Mobily dan Tencent Jadi Pelopor Ekosistem Digital Global di Arab Saudi

Trenteknologi.com – Etihad Etisalat (Mobily) dan Tencent Cloud telah bekerja sama untuk meluncurkan program ‘Go Saudi’, yang bertujuan untuk merevolusi lanskap digital di KSA yang sedang berkembang menjadi pusat bisnis dan hiburan global.

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar dalam hal jaringan nirkabel di Arab Saudi dan Timur Tengah, kemitraan Mobily dengan Tencent Cloud memungkinkan Mobily untuk secara strategis mendiversifikasi solusi bisnis perusahaannya, dan memanfaatkan teknologi baru mulai dari Artificial Intelligence (AI), CloudBig Data, dan Immersive Convergence, untuk meraih peluang-peluang baru di sektor TMT dan lainnya.

Mendukung Aspirasi Mobily untuk Menciptakan Ekosistem Digital yang Menyeluruh

Program ‘Go Saudi’ – yang diumumkan dan diluncurkan hari ini di acara teknologi KSA, LEAP 2024 berfokus pada beberapa hal. Pertama, program ini meluncurkan platform cloud untuk perusahaan terbaru, yang dibangun dan didukung oleh Tencent Cloud Enterprise (TCE), untuk menyediakan layanan Information Technology (IT) terintegrasi, termasuk Komputasi, Basis Data, Jaringan, Penyimpanan, Keamanan, dan layanan fundamental digital lainnya.

Mobily akan memanfaatkan platform ini untuk menciptakan sejumlah layanan baru, media dan AI generasi berikutnya, seperti kemampuan pemrosesan media, komunikasi real-time juga hosting untuk streaming dan video-on-demanddigital human creation, dan masih banyak lagi, untuk memberikan manfaat bagi portofolio klien-klien perusahaan yang berkembang pesat. Platform cloud privat untuk perusahaan ini akan memprioritaskan privasi pengguna dan keamanan data, dengan tujuan untuk menumbuhkan lingkungan cloud yang terpercaya, untuk menarik bisnis yang mencari solusi cloud yang aman dan dapat diandalkan untuk memenuhi persyaratan peraturan dan memastikan perlindungan data. Pendapatan bisnis Mobily telah meningkat dua kali lipat sejak tahun 2018 yang mewakili lebih dari dua puluh persen dari total pendapatan pada tahun 2022.1

BACA JUGA :  Samsung Perkenalkan Tiga Sensor Gambar Terbaru untuk Smartphone

Kedua, dalam memanfaatkan platform TCE, Mobily akan mengeksplorasi kemampuan Tencent Cloud Mini Program Platform (TCMPP), untuk menyediakan layanan live harian yang terintegrasi untuk menghubungkan pelanggan dan pengguna Internet dengan perusahaan dan komunitas bisnis, semuanya dalam satu ekosistem digital.

Eng. Salman Bin Abdulaziz Al Badran, Chief Executive Officer of Mobily, mengatakan, “Kolaborasi Mobily dengan Tencent Cloud memungkinkan kami untuk tidak hanya meningkatkan skala bisnis perusahaan kami lebih jauh, tetapi juga memainkan peran yang jauh lebih aktif dalam meningkatkan profil Kerajaan Arab Saudi sebagai pusat pilihan bagi bisnis global yang berekspansi ke wilayah tersebut.”

Sementara itu, Senior Executive Vice President and Chief Executive Officer of Tencent Cloud and Smart Industries Group (CSIG), Dowson Tong, menjelaskan bahwa platform cloud enterprise yang telah dirombak ini akan memberikan kemampuan baru yang canggih bagi Mobily untuk mengembangkan bisnis perusahaan di berbagai demografi yang lebih luas, baik dari sektor publik maupun swasta.

“Dengan pengalaman lebih dari 20 tahun dalam melayani lebih dari satu miliar pengguna internet melalui konten digital, komunikasi sosial, serta produk dan layanan yang berhubungan dengan game, kami yakin dengan pengetahuan dan keahlian kami untuk mendukung pengembangan dan pengoperasian pusat bisnis, hiburan, dan media global yang direncanakan untuk Arab Saudi. Kami berharap dapat mendukung aspirasi KSA untuk menjadi launchpad pilihan bagi perusahaan-perusahaan global di kawasan ini,” kata Tong.

BACA JUGA :  realme 12 5G Turun Harga! Tawarkan Cashback Rp 400 Ribu

Ia menambahkan, “Kami melihat kemitraan dengan Mobily sebagai kolaborasi pertama kami di Arab Saudi, dan ini akan mendorong pertukaran pengetahuan dan inovasi yang tak ternilai harganya, sekaligus mendukung ekspansi perusahaan global dan Tiongkok yang berekspansi ke Arab Saudi. Kami terus mencari lebih banyak peluang untuk mendukung perusahaan-perusahaan Arab Saudi dalam upaya globalisasi mereka, mempromosikan bisnis dan penawaran mereka, dengan memanfaatkan ekosistem digital Tencent.”

Inovasi dan Visi Bisnis Tencent Cloud di LEAP 2024

Tahun ini, Tencent tampil perdana di LEAP 2024. Pada sesi keynote, Dowson memuji penduduk KSA yang sangat terlibat dan melek teknologi dan mencatat kemunculan mereka sebagai konsumen yang kuat dan pengembang layanan media digital kelas atas.

Tong mengatakan, “Tencent Cloud terbuka untuk lebih banyak kolaborasi lokal untuk membangun ekosistem digital yang mendukung dan kumpulan talenta yang dinamis di KSA, untuk memenuhi permintaan teknologi dari berbagai bidang yang baru dan beragam, termasuk pembuatan konten, live streaming turnamen olahraga besar, game, dan peluang lain di sektor bisnis, media, dan hiburan.”

“Saat ini, Ekosistem Mitra Global Tencent Cloud memiliki 11.000 mitra, bersama-sama melayani klien di seluruh dunia, dan telah menjadi kekuatan pendorong utama untuk bisnis internasional Tencent Cloud. Demikian pula, program Go Saudi dapat menjadi katalisator bagi terciptanya ekosistem digital yang sama dinamisnya di sini,” ujar Tong.

BACA JUGA :  realme GT 6 Dibekali Fitur AI Smart Loop Pertama di Industri, Produktivitas Lebih Efisien

Kolaborasi strategis antara Mobily dan Tencent Cloud hadir di tengah transformasi ekonomi digital berbasis luas di Arab Saudi, sejalan dengan strategi Vision 2030. Vision 2030 telah menetapkan target 5,7% produk domestik bruto (PDB) dan menjadikan Arab Saudi sebagai salah satu dari 10 negara dengan ekonomi terbesar di dunia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

realme 12+ 5G Hadirkan 3 Fitur Unggulan untuk Digunakan di Segala Kondisi Cuaca

Next Post

realme C51s Resmi Meluncur, Desain Tipis & Ringan dengan Kamera Terbaik, Harga Rp1 Jutaan!

Related Posts
Total
0
Share