Connect with us

Berita

Laporan McAfee Labs Temukan 504 Ancaman Ransomware !

Published

on

Trenteknologi.com – McAfee merilis McAfee Labs Threats Report: August 2019 yang melansir aktivitas kejahatan dan evolusi ancaman di dunia maya pada kuartal pertama 2019. McAfee Labs menghitung dalam rata-rata ada 504 ancaman baru setiap menit di kuartal pertama tahun 2019, bersama dengan muncul kembalinya ransomware dan perubahan dalam proses eksekusi dan pemrograman. Lebih dari 2.2 miliar akun curian tersimpan dan dapat ditemukan di cybercriminal underground selama kuartal ini. Enam puluh delapan persen dari serangan yang direncanakan ini menggunakan teknik spearphishing untuk mendapatkan akses awal, dan 77% mengandalkan interaksi dengan user untuk proses eksekusi serangan.

“Dampak dari ancaman-ancaman ini sangat nyata,” kata Raj Samani, rekan dan kepala ilmuwan McAfee. “Sangat penting untuk mengetahui bahwa angka-angka ini, yang menjadi penunjuk peningkatan atau penurunan jenis serangan tertentu, hanya mengungkapkan sebagian kecil dari kenyataan yang terjadi sebenarnya. Setiap infeksi / serangan merupakan sebuah kemungkinan padamnya sebuah bisnis, atau konsumen yang menghadapi penipuan bersifat masiv. Kita harus selalu ingat bahwa ada kerugian sumber daya manusia yang terjadi untuk setiap serangan yang berhasil.”

Setiap kuartal, McAfee melakukan penilaian terhadap lanskap ancaman dunia maya berdasarkan penelitian mendalam, analisis investigasi, dan data ancaman yang dikumpulkan oleh McAfee Global Threat Intelligence cloud dari lebih dari satu miliar sensor di beberapa vektor ancaman di seluruh dunia.

 

Kebangkitan Ransomware Menunjukkan Inovasi Pemrograman dan Taktik Kampanye Baru

McAfee Advanced Threat Research (ATR) mengamati inovasi dalam kampanye ransomware, seperti pergeseran dalam vektor akses awal, manajemen kampanye, dan inovasi teknis dalam koding pemrograman mereka.

Spearphishing tetap menjadi teknik yang populer, kemudian serangan ransomware semakin menargetkan titik akses terbuka yang lebih jauh, seperti Remote Desktop Protocol (RDP); kredensial tersebut dapat terpecah melalui brute-force attack (metode untuk meretas kata sandi dengan cara mencoba semua kemungkinan kombinasi yang ada pada sebuah daftar kata- kata) atau dibeli di cybercriminal underground. Kredensial RDP dapat digunakan untuk mendapatkan hak istimewa admin dan memberikan hak penuh untuk mendistribusikan dan mengeksekusi malware dalam jaringan perusahaan.

Peneliti McAfee juga mengamati pelaku-pelaku serangan ransomware yang menggunakan layanan email anonim untuk mengelola kampanye mereka versus pendekatan tradisional, yang menyiapkan server command-and-control (C2). Pihak berwenang dan mitra swasta sering mencari server C2 untuk mendapatkan kunci dekripsi dan membuat alat penghindaran. Dengan demikian, para pelaku yang melakukan ancaman menganggap layanan email sebagai metode yang lebih anonim untuk melakukan bisnis kriminal.

Keluarga ransomware paling aktif dalam kuartal ini tampaknya adalah Dharma (juga dikenal sebagai Crysis), GandCrab, dan Ryuk. Keluarga ransomware terkenal lainnya dalam kuartal ini adalah Anatova, yang telah diekspos oleh McAfee Advanced Threat Research sebelum mempunyai kesempatan untuk menyebar secara luas, dan Scarab, keluarga ransomware gigih dan sering ditemukan yang memiliki banyak varian baru. Secara keseluruhan, sampel ransomware baru meningkat 118%.

