Review realme 8 : Paduan Sempurna Antara Desain, Performa dan Fotografi

Trenteknologi.com – realme secara resmi telah meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia yang diklaim sebagai “The best performance stylish phone in mid range” yaitu realme 8 dan realme 8 Pro. Dan kali ini Trenteknologi.com berkesempatan untuk merasakan langsung smartphone terbaru dari realme tersebut, dan unit yang Kami dapatkan adalah realme 8. realme 8 ini menjadi smartphone number series terbaru dari realme yang membawa trendsetting technology terbaru melalui kemampuan kamera nya dan trendsetting design terbaru melalui desain yang lebih berani, fresh, unik dan pastinya lebih tipis.

Kamera 64MP dengan Berbagai Peningkatan Fitur Terbaru

realme 8 membawa kamera beresolusi kamera 64MP dengan berbagai peningkatan di mode foto dan video, memberikan anak muda kebebasan bereksplorasi yang tanpa batas melalui kamera. realme 8 mengusung 4 kamera di bagian belakang. Kamera utama mengandalkan sensor 64 MP f/1.79, lensa ultra lebar 8 MP f/2.25 yang dapat menghasilkan sudut pandang 119 derajat, lensa mono 2 MP, dan lensa hitam/putih 2 MP. Sedangkan di bagian depan terdapat kamera selfie berukuran 16 MP yang juga menggunakan sensor dari Sony (IMX471).

Hasil kamera realme 8 dapat menghasilkan warna yang natural dan sangat bagus serta rentang dinamis dan detail yang cukup baik pada malam hari, namun sayangnya menurut Kami hasil foto pada siang hari detailnya kurang baik, mungkin hal tersebut perlu realme perbaiki dari sisi software kameranya. Paduan fitur antara Ai, HDR, filter, mode portrait dan mode 64 MP, membuat hasil kamera smartphone ini terlihat semakin hidup, cerah, dan diandalkan untuk diunggah ke sosial media.

Kamera smartphone ini juga didukung Night Mode yang akan meningkatkan exposure untuk memberikan gambar yang lebih detail ketika digunakan di tempat-tempat yang minim cahaya atau di malam hari. Selain itu juga terdapat fitur kamera lainnya seperti Tilt-Shift Mode, Starry Mode, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait, Neon Portrait dan Dual-view Video 

Desain Infinite Bold Design yang Lebih Tipis dan Ringan

Smartphone realme ini juga membawa bahasa desain Infinite Bold Design yang terinspirasi dari gaya digital futuristik menciptakan visual yang menakjubkan. Kesan pertama kali pada saat menggenggam realme 8 ini, desain smartphone realme ini sangat tipis dan ringan dan juga menurut Kami sangat compact pada saat digenggam.

Di bagian belakang, terdapat setup 4 kamera yang ditampung dalam sebuah modul berbentuk persegi empat yang agak sedikit menonjol keluar dari panel body. Dan masih di bagian belakang, terdapat branding “DARE TO LEAP” yang tidak begitu mencolok namun tetap mudah dibaca. Kehadiran tulisan ini membuat desain realme 8 tampak unik dibandingkan smartphone dari brand lain.

Lalu pada bagian sisi sebelah kanan terdapat jajaran tombol volume dan tombol power. Sedangkan di bagian bawah terdapat port USB type C, speaker, dan Jack headphone 3.5 mm.

Layar Super AMOLED yang Responsif

realme 8 dibekali layar Super AMOLED berukuran 6,4 inci yang memungkinkan tampilan lebih cerah, dan karena setiap piksel pada layar dapat disesuaikan, efisiensi daya juga ditingkatkan. Dibandingkan dengan layar LCD, layat Super AMOLED dapat reproduksi warna yang lebih baik, kontras yang lebih tinggi, dan tampilan yang lebih realistis.

Berkat layar Super AMOLED-nya, realme 8 juga memiliki fitur Always-on Display, sehingga Anda dapat melihat informasi penting dalam sekejap. Pada saat yang sama, layar Super AMOLED juga dilengkapi dengan sensor sidik jari dalam layar yang peka cahaya yang dapat dibuka dengan cepat. Dibandingkan dengan membuka kunci tombol, penempatan dalam tampilan terasa lebih alami dan menawarkan pengalaman yang lebih interaktif dan efisien.

Dari segi spesifikasi, layar Super AMOLED Samsung 6,4 inci ini mencapai resolusi Full HD dan tingkat sampling sentuh hingga 180Hz untuk daya tanggap yang lebih baik saat bermain game. realme 8 juga menyertakan mode sinar matahari hingga 1000nits untuk memastikan layar terlihat bahkan di bawah kondisi sinar matahari yang keras. Layar ini juga mendukung fungsi Peredupan seperti DC dan Mode Pelindung Mata, yang secara efektif mengurangi kelelahan mata.

