat bermain game dan pengaturan data.

Redmi Note 7 membawa tradisi Redmi yang dikenal memiliki ketahanan baterai luar biasa dengan keunggulan kapasitas 4.000mAh– yang dapat bertahan lebih dari satu hari untuk hampir seluruh pengguna. Pengisian daya baterai menggunakan USB tipe-C juga akan lebih cepat karena teknologi dari Qualcomm® Quick Charge™ 4.

Layar Besar dan Kuat dengan Lapisan Corning® Gorilla® Glass 5

Salah satu hal yang paling spesial dari Redmi Note 7 ini adalah adanya perubahan yang besar dari segi desain yang menampilkan gaya premium dengan bagian depan dan belakang yang dilapisi bahan Corning® Gorilla® Glass 5.

Memiliki layar berponi Dot Drop dengan screen-to-body ratio 19,5:9 berukuran 6,3 inci diagonal yang menawan serta memiliki FHD+ beresolusi 2380 x 1080. Redmi Note 7 juga dilengkapi dengan kerapatan piksel yang tinggi dan warna yang sangat akurat (84% NTSC color gamut) menghadirkan salah satu pengalaman visual terbaik di kelas nya.

Kamera Beresolusi 48 MP Yang Dapat Menghasilkan Kualitas Foto Terbaik pada Saat Low Light

Lalu di sektor kamera, Redmi Note 7 menggunakan sensor CMOS Samsung ISOCELL GM1 dengan resolusi 48 mega piksel. Saat mengambil gambar, Redmi Note 7 menggunakan teknologi Tetracell Samsung yang menggabungkan empat piksel yang menjadi satu piksel besar 1,6 μm. Hal tersebut dapat meningkatkan sensitivitas cahaya dan membuat gambar 12MP yang dihasilkan menjadi lebih terang dan jelas, bahkan dalam kondisi sedikit cahaya.

Selain itu, Xiaomi menggabungkan kamera Redmi Note 7 dengan fitur AI terbaru, termasuk fitur night mode yang pernah diperkenalkan bersama dengan produk flagship Xiaomi, yaitu Mi MIX 3, serta AI Scene Detection, AI Beautify, dan AI Portrait yang membuat pengguna dapat menghasilkan gambar yang menakjubkan dengan sangat mudah.

Garansi 18 Bulan
Redmi Note 7 akan hadir dengan 18 bulan masa garansi, menunjukkan kepercayaan diri Xiaomi terhadap kualitas produknya serta mendobrak standar industri yang mana hanya memberikan rata – rata garansi produk selama 12 bulan.

Harga Redmi Note 7

Redmi Note 7 akan hadir dalam beberapa pilihan warna seperti Space Black, Neptune Blue, dan Nebula Red. Redmi Note 7 akan secara resmi dijual di harga Rp 1.999.000 untuk versi 3GB+32GB, dan Rp 2.599.000 untuk versi 4GB+64GB.

Kedua versi Redmi Note 7 tersebut akan mulai tersedia di situs resmi Xiaomi, Mi.com dan seluruh Authorized Mi Store pada tanggal 27 Maret 2019 dengan jadwal penjualan yang akan diumumkan di akun resmi media sosial Xiaomi.

Continue Reading

Berita

Samsung Galaxy S10 Resmi Hadir di Indonesia, Bawa Teknologi Kamera, Layar Penuh dan Performa Kuat

Published

on

Trenteknologi.com – Menetapkan standar baru pada industri smartphone tanah air, rangkaian Galaxy S10 diciptakan dengan beragam pembaruan dan peningkatan kecerdasan pada fitur unggulannya – sehingga memungkinkan penggunanya mengambil gambar dan video sempurna layaknya profesional berkat fitur Pro-Grade Camera, memberikan pengalaman sempurna dalam menikmati berbagai konten visual melalui Infinity-O Display, dan memampukan pengisian daya ke perangkat kompatibel lain dengan memanfaatkan Wireless PowerShare. Beragam fitur unggulan tersebut dihadirkan untuk menunjang kebutuhan Next Generation – mereka yang tidak pernah takut untuk menjadi yang pertama mengadopsi tren, serta yang terbuka pada hal baru, dinamis dan terus terkoneksi.

