Connect with us

Review

Review Realme 6 Pro : Smartphone Murah yang Cocok untuk Fotografi dan Gamer

Published

on

Spesifikasi Realme 6 Pro

Harga Rp 4.499.000 (8GB RAM/128GB Internal Memory)
Layar 90Hz Ultra Smooth Display, 6,6″ FHD+
Dimensi 163.8 x 75.8 mm
Chipset CPU: Snapdragon 720G (8 nm); GPU: Adreno 618
RAM 8GB
Penyimpanan Internal 128GB
Kamera Belakang 64MP Ultra high-resolution wide-angle camera 26mm
8MP Ultra wide-angle Lens 15.7mm, FOV 119°, f/2.3
12MP Tele Lens 54mm, f/2.5
2MP Macro Lens 4cm focus, f/2.4
UIS & UIS Max Video Stabilization (4K/1080p/720p)
Kamera Depan Sony IMX471 16MP wide-angle camera FOV 79.3°, f/2.0
8MP ultra wide-angle Lens FOV 105°, f/2.2,
UIS & UIS Max Video Stabilization (4K/1080p/720p)
Baterai 4.300 mAh
Konektor USB Type-C
Kartu SIM Dual SIM
Sistem Operasi Realme UI (Android 10)
Keamanan Fingerprint & AI Face Unlock
Warna Lightning Blue & Lightning Red

 

Trenteknologi.com – Realme 6 Pro adalah contoh smartphone Android kelas menengah terbaru yang secara terang-terangan dibuat untuk bersaing langsung dengan merk Xiaomi. Dengan slogan “6 Cameras Pro Display” ponsel ini menawarkan seperangkat kamera yang mumpuni, layar 90Hz Ultra Smooth Display 6,6 inci hingga desain menakjubkan yang terinspirasi dari kilat.

Lalu apakah smartphone ini akan mampu mengalahkan pesaingnya? Untuk mengetahuinya, baca terus Review Realme 6 Pro Indonesia ini hingga tuntas.

Terdapat Peningkatan Desain Meski Tak Signifikan

Perubahan paling mencolok dari desain Realme 6 Pro terlihat pada kamera selfie-nya yang mengusung gaya cut-out atau yang lebih akrab disebut punch-hole. Tidak hanya satu, Realme 6 Pro membawa kamera selfie ganda yang memungkinkan kita beralih dari selfie mode biasa ke wide mode untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih luas sehingga dapat menampung lebih banyak orang saat selfie.

Perubahan juga terlihat pada cover bagian belakang Realme 6 Pro hadir dengan variasi gradient yang tampak elegan yang terinspirasi dari kilat. Hingga, membuat hp ini terlihat lebih menarik dan tampil unik. Baik body depan maupun belakang, sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass 5 yang tentu sangat bermanfaat untuk melindungi hp dari goresan di samping membuat feel-nya jadi terasa mahal dan berkelas. Sayangnya, pemilihan material kaca selalu menjadi magnet sidik jari dan sangat mudah terlihat kotor, sehingga kami tetap merekomendasikan penggunaan soft case untuk mencegah agar ponsel tidak mudah terlihat kotor.

Bentang layar smartphone ini mencapai 6.6 inci yang memakan sekitar 84.7% dari keseluruhan body. Layar dengan resolusi FHD+ ini dilengkapi dengan refresh rate yang mencapai 90Hz (120Hz touch-sensing), yang bisa membuat animasi antar muka serta game maupun video yang ditampilkan berjalan dengan FPS yang lebih halus. Terbukti, tidak seperti kebanyakan hp lainnya, Realme 6 Pro tampaknya bisa me-manage handset mereka sehingga dapat berjalan sempurna tanpa kendala saat di-setting pada mode refresh rate 90Hz. Layar pada ponsel ini juga memiliki tingkat kecerahan 480 nits yang sangat nyaman ketika digunakan dibawah sinar matahari.

BACA JUGA :  Lenovo dan NetApp Bekerjasama untuk Transformasi Digital Pelanggan

Di bagian lain, pemindai sidik jari yang biasanya kita temukan di bagian belakang, kini dipindahkan ke tombol power yang ditempatkan di sisi sebelah kanan. Pemindahan ini menurut kami sangat positif, karena letak tombol tersebut membuatnya mudah terlihat dan lebih gampang dijangkau. Performa pemindai sidik jari pada smartphone ini juga cukup memuaskan karena bisa membuka kunci telepon dengan sangat cepat.

Performa Handal yang Sangat Cocok Untuk Gamer

Realme 6 Pro ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 720G (8 nm) dan menjadi smartphone pertama di dunia dengan Platform Mobile Qualcomm Snapdragon 720G, yang dirancang secara khusus untuk perangkat kelas menengah dengan harga yang terjangkau. Chipset ini menggabungkan 8-Core Kyro 465 yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama terdiri atas 2 core dengan kecepatan 2.3 GHz, dan 6 sisanya yang menggunakan Cortex A55 dipersiapkan untuk menjalankan tugas ringan agar lebih hemat baterai. Di sisi lain, pilihan GPU yang digunakan adalah Adreno 618.

Realme dikenal sebagai vendor smartphone yang selalu bisa mengoptimalkan kombinasi antara perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Dan hal tersebut dibuktikan melalui Realme 6 Pro yang memiliki kinerja sangat baik saat digunakan sebagai perangkat utama sehari-hari.

