Review realme Watch 2, Smartwatch Entry-Level Tapi Fitur Flagship

Trenteknologi.com – realme merilis generasi terbaru dari realme Watch yaitu realme Watch 2. Kami sangat terkesan dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkan oleh realme melalui jam tangan pintar generasi kedua mereka ini. Terutama, karena fitur dan harganya yang sangat terjangkau.

Sebagai gambaran, smartwatch terbaru realme ini menawarkan baterai yang bisa bertahan hingga 12 hari, menyediakan 90 mode olahraga, beragam live watch faces, monitor detak jantung dan kadar oksigen dalam darah, mengantongi sertifikat IP68, serta menyertakan fitur AIoT Control–sebuah fitur yang pasti akan memudahkan kita untuk mengontrol beragam produk elektronik di rumah pintar. Mulai dari kulkas, smartphone, AC, hingga lampu pintar.

Untuk mengetahui lebih jauh tentang kemampuan smartwatch ini beserta fitur-fitur dan berbagai keunggulannya, berikut adalah review lengkap realme Watch 2.

Desain realme Watch 2

Sepintas, desain smartwatch realme terbaru ini tidak jauh berbeda dengan versi terdahulu. Body dan frame-nya terbuat dari material plastik. Meski berbahan plastik, namun feels-nya cukup mantap dan solid. Ditambah lagi dengan balutan warna hitam di seluruh bodi dan strap-nya. Membuat tampangnya makin macho!

Jika menyentuhnya, kamu nggak akan pernah menyangka kalau harga realme Watch 2 ini cukup terjangkau. Jadi, nggak berlebihan kalau realme mengusung tagline “Kenalin, Smartwatch Anak Muda!” saat memperkenalkan jam tangan pintar terbaru mereka ini. Feels dan tampangnya memang sangat kekinian.

Di bagian body smartwatch ini, kita hanya akan menemukan 1 buah tombol yang berada di sisi sampingnya. Tombol ini berfungsi untuk menghidupkan layar, yang sekaligus berfungsi sebagai navigasi untuk kembali ke menu homescreen.

Begitu juga dengan layarnya. Smartwatch generasi ke-2 ini masih menawarkan touchscreen display tipe TFT LCD berukuran 1.4 inci yang setara dengan 3.5 cm dan memiliki resolusi 320 x 320 pixels.

Saat digunakan, layarnya terasa sangat responsif terhadap setiap sentuhan. Begitu juga dengan navigasinya yang terasa sangat mulus. Layar ini juga mampu menampilkan warna yang hidup dan tajam meskipun tidak menyediakan fitur Always On Display.

Kecerahan layar realme Watch 2 mencapai 600 nits. Dengan tingkat kecerahan yang tinggi, angka, huruf, maupun grafis di smartwatch ini terlihat lebih jelas dan tajam, sekalipun diletakkan di bawah sinar matahari pada tengah hari bolong.

Beralih ke bagian strap (tali jam). realme tampaknya sudah memikirkan dengan matang sebelum mendesain jam tangan pintar ini. Hal tersebut tergambar dengan jelas melalui strap jam tangan pintar ini yang didesain dengan lebar 22 mm. Selain mudah dibongkar pasang. Ukuran strap ini akan memudahkan kita menggantinya dengan strap dari model model smartwatch realme lain, termasuk strap dari realme Watch 2 Pro. Strap yang disematkan juga terasa cukup solid. Warnanya yang hitam membuatnya tampak serasi dengan body jam. Jika diperhatikan lebih dekat, kamu bisa dengan mudah melihat tulisan “Dare To Leap” terpatri di sana. Sebuah tagline yang sudah sejak lama digaungkan realme.

realme Watch 2 ini juga dirancang menjadi jam yang tangguh dengan mengantongi sertifikat IP68 water resistant. Dengan mengantongi sertifikasi IP68 tersebut, pengguna tak perlu melepas jam tangan ini ketika akan cuci tangan atau pada saat hujan sekalipun. Bahkan smartwatch realme ini juga telah melewati beberapa tahap tes durabilitas seperti 100.000 kali penekanan tombol, menahan beban 7kg, 3.000 kali uji tekuk, dan 3.000 kali clasped test.

Fitur Sangat Lengkap untuk Berbagai Kebutuhan

Ketika pertama kali diperkenalkan. Kami sangat penasaran dengan fitur-fitur yang dibawa oleh smartwatch ini. Pasalnya, harga realme Watch 2 ini sangat terjangkau.

Setelah mengulik lebih dalam, segera kami menyadari bahwa, smartwatch ini adalah salah satu yang paling lengkap dan paling worth it di kelasnya. Tengok saja fitur-fiturnya yang sangat lengkap, mulai dari:

  • Live Watch Faces yang Keren-Keren

Live watch faces adalah antarmuka (UI) dengan animasi dinamis yang membuat smartwatch ini jadi terlihat lebih menarik ketika dioperasikan.

Selain menyediakan live watch faces sebagai bawaan smartwatch ini, realme juga telah berkolaborasi dengan desainer ternama serta banyak user untuk menciptakan ratusan watch faces yang bisa diakses melalui aplikasi realme Link. Jadi, kita nggak akan pernah bosan selama menggunakan smartwatch realme terbaru ini.

