Review Redmi Note 11 Pro, Hape Jawara di Kelas 3 Jutaan ?

Trenteknologi.com – Redmi Note 11 Pro dibekali spesifikasi yang mampu meningkatkan performanya secara drastis, hingga mendekati level kekuatan dan kecepatan smartphone flagship. Dibekali specs yang kuat dan cepat dengan chipset MediaTek Helio G96, fast charging 67W, layar Super AMOLED Dot Display 120Hz, bodi premium, dan kamera 108MP.

Lalu apakah Redmi Note 11 Pro benar-benar layak menyandang predikat #JAWARANYASEMUATANTANGAN ? berikut ini ulasan kami untuk mengetahui lebih jauh tentang smartphone Xiaomi ini.

Review Redmi Note 11 Pro

Desain Premium untuk Smartphone di Kelasnya

Setelah membuka kotak penjualannya dan menggenggam Redmi Note 11 Pro, segera kita akan menyadari kalau, ini adalah sebuah perangkat premium. Bagian depan bodinya dilapisi panel Gorilla Glass 5 dan tempered glass di bagian belakang, hingga membuatnya terasa sangat premium saat digenggam.

Lalu pada panel belakang smartphone ini menggunakan finishing matte yang eye catching sehingga terkesan mewah sekaligus membuatnya lebih menyenangkan saat disentuh. Pilihan material ini, membuat panel belakang tidak mudah kotor dan tidak mudah meninggalkan sidik jari.

Redmi Note 11 Pro sendiri telah mengantongi sertifikasi IP53. Itu artinya, bodi hape ini dapat terlindungi dari debu dan percikan air. Di sekitar slot SIM-card-nya, terdapat insulasi berbahan karet yang dapat membantu menahan percikkan air maupun gerimis.

Jika dilihat dari bagian depan, tampang smartphone ini jauh dari kesan murahan karena, bezel-nya relatif tipis. Nyaris seluruh bagian depannya ditutupi panel Super AMOLED berukuran 6,67 inci. Layar tersebut dihiasi punch hole sebagai tempat untuk kamera selfie 16 MP yang ditemani kisi-kisi speaker untuk panggilan telepon yang diletakkan tepat di bagian atasnya.

Beralih ke bagian belakang, di sana kita akan menjumpai set up 4 kamera dengan tatakan yang agak sedikit menonjol, namun tidak terlalu mengganggu. Kamera utamanya ditempatkan tersendiri di bagian atas, kemudian 3 kamera sisanya ditempatkan di bagian bawah yang didesain seragam dengan lampu LED.

Pindah ke bagian atas, disana kita akan melihat lubang Jack 3.5mm, sebuah lubang microphone, speaker, dan IR blaster (infrared port). Sedangkan di bagian bawah, selain port USB type-C (di bagian tengah), kita akan menjumpai speaker serta lubang microphone dan Slot SIM card.

Di sisi sebelah kiri nyaris polos tanpa ada tombol apapun. Karena tombol volume dan tombol power semuanya diletakkan di sisi sebelah kanan. Tombol power memiliki fungsi ganda karena digunakan juga sebagai pemindai sidik jari. Posisinya ditempatkan agak ke tengah sehingga, secara alami lebih mudah dijangkau dengan ibu jari.

Kami sangat menyukai penempatan pemindai sidik jari di tombol power, karena terasa lebih natural jika dibandingkan dengan sensor sidik jari yang ditempatkan di balik layar bagian bawah.

Layar Super AMOLED yang Responsif dan Akurasi Warna Tinggi

Layar yang digunakan oleh Redmi Note 11 Pro adalah layar dengan teknologi Super AMOLED berukuran 6,67 inch dengan resolusi Full HD+ atau 2400 x 1080 pixels yang mendukung refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz.

