Review Acer Nitro 5 Intel Core i5 11th Gen RTX 3050: Smooth nan Stylish Andalan Para Gamers hingga Content Creator

Trenteknologi.com – Aktivitas bekerja dari rumah nyatanya telah memasuki banyak babak baru dan waktu yang tidak dapat dikatakan sebentar. Setiap orang mulai terbiasa melakukan berbagai hal yang dimulai dari rumah. Bermain game, membuat konten bahkan kegiatan kantor pun tak luput berjalan dari rumah. Aktivitas ini menciptakan suatu hal baru berupa persaingan di industri merek laptop. Nyatanya, berbagai merek laptop saat ini sedang gencar untuk berlomba-lomba berinovasi memenuhi segala kebutuhan pengguna.

Acer, lewat lini khusus gaming miliknya, tentu saja ikut berinovasi dan mengabulkan keinginan para penggunanya lewat produk-produknya. Hadir lewat Acer Nitro 5 menjadi jawaban bagi mereka yang menghabiskan banyak waktunya di rumah untuk beraktivitas dan bekerja. Laptop ini hadir dengan harga yang cukup bersahabat tanpa alih-alih menguras kantong. Dibanderol dengan harga mulai Rp 14 jutaan, Acer Nitro 5 ini dikemas dengan spesifikasi serta fitur unggulan yang sangat mumpuni.

Simak review kami untuk Acer Nitro 5 yang hadir dengan prosesor Intel® Core™ i5 Generasi ke-11 dengan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050.

Desain Stylish Ala Gamer

Acer Nitro 5 berada dibawah lini gaming Acer yaitu Predator. Sehingga laptop ini tentu saja memiliki keutamaan dalam memenuhi kebutuhan para gamers hingga konten kreator yang membutuhkan fitur-fitur handal dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Penempatan desain dibuat sangat stylish dan disesuaikan dengan kegiatan para gamers hingga content creator. Pada desain eksteriornya, kita dapat melihat warna merah yang mencolok dengan desain sirip di bagian belakang laptop. Sisanya dapat ditemukan warna hitam yang menjadi warna hampir keseluruhan untuk bagian bodi laptop.

Dengan dimensi layar hingga sebesar 15,6 inci, membuat kita sebagai pengguna yang sedang menikmati gameplay bersama hadirnya visual luas dan smooth serta bebas blur yang didukung oleh kecepatan refresh 144 Hz dalam waktu response 3ms. Bezel tipis dan screen to body ratio 80% hadir dengan tingkat kecerahan hingga 300-nits. Memanjakan mata dengan layar yang lebih terang dan memiliki perbedaan hingga 25-nits lebih besar dibanding versi sebelumnya. Adanya Backlit 4 RGB keyboard dengan 4 zona pun hadir melengkapi Acer Nitro 5 yang memberikan pengalaman gaming yang terasa lebih baik dibandingkan sebelumnya.

Ditenagai Prosesor Intel® Core™ i5 Generasi ke-11 dan Kartu Grafis NVIDIA® GeForce RTX™ 3050

Hadirnya prosesor Intel® Core™ i5-11400H Generasi ke-11 dilengkapi dengan arsitektur baru willow cove core 10nm SuperFin dengan 19% gen-on-gen multithreaded dalam peningkatan kinerja. Adanya prosesor mobile single thread juga turut andil dan diklaim menjadi tercepat di dunia. Acer Nitro 5 menawarkan 8 core, 16 thread, dan clock speed hingga besaran 5 GHz Turbo. Laptop seri ini juga hadir dalam varian lainnya yaitu dengan Intel® Core™ i7-11800H.

Kemampuan overclocking menggunakan software Intel® Extreme Tuning Utilities (XTU) dan Intel® Speed Optimizer memberikan performa yang maksimal dibanding sebelumnya. Menghadirkan Intel® Turbo Boost Max Technology 3.0 pun memungkinkan prosesor mampu bekerja secara otomatis dalam mengarahkan ke frekuensi tertinggi demi kinerja yang lebih baik.

Dengan NVIDIA® GeForce RTX™ 30 Series, kartu grafis ini didukung oleh arsitektur NVIDIA® Ampere, yang dapat mempercepat kinerja dalam meningkatkan efisiensi energi dan optimisasi sistem melalui AI.  GPU Laptop GeForce RTX™ 30 Series, menjadikan pengalaman dalam bermain game terasa handal saat mencoba judul game Cyberpunk 2077 dan sejumlah judul-judul game populer lainnya yang membutuhkan kinerja lebih. Nyatanya, tidak hanya gaming saja, fasilitas ini pun dapat dirasakan oleh para kreator dalam mengekspresikan kontennya melalui berbagai penggunaan aplikasi yang memanfaatkan akselerasi dan fitur dari GeForce RTX™ ini.