Gaming performance perangkat ini juga sangat mengagumkan. Setelah digunakan bermain game seperti PUBG Mobile, Call of Duty Mobile, PES 2020 hingga Asphalt 9, smartphone ini bisa dengan mudah dan lancar menjalankan game sekalipun dijalankan pada pengaturan tertinggi.

Untuk mendapatkan data yang lebih spesifik, kami juga melakukan pengujian terhadap Realme 6 Pro menggunakan beberapa aplikasi Benchmark dengan skor yang didapatkan sebagai berikut :

  • AnTuTu Benchmark – 282.744
  • PCMark – 10.130 (Work 2.0)
  • Geekbench 5 – 567 (Single-core), 1.688 (Multi-core)

Baterai hp Realme terbaru ini ukurannya sedikit lebih besar dibandingkan dengan Realme 5 Pro, yaitu 4300mAh. Saat digunakan untuk aktivitas standar hingga cenderung berat, ponsel ini mampu bertahan selama satu setengah hari. Bahkan ketika digunakan untuk melakukan tugas-tugas berat, baterainya tetap bisa bertahan dari pagi hingga malam.

Kelebihan Realme 6 Pro lainnya terletak pada charger-nya yang sudah mendukung VOOC Flash Charge 4.0 (30W) yang memungkinkan baterai terisi dari posisi 0% hingga 100% hanya dalam waktu satu jam saja.

Untuk perangkat lunak atau software, ponsel ini adalah yang pertama kali menggunakan antarmuka Realme UI yang berbasis pada Android 10 dan patch keamanan terbaru (Februari 2020).

Bagaimana Foto yang Dihasilkan oleh Kamera Realme 6 Pro ?

BACA JUGA :  Pengisian Daya di Duo Realme 6 Semakin Cepat dengan Fitur 30W Flash Charging

Komputasi fotografi dan algoritma pada Realme 6 Pro bekerja dengan sangat baik dalam menghasilkan kualitas gambar yang konsisten dan memuaskan. Secara umum, kamera di bagian belakang menawarkan kemampuan telephoto, ultra wide angle, dan kemampuan makro disamping kamera utama dengan sensor 64MP.

Sensor kamera utama menggunakan Samsung GW1 64MP yang secara default akan bekerja pada mode 16MP. Hasil foto kamera Realme 6 Pro secara umum sangat bagus, bisa menghasilkan foto yang tajam dan detail dengan dynamic-range-nya, terasa sangat baik untuk sebuah smartphone Android kelas menengah.

Dari berbagai keunggulan kamera Realme 6 Pro, fitur Super Nightscape 3.0 adalah yang paling terasa menonjol. Hal ini tidak begitu mengherankan, mengingat Realme memang dikenal sebagai salah satu vendor hp yang unggul di bagian kamera. Terutama, saat digunakan di ruang yang minim cahaya atau pada malam hari. Kamera hp mereka, rata-rata mampu menjaga tingkat noise tetap rendah tanpa menurunkan kecepatan rana (untuk mencegah blur dan penurunan kualitas gambar).

Kamera selfie pada ponsel ini mengandalkan kamera ganda yang disebut Dual In-display Selfie, masing-masing berukuran 16MP dan 8MP. Kamera sekunder (8MP) disematkan untuk menambah fungsi wide angle selfie, sehingga kita bisa mengambil sudut pandang gambar yang lebih luas. Fitur ini saat sangat berguna saat digunakan untuk selfie beramai-ramai.

Rekaman video pada Realme 6 Pro, maksimal bisa menghasilkan resolusi 4K dengan kecepatan 30fps. Kamera wide-angle-nya juga bisa dimanfaatkan untuk merekam video ultra lebar dengan resolusi 1080P, yang juga menawarkan kecepatan 30fps. Untuk perekaman video juga terdapat fitur UIS dan UIS Max untuk membuat hasil video menjadi lebih stabil.

Kelebihan Realme 6 Pro :

  • Teknologi layar 90Hz
  • Kualitas foto Nightscape sangat baik
  • Kualitas sensor utama 64MP sangat detail
  • Charger sangat cepat dengan fitur VOOC Flash Charge 4.0 (30W)
  • Kualitas Audio sangat baik dengan dukungan Dolby Atmos dan Hi-Res Audio

Kekurangan Realme 6 Pro :

  • Layar belum AMOLED
  • Belum mendukung NFC

Kesimpulan

Dengan harga Rp. 4.499.000 dengan RAM 8GB dan ROM 128GB serta kelebihan lain seperti 90Hz Ultra Smooth Display, Prosesor Snapdragon 720G, Dual In-display Selfie, 64MP AI Quad Camera dengan 20x Hybrid Zoom hingga 30W Flash Charge, kami rasa ponsel ini cukup value for money dan worth it to buy.

Mengingat, selain menghadirkan berbagai peningkatan dan memiliki sejumlah kelebihan seperti yang telah kami sebutkan di atas, smartphone ini juga dibekali dengan kemampuan splash resistant, fitur USB type-C 1.0, Sertifikasi Dolby Atmos dan Hi-Res dan tambahan sensor NavIC pada GPS, serta konektivitas Bluetooth v5.1.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement