Review realme 9, Harga 2 Jutaan Dengan Kamera 108 MP


Trenteknologi.com – Sebelumnya realme telah merilis beberapa smartphone seri 9 di Indonesia yaitu realme 9+ 5G dan realme 9 Pro+ 5G dengan harga mulai dari 3 jutaan. Dan hari ini realme melengkapi jajaran dari serinya tersebut dengan meluncurkan realme 9 ke pasar Indonesia. Dari segi harga, smartphone terbaru dari realme ini merupakan perangkat termurah jika dibandingkan dengan seri 9 lainnya. Meski dilepas dengan banderol yang relatif murah, tapi untungnya smartphone ini tetap dibekali dengan berbagai daya tarik.

Seperti misalnya, kamera utama dengan sensor 108 MP di bagian belakang, Android 12, layar Super AMOLED 90Hz, hingga baterai 5000mAh yang didukung fast charging 33W dan dengan label harga 2 jutaan. Meski di atas kertas, smartphone harga 2 jutaan ini terlihat sangat menarik. Apakah dengan bandrol harga tersebut, smartphone ini bisa memberikan performa yang sebanding? Mari kita review untuk mengetahuinya.

Desain Ramping dan Ringan

realme 9 hadir dengan desain Ripple Holographic dan balutan body polikarbonat yang ditawarkan dalam tiga pilihan warna, yaitu Meteor Black (hitam), Stargaze White (putih), dan Sunburst Gold (kuning/emas).

Pada bodi bagian belakang, terdapat modul kamera yang menampilkan tiga lensa serta sebuah lampu LED flash. Modul kamera utama dilengkapi dengan tulisan “108MP CAMERA” untuk menegaskan bahwa smartphone ini membawa kamera dengan sensor 108 megapixel. Beralih ke bagian depan, di sana kita akan menemukan layar berukuran 6,4 inci yang mengcover 90.8% untuk rasio layarnya. Kamera selfie smartphone ini ditempatkan di sisi kiri dengan desain punch hole.

Sedangkan di bagian sisi sebelah kanan, terdapat tombol power. Lalu, di bagian sisi sebelah kiri terdapat tombol volume yang menemani sim card tray dengan komposisi 3 slot. Masing-masing, 2 slot difungsikan sebagai tempat SIM card 1 slot untuk kartu microSD. Di bagian bawah, kita akan menemukan port type-C, lubang jack headphone 3.5 mm, lubang microphone, dan speaker.

Bodi smartphone ini tergolong ramping dengan ketebalan hanya 7. 9 mm. Berkat bezel yang tipis di bagian sisi-sisinya, membuat smartphone ini terasa lebih compact dan tidak sulit dioperasikan dengan satu tangan sekalipun. Menariknya, meski membawa baterai berukuran 5000 mAh, namun smartphone ini tetap terasa ringan dengan total bobot hanya 178g.

Layar Super AMOLED dengan Refresh Rate 90Hz

Bagian display adalah salah satu kelebihan realme 9. Pasalnya, smartphone ini menggunakan layar dengan teknologi Super AMOLED berukuran 6,4 inci yang mengusung resolusi FHD+ (2400×1080) serta refresh rate 90 Hz. Dengan refresh rate yang tinggi, aktivitas scrolling jadi terasa lebih smooth.

Lalu untuk tingkat kecerahan maksimal layarnya mencapai 1000 nits, yang artinya layar smartphone ini akan tetap mudah terlihat sekalipun digunakan di bawah cahaya matahari.

Kamera 108MP AI Triple Camera

Sensor kamera utama 108 MP di bagian belakang adalah daya tarik utama smartphone ini. Dengan sensor Samsung ISOCELL HM6, kamera pada smartphone ini mampu menangkap objek dengan detail yang tajam dan warna-warna yang lebih hidup. Begitu juga dengan kamera depannya yang berukuran 16 MP yang menggunakan sensor Sony IMX471, juga mampu menampilkan gambar dengan kecerahan dan detail yang baik, sehingga hasil foto selfie maupun performanya ketika digunakan untuk video call, terasa sangat memuaskan.

Secara keseluruhan, hasil fotonya di bawah sinar matahari atau di tempat-tempat yang cukup cahaya sangat memuaskan untuk sebuah smartphone dengan harga 2 jutaan.

Di samping kamera utama 108 MP, realme 9 4G juga membawa kamera dengan sensor Super-wide berukuran 8 MP dengan FOV 120 derajat yang mampu memberikan hasil yang cukup alami. Sensor lainnya adalah lensa makro yang bisa digunakan untuk mengambil foto makro berukuran 2 MP. Saat digunakan di siang hari, kamera ini mampu menghasilkan gambar yang cukup bagus dengan separasi antar objek utama dan latar belakang yang jelas.