“Setelah penurunan berkala dalam keluarga dan perkembangan baru pada akhir 2018, kuartal pertama 2019 merupakan jenjang bermain baru untuk ransomware, dengan berbagai inovasi pemrograman dan pendekatan yang jauh lebih ditargetkan,” kata Christiaan Beek, kepala ilmuwan dan insinyur senior McAfee. “Membayar uang tebusan hanya akan mendukung bisnis kejahatan siber dan melanggengkan serangan lain di kemudian hari. Ada pilihan lain untuk korban ransomware, seperti alat dekripsi dan informasi kampanye yang tersedia melalui inisiatif seperti proyek No More Ransom.”

 

Aktivitas Ancaman Q1 2019

Serangan vektor. Serangan vektor terungkap oleh adanya malware, diikuti oleh pembajakan akun dan serangan yang ditargetkan.

Cryptomining. Malware coin mining baru meningkat 29%. McAfee ATR mengamati malware CookieMiner yang menargetkan pengguna Apple dan berusaha mendapatkan kredensial dompet bitcoin mereka. Sebagai hasil, malware ini juga memperoleh akses ke kata sandi dan data browsing. Total sampel malware penambang koin meningkat 414% selama empat kuartal terakhir.

Malware tanpa file. Malware JavaScript baru menurun 13%, sementara total malware meningkat 62% selama empat kuartal terakhir. Malware PowerShell baru meningkat 460% karena penggunaan skrip pengunduh. Total malware meningkat 76% selama empat kuartal terakhir.

IoT. Penjahat dunia maya terus memanfaatkan tingkat keamanan yang rendah pada perangkat IoT. Sampel malware baru meningkat 10%; total malware IoT meningkat 154% selama empat kuartal terakhir.

Malware secara keseluruhan. Sampel malware baru meningkat 35%. Sampel malware Mac OS baru menurun 33%.

Malware ponsel. Sampel malware ponsel baru menurun 15%, total malware meningkat 29% selama empat kuartal terakhir.

Insiden keamanan. McAfee Labs menghitung 412 insiden keamanan yang diungkapkan kepada publik, meningkat 20% dari Q4. Tiga puluh dua persen dari semua insiden keamanan yang diungkapkan kepada publik terjadi di Amerika, diikuti oleh 13% di Eropa dan 13% di Asia-Pasifik.

Target Regional. Insiden terungkap yang menargetkan wilayah Asia-Pasifik meningkat 126%, di benua Amerika menurun hampir 3% dan di Eropa menurun hampir 2%.

Kegiatan industri vertikal. Insiden terungkap yang berdampak pada individu melonjak hingga 78%, pada sektor pendidikan meningkat 50%, pada sektor kesehatan meningkat 18%, pada sektor publik menurun 10%, dan pada sektor keuangan meningkat 89%.

Serangan bertarget. McAfee menemukani sejumlah besar kampanye yang meminimalkan pengintaian data yang diperlukan untuk berhasil melakukan serangan. Fokus utama pelaku adalah organisasi-organisasi besar di sektor Pemerintah/Administrasi, diikuti oleh sektor Keuangan, Kimia, Pertahanan, dan Pendidikan.

Akses awal diperoleh dengan teknik spearphishing berada pada 68% dari total serangan, dan 77% serangan bergantung pada interaksi tertentu dari pengguna pada tahap eksekusi.

Underground. Lebih dari 2.2 miliar kredensial akun curian tersimpan dan tersedia di cybercriminal underground selama kuartal ini. Dream Market, pasar gelap terbesar, mengumumkan rencananya untuk tutup, menyebut banyaknya serangan penolakan layanan secara terdistribusi (DDoS) sebagai alasannya. Penegakan hukum berhasil menyita dan menutup operasi xDedic, salah satu toko RDP terbesar yang dilaporkan telah menjual akses ke sekitar 70,000 mesin yang diretas.

