Review Garmin epix Pro, Desain Tangguh, Fitur Melimpah

Trenteknologi.com – Pada bulan Juni lalu, Garmin menghadirkan smartwatch terbarunya ke Indonesia yaitu Garmin epix Pro. Garmin epix Pro tersedia dalam tiga pilihan ukuran yaitu 42mm, 47mm dan 51mm, serta dilengkapi LED flashlight. 

Ketiga varian tersebut memiliki sederet fitur unggulan dan spesifikasi mumpuni untuk olahraga dan kesehatan. Mulai dari Hill Score, Endurance Score, Training Load updated, The Sport Contributor, Real-time Stamina, Adaptive PacePro, BirdsEye Direct, Training Readiness, Jet Lag Advisor, Morning Report, Body Battery, Pelacak Saham, Musik & Kebugaran Urban, dan banyak lagi fitur menarik lainnya. 

Selain itu, Garmin epix Pro Series mendukung 40 lebih aplikasi olahraga baru seperti tenis, tenis meja, badminton hingga kano, rafting, motocross, ATV hingga ice skating. Berkat sederet fitur tersebut, Garmin epix Pro sangat cocok digunakan oleh pengguna yang suka olahraga, bahkan atlet profesional. Misalnya, pelari, petenis, pebulutangkis, pemotor dan olahragawan lainnya.

Kali ini kami berkesempatan me-review Garmin epix Pro ukuran 51mm varian warna Carbon Gray DLC Titanium dengan Black Band. Yuk, langsung saja simak Review Garmin epix Pro berikut ini.

Desain Ala Arloji Klasik

Dari segi desain, Garmin epix Pro terlihat seperti jam tangan klasik konvensional. Meski berukuran besar, 51 mm, jam tangan ini masih nyaman ketika dikenakan di tangan dan pas dalam pergelangan tangan. 

Ditambah lagi ini body jam tangan ini memiliki dimensi 51 x 51 x 14,9 mm dan bobot 60 g. Sementara bobot keseluruhan beserta strap mencapai 88 g. 

Strapnya sendiri berjenis silicon dan memiliki ukuran 127 hingga 210 mm. Selama kami gunakan untuk berbagai kegiatan, seperti olahraga dan kegiatan lainnya, terasa sangat nyaman serta tidak menimbulkan gatal-gatal dan iritasi kulit.

Perpaduan warna body arloji Carbon Gray dan strap hitam, membuat arloji pintar ini terlihat elegan dan lebih sporty. Body arloji ini juga terlihat lebih simpel dengan 5 tombol yang terdapat pada sisi kanan dan kiri. Tombol tersebut meliputi menu/up, down, light, start/stop, serta back/lap.

Sekarang kami akan mengulas bagian atas body arloji ini. Pada bagian atas body arloji, terpampang layar AMOLED berukuran 1,4 inci dengan resolusi 454 x 454 piksel. Layar ini juga menggunakan panel layar sentuh. Beralih ke bagian bawah body, terdapat sensor gen 5 terbaru dengan green light channel serta sebuah port charger.

Karena ditujukan untuk olahraga indoor dan outdoor, bahkan olahraga ekstrem sekalipun, Garmin epix Pro mengusung Rugged by Design. Desain tangguh ini diterapkan melalui casing polimer 51 mm yang diperkuat serat dengan bezel dan penutup belakang dari titanium. Dengan begitu, jam ini tahan terhadap panas, guncangan, dan air telah diuji sesuai standar militer AS. 

Terbukti, epix Pro ini memiliki fitur tahan air dengan tingkat kedalaman hingga 10 ATM (100 m). Sehingga cocok digunakan untuk berenang, menyelam, dan olahraga air lainnya.

Fitur Olahraga Terlengkap

Garmin epix Pro mengusung fitur olahraga yang terbilang lengkap untuk beragam olahraga baik indoor maupun outdoor. Salah satu fitur olahraga utama dari arloji pintar ini adalah Hill Score. 

BACA JUGA :  realme 12 5G Andal Abadikan Momen di Hari Raya Idul Fitri dengan Fitur Terbaik di Segmennya

Sesuai namanya, fitur Hill Score menampilkan skor berdasarkan kemampuan berlari menanjak dan mengevaluasi kemajuan dari waktu ke waktu berdasarkan VO2 max dan riwayat pelatihan. Hill Score ini mengukur 2 hal yaitu kekuatan lari pada tanjakan curam dan daya tahan lari pada tanjakan yang panjang.

Berikutnya ada fitur Endurance Score yang mempertahankan upaya yang berkepanjangan dan menggabungkan data latihan dari semua olahraga cabang atletik. Pengukuran dinamis ini menggunakan VO2 Max, beban pelatihan jangka pendek atau jangka panjang, dan faktor lain untuk mengukur kemajuan kebugaran di luar VO2 Max saja. 

Fitur Endurance Score ini bekerja secara otomatis mengukur nilai VO2 Max dalam tubuh kami ketika kami melakukan olahraga atletik seperti jalan, lari dan lainnya. Dan terbukti, fitur ini menampilkan data VO2 Max yang sangat akurat, dan hasilnya kadar oksigen dalam tubuh kami selama berolahraga cukup baik.