Pengalaman Kami selama menggunakan smartphone ini untuk melakukan uji coba layarnya, berkat layar Super AMOLED tersebut kami merasakan pengalaman multitasking yang sangat mulus untuk berpindah-pindah membuka aplikasi dan juga pada saat bermain game.

Performa Mengesankan untuk Penggunaan Sehari-Hari atau Gaming

realme 8 ditenagai dengan chipset Mediatek Helio G95 yang merupakan prosesor 8 inti dengan clock speed 2.05 GHz yang didukung GPU ARM Mali G76 MC4. Chipset ini sendiri dikenal sebagai salah satu setiap set yang didesain untuk kegiatan gaming.

Dan untuk mendukung performanya, realme 8 hadir dengan 8 GB yang dipasangkan dengan memori internal 128GB. Jika ruang memori internal tidak cukup, kamu masih bisa menambahkan kartu microSD dengan kapasitas maksimal 256GB.

Selama Kami menggunakan smartphone ini, untuk penggunaan sehari-hari terkesan sangat lancar dan memuaskan. Membuka dan menutup aplikasi dapat Kami lakukan dengan sangat cepat. Manajemen RAM pada smartphone ini juga tergolong cukup bagus sehingga kegiatan multitasking berjalan lebih smooth. Begitu juga dengan animasi dan transisinya yang terlihat konsisten.

Kami juga mencoba menggunakan smartphone realme ini untuk bermain Game, karena telah dibekali dengan SoC gaming, maka tak mengherankan apabila game berat seperti Asphalt 9, Call of Duty: Mobile (CoD), hingga Real Racing 3, bisa berjalan mulus menggunakan pengaturan grafis tertinggi. Ketika digunakan untuk bermain game CoD, hp ini mampu menawarkan refresh yang konsisten pada angka 45 – 60 FPS.

Untuk segi performa realme 8 secara keseluruhan performa terbaik yang dimiliki oleh smartphone realme ini merupakan gabungan antara prosesor gaming G95, memori besar 8GB+128GB, baterai besar 5000mAh dengan 30W Dart Charge kombinasi powerful di seri angka realme yang dapat mengisi 50% dalam waktu 26.

Baterai Besar 5000 mAh dengan 30W Dart Charge

Walaupun body realme 8 sangat ramping dengan bobot hanya 7.99 mm, namun smartphone ini membawa baterai berkapasitas 5000 mAh. Baterai berkapasitas besar ini bisa dengan mudah bertahan seharian bahkan ketika digunakan untuk melakukan tugas-tugas berat.

Meski berkapasitas besar, namun pengguna tak perlu khawatir karena realme telah menyertakan 30W Dart Charge yang dapat mengisi baterai dari 0% hingga 100% hanya dalam waktu 1 jam. Dan hanya dalam 26 menit, smartphone dapat mengisi hampir 50%. Selain itu realme 8 juga mendukung pengisian daya 15W PD, membuatnya lebih serbaguna.

realme UI 2.0

Secara khusus, Realme UI 2.0 memberikan pengalaman yang sangat menyenangkan karena mudah dipersonalisasi. Kita bisa dengan mudah mengganti theme, wallpaper, ikon, letak (icon) aplikasi, animasi, sidik jari, warna, ukuran font, ukuran tampilan, hingga notifikasi. Begitu juga dengan Dark Mode yang terlihat semakin menarik di atas layar Super AMOLED.

Biometrik

realme 8 menjadi ponsel pertama di bawah harga Rp 3 jutaan yang menghadirkan pemindai sidik jari di bawah layar (under display) dengan kinerja yang sangat baik dan responsif. Tak lupa, disamping pemindai under display fingerprint sensor, smartphone ini juga menyediakan fitur Face to Unlock.

Harga realme 8

realme 8 di Indonesia hadir dengan harga Rp 3,599,000 menjadi Rp 3,399,000 dengan pilihan warna Cyber Silver dan Cyber Black. dan mulai dijual di Shopee, akulaku, realme.com pada Early-Bird Sale pada 7 April – 18:00 WIB, Flash Sale pada 8 April – 09:00 WIB dan juga realme Official Store seluruh Indonesia pada 10 April. Untuk setiap pembelian, pembeli juga akan mendapatkan Gratis realme Buds Classic, Telkomsel starter kit.