 

Sumber:

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita

Realme 5 & Realme 5 Pro Sudah Mulai dijual Secara Online & Offline, Menangkan juga Hadiahnya !

Published

on

Trenteknologi.com – Setelah diluncurkan beberapa hari lalu, tidak butuh waktu lama untuk mengetahui peminat produk ponsel dari Realme di Indonesia. Pada penjualan perdananya di Lazada, realme 5 Pro langsung terjual habis sebanyak 5.000 unit dalam waktu tiga menit saja. Hal tersebut tidak heran sepertinya dikarenakan Realme pada produk terbarunya ini membawa fitur Quad Camera pada Realme 5 dan Realme 5 Pro, yang menjadi sebuah inovasi baru untuk standar baru ke pasar ponsel di Indonesia.

Namun bagi kalian yang kemarin kurang beruntung mendapatkan Realme 5 ataupun Realme 5 Pro pada saat penjualan perdananya di Lazada, tidak perlu khawatir karena pada tanggal 21 September 2019 baik realme 5 Pro maupun realme 5 sudah mulai tersedia untuk dibeli secara online maupun offline. Ditambah, realme juga  akan menyelenggarakan sebuah kompetisi fotografi secara global yang akan diselenggarakan hingga 1 Januari 2020.

Kompetisi yang akan diselenggarakan oleh Realme bernama Shot On realme tersebut merupakan ajang bagi para pengguna realme untuk menunjukkan kehebatan skill fotografi, tentunya dengan menggunakan gadget Realme. Dan bagi para pemenangnya nanti, akan tersedia hadiah total jutaan rupiah yang bisa didapatkan untuk para pemenang terpilih.

Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat apa saja kelebihan dari Realme 5 dan Realme 5 Pro yang sangat berguna bagi kalian yang ingin mendapatkan hasil foto yang kreatif dan berkualitas untuk diikutkan dalam kompetisi Shot on Realme.

Salah satu dari segudang fitur yang ditawarkan di kedua ponsel itu adalah keberadaan Quad Camera. Quad Camera merupakan teknologi yang menghadirkan kamera dengan susunan kamera lensa lebar, kamera utama, kamera dengan lensa portrait, dan juga kamera dengan lensa makro. Keempatnya akan bersinergi untuk selalu bisa memberikan hasil foto terbaik di setiap momen.

Lensa Wide-Angle
Kamera lensa lebarnya memiliki luasan hingga 119 derajat. Ukuran yang sangat cukup untuk bisa menangkap keindahan dari adegan-adegan seperti pemandangan, gedung-gedung bertingkat, hingga untuk keperluan foto bersama dalam jumlah orang yang banyak.

Lensa Utama 48MP dengan sensor Sony IMX586

Kamera utamanya juga tidak main-main. realme percaya bahwa semakin besar bukaan lensa maka akan semakin banyak jumlah cahaya yang masuk untuk kamera. Sedangkan cahaya adalah jiwa dari sebuah kamera. Maka itu baik realme 5 dan 5 Pro menghadirkan kamera utama dengan ukuran aperture besar juga ukuran satuan piksel yang lebih besar. Usaha ini akan memungkinkan sensor untuk memberikan hasil foto terang meski diambil di lingkungan rendah cahaya.

Terlebih, khusus di realme 5 Pro, kamera utamanya memiliki resolusi sangat besar yaitu 48MP dengan sensor Sony IMX586. Jadi kamera ini bisa mengabadikan hasil bidikan tanpa menghilangkan detail yang ditangkap dengan mata. Sekaligus sangat andal saat menangkap foto di lingkungan rendah cahaya.

Lensa Potrait untuk Hasil Foto Bokeh

Berlanjut memenuhi permintaan hasil foto dalam mode bokeh yang lebih baik, kini disediakan lensa portrait. Lensa ini disediakan untuk membantu berikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Lensa Makro

Terakhir, menjadi tambahan manis adalah keberadaan kamera makro. Di rentang harga dua dan tiga jutaan pengguna sudah bisa menangkap detail-detail kecil di sekitar melalui kamera makro yang memang terdedikasi untuk adegan seperti itu.

