Nutanix Luncurkan Platform-as-a-Service Kubernetes untuk Era Multicloud

Trenteknologi.com – Nutanix meluncurkan Karbon Platform Services pada .NEXT Digital 2020 Conference, sebuah Platform-as-a-Service (PaaS) multicloud berbasis Kubernetes dengan keamanan otomatis yang dikelola sistem (automated system-managed security). Platform ini akan mempercepat pengembangan dan penerapan aplikasi berbasis microservices di cloud mana saja. Bagi para pengembang software, tawaran ini memberikan mereka pengalaman menggunakan layanan terkelola yang siap pakai, baik itu on premise, di public cloud, dan di edge, sehingga mereka dapat membangun dan menjalankan aplikasi cloud native dengan kemampuan untuk memisahkan aplikasi dari infrastruktur yang mendasarinya. Bagi tim operasional TI, platform ini menyajikan pengelolaan lifecycle aplikasi dan framework keamanan yang disederhanakan dan konsisten. Pengumuman ini adalah sebuah tonggak sejarah penting bagi Nutanix yang memperluas penawarannya untuk mengakselerasi perjalanan cloud native berbagai perusahaan.

Banyak perusahaan yang ingin meraih manfaat dari inisiatif digital sering kali kesulitan untuk memaksimalkan kemampuan para pengembang software mereka dan membutuhkan proses DevOps yang gesit. Di sisi lain, Kubernetes dan ekosistem teknologi cloud native-nya terus berkembang pesat, sehingga semakin sulit untuk diterapkan tanpa sumber daya teknis yang memadai. Selain itu, berbagai organisasi/perusahaan harus dapat memanfaatkan penerapan Kubernetes secara on premise dan di public cloud tanpa mengorbankan kemampuan mereka untuk mengelola data, aplikasi, dan sumber daya TI secara sederhana dan efektif.

“Sumber daya TI adalah mesin yang menggerakkan perusahaan-perusahaan digital. Namun ketika perusahaan berkembang, mengadopsi hybrid cloud, dan mengelola aplkasi yang jumlahnya semakin bertambah, kebutuhan teknis pendukung dapat menjadi tantangan bagi TI,” kata Rajiv Mirani, CTO di Nutanix. “Dengan Karbon Platform Services, kami ingin menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi serta menyederhanakan hubungan antara TI dan tim pengembangan untuk mendukung strategi DevOps pelanggan kami.”

 

PaaS cloud native baru ini akan membantu para perancang software dalam menyederhanakan pengembangan dan orkestrasi aplikasi, tanpa perlu mengelola infrastruktur yang mendasarinya. Karbon Platform Services dibangun dengan kemampuan manajemen lifecycle Kubernetes inti yang awalnya diperkenalkan sebagai Karbon, yaitu komponen terintegrasi dalam software Nutanix HCI. Penawaran baru ini menghadirkan keamanan otomatis yang dikelola sistem dan multi-tenancy untuk menjalankan berbagai aplikasi berbasis microservices di berbagai infrastruktur cloud.

Berbagai manfaat utama Karbon Platform Services meliputi:

  • Rich Managed Services: Penawaran PaaS ini memungkinkan pengembangan dan penerapan aplikasi yang cepat, mulai dari containerized applications yang simpel hingga ke aplikasi skala web yang kompleks, dengan memanfaatkan open abstraction yang simpel dari layanan yang beragam. Secara khusus, Karbon Platform Services meliputi: managed Kubernetes (K8s-aaS), Containers-as-a-Service (CaaS), serverless Function, AI, message bus, ingress, service mesh, observability, dan layanan keamanan.
  • SaaS-based Multicloud Operations: Tim operasional mendapatkan keuntungan dari kegiatan operasional yang disederhanakan dan aplikasi yang seragam, data, dan manajemen lifecycle keamanan, apa pun cloud yang mendasarinya, dengan memanfaatkan manager lifecycle infrastruktur berbasis SaaS. Pengembang mendapatkan keuntungan dari layanan platform yang lengkap sehingga cukup sekali menulis aplikasi lalu menjalankannya di cloud melalui manajer lifecycle aplikasi berbasis SaaS.
  • Extensible Hybrid PaaS: Karbon Platform Services menyediakan mobilitas data lintas cloud dan manajemen aplikasi hybrid melalui pipeline data yang transparan, WAN-optimized, dan antarmuka data yang dapat diperluas. Fitur ini menghadirkan fleksibilitas bagi perusahaan-perusahaan untuk menghadirkan layanan mereka sendiri dan memanfaatkan ekosistem Kubernetes yang lebih luas.
  • Enhanced Security Posture: Dengan Karbon Platform Services, tim operasional TI dapat memanfaatkan model keamanan dan API yang konsisten dengan observasi data dan aplikasi yang terpadu di seluruh cloud. Ia menyediakan keamanan otomatis yang dikelola sistem dengan multi-tenancy dan role-based access control (RBAC) yang sudah built-in, untuk layanan yang lebih lengkap.

Selain Karbon Platform Services, Nutanix hari ini juga mengumumkan Xi Calm, hosted version dari manajemen aplikasi dan solusi orkestrasi untuk mendukung tim DevOps, yang sedang dalam pengembangan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Review Acer Aspire 5 Magical Color (A514-53), Laptop Tertipis & Performa Kencang

Next Post

Nutanix Hyperconverged Infrastructure (HCI) Hadir dengan Kinerja yang Lebih Cepat

Related Posts
Total
0
Share