Hadir dengan Dual slot SSD NVMe, dual slot RAM, dan sebuah slot SATA

Acer Nitro 5 memiliki kemampuan dalam kustomisasi opsi memori hingga penyimpanan yang beragam. Dengan hanya membuka body bagian bawah, kita dapat langsung memasang RAM DDR4 3200 MHz yang mendukung hingga dual channel dengan kapasitas 32GB. Dua slot SSD NVMe dan satu slot SATA 2,5 inci pun menjadi pelengkap untuk fitur ini.

Adanya dua buah slot SSD memberikan adanya penambahan SSD yang rasanya semakin mudah saja. Kedua slot tentunya mendukung protokol NVMe serta dilengkapi juga dengan heatsink khusus SSD pada setiap slotnya. Hal ini tentu saja untuk mencegah performa SSD menurun alih-alih saat temperatur meningkat. Dukungan HDD SATA disediakan juga apabila pengguna memiliki keinginan dalam menambah kapasitas penyimpanan secara masif. Hal-hal inilah yang membuat laptop Acer Nitro 5 menjadi istimewa dan terasa unggul di kelasnya.

Adanya Intel® Wi-Fi 6 AX201 (802.11ax) dan Killer™ Ethernet E2600

Salah satu yang baru dan perlu di highlight dalam seri Acer Nitro 5 ini yaitu adanya discrete module Intel® Killer™ WiFi 6/6E. Intel® Wi-Fi 6 AX201 (802.11ax) dan Killer™ Ethernet E2600 hadir dalam meningkatkan stabilitas dan kinerja jaringan untuk mampu memprioritaskan aktivitas gameplay. Adanya fitur ini tentu memberikan pengalaman gaming yang jauh lebih responsif, tanpa adanya lag mengganggu, juga mampu menghasilkan audio video yang lebih jernih saat terhubung langsung ke jaringan.

Adanya kontrol dari Killer Ethernet  E2600 mampu mendeteksi secara otomatis antara game, video dan chat stream untuk memilih prioritas bandwidth tanpa lag. Pada Mode Auto, Network Optimizer dari Acer ternyata dapat membedakan program-program berat agar tidak terjadinya isu konektivitas dikemudian. Adanya pilihan untuk dapat mengatur sendiri prioritas program, mengubah alokasi bandwidth pada tiap aplikasinya, dan mampu memblokir aplikasi tertentu untuk mendapatkan koneksi terbaik menjadi hal yang terasa unggul dan patut dipertimbangkan.

Monitoring Suhu dengan Sistem Pendingin Kipas Ganda

Hadir dilengkapi dengan sistem pendingin kipas ganda yang memanfaatkan port intake/exhaust, ditempatkan dengan posisi yang cukup strategis, berupa empat ventilasi hawa panas demi mencapai peningkatan keseluruhan di angka 25% dalam kinerja termal. Dilengkapi dengan adanya teknologi Acer CoolBoost™ yang memanfaatkan empat lubang ventilasi di bagian bawah, serta dipadukan bersama aplikasi NitroSense yang memonitori suhu dan juga mengatur sistem pendinginan yang ada sekaligus.

Teknologi CoolBoost™ yang dapat dioptimalkan secara lebih nyatanya mampu meningkatkan kecepatan kipas sebesar 10% dan pendinginan CPU/GPU sebesar 9%. Tentu saja ini menjadi hal yang sangat perlu diperhatikan untuk kita yang menghabiskan banyak waktu untuk bermain game, mengedit video yang membutuhkan lebih banyak waktu bahkan untuk aktivitas komputasi sekalipun.

Kesimpulan

Hadirnya Acer Nitro 5 dengan prosesor Intel® Core™ i5-11400H dan GPU NVIDIA® GeForce® RTX 3050 membuktikan bahwa laptop gaming yang semakin banyak berinovasi mengikuti kebutuhan para pengguna di masa pandemi dalam berbagai aktivitas nyatanya tidak harus selalu mahal, namun tetap dapat memiliki performa yang luar biasa dalam pemakaian dan mampu dikemas dengan spesifikasi tinggi untuk berbagai kebutuhan yang ada. Fitur unggulan yang hadir pada laptop gaming Acer Nitro 5 ini menjadi pilihan yang sangat tepat bagi para gamers hingga para content creator sekalipun dalam berbagai aktivitas yang mendukung mereka dari rumah.

Laptop Acer Nitro 5 (AN515-57) Intel® Core™ i5-11400H dengan GPU GeForce® RTX 3050 dibanderol mulai harga Rp14 Jutaan dan telah tersedia untuk dibeli melalui Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/nitro-5-an515-57-i5-11400h-rtx3050. Acer pun memberikan nilai tambah berupa Office Home and Student 2019 senilai R p1.799.000 sehingga laptop ini sangat praktis dan dapat langsung digunakan dalam berbagai aktivitas utamanya gaming.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Menantikan Kedatangan Infinix Zero 5G di Indonesia

Next Post

Oracle Bantu Organisasi Mengamankan Data SDM dengan Peringatan Otomatis Berbasis AI

Related Posts
Total
0
Share