Dengan empat kamera untuk menghadapi skenario berbeda dalam pemotretan, pengguna akan bisa lebih baik untuk berkreasi menghasilkan foto terbaik kapan pun. Bergabunglah dengan Shot On realme, dan bersiap menangkan hadiahnya.

Continue Reading

Berita

Realme Power Bank, Power Bank Berkapasitas 10.000 mAh dengan Pengisian Cepat Dua Arah

Published

on

Trenteknologi.com – Disaat yang bersamaan dengan peluncuran Realme 5 dan Realme 5 Pro, guna memperluas portofolio aksesorisnya Realme juga turut menghadirkan aksesoris terbarunya yaitu Realme Power Bank. Dengan tagline “Kecepatan Daya yang Sesungguhnya” dan untuk membuat hidup anak muda lebih menyenangkan dan lebih mudah, Realme Power Bank memiliki desain yang simpel namun elegan dengan tiga pilihan warna yaitu kuning, merah dan abu-abu. Dan juga ada tombol power di paling kanan serta empat LED yang berfungsi sebagai indikator level baterai.

 

Realme Power Bank memiliki dua port – port USB Type-C dan port USB A. Untuk Port Type-C berfungsi ganda yaitu sebagai port input dan output. Lalu kedua port tersebut juga telah mendukung pengisian cepat dua arah 18W, yang berarti Anda juga dapat mengisi daya Power Bank tersebut dengan cepat. Realme juga mengklaim bahwa Realme Power Bank ini dapat mengisi baterai iPhone XS Max dari kondisi 0% hingga 100% dalam waktu 56 menit saja.

Realme Power Bank memiliki baterai lithium berkapasitas 10000mAh yang diklaim Realme dapat mengisi daya Realme 5 Pro sebanyak 1,73 kali, Realme X sebanyak 1,86 kali dan iPhone XS sebanyak 2,3 kali. Realme bahkan juga mengklaim bahwa Realme Power Bank ini dapat mengisi daya laptop dan juga perangkat lainnya yang berdaya rendah secara bersamaan. Dari segi keamanan, Power bank ini juga telah dibekali dengan 12 perlindungan berbeda demi keamanan pengguna.

Realme Power Bank ini akan dijual dengan harga Rp. 349.000 dan akan mulai tersedia mulai Oktober 2019 di seluruh Indonesia melalui Store Realme online ataupun offline.

 

 

Continue Reading

Berita

Realme 5 dan Realme 5 Pro Resmi Dirilis, Apa Saja Sih Kelebihannya ?

Published

on

Trenteknologi.com – Realme semakin mengejar kompetitornya dengan kembali lagi menghadirkan produk unggulannya, hal tersebut dibuktikan dengan diluncurkannya Realme 5 dan Realme 5 Pro di Indonesia pada hari ini. Kedua smartphone tersebut menjadi smartphone pertama dari Realme yang mengusung konsep Quad Camera, baik Realme 5 dan Realme 5 Pro akan menampilkan pengaturan quad camera dengan konfigurasi kamera ultra wide-angle, kamera utama, kamera portrait dan lensa ultra macro. Dan walaupun desain dari kedua smartphone tersebut terlihat sangat mirip namun sebenarnya terdapat beberapa perbedaan yang cukup signifikan.

Realme 5 Pro : Quad Camera SpeedMaster dengan Sensor 48MP

Realme 5 Pro menggunakan Qualcomm Snapdragon 712 sebagai otaknya, yang dapat memberikan kinerja optimal serta teknologi yang canggih menjadikannya sebagai smartphone Quad Camera SpeedMaster. Empat kamera yang dimiliki oleh Realme 5 Pro dibagi menjadi empat fungsi yaitu kamera utama 48MP Sony IMX586, lensa Ultra-Wide 119 ° (8MP), lensa Portrait (2MP) dan lensa Ultra-Macro (2MP). Selain itu bagi para penggemar Selfie, juga telah disematkan kamera depan dengan teknologi AI 16MP Sony IMX471.

