Review realme C25Y, Smartphone Entry-Level dengan Kamera 50MP dan Performa Mumpuni

Trenteknologi.com – realme kembali memboyong smartphone entry-level nya ke pasar Indonesia yaitu realme C25Y, yang hadir untuk para realme Fans yang menginginkan smartphone dengan harga terjangkau namun memiliki spesifikasi yang mumpuni. realme C25Y adalah smartphone entry-level yang dibekali dengan kamera 50 MP, SoC octa-core Unisoc T610, baterai 5.000 mAh, fast charging 18W, pemindai sidik jari, dan banyak lagi.

Bagaimana menurut kami realme C25Y ini? Trenteknologi.com mencobanya secara langsung selama beberapa hari menggunakan smartphone realme ini, berikut ulasannya.

Desain Minimalis dengan Tekstur yang Unik

realme C25Y hadir dengan desain yang sederhana, tetapi desainnya cukup berbeda dari banyak model lainnya. Di mana model Glacier Blue yang saat ini unitnya kami review, terdapat strip pola horizontal yang cukup unik pada bodi belakangnya. Pada bodi belakangnya juga terdapat modul kamera sekaligus sensor sidik jari yang bekerja dengan sangat cepat.

Di sisi lain, smartphone entry-level dari realme ini hadir dengan layar IPS 6,5 inci yang sudah cukup baik pada saat digunakan untuk menonton video hingga bermain game. Layar tersebut memiliki resolusi 720p dengan kepadatan piksel 270 PPI dan kecerahan layar mencapai 420 nits yang membuatnya sangat nyaman digunakan pada saat di indoor ataupun outdoor. Bahkan saat kecerahan layar rendah, kami tidak mengalami kesulitan dalam membaca konten di layar walaupun di bawah sinar matahari.

Untuk bobotnya, smartphone realme ini memiliki bobot 200g dengan dimensi 164.5mm x 76.0mm x 9.1mm yang sangat nyaman digenggam dan terasa kokoh. Kalau diperhatikan, setiap smartphone realme baik itu entry-level maupun flagship selalu membawa impresi yang baik berkat sambungan antara bingkai tengah dengan penutup belakang yang seakan seamless. 

Performa yang Bisa Diandalkan untuk Berbagai Kebutuhan

Dibekali dengan chipset UNISOC T610 12nm octa-core fabrikasi 12nm dan desain arsitekturnya yang mengadopsi Arm DynamicIQ, chipset ini memiliki kecepatan 1.8 GHz dan juga grafis Mali-G52. Walaupun menggunakan prosesor dari UNISOC, tapi jangan skeptis dahulu dengan chipset UNISOC T610 yang dimiliki oleh smartphone realme ini, karena selama kami menggunakan realme C25Y ini kami merasakan performa yang cukup mulus dan tidak merasakan kendala seperti lagging. 

Uji coba perfoma kami rasakan secara langsung pada saat menggunakan smartphone ini untuk membuka berbagai aplikasi sekaligus bahkan untuk bermain game seperti PUBG ataupun Call of Duty Mobile dengan pengaturan grafis rata tengah, game tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu Kami juga melakukan pengujian performa pada smartphone realme ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 191.383
  • GeekBench 5 : 346 (Single Core)1264 (Multi Core)

Hanya tersedia satu varian saja yaitu RAM 4GB dengan penyimpanan internal berkapasitas 128GB. Jika penyimpanan internal tersebut terasa kurang, kita dapat menambahkannya menggunakan microSD dengan kapasitas hingga 256GB.

Dan untuk sistem operasinya, realme C25Y ini menggunakan realme UI R Edition yang berbasis dari Android 11. Realme UI R Edition ini juga turun membantu dalam performa dari smartphone ini, karena memiliki kinerja yang ringan, cepat dan minim dengan bloatware.

Kamera 50MP dengan Kualitas Gambar Mumpuni

Dijual di Shopee, akulaku dan realme.com, realme C25Y telah dibekali dengan kamera utama 50MP, bersama dengan lensa 2MP B&W dan sensor kamera makro 2MP. Di siang hari, kualitas foto tidak mengecewakan, warna dan ketajaman cukup baik dan tidak berlebihan.