Kemudian ada Training Load updated yang berisi rangkuman pelatihan progresif dari waktu ke waktu untuk menghindari cedera akibat peningkatan beban olahraga yang terlalu mendadak. Selanjutnya fitur The Sport Contributor memungkinkan kami untuk melacak dan menunjukkan bagaimana setiap olahraga berkontribusi pada keseluruhan beban latihan kami. 

Masih untuk latihan, terdapat pula fitur Training Readiness yang membantu kami mendapatkan saran dan memaksimalkan latihan. Fitur ini dapat memberikan informasi untuk hasil latihan yang memuaskan, seperti kondisi tubuh. Informasi ini berasal dari waktu pemulihan kami dan pelacakan tidur lanjutan. 

Di luar itu, tren beban latihan, status HRV (Variabilitas Detak Jantung), tingkat stres terbaru dan kualitas tidur juga mempengaruhi hasil latihan. Berikutnya, fitur Adaptive PacePro yang merupakan kombinasi metrik real-time stamina yang memberikan penyesuaian pada panduan kecepatan selama latihan kami. Tujuanya untuk membantu kami mencapai efek latihan maksimal, namun tidak begitu lelah.

Fitur Real-Time Stamina memungkinkan kami mengetahui kekuatan fisik kami saat ini, membangun stamina, dan menyesuaikan kecepatan dan intensitas kami dengan kondisi saat ini. Dalam kompetisi jarak jauh, fungsi ini membantu para atlet untuk mengetahui seberapa banyak usaha yang dikerahkan di tiap momen dan kapan kami harus beristirahat untuk memulihkan diri. 

Fitur Real-Time Stamina ini sangat membantu kami menyimpan cadangan energi sebelum kompetisi selesai sehingga kami memiliki tenaga untuk meraih capaian terbaik. Seperti tadi disebutkan di atas, Garmin epix Pro Series mendukung 40 lebih aplikasi olahraga baru seperti tenis, tenis meja, badminton hingga kano, rafting, motocross, ATV, ice skating dan banyak lagi. 

Mode olahraga tersebut dapat kalian pilih dan gunakan melalui tombol start/stop yang terdapat pada sisi kanan atas jam tangan. Kemudian pilih jenis olahraga yang diinginkan. Kalian bisa memilih jenis olaharaga yang diinginkan melalui tombol up and down yang terdapat pada sisi kanan dan kiri arloji ini.

Setelah itu, jadikan olahraga yang kalian pilih tersebut menjadi favorit. Jika merasa kurang, kalian juga bisa menambahkan jenis olahraga lain yang ingin kalian pilih.

BACA JUGA :  Penjualan Perdana, Xiaomi 14 Laris Terjual Lebih Dari 3000 Unit!

Kali ini kami memilih jenis olahraga yang akan kami gunakan yaitu walking, HIIT dan motorcycle. Sebelum menggunakan mode tersebut, kami harus memilih jenis olahraga yang ingin kami lakukan, lalu tekan tombol start/stop untuk memulai olahraga tersebut. 

Setelah selesai, kami menekan tombol stop pada tombol start/stop. Selanjutnya, kami bisa menyimpan data olahraga kami dan data tersebut dapat juga dilihat pada apalikasi Garmin Connect yang terhubung di smartphone kami. 

Untuk mode walk, run, dan sejenisnya menampilkan hasil kecepatan selama jalan dan lari, durasi jalan dan lari, jarak yang ditempuh, total kalori yang dikeluarkan, serta deteksi denyut jantung selama melakukan olahraga tersebut. Mode olahraga run ini juga secara otomatis terhubung dengan GPS yang sudah built in pada smartwatch. 

Sementara untuk HIIT, pengguna bisa menyesuaikan interval, durasi dan round selama melakukan olahraga. Tersedia juga menu latihan bawaan dari smartwatch.

Hampir sama dengan mode run dan walk, motorcycle juga menampilkan durasi berkendara, jarak yang ditempuh, kecepatan berkendara, serta deteksi jantung. Bedanya, mode motorcycle menampilkan rute perjalanan yang telah ditempuh selama berkendara menggunakan sepeda motor.

Fitur Kesehatan dan Fitur Lainnya

Hasil olahraga yang maksimal juga ditentukan oleh kondisi tubuh yang sehat. Deteksi jantung, tingkat stres, waktu tidur dapat dideteksi oleh arloji pintar Garmin ini. Semua data olahraga dan deteksi kesehatan kami dirangkum selama 7 hari terakhir dan bisa dilihat melalui fitur Morning Report. 

Fitur Morning Report ini berisi ringkasan yang dapat disesuaikan tentang skor dan kualitas tidur, prospek latihan, status HRV, cuaca dan lainnya segera setelah kami bangun tidur. Morning Report yang berisi data olahraga dan kesehatan ini dapat dilihat langsung melalui smartwatch Garmin epix Pro ini dengan menekan tombol up/menu. Agar lebih detail, kamu juga bisa melihat data lengkap melalui aplikasi Garmin Connect. 

