Mau Untung Lebih Banyak saat Ramadan? Ini 4 Tips Untuk UMKM Kuliner dari GrabAds

Trenteknologi.com – Banyak masyarakat yang telah mempersiapkan diri untuk beraktivitas di bulan Ramadan dan menyambut Idul Fitri, termasuk para pelaku usaha yang bisa memanfaatkan momentum ini untuk meningkatkan penjualan. GrabAds belum lama ini merilis data bahwa 9 dari 10 pengguna Grab di Indonesia berencana untuk menggunakan layanan pesan-antar makanan selama bulan Ramadan, dan kebanyakan dari mereka memesan dengan jumlah yang lebih besar. Hal ini menciptakan peluang yang besar juga bagi pelaku usaha kuliner, khususnya UMKM.

Untuk membantu para pelaku UMKM kuliner meningkatkan penjualannya serta menjangkau lebih banyak konsumen melalui iklan, GrabAds memberikan 4 tips penting sebagai berikut:

Antisipasi jam-jam sibuk selama Ramadan

Sebanyak 39% konsumen mengungkapkan bahwa mereka berencana untuk membuat pesanan buka puasa antara jam 12:00-17:00 WIB, sedangkan 40% lainnya mengungkapkan akan memesan makanan antara jam 17.00-19.00 WIB. Data internal Grab menunjukkan bahwa pesanan GrabFood juga mengalami peningkatan yang signifikan sebelum sahur, yaitu lebih dari 200% di antara jam 1:00-4:00 WIB. Jam-jam ini tentunya membuka peluang bagi pelaku UMKM kuliner untuk menjalankan iklan yang menarik bagi pelanggan pada rentang waktu tersebut. Selain itu, data Grab juga menunjukkan bahwa konsumen di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, menghabiskan rata-rata 17 menit untuk mencari dan menelusuri katalog restoran di GrabFood sebelum memesan makanan. Mengacu pada data tersebut, pelaku UMKM kuliner bisa memanfaatkan iklan penelusuran untuk meningkatkan penjualan di jam-jam sibuk saat bulan Ramadan.

BACA JUGA :  Layar realme GT 6 Sajikan Visual yang Jernih dan Detail, Dengan Kecerahan Hingga 6000 nits

Buat iklan yang mencerminkan preferensi konsumen selama Ramadan

Di bulan yang identik dengan kebersamaan, menghadirkan paket menu yang dapat dinikmati lima orang atau lebih dapat meningkatkan penjualan selama bulan Ramadan. Data Grab menunjukkan bahwa konsumen di Indonesia sering memesan menu favorit keluarga seperti Nasi Rendang dan Nasi Goreng dengan tambahan hidangan penutup yang manis, seperti es krim, brownies, dan donat. Tercatat bahwa selama Idul Fitri terdapat lebih dari 500 jumlah pesanan makanan manis setiap jamnya. Melihat besarnya peluang-peluang pada bulan Ramadan, pelaku UMKM kuliner harus memastikan iklan yang dibuat mencakup menu dengan porsi keluarga dan mencakup hidangan manis untuk mendapatkan hasil yang optimal dari iklan yang ditayangkan.

Jangan lupakan pelanggan lama

Beriklan tidaklah hanya untuk menjangkau pelanggan baru. Nyatanya, pelanggan lama masih terus mencari menu yang terbaik dan membandingkan restoran favorit mereka dengan restoran pesaing lainnya. Maka dari itu, pelaku UMKM kuliner harus memastikan bahwa iklan yang dibuat juga menjangkau konsumen yang sudah mengenal restoran Anda.

Jalankan iklan selama bulan Ramadan hingga ke Hari Raya Idul Fitri

Data GrabAds menunjukkan bahwa iklan yang bertahan 4 minggu atau lebih memiliki performa 15% lebih baik secara rata-rata. Selain itu, konsumen juga menjadi lebih aktif di GrabFood pada momen perayaan hari besar. Di minggu akhir Ramadan, Grab melihat 20% lebih banyak pesanan pada GrabFood dibanding minggu pertama Ramadan. Selain itu, konsumen di Indonesia juga membuat pesanan yang lebih besar saat menjelang Idul Fitri, dengan rata-rata peningkatan keranjang belanja minuman meningkat 29%, cemilan atau snack meningkat 20%, dan ayam goreng meningkat 23% di minggu keempat Ramadan dibandingkan dengan minggu pertama. Untuk memanfaatkan peluang ini, pelaku UMKM kuliner sebaiknya merencanakan untuk beriklan selama keseluruhan bulan suci ini.

BACA JUGA :  realme GT 6 Dibekali dengan Teknologi Fotografi AI Canggih, Hasilkan Kualitas Foto dan Video Kelas Flagship

“Ramadan membuka peluang besar bagi pelaku bisnis untuk berpartisipasi dalam aktivitas konsumen. Dengan memanfaatkan fitur iklan, pelaku UMKM kuliner dapat terhubung dengan konsumen yang sedang mencari menu terbaik untuk sahur dan buka puasa.” jelas Melinda Savitri, Country Marketing Head Grab Indonesia.

Pelaku UMKM yang ingin memanfaatkan tren-tren tersebut dengan beriklan dapat menggunakan fitur GrabAds Ad Manager yang memungkinkan para merchant untuk membuat iklan penelusuran dan iklan gambar saat mempromosikan bisnis mereka di GrabFood dengan tiga langkah mudah. Melalui Ad Manager, pelaku merchant kuliner dapat membuat iklan Ramadan yang muncul dalam mesin pencarian GrabFood, dan iklan bergambar yang muncul pada halaman awal GrabFood. Fitur iklan ini tentunya dapat meningkatkan visibilitas dan penjualan restoran, serta dapat membantu merchant untuk memantau dan mengukur hasil dari iklan yang dijalankan. Ad Manager juga dapat mendukung aktivitas promosional lainnya seperti promo yang ditawarkan Grab Marketing Services (GMS).

“UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, dan GrabAds merasa sangat bangga dapat membantu mereka untuk meningkatkan penjualan di momen-momen perayaan besar seperti bulan Ramadan,” tutup Melinda.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Niagahoster Inisiasi Digital Marketing Funnel, Jawab Tantangan Pebisnis di Tahun 2023

Next Post

Redmi Note 12 Series Meluncur, Spesifikasi Unggul dengan Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Related Posts
Total
0
Share