OPPO Reno5 Imaging Workshop: Ungkap Teknologi OPPO FDF Portrait Video System

Trenteknologi.com – Dalam menghadapi tuntutan baru era 5G dan sejalan dengan komitmen seri Reno untuk memberikan pengalaman foto dan video yang superior maka OPPO telah mengembangkan sebuah sistem pencitraan yang lebih canggih dan lebih komprehensif. Sistem yang ada di seri terbaru OPPO Reno5 ini dinamai OPPO Full Dimension Fusion (FDF) Portrait Video System. Berdasarkan perangkat keras pencitraan kelas atas, algoritma pemrosesan gambar inovatif, dan perangkat lunak yang berpusat pada pengguna, OPPO FDF Portrait Video System akan memenuhi beragam kebutuhan pembuatan video.

Kebutuhan Video di Era 5G

Untuk menghadirkan pengalaman video yang superior, pertama-tama kita harus memahami hal yang dicari oleh pengguna ponsel cerdas dalam hal kemampuan video. Riset konsumen OPPO telah menunjukkan bahwa kebutuhan utama konsumen adalah kemampuan smartphone untuk merekam video secara jelas di situasi dan kondisi apa pun, proses perekaman simple serta mudah dilakukan oleh pengguna awam.

Berdasarkan pengalaman bertahun-tahun dalam teknologi pencitraan ponsel pintar, OPPO percaya bahwa cara terbaik untuk memenuhi kebutuhan konsumen ini melalui integrasi sempurna antara perangkat keras dan perangkat lunak untuk pencitraan. Berdasarkan pendekatan ini, OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video System bekerja dengan perangkat keras pencitraan kelas atas dan perangkat lunak cerdas, ditambah dengan keahlian OPPO dalam mendeteksi berbagai skenario potret dan desain fitur potret pada perangkat ponsel cerdas. Hasilnya adalah pengalaman video potret kelas dunia bagi pengguna seri OPPO Reno5 baru.

OPPO Full Dimension Fusion Portrait Video System: Hasil Potret Menakjubkan!

Sistem Video Potret OPPO FDF terdiri dari dua mesin, yakni Mesin Peningkatan Kualitas dan Mesin Persepsi Potret. Dari keduanya, peran Mesin Peningkatan Kualitas memastikan pengguna dapat menangkap gambar yang jelas dalam skenario apa pun, baik itu siang, malam, dalam cahaya latar yang kuat, saat bergerak atau saat berdiri diam. Sementara itu, Mesin Persepsi Potret bertanggung jawab untuk menetapkan kriteria yang ketat untuk fitur-fitur dalam video potret. Kriteria ini memastikan subjek potret dan latar belakang didefinisikan secara jelas dan alami, sekaligus memberikan dasar dari berbagai efek video potret pada seri OPPO Reno5 dapat diterapkan secara optimal.

  • Mesin Peningkatan Kualitas: Hasil Video Sebening Kristal

Mesin Peningkatan Kualitas adalah rangkaian algoritma yang memastikan pengguna dapat menangkap gambar video berkualitas dalam situasi apa pun. Baik pada lingkungan dengan cahaya redup, cahaya terang, atau gerakan cepat, mesin ini akan mengoptimalkan pengaturan untuk menghasilkan gambar terbaik. Mesin ini merupakan dasar dari berbagai fungsi pencitraan inti pada seri OPPO Reno5, di antaranya adalah AI Highlight Video yang menjadi terdepan di industri perekaman video.

  • AI Highlight Video

AI Highlight Video merupakan teknologi generasi baru yang menggabungkan algoritma Ultra Night Video dan algoritma Live HDR. Dengan mendeteksi level cahaya dalam sebuah skenario, perangkat secara cerdas akan menerapkan algoritma guna menyesuaikan kecerahan, warna, dan kejernihan agar optimal pada video. Inilah pertama kalinya OPPO menyatukan Ultra Night Video dan Live HDR dalam satu fitur, yang tersedia pada kamera depan dan belakang seri OPPO Reno5. Sekarang, pengguna hanya perlu menekan satu tombol pada antarmuka kamera untuk mengaktifkan AI Highlight Video dan merekam video dengan jelas, cerah, dan tampak alami.