Desain elegan dari Realme 5 Pro juga menghadirkan layar FHD+ Dewdrop Full Screen 6,3 inci, dengan warna holografis diamond cutting yang baru dengan tekstur yang berkilau demi mencapai efek visual berlapis yang lebih kaya. Realme 5 Pro juga menghadirkan teknologi pengisian daya VOOC Flash Charge 3.0 yang tersedia di dalam kotak penjualan & menjalankan sistem operasi Android 9.0 ColorOS 6.0.

Realme 5 : Quad Camera SpeedMaster dengan Layar dan Baterai yang Lebih Besar

Walaupun terlihat mirip dengan Realme 5 Pro, namun sebenarnya spesifikasi Realme 5 memiliki cukup perbedaan. Pada sektor layar menggunakan layar mini drop HD+ 6.5 inci, yang memiliki ukuran lebih besar sehingga memberikan pengalaman bermain game, audio dan video yang luar biasa. Dengan realme 5, realme juga telah memperbaharui desain diamond cutting dengan warna holografik dan tekstur yang berkilau.

 

Realme 5 membawa pengalaman baru dalam memotret dengan pengaturan quad-camera – lensa ultra wide-angle 119° (8MP), kamera utama (12MP), lensa portrait (2MP) dan lensa ultra-macro (2MP), serta kamera depan AI (13MP). realme 5 menghadirkan baterai 5000 mAH yang sangat besar untuk menikmati pengalaman pemakaian ekstra panjang dan berjalan pada sistem operasi Android 9.0 ColorOS 6.0.

Software Baru dengan ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0

Di sektor software, semua smartphone realme akan mendapatkan ColorOS 6.0 yang baru ditingkatkan pada desain, fungsi manajemen hotspot dan mendukung fungsi Google AR Core. Peningkatan desain akan diberikan ke sistem lockscreen, layar home dan halaman notifikasi yang lebih luas, dan bahasa desain realme yang lebih dekat dengan pengalaman Android stock.

Fungsi real privacy dapat membantu pengguna menyembunyikan aplikasi, foto, file, dan konten lainnya ke dalam ruang privasi, terlindungi oleh sidik jari. Fungsi manajemen hotspot akan membantu mengatur kecepatan dan penggunaan jaringan hotspot. Semua pembaruan ini akan datang ke semua smartphone realme melalui OTA.

Harga Realme 5 Pro dan Realme 5

Realme 5 Pro sudah bisa dibeli mulai hari ini pukul 19:00 melalui program flash sale di Lazada, AkuLaku & Realme Indonesia Official Website. Pre-order offline telah dimulai dari tanggal 16 September hingga 20 September. Bagi mereka yang tidak mendapatkan realme 5 Pro pada program pre-order atau flash sale, realme juga akan mengadakan program open sale pada 21 September baik online & offline. realme 5 Pro tersedia dalam 2 varian, 4GB+128GB dengan harga Rp 2.999.000 & 8GB+128GB dengan harga Rp 3.699.000.

Lalu khusus untuk Realme 5 baru dapat dibeli melalui flash sale pertama di tanggal 30 September pukul 11:00 pagi dan flash sale kedua pada 2 Oktober di Lazada, AkuLaku & realme Indonesia Official Website sedangkan open sale akan diadakan pada 5 Oktober. realme 5 akan tersedia dalam 3 varian, 3GB + 32GB dengan harga Rp 1.999.000 dan harga flash sale menjadi Rp 1.899.000, 3GB+64GB dengan harga Rp 2.199.000 & 4GB+128GB dengan harga Rp 2.699.000.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5