Menyempurnakan Setiap Momen melalui Pro-Grade Camera

Rangkaian Samsung Galaxy S10 mengukuhkan keunggulan Samsung dalam menghadirkan inovasi pada fitur kamera smartphone, dengan menghadirkan pembaruan pada teknologi Super Speed Dual Pixel dan Dual Aperture, serta peningkatan kecerdasan buatan. Inovasi yang dihadirkan memberikan para pengguna perangkat terbaik untuk mengambil gambar dan video yang epik. Setiap seri pada rangkaian Galaxy S10 didukung kamera berkualitas profesional dalam genggaman. Lensa Ultra Wide dengan bidang pandang 123 derajat yang tertanam pada Galaxy S10 mampu menangkap apa yang dilihat oleh mata. Apa yang Anda llihat, adalah apa yang Anda tangkap. Sempurna untuk mengambil gambar lanskap, panorama luas (horizontal maupun vertikal), atau sekedar menempatkan seluruh anggota keluarga pada satu frame foto – lensa Ultra Wide memastikan Anda dapat mengambil gambar secara utuh.

Keunggulan Pro-Grade Camera dari Galaxy S10 juga dirasakan Dian Sastrowardoyo, Public Figure sekaligus Brand Ambassador Samsung, “Peningkatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) yang diimplementasikan pada seri terbaru Galaxy S10 ini sangat membantu saya dalam mengambil gambar dengan lebih sempurna. Apalagi dengan kegemaran saya mengambil gambar Outfit of the day (OOTD). Fitur Scene Optimizer yang cerdas, secara lebih akurat mengenali dan memproses lebih banyak objek – dengan pembaharuan pada 10 kategori[3] yang sesuai dengan gaya hidup saat ini. Cukup dengan mengarahkan kamera pada objek foto, secara otomatis fitur ini akan membantu mengoptimalkan warna, saturasi, white balance dan kontras, untuk memastikan hasil gambar yang diambil senyata mungkin. Fitur lain yang menarik perhatian saya adalah Smart Composition. Kehadiran fitur ini membantu saya yang masih belajar fotografi, agar dengan mudah dapat mengambil gambar dengan komposisi terbaik, sehingga gambar yang diambil jadi lebih presisi dan instagram-able. Karena fitur ini membantu memberikan rekomendasi pengambilan gambar, agar tampil apik. Nah, untuk fitur favorit saya adalah Live Focus. Karena, fitur ini membuat gambar yang saya ambil jadi lebih artistik, melalui 3 pilihan mode: Zoom Bokeh, Spin Bokeh, dan Color Point Bokeh. Jadi makin mudah bikin konten keren, tanpa perlu repot melalui proses editing.”

Fitur perekaman video Super Steady yang disematkan Samsung pada Galaxy S10 merupakan yang pertama yang ada di smartphone, dan menawarkan penggunanya hasil rekaman video yang lebih stabil hingga tiga kali lipat dari teknologi konvensional. “Perangkat smartphone kerap dibuat ringan, untuk kenyamanan penggunanya. Namun dalam pengambilan video, kamera yang ringan justru memiliki potensi goncangan yang lebih besar. Kehadiran fitur Super Steady memungkinkan perekaman video yang mulus, di berbagai momen seru seperti di tengah konser, atau ketika video diambil di atas kendaraan yang bergerak. Hebatnya lagi, baik kamera depan maupun kamera belakang dari Galaxy S10 mampu merekam gambar dengan kualitas UHD mumpuni, untuk menghasilkan video yang jernih. Bahkan, memanfaatkan kamera belakang, pengguna kini dapat merekam video dengan kualitas tinggi HDR10+ – layaknya profesional,” ujar Yandy Laurens, sutradara film.