Menariknya, ada fitur Jet Lag Advisor yang memberikan panduan untuk mengurangi efek jet lag sebelum, selama, dan setelah perjalanan. Kami juga bisa menggunakan kilasan widget jam tangan untuk mendapatkan rekomendasi tentang kapan harus mencari atau menghindari cahaya, kapan harus tidur, dan kapan harus aktif untuk membantu memulihkan diri dari perjalanan kami.

Tidak ketinggalan, fitur Body Battery yang selalu hadir pada smartwatch Garmin ini, sangat membantu kami mengelola sumber daya energi pribadi sepanjang waktu. Jadi, kami tahu kapan waktu yang tepat untuk latihan berat atau ringan dan kapan harus beristirahat untuk pemulihan. 

Manajemen pengelolaan energi badan merupakan pilihan bijak bagi atlet urban, metrik Body Battery dapat menunjukkan kepada kalian efek aktivitas fisik, stres, relaksasi, dan kekuatan restoratif dari tidur bersama di satu tempat.

 

Untuk olahraga outdoor seperti lari, jalan, berkendara sepeda motor, teknologi SatIQTM dan penerimaan sinyal multi-band yang dikombinasikan dengan multi-GNSS sangat membantu kami. Kombinasi teknologi tersebut memberikan akurasi pemosisian terbaik, bahkan di medan menantang sekalipun, sembari mengoptimasi daya tahan baterai.

BACA JUGA :  realme 12 5G Hadir di Indonesia dengan Harga Spesial Rp3.499.000 selama Bulan Ramadan

Hadir pula Peta TopoActive yang menyediakan pemetaan multi-benua dari seluruh dunia. Dengan berlangganan Outdoor Maps+ memungkinkan pengguna dapat menerima konten pemetaan premium, seperti citra satelit, wilayah publik, peta TOPO yang disempurnakan, dan lainnya langsung di smartwatch. 

Kegiatan olahraga kami juga semakin menyenangkan berkat dukungan fitur musik pada arloji pitar ini. Kami bisa mendengarkan musik dan memilih lagu yang kami suka selama berolahraga dengan menekan tombol up/menu pada jam tangan ini. Kami bisa melakukan play, pause, mengatur volume dan next song langsung di jam tangan, selama aplikasi musik seperti Spotify, YouTube dan lainnya berjalan di ponsel kami.

Menariknya lagi, jam tangan ini juga dilengkapi Built-in LED Flashlight yang terdapat pada bagian depan body arloji. Lampu ini dapat kami nyalakan dengan menekan tombol light sebanyak dua kali. Lampu ini sangat membantu kami jika melakukan semua aktivitas di malam hari.

Agar tidak bosan dengan tampilan jam, kami juga bisa mengganti watch face dengan banyak pilihan watch face yang disediakan arloji pintar ini. Garmin epix Pro ini juga didukung storage berkapasitas 32 GB. Selain data olahraga, arloji pintar ini juga menampilkan notifikasi sosial media, email, pesan instan, panggilan telepon dan lainnya, selama terkoneksi dengan smartphone.

Baterai Irit Banget

Daya tahan baterai arloji ini cukup awet dengan masa pakai baterai hingga 31 hari (11 hari always-on) dalam mode smartwatch dan hingga 58 jam dalam mode GPS. Jika mengaktifkan mode hemat baterai, tentunya daya baterai arloji pintar ini lebih irit lagi, bahkan bisa bertahan hingga 41 hari. 

Selama kami gunakan untuk berolahraga, cek kesehatan dan kegiatan lainnya selama sekitar 7 hari, memang terbukti baterai ini sangat irit dan belum pernah di-charge. Dari awal kondisi baterai sekitar 80% hingga selama kami gunakan sekitar seminggu, baterai arloji ini hanya berkurang 20%, menjadi 60%. Sangat irit bukan?

Untuk mengisi daya arloji pintar ini, disertakan pula kabel USB type-C dalam setiap pembelian Garmin epix Pro.

Kesimpulan

Setelah kami menggunakan Garmin epix Pro selama kurang lebih seminggu untuk berbagai macam olahraga, cek kesehatan memang terbukti jam tangan ini cocok digunakan generasi muda yang suka olahraga, bahkan atlet profesional. Pasalnya, Garmin epix Pro didukung sederet fitur olahraga dan kebugaran terlengkap.

Selama kami gunakan untuk berolahraga, cek kesehatan dan kegiatan lainnya selama sekitar 7 hari, memang terbukti baterai ini sangat irit dan belum pernah di-charge. Dari segi desain, Garmin epix Pro terlihat tangguh dan stylish serta sangat nyaman digunakan untuk berolahraga dan kegiatan lainnya.

Garmin epix Pro sudah tersedia di Indonesia melalui Garmin Brand Stores Offline dan Garmin Official Online di Shopee, Tokopedia, Blibli dan Eraspace, dengan harga Rp 19.699.000.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Kamera Mirrorless Sony A6700, Lensa dan Mikrofon Terbaru Resmi Dirilis ke Indonesia

Next Post

Turnamen esports Predator League 2024 Resmi Digelar, Pertemukan Grand Final Valorant dan DOTA2

Related Posts
Total
0
Share