Review EZVIZ DB2 Pro: Bel Pintu Cerdas, Anti Maling

Trenteknologi.com – EZVIZ DB2 Pro adalah perangkat bel video terbaru yang cocok dipasang di luar rumah, apartemen maupun vila. EZVIZ DB2 Pro sudah diluncurkan di Indonesia pada tahun 2023 lalu dengan sejumlah fitur andalan.

Fitur unggulan yang dimilikinya termasuk resolusi 2K⁺ yang sangat tajam, sudut pandang yang luas, kapasitas baterai besar, serta instalasi yang sangat mudah. Selain itu, pengguna dapat menikmati lapisan perlindungan privasi tambahan menggunakan fitur pengubah suara, dan mengatur zona privasi tanpa merekam.

Sebenarnya masih banyak fitur andalan EZVIZ DB2 Pro. Penasaran? Inilah review lengkap EZVIZ DB2 Pro.

Unboxing

Dalam setiap pembelian EZVIZ DB2 Pro, terdapat 1 unit Doorbell EZVIZ DB2 Pro, 1 Mounting Plate, 2 Inclined Mounting Plate, 1 Foam Sticker, 1 Drill Template, 1 Plate Foam, 1 Chime, 1 Screwdriver, 1 Screw Kit, 1 Screw Kit, 2 U-shaped Wire, 3 Wire Connector dan 1 Pin, 1 USB Cable, 1 Quick Installation Guide, 2 Regulatory Information dan 1 Quick Start Guide.

Chime merupakan sebuah perangkat yang memberikan notifikasi kepada pengguna saat ada tamu yang berkunjung, serta melindungi hunian secara virtual.

Desain Doorbell EZVIZ DB2 Pro

EZVIZ DB2 Pro hanya tersedia dalam satu warna yaitu putih. Warna putih ini memberikan kesan premium, tapi juga terkadang cepat kotor, terkena debu jika diletakkan diluar rumah.

Warna putih ini juga menyelimuti hampir sekujur tubuh Doorbell. Hanya lensa yang terpasang di bagian depan yang berwarna hitam. Masih pada bagian depan, terlihat jelas sebuah Light Sensor, sensor PIR, LED Indicator dan tombol Doorbell.

Sementara di bagian belakang terdapat terminals, tombol power dan tamper alarm button. Bergeser ke bagian bawah hanya ditemui sebuah dismantle hole. Beralih ke sisi kanan disematkan power port dan lubang mic. Sedangkan di sisi kiri hanya terdapat sebuah speaker.

Bentuknya yang mungil dan ringan, memungkinkan EZVIZ DB2 Pro untuk dipasang dimana saja, seperti di dinding luar rumah dan di pintu rumah. EZVIZ DB2 Pro memiliki bobot 241,35 g dan dimensi 150 × 58 × 32 mm.

Karena ditujukan untuk di luar ruangan, Doorbell ini mengusung desain weatherproof dengan sertifikasi IP65 yang mampu bertahan dari segala cuaca, termasuk cuaca ekstrem.

Desain Chime EZVIZ DB2 Pro

Sekarang kita mengulas desain Chime. Sama seperti Doorbell, Chime ini dibalut warna putih seluruh body nya. Kecuali antenanya yang berwarna abu-abu.

Pada bagian depan Chime terpampang LED Indicator dan speaker. Sementara di bagian belakang terdapat konektor listrik. Di sisi kanan disematkan slot Micro SD Card. Sedangkan di sisi kiri hanya ada tombol power.

Chime ini dapat dipasang di dalam rumah, selama jaraknya tidak berjauhan dengan pemasangan doorbell. Jarak maksimal pemasangan chime dan Doorbell adalah 4 meter.

Proses instalasi Doorbell dan Chime EZVIZ DB2 Pro cukup mudah. Berikut ulasannya.

Tentukan lokasi pemasangan Doorbell EZVIZ DB2 Pro

Sebelum memasang Doorbell EZVIZ DB2 Pro, sebaiknya tentukan lokasi pemasangan Doorbell EZVIZ DB2 Pro, bisa di pintu luar atau dinding luar rumah. Kemudian pastikan dinding atau pintu yang akan dipasang Doorbell cukup kuat untuk menahan tiga kali bobot kamera.

