Mengenal Snapdragon 7+ Gen 3, Chipset Powerful yang Akan Digunakan realme GT 6T

Trenteknologi.com – Qualcomm baru saja mengumumkan chipset terbarunya, Snapdragon 7+ Gen 3. Platform ini hadir sebagai evolusi dari Snapdragon 7 Gen 3, dengan berbagi inti utama Cortex-X4 untuk CPU dan kemampuan AI on-device yang setara dengan seri flagship 8. Chipset ini menjanjikan peningkatan kinerja CPU sebesar 15% dan GPU Adreno sebesar 45% dibandingkan pendahulunya, serta pengurangan konsumsi daya sebesar 5%.

Snapdragon 7+ Gen 3 merupakan chip pertama dalam seri Snapdragon 7 yang memiliki kemampuan AI generatif on-device. Chip ini mendukung berbagai model bahasa besar (LLM) dan model visi besar (LVM) seperti Baichuan-7B, Llama 2, Gemini Nano, dan Zhipu ChatGLM. Fitur AI ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja asisten virtual dan menciptakan konten yang belum pernah ada sebelumnya dengan efisiensi yang luar biasa. Selain itu, hiburan akan menjadi lebih mudah diakses di mana saja dengan dukungan terjemahan dan transkripsi multi-bahasa.

Snapdragon 7+ Gen 3 dibangun dengan teknologi proses 4nm, dan inti utama Cortex-X4 dari CPU beroperasi pada kecepatan 2.8 GHz. Selain itu, terdapat 4 inti performa (kemungkinan A720) pada 2.6 GHz dan 3 unit efisiensi (Cortex-A520) pada 1.9 GHz. Modem yang digunakan adalah Snapdragon X63 5G dengan sistem konektivitas mobile FastConnect 7800 dan 3GPP Release 17 5G. Kecepatan unduhan melalui NR dapat mencapai hingga 4.2 Gbps dan ponsel dengan chip ini akan dapat berfungsi pada semua standar seluler lama.

BACA JUGA :  Xiaomi Pastikan Akan Hadirkan Redmi 13 di Indonesia pada 5 Juni 2024

Dukungan tampilan pada chipset ini mencapai resolusi 4K @ 60 Hz dan QHD+ @ 120 Hz, dengan dukungan refresh rate variabel dari 240 Hz hingga 1 Hz. Dukungan memori mencapai hingga 24 GB LPDDR5X RAM dan penyimpanan UFS 4.0, memastikan performa yang cepat dan responsif untuk berbagai aplikasi dan game berat.

Perusahaan pertama yang akan menggunakan Snapdragon 7+ Gen 3 termasuk OnePlus, realme, dan Sharp. Diperkirakan Ace 3V akan menjadi yang pertama menggunakan chipset ini, yang akan diumumkan hari ini. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat dengan Snapdragon 7+ Gen 3 akan segera hadir di pasar, menawarkan kinerja yang lebih baik dan fitur-fitur canggih kepada pengguna.

Dengan peningkatan kinerja CPU dan GPU, serta efisiensi daya yang lebih baik, Snapdragon 7+ Gen 3 menawarkan pengalaman pengguna yang lebih baik untuk berbagai aktivitas, mulai dari gaming hingga multitasking. Kemampuan AI yang lebih canggih juga memungkinkan asisten virtual yang lebih pintar dan konten yang lebih kreatif dan menarik. Dukungan untuk tampilan resolusi tinggi dan refresh rate variabel juga memastikan pengalaman visual yang luar biasa, baik untuk hiburan maupun produktivitas.

Snapdragon 7+ Gen 3 merupakan langkah maju yang signifikan dalam evolusi chipset seri Snapdragon 7. Dengan peningkatan kinerja, efisiensi daya, dan fitur AI generatif on-device, chipset ini siap menghadirkan pengalaman pengguna yang lebih baik dan lebih canggih. Dengan perusahaan-perusahaan seperti realme, OnePlus, dan Sharp yang segera mengadopsi teknologi ini, kita dapat mengharapkan perangkat-perangkat baru yang inovatif dan menarik di pasar dalam waktu dekat.

BACA JUGA :  Hape realme Rusak? Kini Bisa Servis Hape realme via WhatsApp
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Bocoran Spesifikasi realme GT 6T yang Akan Segera Diluncurkan

Next Post

Lexar Perkenalkan Jajaran Produk Terbaru di Indonesia, Produk SSD Hingga RAM

Related Posts
Total
0
Share