Review Acer Predator Helios 300, Performa Gahar, Sistem Pendingin Optimal

Trenteknologi.com – Sebagai gamers pastinya Anda tidak akan puas jika laptop gaming yang digunakan tidak sanggup memainkan game-game terkini. Apabila jika ingin melakukan upgrade laptop gaming, Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memilih Acer Predator Helios 300 (PH315-54).

Kami mendapat kesempatan untuk melakukan review pada Acer Predator Helios 300 generasi terbaru, yang kini memiliki performa lebih tinggi, dan dilengkapi teknologi pendingin canggih yang membuatnya tetap dingin meski menjalankan tugas berat.

Lebih jelasnya mengenai Acer Predator Helios 300, kami bahas selengkapnya di artikel review berikut ini.

Desain Tangguh

Kesan pertama ketika melihat laptop ini, Acer Predator Helios 300 memiliki bodi yang terlihat kekar yang memperlihatkan identitasnya sebagai laptop gaming. Bodi laptop ini dibuat dari material metal dengan ketebalan mencapai 22,9mm dan bobot sekitar 2,3 kg.

Ternyata Acer menerapkan desain baru di laptop gamingnya ini. Pada bagian sasis yang terbuat dari material logam diberikan aksen biru kehijauan khas Predator, yang juga senada dengan warna backlit di bagian keyboard.

Membahas bagian keyboard, sektor ini juga tampil nyentrik berkat adanya backlit RGB 4 zona dengan warna yang bisa Anda atur sesuai selera. Selain itu jika dicermati, font yang tercetak di keyboard-nya merupakan font Predator yang khas.

Keyboard-nya terbentang cukup luas, karena juga menyertakan numpad. Ukuran tombol spasi juga diperbesar sehingga memudahkan gamer yang sering mengakses tombol ini ketika sedang bermain.

Acer juga menyelipkan dua hotkey di keyboard ini, yakni Predator Sense dan Turbo. Melalui hotkey Turbo, Anda bisa dengan mudah melakukan overclock untuk menggenjot performa laptop ke tingkat tertingginya.

Bergeser ke bagian layar, Predator Helios 300 generasi terbaru ini menggunakan panel IPS berukuran 15,6 inci dan beresolusi QHD, menghasilkan visual yang jernih. Layarnya juga sudah mendukung refresh rate 165Hz dan respons time 3 ms untuk transisi gambar yang lebih smooth.

Refresh rate dan respons time tinggi ini pastinya sangat memanjakan mata Anda sebagai gamers dan membuat gameplay makin menarik untuk disimak. Terlebih bagi Anda gamers kompetitif yang memang memerlukan fitur ini untuk bisa memberikan respon cepat selama permainan.

Semakin lengkap, layar Predator Helios 300 juga dilengkapi DCI-P3 100%, yang pastinya juga sudah memenuhi kualifikasi Anda para kreator konten.

Membuat sistem termal agar bekerja lebih optimal, laptop ini memiliki lubang udara yang sudah ditempatkan secara strategis. Lubang udara ini memungkinkan laptop tetap dalam suhu yang rendah, meski digeber dalam performa tinggi.

Desain baru yang diadopsi oleh laptop ini ternyata juga untuk mengakomodir teknologi pendingin 3D AeroBlade generasi ke-5. Jadi dalam bodi Predator Helios 300 sudah terpasang dua kipas, yang salah satunya merupakan 3D AeroBlade yang bekerja untuk menjaga suhu tetap dingin.

Berdasarkan informasi dari Acer, kipas ini terinspirasi dari sayap burung hantu yang mampu memaksimalkan aliran udara, sembari meminimalkan kebisingan.

Kipas ini bebiliki bilah dengan ketebalan hanya 0,8mm saja. Tepiannya dibuat bergerigi dengan sayap kecil di bagian atas dan bawah, serta sirip melengkung di sepanjang bagian dalam setiap bilah kipas.

Berkat penggunaan desain ini, aliran udara yang dihasilkan meningkat hingga 55 persen apabila dibandingkan dengan penggunaan kipas berbahan plastik.