Spesifikasi realme 8

ProcessorMediaTek Helio G95

CPU:Octa-core, Up to 2.05GHz

GPU:ARM Mali-G76 MC4

 

Storage & RAM

 

RAM: 8GB LPDDR4x dual-channel

ROM:128GB UFS 2.1

Display

 

16.3cm (6.4”) Super AMOLED Fullscreen

Resolution:2400×1080 FHD+

Screen-to-body ratio:90.8%

Peak brightness: 1000 nits

Touch Sampling Rate: 180Hz

Charging & Battery

 

30W Dart Charge

5000mAh(typ)

Includes an 5V/6A charger & cable

USB Type-C port

Camera

 

64MP AI Quad Camera

 

64MP Primary Camera

f/1.79 aperture

6P lens

PDAF

 

8MP Ultra Wide-angle Lens

f/2.25 aperture

FOV 119°

5P lens

 

2MP Macro Lens

f/2.4 aperture

4cm shooting distance

 

2MP B&W Lens

f/2.4 aperture

 

Photography Function:

Super Nightscape, Panoramic view, Expert, Time-lapse, Portrait Mode,HDR, Ultra Wide, Ultra Macro, AI Scene Recognition, AI Beauty, Filter, Chroma Boost, Bokeh Effect Control, Starry Mode, Tilt-shift, Neon Portrait, Dynamic Bokeh, AI Color Portrait

 

Video Recording:

Support Dual-view Video

Support UIS Video Stabilization

Support UIS Max Video Stabilization

Support 4K/30fps video recording

Support 1080P/60fps video recording

Support 1080P/30fps video recording

Support 720P/60fps video recording

Support 720P/30fps video recording

Support 1080p/120fps slow motion

Support 720p/240fps slow motion

 

*The Starry Mode requires a subsequent OTA update to be available.

 

16MP In-display Selfie

f/2.45 aperture

Sony IMX471 Sensor

5P lens

 

Photography Function:

Portrait Mode, Panoramic view, AI Beauty Mode, HDR, Face-Recognition, Filters, Super Nightscape, Bokeh Effect Control

 

Video Recording:

Support UIS Video Stabilization

Support 1080P/30fps video recording

Support 720P/30fps video recording

Support 1080p/120fps slow motion

 

Cellular & Wireless

 

3-Card Slot

2 SIM Slot + 1 MicroSD Slot up to 256GB

 

Wireless network

2.4/5 GHz

802.11 a/b/g/n/ac

Bluetooth 5.1

Navigation

 

GPS/APGS/GLONASS/ BEIDOU/GALILEO
Size & Weight

 

Length: 160.6mm

Width: 73.9mm

Depth: 7.99mm

Weight: 177g

Sensors

 

Ultra-fast In-display Fingerprint Sensor

Light sensor

Proximity sensor

Magnetic induction sensor

Acceleration sensor

Gyro-meter sensor

 

Operating System

 

realme UI 2.0

Based on Android 11

 

Packing List

 

realme 8

USB Type-C Cable

5V6A Charge Adapter

SIM Card Needle

Screen Protect Film

Protect Case

Quick Start Guide

Important Product Information (including the Warranty Card)

 

Kesimpulan

Kesimpulan
8 10 0 1
Dengan harga Rp. 3,399,000 dengan RAM 8GB dan ROM 128GB serta kelebihan lain seperti layar Super AMOLED, Prosesor MediaTek Helio G95, 64MP AI Quad Camera, baterai besar 5000mAh dan 30W Dart Charge hingga telah dibekali dengan fitur NFC, menurut Kami realme 8 memiliki spesifikasi dengan paduan yang sempurna untuk smartphone dengan harga 3 jutaan.
Dengan harga Rp. 3,399,000 dengan RAM 8GB dan ROM 128GB serta kelebihan lain seperti layar Super AMOLED, Prosesor MediaTek Helio G95, 64MP AI Quad Camera, baterai besar 5000mAh dan 30W Dart Charge hingga telah dibekali dengan fitur NFC, menurut Kami realme 8 memiliki spesifikasi dengan paduan yang sempurna untuk smartphone dengan harga 3 jutaan.
8/10
Total Score
  • Desain
    9/10 Amazing
  • Kamera
    7/10 Good
  • Performa
    9/10 Amazing

Kelebihan realme 8

  • Desain keren, dengan bobot yang lebih ringan dan ramping
  • Detail dan warna hasil kamera pada malam hari cukup baik
  • Fitur kamera lengkap
  • Performa sangat mengesankan untuk penggunaan multitasking ataupun gaming
  • Suhu dan FPS stabil pada saat digunakan untuk bermain game berat
  • Layar sudah Super AMOLED
  • Daya tahan baterai yang sangat baik
  • Sudah tersedia NFC

Kekurangan realme 8

  • Hasil kamera utama masih kurang detail pada siang hari
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Siap Bertempur di Segmen yang Sama, Mana yang Lebih Baik Antara realme 8 Vs Samsung Galaxy A32 dalam Urusan Kamera dan Desain?

Next Post

Cloudera Data Platform Kini Tersedia di Google Cloud

Related Posts
Total
0
Share