 

Sempurnakan Pengalaman Menikmati Layar Penuh dan Keamanan Ekstra

Samsung kembali menegaskan posisinya sebagai inovator dalam menghadirkan layar terbaik di industri smartphone. Seri flagship terbarunya, hadir dengan teknologi Dynamic AMOLED yang untuk pertama kalinya diterapkan pada layar smartphone di dunia. Menyuguhkan kecerahan puncak hingga 1200 nits, layar Galaxy S10 mampu memproduksi lebih dari 16 juta warna dari 100% volume warna untuk menghasilkan warna yang paling akurat. Lebih dari itu, sebagai smartphone bersertifikasi HDR10+ pertama, layar Galaxy S10 mampu menampilkan konten visual berkualitas sinema dengan lebih jernih, dan gambar yang lebih realistis berkat teknologi pengolahan citra tone-mapping yang dinamis. Artinya, ketika kita menyaksikan film favorit melalui perangkat ini, warna yang tampak akan lebih akurat, dan pengalaman menonton akan lebih mendalam.

Samsung Galaxy S10 juga memperkenalkan desain Infinity-O pada layar AMOLED pertama, yang memaksimalkan area layar dan memberikan ruang lebih bagi penggunanya untuk melakukan banyak hal, dengan lebih nyaman. Pengalaman menikmati berbagai aktivitas favorit seperti menonton film, membaca buku, dan bermain game menjadi lebih maksimal dan minim gangguan.

Di balik layar Dynamic AMOLED, Samsung menanamkan teknologi keamanan tercanggih saat ini, Ultrasonic Finger Print – yang mampu mendeteksi bukan hanya gambar sidik jari saja, tetapi juga contour dan aliran darah jari kita. Dapat bekerja dengan baik dalam kondisi pencahayaan apapun, fitur ini juga dilengkapi teknologi anti-spoofing 3D, sehingga mampu melindungi data yang tersimpan pada smartphone dengan lebih aman dan nyaman. Kini, pengguna dapat membuka kunci pada layar Galaxy S10 dengan lebih cepat, mudah, dan dalam kondisi apapun.

 

Perangkat Cerdas untuk Performa Sempurna

Disenjatai dengan mesin software berbasis pembelajaran yang cerdas, Samsung Galaxy S10 memiliki sejumlah keunggulan, mulai dari kapasitas penyimpanan yang besar, baterai yang kuat, hingga kemampuan berbagi daya dengan perangkat lain.  Tidak sekedar memperbesar kapasitas baterai, seri Galaxy S10 juga mampu mengatur penggunaan baterai dengan lebih cerdas, sesuai dengan kebiasaan penggunanya.

Dikemas dengan teknologi mutakhir, pengguna Galaxy S10 dapat berbagi daya ke perangkat lain yang kompatibel dan memiliki sertifikasi Qi dengan sangat mudah, berkat teknologi Wireless PowerShare. Bukan hanya ke smartphone lain, tapi juga ke Galaxy Ecosystem: Galaxy Watch, Icon X, Galaxy Buds, dan lainnya. Bahkan, Galaxy S10 juga dapat melakukan   pengisian daya secara bersamaan: mengisi sendiri dan perangkat kedua, saat terhubung ke perangkat biasa. Memungkinkan pengguna untuk meninggalkan pengisi daya kedua di rumah saat dalam perjalanan.

Pada kesempatan ini, turut diperkenalkan anggota baru dari Galaxy Ecosystem, yaitu Galaxy Buds. Mengusung desain wireless yang simpel, namun dilengkapi dengan kapasitas besar, Galaxy Buds menjadi perangkat hiburan yang tepat untuk menikmati berbagai konten hiburan, seperti musik, podcast, hingga menonton film, karena didukung oleh teknologi AKG untuk menghasilkan suara yang menakjubkan.

Ketersediaan dan Penjualan Perdana Galaxy S10

Galaxy S10, Galaxy S10+ dan Galaxy S10e tersedia dalam varian warna Prism White, Prism Black, dan Prism Green. Galaxy S10+ juga tersedia dalam dua model Ceramic premium terbaru: Black Ceramic dan White Ceramic Samsung Galaxy S10 dengan RAM 8GB dan memori 128GB dibanderol dengan harga Rp12.999.000. Untuk Galaxy S10+ dibanderol dengan harga:

  • RAM 12GB/ memori 1TB: Rp23.999.000
  • RAM 8GB/ memori 512GB: Rp18.499.000
  • RAM 8GB/ memori 128GB: Rp13.999.000

Sedangkan Samsung Galaxy S10e dengan RAM 6GB dam memori 128GB, dibanderol dengan harga Rp10.499.000. Menandai peluncuran Galaxy S10 di Indonesia, Samsung menyelenggarakan penjualan langsung perdananya di Central Park, Jakarta Barat; Kota Kasablanka, Jakarta Selatan; Sun Plaza, Medan dan Pakuwon Mall, Surabaya, pada tanggal 8 – 10 Maret 2019.