BACA JUGA :  Lenovo ThinkStation P8 Resmi Diperkenalkan di Indonesia, Generasi Workstation Terbaru

Pemasangan Plat Penyangga Doorbell EZVIZ DB2 Pro

Pemasangan Doorbell bisa dilakukan di dinding dengan permukaan yang rata ataupun tidak rata serta di pintu rumah berbahan kayu.

Pemasangan Doorbell di permukaan dinding yang rata.

  • Pasang plat penyangga yang disertakan dalam box EZVIZ DB2 Pro.
  • Tempelkan busa plat pada plat penyangga lalu tempelkan ke dinding.
  • Kamu juga dapat menyesuaikan cakupan pandangan dengan plat penyangga.
  • Tempatkan template bor ke dinding dengan permukaan yang tidak rata untuk memasang bel pintu.
  • Lalu bor empat lubang sekrup. Disarankan untuk menggunakan bor dengan diameter 6mm.
  • Masukkan empat pengencang ke lubang-lubang tersebut.

Pemasangan Doorbell di permukaan dinding yang tidak rata.

  • Tempatkan template bor ke dinding dengan permukaan yang tidak rata untuk memasang bel pintu.
  • Lalu bor empat lubang sekrup. Disarankan untuk menggunakan bor dengan diameter 6mm.
  • Masukkan empat pengencang ke lubang-lubang tersebut.

Jika kamu memasang bel pintu ini di pintu kayu, tidak perlu menggunakan pengencang.

  • Sebelum memasang stiker busa, sebaiknya cek dua sekrup bagian atas terlebih dulu.
  • Selanjutnya tempelkan stiker busa pada plat penyangga lalu gunakan sekrup (KA3x16) untuk menempelkan plat penyangga ke dinding.
  • Setelah plat penyangga menempel kuat di dinding atau pintu, pasang Doorbell EZVIZ DB2 Pro pada plat penyangga.
  • Sebelum memasang Doorbell, pastikan tinggi Doorbell sekitar 1,2m sampai 1,5m agar dapat mendeteksi siapapun yang berkunjung ke rumah kamu.

Pemasangan Plat Penyangga Doorbell EZVIZ DB2 Pro

  • Sebelum menyalakan Doorbell, matikan saklar listrik Miniature Circuit Breaker (MCB) terlebih dulu. Saat mematikan saklar MCB membutuhkan kehati-hatian ekstra. Jika kamu tidak punya keahlian di bidang listrik, sebaiknya kamu meminta bantuan teknisi listrik jika kamu ragu mematikan saklar listrik MCB.
  • Jika kamu sudah memiliki Doorbell lama, lepaskan doorbell lama tersebut, lalu keluarkan kabel yang sudah ada melalui plat penyangga.
  • Setelah itu, sambungkan kabel-kabel Doorbell baru ke terminal di bagian belakang EZVIZ Doorbell, kemudian kencangkan baut terminal.
  • Setelah plat penyangga terpasang dengan kuat, pasang Doorbell ke plat penyangga.
  • Setelah semua kabel terhubung dengan benar, hidupkan kembali listrik di saklar MCB.
  • Setelah Doorbell terpasang, kamu dapat mengontrol Doorbell dan melihat hasil video melalui aplikasi EZVIZ di smartphone kamu.

Nyalakan dan Charger Doorbell

  • Setelah Doorbell terpasang, colokan adaptor charger melalui port USB Doorbell ke stop kontak listrik.
  • Saat diisi daya, bel pintu akan otomatis menyala.
  • Jika kamu menggunakan adaptor 5V 2A untuk mengisi daya bel pintu, dibutuhkan sekitar 4,5 jam untuk pengisian penuh.
  • Jika bel pintu dipasang di luar ruangan, gunakan kabel daya tahan air untuk mengisi daya.
  • Saat mengisi daya bel pintu, pastikan lensa menghadap ke atas untuk menghindari kerusakan pada lensa.
  • Tekan tombol daya doorbell selama 2 detik sampai Indikator LED doorbell berwarna biru selama 3 detik. Artinya doorbell sudah menyala.
  • Setelah itu, bunyikan bel pintu terlebih dulu untuk memastikan bahwa perangkat tersebut berfungsi.
BACA JUGA :  Xiaomi Hadirkan Xiaomi Watch dan Xiaomi Smart Band 8 Pro di Indonesia