Untuk memberikan hasil perekaman video maupun foto yang lebih baik, realme tak lupa membekali kamera realme 9 dengan beberapa fitur yang dapat disesuaikan berdasarkan kondisi. Seperti Mode 108 MP, Night Mode, Pro Mode, dan Time Lapse Mode. Kamera depan smartphone realme 9 4G berukuran 16 MP yang dibekali fitur HDR dan Panorama. Gambar yang dihasilkan dari sensor 16 MP ini juga tidak kalah baiknya dari kamera utamanya.

Performa Maksimal dengan Snapdragon 680

Untuk memberikan performa maksimal, realme 9 telah dibekali dengan SoC Snapdragon 680 octa-core dengan kecepatan maksimal 2.4 GHz fabrikasi 6nm yang didukung GPU Adreno 610. Smartphone ini tersedia dalam 2 varian memori yaitu, 6GB/128 GB dan 8GB/128 GB.

Dengan kombinasi spesifikasi hardware tersebut, perangkat ini tidak mengalami kesulitan atau kendala berarti saat digunakan menonton video di YouTube dengan resolusi FHD, streaming video dari aplikasi OTT, bermain sosial media seperti Instagram maupun Facebook, dan begitu juga dengan kemampuan multitasking-nya yang terasa sangat mulus.

Kami juga melakukan pengujian performa pada smartphone realme ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 285.106
  • GeekBench 5 : 380 (Single Core) – 1541 (Multi Core)

Saat digunakan untuk memainkan game seperti Asphalt 9, Call of Duty dan PUBG, performa realme 9 masih mampu menjalankan grafis dengan resolusi tinggi.

Baterai Tahan Lama untuk Seharian

Dibalik casing smartphone ini, tertanam baterai non-removable jenis Li-Po berukuran 5000 mAh yang didukung adaptor 33W Dart Charge. Adapator ini dapat mengisi baterai dari posisi 0 hingga 55% hanya dalam waktu 30 menit saja. Atau, dari posisi 0 hingga 100% dalam waktu kurang lebih 1 jam saja.

realme UI 3.0 Berbasis Android 12

Selain di bagian layar, smartphone ini juga memiliki kelebihan di bagian sistem operasi. Pasalnya, realme 9 dibekali dengan Android terbaru yaitu versi 12 yang dikombinasikan dengan antarmuka realme UI 3.0. Dengan Android 12, anda akan merasakan pengalaman baru saat menggunakan smartphone Android, karena terdapat beberapa fitur tambahan.

Harga realme 9

realme 9 tersedia dalam tiga pilihan warna Meteor Black, Stargaze White, dan Sunburst Gold. Lalu ada dua varian memori yaitu 6GB/128GB dan 8GB/128GB yang dibanderol dengan harga Rp. Rp 2.999.000 (6GB/128GB) yang akan dijual secara online secara Pre-Order 14-22 April 2022 dan Flash Sale 23 April pukul 00:00 WIB di Tokopedia, realme.com dan Erafone. Lalu untuk varian 8GB/128GB dijual dengan harga Rp 3.599.000 (8GB/128GB) yang secara ekslusif akan dijual secara offline melalui Pre-Order 14-22 April 2022 di realme Brand Store dan tersedia di seluruh Indonesia 23 April 2022.

Kesimpulan

Kesimpulan
10 10 0 1
Jika anda menginginkan sebuah smartphone terbaru yang dilengkapi dengan Android 12 yang menawarkan berbagai fitur baru, serta layar Super AMOLED yang lebih hemat saat digunakan untuk menampilkan notifikasi melalui fitur Always On, refresh rate 90 Hz untuk scrolling yang mulus, daya tahan baterai yang mumpuni, dan atau kamera 108 MP, realme 9 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Dengan harga yang berada pada angka 2 jutaan, rasanya tidak sulit bagi kami untuk merekomendasikan smartphone ini. Khususnya, untuk Anda yang menginginkan sebuah smartphone dengan spesifikasi luar biasa dengan harga hanya 2 jutaan saja.
Jika anda menginginkan sebuah smartphone terbaru yang dilengkapi dengan Android 12 yang menawarkan berbagai fitur baru, serta layar Super AMOLED yang lebih hemat saat digunakan untuk menampilkan notifikasi melalui fitur Always On, refresh rate 90 Hz untuk scrolling yang mulus, daya tahan baterai yang mumpuni, dan atau kamera 108 MP, realme 9 bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Dengan harga yang berada pada angka 2 jutaan, rasanya tidak sulit bagi kami untuk merekomendasikan smartphone ini. Khususnya, untuk Anda yang menginginkan sebuah smartphone dengan spesifikasi luar biasa dengan harga hanya 2 jutaan saja.
10/10
Total Score
  • Desain
    9/10 Amazing
  • Kamera
    10/10 The best
  • Performa
    10/10 The best
Total
3
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Review Samsung Galaxy Tab A8 LTE, Tablet 4 Jutaan yang Luar Biasa

Next Post

Zoom Umumkan Inovasi Platform, Sempurnakan Pengalaman Pengguna

Related Posts
Total
3
Share