Review Galaxy Tab A7, Tablet Murah untuk Dukung Aktivitas Dirumah

Trenteknologi.com – Setelah meluncurkan seri premium Galaxy Tab S7, baru-baru ini Samsung merilis tablet Galaxy Tab A7 dengan harga yang terjangkau di Indonesia. Di atas kertas, tablet Samsung ini memiliki spesifikasi yang cukup menjanjikan untuk Anda yang gemar menonton berbagai konten multimedia ataupun bermain game.

Setelah beberapa waktu lalu mengulas tentang Samsung Galaxy Tab S7, Kali ini Trenteknologi.com kembali mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung tablet Samsung dengan harga yang lebih terjangkau yaitu Samsung Galaxy Tab A7 ini secara langsung. Apakah performanya sesuai dengan spesifikasi yang terdapat diatas kertas ? berikut ulasannya.

Desain Ramping dan Elegan

Ramping dan elegan adalah kesan pertama yang terlintas saat melihat Galaxy Tab A7. Dimulai dengan bagian belakang tablet, ia memiliki lapisan logam halus yang terasa premium tetapi mungkin bukan yang paling ergonomis. Karena menurut Kami lapisan logam tersebut cukup licin sehingga mudah tergelincir dari tangan, sehingga pengguna harus ekstra hati-hati atau sebagai solusi bisa menggunakan case berbahan kulit atapun silicon.

Pindah ke bagian sisi atas dan bawah tablet (Dalam mode Landscape), terdapat tombol daya dan volume di bagian atas serta slot kartu microSD ada di bagian bawah. Di kanan dan kiri, terdapat speaker dengan pengaturan Quad-Speaker. Di bagian kanan, juga terdapat port USB-C dan jack 3.5mm. Lalu di bagian belakang juga terdapat kamera dan juga di depan, kamera berada di posisi atas layar.

Secara keseluruhan, desain pada tablet ini cukup bagus dan terkesan premium. Tablet ini ramping dan ukurannya cukup bagus untuk bermain game ataupun menonton video.

Kualitas Layar dan Audio yang Sangat Jernih

Layar pada tablet ini dibekali dengan layar IPS dengan resolusi 2000 x 1200-piksel dan kepadatan piksel 224 PPI. Untuk menilai performa layar Samsung Galaxy Tab A7, kami memutar konten dari layanan streaming populer seperti Netflix dan YouTube, menurut Kami kualitas gambar dan warna yang ditampilkan cukup jernih dan tajam.

Mengenai kinerja audio, tablet ini memiliki 4 speaker yang menghasilkan suara yang stereo dengan kualitas yang menurut Kami sangat jernih, karena salah satunya berkat fitur Dolby Atmos. Dengan kualitas suara yang jernih tersebut, Kami sangat menikmati pada saat memutar konten video ataupun audio.

Performa Sangat Dapat Diandalkan

Berbekal prosesor Qualcomm Snapdragon 662 dengan RAM 3GB dan ROM 32GB, performa yang Kami rasakan pada tablet ini sangat mengesankan walaupun tidak menggunakan prosesor tertinggi. Kami mencoba menggunakan tablet Samsung ini untuk bermain game seperti COD Mobile ataupun PUBG, Kami dapat memainkannya dengan cukup mulus, dan menyenangkan.

Selain itu Kami juga melakukan pengujian performa tablet ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 161.857
  • GeekBench 5 : 316 (Single Core) – 1393 (Multi Core)
  • 3D Mark : 1.163 (Sling Shot Extreme)

Lalu Kami juga mencoba tablet Samsung ini untuk penggunaan multitasking seperti memeriksa email, menjelajahi Internet, menonton video dan lainnya, kinerja dari tablet ini juga sangat mengesankan tanpa gagap.

Kamera Cukup Bagus, Asal Dengan Kondisi Cahaya yang Memadai

Sepertinya Samsung memang tidak terlalu memfokuskan tablet ini pada sektor kameranya. Kualitas kamera belakang 8MP yang dihasilkan oleh tablet Samsung ini menurut Kami masih relatif cukup baik, karena perlu kondisi cahaya yang memadai untuk mendapatkan hasil foto yang lebih maksimal.

Namun untuk kamera depannya dengan sensor 5MP masih terbilang lebih berfungsi dengan baik, terutama untuk panggilan video.

Tawarkan Daya Tahan Baterai yang Tahan Lama

Samsung Galaxy Tab A7 dibekali dengan baterai 7.040 mAh yang sudah mendukung pengisian daya 15W. Daya tahan baterai 7.040 mAh tersebut pun menurut Kami sangat mengesankan. Dengan kondisi baterai 100%, Kami dapat menggunakan tablet ini sepanjang hari dengan kebutuhan seperti menonton YouTube, Browsing hingga bermain Game selama seharian.

Kelebihan Samsung Galaxy Tab A7

  • Desain kokoh dan ramping
  • Layar cerah dan tajam
  • Kualitas audio yang bagus
  • Daya tahan baterai sangat baik

Kekurangan Samsung Galaxy Tab A7

  • Hasil foto dari kamera belakang kurang bagus di kondisi minim cahaya

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Galaxy Tab A7 adalah tablet Android yang andal untuk tablet dengan harga 4 jutaan. Tablet Samsung ini menawarkan daya tahan baterai yang lama, dan yang terpenting layar IPS yang dimilikinya sangat nyaman digunakan pada saat menonton konten multimedia ataupun bermain game selama berjam-jam. Tablet ini sangat cocok untuk Anda yang mencari tablet kelas menengah untuk anak-anak menghadiri kelas online, membaca e-book hingga menonton konten multimedia ataupun bermain game.

Harga Galaxy Tab A7

Galaxy Tab A7 telah tersedia di Indonesia dalam warna Dark Gray dan Silver dengan harga Rp4.999.000. Pembelian Galaxy Tab A7 hingga 31 Oktober 2020 akan mendapatkan bonus 12 bulan perlindungan dari Samsung Care+ senilai Rp449.000, yang dapat ditukarkan di aplikasi Samsung Gift Indonesia.

Spesifikasi Samsung Galaxy Tab A7 (2020)

Layar10,4” 2000 x 1200 (WUXGA+) IPS LCD
OSAndroid 10, One UI 2.1
WarnaDark Gray + Black Bezel

Silver  + White Bezel

Dimensi & Berat247.6 x 157.4 x 7 mm; berat 477gr (LTE)
BodiMetal
KameraUtama: 8MP, AF

Depan: 5MP

SpeakerQuad Stereo Speaker with Dolby Atmos
Memori/ Penyimpanan3GB RAM + 32GB ROM

Eksternal: microSD hingga 1TB

ProsesorQualcomm Snapdragon 662 Mobile Platform (SM6115)
Kapasitas Baterai7040 mAh, mendukung fast charging 15W (dijual terpisah)
KonektivitasGSM / HSPA / LTE, Bluetooth 5.0
KonektorUSB Type-C 2.0, jack 3.5mm
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Zebra Technologies Memperkenalkan Software Zebra MotionWorks Proximity

Next Post

McAfee Meluncurkan Fitur dan Fungsi Baru Untuk Platform MVISION

Related Posts
Total
0
Share