Continue Reading

Berita

Resmi Meluncur di Indonesia, Vivo V15 Dibandrol Rp. 4,4 juta

Published

on


Trenteknologi.com – Vivo kembali memberi kejutan di pasar Smartphone Indonesia dengan meluncurkan Vivo V15 di Taman Sri Baduga yang berlokasi di Purwakarta – Jawa Barat. Vivo V15 menjadi smartphone yang sangat spesial karena menjadi smartphone dengan layar Full Screen dalam desain Ultimate All Screen dengan kamera selfie Pop-Up beresolusi 32 MP pertama di dunia. Dan tidak hanya itu, Vivo V15 juga mengusung teknologi canggih seperti AI Triple Camera sebagai kamera belakangnya yang membawa pengalaman mobile photography bagi pengguna semakin maksimal.

“Inovasi merupakan salah satu prinsip utama vivo. Selain 32MP Pop-Up Camera pertama di industri yang memberi kami tampilan Ultimate All Screen terbaru, kami selalu mencari dan mengembangkan fitur-fitur terkini dan inovatif yang dapat menjadikan vivo sebagai salah satu brand yang harus diperhitungkan, seperti kamera berkualitas tinggi dan layanan AI yang lebih pintar yang membawa pengalaman mobile ke dimensi yang baru,” tutur Edy Kusuma, General Manager for Brand and Activation Vivo Indonesia.

Di sektor performa, Vivo V15 ditenagai oleh prosesor AI Octacore 2.1GHz yang diperkuat dengan RAM 6GB, dan ROM 64GB yang bisa diperbesar hingga 256GB melalui microSD eksternal, memastikan kinerja yang kuat. Untuk mendukung performa smartphone ketika digunakan menjalankan aplikasi multitasking, game, dan fotografi, Vivo V15 dilengkapi dengan baterai berkapasitas 4.000mAh. Teknologi Dual-Engine Fast Charging juga tetap disertakan agar dapat menyuplai tenaga Vivo V15 secara cepat dan aman, dengan proteksi 9 (Sembilan) lapis pelindung keamanan baterai ketika dalam proses pengisian daya.

Lalu bagi para gamers, fitur Game Mode 5.0 pada Vivo V15 juga hadir dengan peningkatan yang signifikan. Muncul dengan Competition Mode baru yang mengalokasikan sumber daya sistem untuk memprioritaskan kinerja game, serta Dual-Turbo yang mengurangi frame-drop hingga 300% dan meningkatkan gameplay yang lebih smooth.

Vivo membanderol Vivo V15 dengan harga resmi Rp4.399.000,- dan sudah dapat dipesan per 5 Maret 2019 melalui pre-order e-Commerce dan Vivo Store. Selama masa Pre-Order (5 – 11 Maret), Vivo Official Store mengadakan promo spesial di beberapa e-Commerce besar Indonesia, yaitu Akulaku, JD.ID, Lazada, Shopee, Blibli, dan Tokopedia yaitu 100% Cashback untuk pelanggan beruntung yang telah menyelesaikan pembelian Vivo V15 serta Gift Box spesial senilai Rp1.000.000,-.

Selain itu Vivo juga berkolaborasi dengan Telkomsel sebagai mitra eksklusif untuk paket bundling V15. Selama masa pre-order konsumen akan mendapatkan kartu Perdana prabayar Telkomsel gratis dan dapat menikmati benefit paket internet 30GB hanya dengan top up Rp.55.000 setiap bulannya selama 3 bulan. Periode 5-31 Maret 2019 konsumen juga dapat menikmati paket penawaran KartuHalo Device Plan Lite atau Medium Khusus pembelian V15 di GraPARI, Erafone, Point200, Telesindo Shop, OkeShop, Global Teleshop, Megafon, Sellular Shop dan Apollo Store.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5