AI Highlight Video bekerja dengan mengintegrasikan tiga algoritma pengoptimalan otomatis:

Adaptive Brightness Adjustment menerapkan Eksposur Otomatis (AE) – Penguatan Adaptif untuk mengontrol waktu pencahayaan dan menjamin kecerahan gambar sambil menjaga video tetap mulus dari satu bingkai ke bingkai lainnya.

Adaptive Dynamic Range menerapkan penyesuaian rentang dinamis ke setiap bingkai dalam video dengan teknologi Dynamic Range Conversion dan Fimic Tone Mapping untuk mengembalikan warna yang hilang, kecerahan, dan kegelapan ke tingkat alaminya. Teknologi ini menggunakan Multi-frame HDR Fusion untuk memberikan rentang dinamis yang lebih besar pada keseluruhan video.

Adaptive Noise Reduction memperkenalkan inter-frame fusion untuk mengurangi noise temporal dan intra-frame fusion untuk mengurangi noise spasial, yang secara efektif dapat menghilangkan noise pada gambar tanpa menghilangkan detail.

Melalui pengujian performa AI Highlight Video, menunjukkan bahwa video malam hari 74,4% tampak lebih cerah dan 33,7% lebih jelas dibandingkan ketika fitur dinonaktifkan. AI Highlight Video pada seri OPPO Reno5 hanya membutuhkan waktu 20 milidetik untuk menyelesaikan rangkaian kalkulasi dan penyesuaian yang terbilang rumit, sehingga menghadirkan pengalaman pengguna yang mulus. Selain itu, fitur ini membutuhkan daya 40% lebih sedikit dibanding pendahulunya.

  • Ultra Steady Video 3.0

Untuk meningkatkan stabilisasi gambar pada seri OPPO Reno5, Mesin Peningkatan Kualitas juga dilengkapi dengan teknologi stabilisasi gambar generasi terbaru dari OPPO – Ultra Steady Video 3.0, yang mampu memberikan stabilisasi gambar untuk berbagai skenario, baik saat sedang berjalan, melompat atau bahkan melakukan olahraga ekstrim.

  • Mesin Persepsi Potret: Kreativitas Tanpa Batas

Untuk membuat konten video berkualitas tinggi, OPPO telah menyediakan sejumlah fitur yang bertujuan menonjolkan individualitas setiap penggunanya, seperti AI Color Portrait (tidak tersedia pada seri OPPO Reno5 5G), AI Monochrome Video, AI Mixed Portrait (hanya tersedia pada OPPO Reno5 4G) dan banyak lagi. Kesemua fitur ini memberikan pengguna keleluasaan dalam membuat konten video.

Untuk mendukung fitur-fitur ini serta meningkatkan kemampuan keseluruhan perangkat, Sistem Video Potret FDF juga menyertakan Mesin Persepsi Potret dengan rangkaian algoritma yang memastikan subjek dalam keadaan bergerak atau diam, memiliki latar belakang yang sederhana atau rumit, Sistem Video Potret akan memproses subjek potret secara lebih alami.

  • Scene Design Manager

Inti dari Mesin Persepsi Potret adalah OPPO Scene Design Manager. Fitur Scene Design Manager menggunakan kemampuan definisi adegan potret bersama dengan basis data besar buatan OPPO yang berisi lebih dari 10 juta data, untuk menganalisis adegan potret secara langsung dan kebutuhan untuk melakukan penyesuasian pencitraan. Dengan kemampuan tersebut, perangkat dapat menyesuaikan skenario dan menilai video yang direkam pengguna berdasarkan analisa kemudian melakukan penyesuaian pada adegan sesuai dengan kebutuhan setiap pengguna.

  • Portrait Recognition

Setelah Mesin Persepsi Potret menerima kalkulasi dari Scene Design Manager, model AI dan jaringan neural mulai bekerja untuk mengenali subjek potret dalam gambar, memisahkannya dari latar belakang gambar. Untuk meningkatkan akurasi dan kecepatan model AI, OPPO menggunakan jutaan data potret dari basis datanya sendiri untuk melatih SOTA AI model, setelah itu melakukan pemrosesan lanjut untuk mengompresi model, membuatnya lebih cepat dan lebih sesuai untuk perangkat seluler. Dengan optimalisasi ini, seluruh proses pengenalan potret dapat dilakukan dalam waktu kurang dari satu milidetik, sehingga menghasilkan penanganan subjek dan latar belakang potret yang cepat, namun tetap akurat dan alami.