Pasang Chime

  • Sebelum memasang Chime, pastikan lokasi Chime berdekatan dengan Wi-Fi dan Doorbell. Sebaiknya jarak maksimal Chime dengan Wi-Fi dan Doorbell mencapai 4 meter.
  • Kemudian colokkan Chime ke stop kontak listrik.
  • Setelah indikator LED berkedip cepat berwarna biru, Chime siap dihubungkan ke Doorbell dan WiFi.
  • Jika kamu membutuhkan penyimpanan ekstra dan memiliki kartu Micro SD, kamu bisa memasangnya pada sisi kanan Chime. Pasalnya, tidak disertakan kartu Micro SD pada setiap pembelian EZVIZ DB2 Pro.

Setelah Doorbell dan Chime selesai dipasang, maka kedua perangkat ini siap digunakan. Selanjutnya hubungkan EZVIZ DB2 Pro ke aplikasi EZVIZ mobile.

Hubungkan EZVIZ DB2 Pro ke aplikasi EZVIZ

  • Kalau kamu belum menggunakan aplikasi EZVIZ, kamu bisa mendownload aplikasi EZVIZ untuk smartphone berbasis Android dan iOS di Play Store dan App Store.
  • Kalau kamu belum login di aplikasi EZVIZ bisa login menggunakan gmail, kalau sudah login, aplikasi EZVIZ langsung bisa digunakan.
  • Selanjutnya, di layar Utama, tap “+” di sudut kanan atas untuk masuk ke antarmuka Scan QR Code.
  • Sekarang scan QR code pada sampul buku panduan. Sayangnya, QR Code ini tidak ada disertakan pada Doorbell ataupun Chime.
  • Seterusnya, ikuti segala panduan aplikasi EZVIZ untuk menambahkan Doorbell ke EZVIZ.
  • Lalu, pilih untuk menghubungkan ke Wi-Fi yang terkoneksi dengan ponsel kamu.
  • Setelah itu, kamera Doorbell ini sudah terhubung dengan aplikasi EZVIZ dan bisa langsung digunakan.
  • Namun, jika kamu mengalami kendala saat menghubungkan Doorbell dengan Wi-Fi dan aplikasi, kamu bisa tekan dan tahan tombol atur ulang selama sekitar 4 detik untuk memulai ulang kamera dan mengembalikan semua parameter ke pengaturan standar. Ini juga berlaku saat kamu ingin menghubungkan kamera ke jaringan Wi-Fi lain.
  • Setelah terhubung dengan aplikasi EZVIZ mobile, kamu dapat mengontrol Doorbell EZVIZ DB2 Pro, melihat notifikasi, melihat video dan foto tangkapan Doorbell, status baterai Doorbell, ring on dan banyak lagi.

Performa EZVIZ DB2 Pro

Sesuai namanya, Doorbell EZVIZ DB2 Pro berfungsi sebagai bel yang dapat ditekan oleh tamu yang berkunjung ke rumah kami. Setelah bel pada Doorbell ditekan, suaranya akan masuk ke Chime yang kami pasang di dalam rumah. Sehingga memudahkan kami untuk membukakan pintu saat tamu berkunjung ke rumah.

Doorbell EZVIZ DB2 Pro mampu mendeteksi setiap gerakan siapa pun yang berkunjung ke rumah kami. Bel pintu cerdas ini mampu membedakan antara manusia, hewan peliharaan, atau objek lainnya.

Menariknya, kami juga dapat menyesuaikan kondisi pemicu peringatan untuk mengatur sensitivitasnya. Setelah mendeteksi objek, Doorbell akan memberikan notifikasi langsung melalui aplikasi EZVIZ mobile. Dengan begitu, kami tidak perlu khawatir saat ada orang mencurigakan datang ke rumah.