Resolusi besar 50MP ini pertama kali kami temukan pada seri entry-level dari realme. Sebuah manuver baik dari realme yang membawa teknologi terkini ke rentang harga murah, sehingga makin banyak orang bisa menikmati teknologi smartphone kekinian.

Kualitas foto pada malam hari sebenarnya juga tidak terlalu buruk, namun perlu cahaya yang cukup untuk mendapatkan kualitas foto yang bagus pada malam hari. Tetapi kami dapat melakukan fotografi yang lebih baik pada malam hari, dengan memanfaatkan fitur Night yang sudah tersedia pada aplikasi kamera. Kamera belakang yang dimiliki oleh realme C25Y ini juga bisa digunakan untuk merekam video dengan dukungan resolusi 480P/30fps, 720P/30fps, 1080P/30fps

Di sisi lain, ada kamera selfie 8 MP yang telah dibekali dengan fitur AI Beauty dan HDR yang juga sudah cukup menghasilkan foto selfie yang berkualitas. Dan kamera depan tersebut juga dapat digunakan untuk perekaman video dengan dukungan resolusi 480P/30fps, 720P/30fps.

Baterai Besar dengan Teknologi OTG Reverse Charging

Berbekal baterai berkapasitas 5000mAh, realme C25Y dapat digunakan untuk menonton video atau bermain game dalam waktu yang lama. Selama pengujian, kami dapat menggunakan smartphone entry-level dari realme ini hingga 2 hari masa pakai baterai dalam mode standby dan sekitar 8 jam untuk penggunaan normal seperti menggunakan sosial media, menonton YouTube dan juga bermain game. 

Fitur yang selalu menjadi andalan realme di setiap seri entry-level nya adalah manajemen daya yang efisien sehingga baterai 5000mAh nya dapat bertahan lama. Ketahanan baterai ini semakin diperkuat dengan mode Super Power Saving dimana ketika dalam keadaan baterai lemah, pengguna masih dapat menelpon selama 2 jam atau bertukar pesan WhatsApp selama sejam lebih. 

Untuk pengisian daya telah mendukung pengisi daya cepat 18W, yang adaptor nya telah tersedia dalam paket penjualan. Selain itu pengisian daya tersebut juga telah mendukung teknologi OTG reverse charging yang bisa digunakan untuk mengisi data baterai smartphone lain ataupun powerbank.

Kesimpulan

Kesimpulan
9 10 0 1
realme C25Y sangat layak dimiliki bagi Anda yang menginginkan sebuah smartphone murah, tapi punya spesifikasi yang mumpuni untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari mengakses berbagai sosial media, menonton video hingga bermain game dengan nyaman. Dengan harga Rp 1,999,000, Anda dapat memiliki sebuah smartphone dengan kamera 50MP, performa yang bisa diandalkan dan juga kapasitas baterai besar bisa digunakan untuk seharian penuh.
realme C25Y sangat layak dimiliki bagi Anda yang menginginkan sebuah smartphone murah, tapi punya spesifikasi yang mumpuni untuk memenuhi berbagai kebutuhan, mulai dari mengakses berbagai sosial media, menonton video hingga bermain game dengan nyaman. Dengan harga Rp 1,999,000, Anda dapat memiliki sebuah smartphone dengan kamera 50MP, performa yang bisa diandalkan dan juga kapasitas baterai besar bisa digunakan untuk seharian penuh.
9/10
Total Score
  • Desain
    8/10 Very good
  • Kamera
    9/10 Amazing
  • Performa
    9/10 Amazing
  • Fitur
    8/10 Very good
Total
14
Shares
2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

MILVIK Dokter Hadirkan Telemedicine dengan Layanan Gratis Obat dan Cek Lab

Next Post

Jabra Evolve2 75 Resmi Hadir di Indonesia, Penuhi Kebutuhan Bekerja secara Hybrid

Related Posts
Total
14
Share