Dalam penggunaannya, ketika subjek potret menghadap ke kamera atau sebagian dikaburkan, Mesin Persepsi Potret masih mendapatkan fitur spesifik dari setiap orang dan mengenali setiap wajah individu secara akurat. Mesin Persepsi Potret juga memungkinkan fitur lain seperti AI Highlight Video untuk melakukan optimalisasi, baik itu penyesuaian kecerahan, warna atau kontras dengan presisi yang lebih baik. Selain pengenalan wajah, Mesin Persepsi Potret juga dapat mendeteksi dan melacak tubuh manusia yang bergerak di dalam video, sehingga memungkinkannya untuk mengekstrak subjek potret ini dengan presisi bahkan dengan latar belakang yang paling kompleks sekalipun. Melalui teknik ini, efek seperti AI Color Portrait dan AI Mixed Video dapat diterapkan dengan transisi yang natural dan mulus antara subjek dan latar belakang. Selain itu, mesin dapat mendeteksi setiap subjek dalam gambar untuk mencapai pengenalan dan pengoptimalan yang sempurna secara bersamaan.

Dengan teknologi algoritma ini, seri OPPO Reno5 dapat menangkap video yang jelas dan lebih baik. Selain itu, berbekal aplikasi penyuntingan video pintar SOLOOP, pengguna dapat memberikan sentuhan akhir pada video dengan mudah di perangkat OPPO.

Seri OPPO Reno5 hadir dengan memanfaatkan keunggulan teknologi OPPO pada pengambilan, penyuntingan, dan berbagi video, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai penyuntingan dengan cara yang sederhana namun hasilnya terlihat seperti profesional. Inilah letak kekuatan OPPO: tidak hanya memiliki kemampuan untuk mengembangkan algoritma dan teknik pemrosesannya sendiri, akan tetapi lebih dapat mengidentifikasi berbagai kebutuhan penggunanya secara akurat. Dengan menyatukan teknologi ke sumber daya industri lainnya, OPPO mampu menciptakan sistem komprehensif. Sistem ini menyatukan perangkat keras dan algoritma perangkat lunak untuk menghadirkan pencitraan yang memenuhi kebutuhan dinamis pengguna.

Menjelajahi Inovasi Pencitraan hingga Batas

Selama bertahun-tahun, OPPO selalu mencurahkan sumber daya secara signifikan untuk mengembangkan teknologi pencitraan terbaik pada perangkat ponsel cerdas terutama untuk kemampuan foto dan video. Secara global, OPPO memiliki 5 (lima) Tim Litbang Pencitraan yang berada di Yokohama, Silicon Valley, Shanghai, Shenzhen, dan Chengdu, yang bekerja untuk menemukan solusi pencitraan terbaru. Berdasarkan sumber daya yang luas ini, OPPO telah membuat beberapa pencapaian yang sangat signifikan di industri. Pada September 2020, perusahaan telah mengajukan 7.300 paten terkait pencitraan di seluruh dunia, sebanyak 2.350 di antaranya telah diberikan. OPPO juga memenangkan penghargaan pada CVPR Awards tahun 2020, OPPO menempati posisi pertama dalam “Perceptual Extreme Super-Resolution challenge” dan “Visual localization for handheld devices challenge”, serta posisi ketiga untuk “Activity detection in extended videos”.

Di masa depan, OPPO akan melanjutkan eksplorasi dan penelitiannya yang berdedikasi ke dalam teknologi pencitraan, menghadirkan inovasi ke dalam kamera ponsel cerdas dan memberikan pengguna pengalaman video yang lebih mudah dan unggul di era 5G.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

5 Hal Bisa Dilakukan di Waktu Luang dengan Galaxy Tab S7+

Next Post

GREDU Update Fitur & Layanan Aplikasi untuk Perkuat Sistem Pembelajaran

Related Posts
Total
0
Share