Secara default, layar pada smartphone ini mendukung kecepatan refresh rate 120Hz. Hanya saja, dalam penggunaan sehari-hari, terutama ketika digunakan untuk memutar video dan beberapa aplikasi yang tidak mendukung refresh rate tinggi, layar akan otomatis disetting pada refresh rate 60Hz.

Bagian terluar dari layar ini dilapisi dengan pelindung Gorilla Glass 5 yang secara kekuatan, lebih fleksibel dibandingkan Gorilla Glass 3. Sehingga, bisa dibilang, layar ini lebih kokoh dan tidak mudah pecah ataupun tergores.

Dibandingkan dengan beberapa smartphone pesaing di kelasnya, layar smartphone ini menawarkan peak brightness (tingkat kecerahan) yang sangat mengesankan. Dengan peak brightness yang mencapai 1200 nits, layarnya tetap terlihat jernih sekalipun digunakan di bawah sinar matahari pada siang hari.

Jika anda adalah penikmat karya seni dalam bentuk foto maupun video, anda akan dibuat takjub oleh akurasi warna yang mampu dihadirkannya. Gambar yang ditampilkan display Super AMOLED ini sangat jernih dan natural, dengan detail yang lebih hidup berkat dukungan color gamut yang support DCI-P3.

Yang menarik, layar smartphone ini menawarkan 3 model warna yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Diantaranya adalah, model warna Vivid (default, DCI-P3), Saturated (DCI-P3 dengan saturation boost), dan Standard (sRGB).

Jika anda suka menonton konten-konten dari layanan streaming seperti Netflix dan lain sebagainya, anda akan merasa lebih puas jika menikmati konten dari smartphone ini. Pasalnya, smartphone ini mendukung Widevine L1 DRM yang memungkinkan kita menikmati video dengan kualitas Full HD meskipun tidak ada dukungan teknologi HDR10 untuk konten streaming.

Kamera 108MP dengan Hasil Menakjubkan

Kamera belakang Redmi Note 11 Pro dibekali kamera utama yang menggunakan sensor Samsung HM2 108MP dengan piksel 0,7µm dan lensa 24mm f/1.9 yang didukung teknologi pixel binning 9-in-1 serta dual native ISO.

Hasil pengujian menunjukkan kalau kamera utama pada smartphone ini mampu memberikan hasil foto yang sangat bagus. Detail yang ditampilkan tampak sangat jelas, white balance sangat tepat, dan warnanya pun sangat akurat. Noise-nya relatif rendah, begitu juga dengan dynamic range yang tergolong cukup tinggi, membuat hasil fotonya tampak lebih hidup.

Disamping kamera utama, terdapat kamera Ultra wide 8MP yang bisa digunakan untuk mengambil gambar dengan sudut pandang yang 118° lebih luas. Kemudian, terdapat kamera makro dengan sensor 2 MP yang andal saat digunakan untuk mengambil gambar dari jarak dekat dengan detail yang halus. Kamera ke-4, adalah kamera dengan sensor depth yang dapat menghasilkan foto potret dengan efek bokeh yang terlihat natural dan rapi.

Untuk kamera selfie di bagian depan, Xiaomi membenamkan sebuah sensor berukuran 16MP. Kamera ini mampu menghasilkan foto portrait dengan separasi yang sangat rapi antara objek dengan background. Tingkat rasio warnanya sangat bagus, begitu juga dengan kontras dan eksposurnya juga tergolong tinggi. 

Performa Ngebut dengan MediaTek Helio G96

Dari pengalaman selama menggunakannya, kami merasa jika performa smartphone ini berada jauh melebihi harganya. Singkatnya, dengan dukungan chipset MediaTek Helio G96, perangkat ini terasa cukup kuat, cepat, dan stabil. Performa yang stabil tersebut juga tidak lepas dari teknologi LiquidCool yang telah disematkan pada smartphone ini untuk menjaga suhu chipset tetap dingin, sehingga membuat performa tetap stabil. Kestabilan performa juga didukung oleh adanya fitur Memory Extension yang bisa memberikan ekspansi RAM + ROM hingga 3GB, membuat multitasking terasa jauh lebih mulus

Refresh rate 120Hz mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan saat digunakan scrolling. Entah itu, ketika membaca, browsing, ataupun berinteraksi dengan smartphone. Meski demikian, refresh rate yang tinggi kadang-kadang sedikit mengorbankan performanya. Sehingga, dalam beberapa kasus, animasi yang ditampilkan tidak terlalu mulus.