BACA JUGA :  Galaxy AI Segera Hadir di Galaxy Z Flip5 dan Galaxy Z Fold5

Dengan sudut pandang Ultra-Wide 176 derajat, kami dapat dengan mudah melihat pengirim paket dari kepala hingga kaki dan mengetahui di mana dia meletakkan paket. Doorbell EZVIZ DB2 Pro memiliki resolusi 2K plus yang menghasilkan video yang jernih dan detail untuk menangkap setiap detail siapa saja yang berkunjung ke rumah kami.

Selain itu, bel pintu ini didukung night vision infrared dengan jarak 5 meter untuk perlindungan 24/7. Sehingga mampu menangkap dan mendeteksi manusia, hewan dan objek lainnya meski di malam hari.

Untuk menyimpan hasil foto dan video, kamu dapat menggunakan kartu Micro SD, penyimpanan ponsel atau EZVIZ CloudPlay. Karena memori ponsel yang kami gunakan cukup besar, kami cukup menyimpan di memori ponsel. Kalau memori ponselmu kurang besar, kamu bisa memasang kartu Micro SD pada chime atau berlangganan EZVIZ CloudPlay.

Hebatnya, EZVIZ DB2 Pro disokong teknologi kompresi video H.265 yang menghemat ruang penyimpanan video yang diperlukan serta beban jaringan, namun tetap mempertahankan, bahkan meningkatkan kualitas video yang sama.

Daya baterai Doorbell ini cukup irit, dengan masa penggunaan hingga 115 hari dalam satu kali charge. Ditambah lagi dengan mode hemat energi yang bisa kami aktifkan melalui aplikasi EZVIZ yang membantu memperpanjang masa pakai baterai.

Untuk proses chargingnya pun cukup cepat, tergantung adaptor charger yang kami gunakan. Karena kami menggunakan adaptor fast charging. Pasalnya, tidak disertakan adaptor charger dalam setiap pembelian EZVIZ DB2 Pro. Hanya disertakan kabel micro USB.

Guna melindungi dari pencurian, Doorbell ini dilengkapi alarm yang akan berbunyi dan memberitahukan langsung kepada kami melalui aplikasi EZVIZ jika terjadi pencurian. DB2 Pro juga melarang penggunaan yang tidak sah setelah pencurian, berkat pembatasan ikatan akun.

Selain itu, EZVIZ DB2 Pro dilengkapi pengaturan privasi tanpa merekam. Dengan fitur ini, kami dapat mengatur zona privasi di aplikasi EZVIZ untuk memastikan perekaman hanya terjadi sesuai keinginan dan izin kami selaku pemilik.

Kesimpulan

EZVIZ DB2 Pro merupakan sebuah inovasi terbaru dalam teknologi bel pintu yang menghadirkan keamanan yang tinggi dan kemudahan penggunaan. Dengan berbagai fitur unggulan seperti resolusi tajam, sudut pandang luas, daya tahan baterai yang baik, dan instalasi yang mudah, perangkat ini cocok dipasang di berbagai tempat seperti rumah, apartemen, atau vila.

Dengan tambahan fitur pengaturan privasi tanpa merekam dan perlindungan tambahan melalui alarm anti-pencurian, EZVIZ DB2 Pro menawarkan solusi lengkap untuk keamanan rumah. Dengan harga yang terjangkau dengan kisaran harga mulai dari Rp 1,4 juta, EZVIZ DB2 Pro merupakan pilihan yang sangat tepat untuk meningkatkan keamanan rumah kami.

EZVIZ DB2 Pro dapat dibeli secara online di EZVIZ Official Store yang ada di Tokopedia, Shopee, Lazada atau EZVIZ Store terdekat di kotamu.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

realme Note 50 Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Cuma Rp 900 Ribuan!

Next Post

Dijual Cuma Rp 900 Ribuan, Intip Keunggulan Performa realme Note 50

Related Posts
Total
0
Share