Ketersediaan konektornya juga lengkap. Seperti USB Type-C, port USB 3.2 Gen 2, DisplayPort over USB-C, USB Thunderbolt 4, USB charging 5 V, 1 port USB 3.2 Gen 2 port featuring power-off USB charging, 2 port USB 3.2 Gen 1, port HDMI 2.1 with HDCP support, Mini DisplayPort 1.4, RJ-45, jack audio 3,5 mm.

Spesifikasi dan Performa Unggulan

Urusan performa di Predator Helios 300 dipercayakan pada prosesor Intel Core i7-11800H generasi ke-11. Prosesor dengan 8 core dan 16 thread ini memiliki clock speed hingga 4,60 GHz. Siap mengakomodir kebutuhan gaming dan beragam tugas berat yang Anda lakukan.

Kartu grafisnya menggunakan GPU NVIDIA terbaru, GeForce RTX 3060/3070. Kartu grafis ini mengandalkan Core RT terbaru generasi ke-2 serta Tensor core generasi ke-3 yang memiliki throughput hingga 2x lebih tinggi dari generasi sebelumnya.

Performa dari GeForce RTX 3060/3070 ini memungkinkan laptop untuk menjalankan game yang sudah mendukung ray-tracing dengan sangat baik. Ditambah lagi adanya fitur AI DLSS yang dapat meningkatkan FPS untuk memberikan grafik terbaik.

Predator Helios 300 juga didukung dengan RAM DDR4 16 GB. Jika Anda merasa kurang, Anda bisa melakukan upgrade hingga kapasitas maksimal 32 GB. Untuk menyimpan beragam aplikasi dan file, Acer sudah membenamkan SSD dengan kapasitas 512 GB. Memori penyimpanan ini juga bisa diupgrade hingga 2 TB dan ditambahkan HDD SATA maksimal 2 TB.

Dengan spesifikasi seperti ini di sektor dapur pacu, Predator Helios 300 sudah mampu menjalankan game Cyberpunk 2077 yang terkenal cukup berat dengan sangat lancar.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, laptop ini memiliki hotkey untuk mengaktifkan Predator Sense. Melalui aplikasi Predator Sense, Anda bisa memantau banyak informasi penting, seperti CPU clock rate, temperatur dan kecepatan kipas.

Selain itu, melalui Predator Sense ini juga Anda bisa mengatur lighting effect, sampai melakukan overclock GPU. Fitur yang menurut kami sangat lengkap dan memudahkan penggunanya.

Pengalaman gaming juga dimaksimalkan dari segi audio berkat adanya fitur DTS: X Ultra. Fitur ini dapat membuat dentuman bass jadi lebih “nendang” dan suara yang dihasilkan lebih empuk di telinga.

Bagi yang suka bermain game online juga dijamin bakal semakin betah karena laptop ini sudah didukung Intel WiFi 6 (Gig+) dan Killer DoubleShot Pro. Kedua fitur ini membuat jaringan internet lebih stabil dan meminimalkan gangguan, sehingga game online bisa dimainkan dengan lebih lancar.

Untuk sistem operasinya, laptop gaming ini sudah menjalankan sistem operasi Windows 10 Home yang tentunya bisa diupdate secara gratis ke Windows 11. Acer juga memberikan bonus tambahan berupa aplikasi Office Home & Student 2019 yang bisa digunakan gratis seumur hidup.

Kesimpulan

Suguhan spesifikasi dan fitur yang dimiliki oleh Predator Helios 300 generasi terbaru ini rasanya sangat cocok untuk Anda yang mengingikan laptop gaming dengan performa gahar dan fitur terkini.

Teknologi pendingin 3D AeroBlade yang dimiliki Acer juga menjadi nilai lebih, yang menjamin kinerja laptop gaming ini tetap stabil dan dingin meski dipacu dalam intensitas tinggi.

Bagi Anda yang sudah semakin yakin meminang Acer Predator Helios 300, laptop ini bisa Anda beli di toko online dan offline. Untuk pembelian secara online bisa langsung melalui eStore Acer. Predator Helios 300 resmi dilepas ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp 23 jutaan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Xiaomi Resmi Rilis Redmi 10C, Chipset Snapdragon 680 Harga Sejutaan

Next Post

Review Redmi Note 11 Pro, Hape Jawara di Kelas 3 Jutaan ?

Related Posts
Total
0
Share