Lalu untk lebih jauh merasakan performa dari smartphone Xiaomi ini, kami juga melakukan pengujian performa pada smartphone ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 324.942
  • GeekBench 5 : 527 (Single Core) – 1788 (Multi Core)

Selain itu pada saat digunakan untuk memainkan game seperti Asphalt 9, Call of Duty dan PUBG, performa Redmi Note 11 Pro juga masih mampu menjalankan game tersebut secara mulus.

Daya Tahan Baterai Panjang

Redmi Note 11 Pro yang kami ulas ini memiliki daya tahan baterai yang cukup inferior. Hal itu cukup beralasan, mengingat smartphone Xiaomi ini menggunakan chipset Mediatek Helio G96 pabrikasi 12 nm yang terkenal akan efisiensi dayanya dan membuat smartphone Xiaomi ini mampu bertahan hingga seharian penuh untuk digunakan berbagai kebutuhan.

Dalam pengujian, baterai 5000mAh pada smartphone Xiaomi ini bisa digunakan untuk telepon selama 36 jam 41 menit, bisa digunakan untuk browsing selama 11 jam 28 menit, dan bisa digunakan untuk memutar video selama 14 jam 7 menit non-stop.

Pengisian Baterai Cepat dengan Turbo Charge 67W

Peningkatan paling mencolok yang terjadi pada smartphone ini bisa kita lihat pada dukungan adaptor-nya yang kini berkekuatan 67W dengan teknologi Turbo Charge. 

Dibandingkan dengan Redmi Note 10 Pro yang hanya didukung fast charging 33W, Redmi Note 11 Pro tentu jauh lebih superior. Terbukti, saat diuji untuk melakukan pengisian selama 15 menit, smartphone ini bisa mengisi dari posisi 0% hingga 50%. Dan, mampu mengisi baterai sebanyak 78% dalam waktu 30 menit saja.

MIUI 13 Berbasis Android 11

Redmi Note 11 Pro dibekali dengan sistem operasi Android 11 yang mengusung antarmuka MIUI 13 terbaru. Sebagian besar fitur pada MIUI 13 mendapatkan berbagai update dan upgrade yang mampu membuat pengalaman kita saat mengoperasikan smartphone ini jadi terasa lebih lancar, lebih aman, dan semakin cerdas.

Sejumlah perubahan yang akan kita temui pada MIUI 13 diantaranya adalah:

  • Algoritma Face Unlock pada MIUI 13 terasa lebih canggih dan lebih cepat
  • Mode satu tangan sangat yang memudahkan pengguna pada saat pengoperasian smartphone
  • Proses pengambilan foto juga terasa jauh lebih cepat
  • Distribusi penggunaan daya baterainya lebih cerdas sehingga 10% lebih hemat dari pendahulunya
  • Efisiensi proses di latar belakang meningkat hingga 40% dibandingkan dengan versi sebelumnya
  • Manajemen penyimpanan pada MIUI 13 memiliki kinerja 60% lebih baik bandingkan dengan MIUI 12

Kehadiran display Super AMOLED juga memungkinkan smartphone Xiaomi ini menampilkan fitur Always-on Display, yang umumnya digunakan untuk menampilkan notifikasi seperti jam dan tanggal serta beberapa icon pemberitahuan. Selain itu MIUI 13 juga menghadirkan fitur terbaru dari Xiaomi yaitu Earthquake Early Warning (EEW) yang merupakan Peringatan Dini Gempa Bumi hasil kerjasama Xiaomi dengan BMKG.

