Review Acer Aspire Vero, Laptop dari Acer Yang Ramah Lingkungan

Trenteknologi.com – Pencemaran lingkungan merupakan salah satu isu yang marak dibicarakan selama beberapa tahun terakhir. Berbagai brand terkemuka mulai menganggap isu ini sebagai isu yang sangat serius selama satu tahun terakhir dan mulai mengambil langkah nyata untuk memperbaiki lingkungan dengan menghadirkan produk yang lebih ramah lingkungan.

Acer menunjukkan keseriusannya dengan memperkenalkan laptop ramah lingkungan mereka yakni Acer Aspire Vero. Laptop ini secara resmi diperkenalkan di Tanah Air dengan harga Rp10 jutaan pada Oktober 2021 dan tersedia secara online dan offline sejak November.

Acer Aspire Vero merupakan produk yang unik mengingat hampir seluruh komponen pada produk ini diklaim merupakan produk hasil dari daur ulang dan terbuat dari material yang dapat di daur ulang. Namun Ketika membicarakan laptop, tentu saja pengguna akan tetap membutuhkan performa yang mumpuni. Lalu, bagaimana kemampuan Aspire Vero  dari Acer ini? Apakah sesuai dengan ekspektasi?

Desain

Ketika membicarakan desain, produk memiliki desain yang sangat unik karena terbuat dari material daur ulang. Produk ini terasa berbeda dibandingkan produk lain di pasaran. Aspire Vero menggunakan bahan Post Consumer Recycle plastic atau plastik daur ulang sebanyak 30% pada bagian rangka dan 50% pada keycap. Komposisi ini dikatakan berhasil mengurangi konsumsi emisi CO2 sekitar 21%, jika emisi dihitung dibandingkan laptop plastik dengan ukuran serupa.

Desain dari laptop ini terlihat trendi karena memiliki warna dasar abu-abu dengan bitnik kekuningan hasil dari roses daur ulang disertai tekstur doff sehingga tidak meninggalkan sidik jari. Proses tanpa menggunakan cat jelas berpengaruh dalam mengurangi polusi pada proses pembuatannya.

Keunikan Aspire Vero sampai ke desain keyboard karena memiliki huruf R & E warna kuning yang dibalik untuk selalu mengingatkan penggunanya terhadap konsep Reduce, Reuse, dan Recycle.

 

Masih di bagian keyboard, Acer tidak lupa menyertakan lampu atau backlit, sehingga pengguna laptop Aspire Vero dapat menggunakan perangkat mereka bahkan di dalam gelap. Acer juga sudah memberikan pemindai sidik jari yang terletak pada trackpad bagian kiri atas yang dapat digunakan untuk keamanan dan kenyamanan penggunanya.

Tidak hanya pada perangkat laptop, Acer Aspire Vero menggunakan kemasan 100% recyclable yang terbuat dari 85% bahan daur ulang serta memakai tinta berbahan kedelai pada kemasan dan buku petunjuk penggunaan.

Layar & Suara

Membicarakan layar, Aspire Vero memiliki satu ukuran layar yang cukup besar dengan panel IPS 15,6 inci dan resolusi Full HD. Layar yang besar dan tajam tentunya memberikan kenyamanan visual atau bisa dikatakan lebih imersif. Layar yang besar ini dapat digunakan dengan baik untuk kegiatan dengan produktivitas tinggi atau kebutuhan hiburan.

Sementara untuk suara, Acer melengkapi Aspire Vero dengan teknologi TrueHarmony™ dan Acer PurifiedVoice™ untuk audio sehari-hari yang jernih, tidak hanya suara untuk pengguna tapi juga suara dari pengguna. Acer TrueHarmony™ sangat membantu untuk mengurangi kebisingan suara latar belakang sehingga pengguna dapat melakukan meeting atau panggilan dengan nyaman lewat laptop.

Performa

Membicarakan laptop, tentunya kita tidak luput dari prosesor yang digunakan. Aspire Vero memang produk ramah lingkungan, namun bukan berarti mengurangi spesifikasi yang Acer siapkan untuk laptop ini. Patut diingat bahwa Acer Aspire Vero juga merupakan laptop yang datang dari seri Acer Aspire, di mana lini tersebut ditujukan untuk laptop-laptop performa milik Acer dengan harga yang bersaing dibandingkan dengan kompetitornya.