  • Fitur Asisten Kesehatan Sangat Lengkap

Meskipun fitur-fitur kesehatan ini tidak menawarkan analisa seakurat dokter sungguhan. Namun, fitur asisten kesehatan ini sudah pasti akan sangat membantu kita untuk memantau kebugaran.

Beberapa asisten kesehatan yang bisa kamu jumpai pada smartwatch realme Watch 2 ini diantaranya adalah :

90 Mode Olahraga

Pada paket pembelian, kita hanya akan menemukan sekitar 10 mode olahraga. Seperti, mode lari di dalam atau di luar ruangan, model jalan kaki di dalam dan di luar ruangan, mode bersepeda, hiking, training, hingga free workout. Sisanya akan kita dapatkan kalau update melalui OTA.

Monitor Detak Jantung

Setelah dicoba dan digunakan, monitor detak jantung pada realme Watch 2 ini tergolong sangat presisi. Bahkan, setelah dibandingkan dengan alat monitor detak jantung lainnya, penghitungannya termasuk sangat akurat.

Monitor Kadar Oksigen di Dalam Darah

Dengan adanya sensor kadar oksigen, device ini bisa memonitor detak jantung penggunanya saat beristirahat maupun ketika berolahraga. Tapi ingat! Jika kamu memutuskan untuk beli realme Watch 2 ini nanti, kamu tidak boleh menggunakannya sebagai acuan diagnosis dan perawatan. Jadi, kamu hanya boleh menggunakannya sebagai referensi kesehatan saja, bukan acuan pasti.

Activities Monitor

Kita juga bisa memanfaatkan jam pintar ini untuk memonitor semua aktivitas harian selama 24 jam sehari atau 7 hari dalam seminggu. Sejak kita tidur hingga tidur lagi. Smartwatch ini bisa digunakan untuk memonitor jam tidur kita, berapa lama kita terjaga (bangun), makan dan minum, bekerja, hingga beristirahat. Dengan adanya fitur activities monitor ini. Smartwatch bisa diandalkan untuk mengingatkan kita agar beristirahat jika sudah waktunya, tidur–apabila kurang tidur, minum jika mengalami dehidrasi, dan lain sebagainya

  • Smart AIoT Control

Dengan realme Watch 2 kita juga dapat mengendalikan berbagai peralatan elektronik pintar tersebut, melalui fitur Smart AIoT Control.

Dengan adanya fitur ini, kita bisa menghidupkan atau mematikan lampu di rumah dari manapun, kita bisa menghidupkan AC di jalan sehingga ketika sampai di rumah suhunya sudah dingin, dan lain sebagainya. Tak hanya itu, Smart AIoT Control juga bisa digunakan untuk mengendalikan kamera, realme Buds Air ataupun Buds Q, hingga speaker Bluetooth.

Baterai Bisa Bertahan hingga 12 Hari

realme Watch 2 membawa baterai berukuran 315 mAh yang secara default bisa bertahan hingga 12 hari. Dan, bisa bertahan hingga 20 hari apabila Power Saving Mode diaktifkan.

Meskipun monitor detak jantung diaktifkan, kita bahkan masih bisa mendapatkan baterai yang mampu bertahan hingga kurang lebih 7 hari.

Harga Smartwatch Entry-Level, Tapi 

realme Watch 2 dijual dengan harga yang sangat terjangkau yaitu hanya Rp. 649.000, dan dengan harga Flash Sale yang akan dimulai pada hari ini 30 Juni 2021 pukul 09.00 WIB di Shopee menjadi Rp. 599.000.

Selain Shopee, realme Watch 2 juga akan tersedia di Akulaku dan juga realme.com. Bagi Anda yang berminat untuk memiliki langsung realme Watch 2 ini dengan harga khusus, Anda dapat langsung melakukan Pre-Order di realme.com atau menunggu Flash Sale dengan membelinya di Shopee.

Kesimpulan

Kesimpulan
9 10 0 1
Meski harganya sangat terjangkau, tapi apa yang ditawarkan oleh realme Watch 2 ini benar-benar mengejutkan. Dengan harga yang ditawarkan, kita akan mendapatkan smartwatch dengan segudang fitur yang sangat canggih dan berguna untuk berbagai kebutuhan. Apalagi jika kita melihat review realme Watch 2 di atas, kami tak ragu menyebut device ini sebagai smartwatch entry level yang paling worth it untuk anak muda di tahun 2021 ini.
Meski harganya sangat terjangkau, tapi apa yang ditawarkan oleh realme Watch 2 ini benar-benar mengejutkan. Dengan harga yang ditawarkan, kita akan mendapatkan smartwatch dengan segudang fitur yang sangat canggih dan berguna untuk berbagai kebutuhan. Apalagi jika kita melihat review realme Watch 2 di atas, kami tak ragu menyebut device ini sebagai smartwatch entry level yang paling worth it untuk anak muda di tahun 2021 ini.
9/10
Total Score
  • Desain
    9/10 Amazing
Total
303
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Review realme Buds Wireless 2 Neo, Baterai Awet dan Latensi Rendah

Next Post

Review realme Watch 2 Pro, Smartwatch Fitur Lengkap dengan Layar Besar

Related Posts
Total
303
Share