Harga Redmi Note 11 Pro

Redmi Note 11 Pro tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Graphite Gray seperti dalam ulasan kami ini, lalu Polar White, dan Star Blue. Selain itu ada dua varian memori yaitu 6GB/128GB dan 8GB/128GB yang dibanderol dengan harga Rp 3.499.000 (6GB/128GB) dan untuk varian 8GB/128GB dijual dengan harga Rp 3.799.000 (8GB/128GB) yang dijual secara online di Mi.com, Shopee, Blibli, Akulaku dan juga secara offline di Xiaomi Store.

Kesimpulan

Kesimpulan
10 10 0 1
Bandrol harga Rp 3 jutaan untuk Redmi Note 11 Pro terasa sangat terjangkau. Mengingat, desainnya mampu menghadirkan kesan premium, Dual-Speaker yang memiliki kualitas suara cukup baik di kelasnya, daya tahan baterai yang mengesankan, kualitas layarnya sangat mewah, begitu juga dengan kameranya yang dapat menghasilkan kualitas foto mengesankan. Dengan layar yang mengusung refresh rate 120Hz, pengalaman yang disajikan saat digunakan untuk membaca, browsing, atau menggulirkan halaman sosial media, sangat mengesankan. Secara keseluruhan, impresi yang diberikan relatif memuaskan. Begitu pula dengan kameranya. Berbekal dynamic range yang tinggi, saturasi warna yang bagus, hasil foto yang tajam, noise yang lebih minim, serta kontras dan eksposur yang tinggi, foto-foto yang dihasilkan oleh kamera utama maupun kamera selfie sangat bagus. Entah itu, ketika digunakan di siang maupun malam hari. Dari review di atas, kami menarik kesimpulan bahwa, Redmi Note 11 Pro layak dijuluki sebagai #JAWARANYASEMUATANTANGAN karena ini adalah salah satu ponsel kelas menengah yang serba bisa, kuat di segala aspek, serta sangat menarik.
Bandrol harga Rp 3 jutaan untuk Redmi Note 11 Pro terasa sangat terjangkau. Mengingat, desainnya mampu menghadirkan kesan premium, Dual-Speaker yang memiliki kualitas suara cukup baik di kelasnya, daya tahan baterai yang mengesankan, kualitas layarnya sangat mewah, begitu juga dengan kameranya yang dapat menghasilkan kualitas foto mengesankan. Dengan layar yang mengusung refresh rate 120Hz, pengalaman yang disajikan saat digunakan untuk membaca, browsing, atau menggulirkan halaman sosial media, sangat mengesankan. Secara keseluruhan, impresi yang diberikan relatif memuaskan. Begitu pula dengan kameranya. Berbekal dynamic range yang tinggi, saturasi warna yang bagus, hasil foto yang tajam, noise yang lebih minim, serta kontras dan eksposur yang tinggi, foto-foto yang dihasilkan oleh kamera utama maupun kamera selfie sangat bagus. Entah itu, ketika digunakan di siang maupun malam hari. Dari review di atas, kami menarik kesimpulan bahwa, Redmi Note 11 Pro layak dijuluki sebagai #JAWARANYASEMUATANTANGAN karena ini adalah salah satu ponsel kelas menengah yang serba bisa, kuat di segala aspek, serta sangat menarik.
10/10
Total Score
  • Desain
    10/10 The best
  • Layar
    10/10 The best
  • Kamera
    9/10 Amazing
  • Performa
    10/10 The best
Total
3
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Review Acer Predator Helios 300, Performa Gahar, Sistem Pendingin Optimal

Next Post

JULO Raih Pendanaan Seri B, Perluas Akses Kredit Digital ke 34 Provinsi di Indonesia

Related Posts
Total
3
Share