Aspire Vero telah dilengkapi dengan dukungan prosesor Intel® Core™ i5-1155G7 Generasi ke-11. Prosesor ini memberikan  performa lebih dari cukup dan dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Tidak hanya prosesor yang mumpuni, Acer juga memberikan grafis Intel® Iris® Xe yang dapat diandalkan dalam penggunaan sehari-hari. Selama pengujian, prosesor dan kartu grafis yang diberikan memberikan performa yang memuaskan untuk penggunaan casual, namun belum terasa maksimal saat digunakan untuk kegiatan berat seperti gaming atau pembuatan konten yang membutuhkan grafis tingkat tinggi.

Aspire Vero membawa software VeroSenseTM yang mampu membantu menghemat konsumsi daya (energy saving). Acer VeroSense™ sendiri adalah software buatan Acer yang memudahkan pengguna memilih mode penggunaan yang dioptimalkan untuk efisiensi daya dan daya tahan baterai.

VeroSenseTM memiliki empat mode performa yang dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, seperti performance mode untuk performa laptop yang optimal dan maksimum, balance mode untuk kebutuhan yang lebih seimbang, Eco mode atau mode yang digunakan untuk meningkatkan efisiensi baterai, serta Eco+ Mode untuk penghematan daya baterai ekstrem yang menonaktifkan beberapa fungsi laptop. Dapat disimpulkan, tidak hanya menghemat daya dan mengambil langkah yang baik untuk lingkungan, namun software ini dapat menghemat daya disaat pengguna kehabisan baterai atau membutuhkan penggunaan baterai yang lebih hemat.

Durabilitas

Aspire Vero diciptakan oleh Acer untuk para pengguna yang ingin memiliki laptop performa yang dapat digunakan untuk waktu yang lama, untuk itu laptop ini datang dengan sistem operasi (OS) terbaru Windows 11, Wi-Fi 6 andal, satu port Type-C dan dua port Type-A guna mendukung keserbagunaan konektivitas pengguna.

Tidak hanya teknologi yang canggih, laptop ini juga memiliki durabilitas tinggi melalui struktur interior honeycomb, yang meningkatkan ketangguhan dari tekanan serta putaran pada laptop. Dengan struktur ini, laptop memiliki daya tahan yang lebih lama.

Aspire Vero juga sangat mudah diupgrade. Dari sisi RAM, laptop ini dapat diupgrade hingga kapasitas RAM 24GB dan memiliki storage besar hingga 512GB. Untuk upgrade, pengguna juga tidak perlu mengalami kesulitan karena sekrup yang digunakan oleh laptop ini merupakan sekrup standard, sehingga pengguna dapat melakukan upgrade pada laptopnya sendiri di rumah.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Acer Aspire Vero merupakan jawaban untuk tantangan lingkungan yang kita hadapi saat ini sekaligus menjadi jawaban akan kebutuhan teknologi terkini.

Acer Aspire Vero memperlihatkan bahwa laptop ramah lingkungan juga bisa memiliki performa yang baik. Dengan adanya Intel® Core™ i5-1155G7 Generasi ke 11, laptop ini memberikan performa lebih dari cukup untuk kegiatan produktivitas sehari-hari. Dengan bantuan grafis Intel® Iris® Xe, laptop ini dapat menjadi jawaban untuk para pengguna pencinta laptop performa serba bisa.

Saat ini laptop Aspire Vero dibanderol dengan harga Rp10.999.000 bersama bundling menarik seperti modem Telkomsel Orbit serta paket data hingga Rp1 juta, juga tambahan Zero Waste Kit atau seperangkat aksesoris makanan yang dapat didaur ulang dengan nilai hingga Rp500 ribu. Melalui berbagai penawaran yang diberikan, laptop ini menjadi salah satu laptop yang dapat diperhitungkan di kelasnya.

Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Pinhome Mudahkan Masyarakat Penghasilan Rendah dan Tidak Tetap Untuk Punya Rumah

Next Post

Logitech Berikan Tips Ciptakan Pengalaman Belajar Jarak Jauh Secara Hybrid

Related Posts
Total
1
Share