Connect with us

Featured

Review Xiaomi Redmi Note 4 Indonesia : Kencang, Baterai Irit & Dingin !

Published

on

Spesifikasi Redmi Note 4 Indonesia

HARGA Rp. 2.399.000,-
DIMENSI 151×76.3×8.45 mm (5.95×3.0×0.33 in)
PROSESOR Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, Octa Core 2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506, (650 MHz)
RAM 3 GB
STORAGE 32 GB, microSD up to 128 GB
LAYAR IPS LCD 5.5 inci Full HD (1920 x 1080), Night Display, Reading Mode
KAMERA 13 MP BSI CMOS PDAF, Aperture f/2.0 – 5 MP (Front), Smart & Pro Beautify
BATERAI 4100 mAh (typ) / 4000 mAh (min)
SISTEM OPERASI MIUI 8.0 (based on Android 6.0 Marshmallow)
JARINGAN 4G Dual-SIM

FDD-LTE B1 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B20

TDD-LTE B38 / B40

3G WCDMA850 / 900 / 1900 / 2100MHz

2G GSM850 / 900 / 1800 / 1900MHz

KONEKTIVITAS Bluetooth 4.1, Bluetooth HID, Wi-Fi Display, Wi-Fi Direct
INTERFACE IR-Blaster, 3.5mm Jack Audio, microUSB
SENSOR Fingerprint, Electronic compass, Accelerometer, Gyroscope, Hall sensor
Color Black / Gold

 

Trenteknologi.com – Sebagai komitmen Xiaomi pada tagline-nya “KaMI Buatan Indonesia” dengan memproduksi perangkatnya di Indonesia, produsen gadget asal Tiongkok tersebut kembali memboyong smartphone-nya ke pasar Indonesia yaitu Redmi Note 4. Ponsel ini merupakan ponsel kedua Xiaomi yang proses produksinya dilakukan di Indonesia.

Kali ini Trenteknologi.com berhasil memboyong smartphone kelas menengah ini untuk diuji coba. Kami melakukan uji coba pada ponsel ini kurang lebih selama 2 minggu lamanya, agar Kami dapat mengenal lebih dalam tentang berbagai kelebihan dan kekurangan pada ponsel teranyar dari Xiaomi ini. Dan berikut ini hasilnya, yang akan Kami ulas secara lengkap mengenai Redmi Note 4.

Kelebihan Redmi Note 4

Layar Besar dan Bodi Kokoh dengan Design ala Smartphone Premium

Di sisi layar Redmi Note 4 ini, sebagai keluarga Redmi Note, ponsel ini memiliki layar yang sangat besar yaitu 5,5 inci. Penampilan layar ponsel ini juga terlihat semakin berkelas dengan kaca lengkung 2.5D, yang membuat saya merasa sangat nyaman pada saat menggenggam ataupun menggeser layar.

Redmi Note 4 memiliki layar besar dengan bentang 5,5 inci

Walaupun merupakan smartphone kelas menengah, namun tidak membuat ponsel diciptakan dengan asal-asalan. Kesan pertama pada saat saya menggenggam ponsel ini saya merasakan bodi yang sangat kokoh namun ringan, sangat nyaman pada saat digenggam. Untuk bobotnya sendiri, ponsel ini hanya memiliki bobot 165g saja dan ketebalan yang terbilang sangat tipis hanya 8.45mm.

Bodi yang sangat tipis membuat Redmi Note 4 nyaman digenggam

Namun sayangnya dengan material Full Metal yang dimiliki ponsel ini, terbilang sangat licin membuat saya sangat hati-hati pada saat menggenggamnya, maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan softcase untuk memberikan perlindungan lebih pada bodinya.

Performa Juara dengan Qualcomm Snapdragon 625 & RAM 3GB

Bicara masalah performa yang dimiliki oleh Redmi Note 4 ini akan sangat panjang sekali untuk di ulas, karena performa yang dimilikinya sangat “Gila” menurut saya, cocok untuk Anda yang gemar bermain Games atau Multitasking. Pertama kali saya mencoba melakukan tes AnTuTu Benchmark, skor yang didapat oleh ponsel ini dapat menyentuh angka 61520.

Skor AnTuTu Benchmark Redmi Note 4 menyentuh angka 61520

Performa yang baik tersebut dihasilkan berkat Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-Core yang dapat memberikan kecepatan hingga 2.0 GHz. Lalu untuk mendukung kinerja prosesor, ponsel ini juga ditanamkan RAM sebesar 3GB LPDDR3 yang dapat membuat kinerjanya lebih smooth.

Prosesor yang ditanamkan oleh Xiaomi tersebut juga telah menggunakan teknologi FinFET LPP 14nm, yang dapat membuat Redmi Note 4 ini hemat energi dan selalu dingin walaupun digunakan untuk bermain Games berjam-jam.

Bermain games berspesifikasi tinggi NO LAG !

Saya menguji coba Redmi Note 4 ini untuk bermain Games dengan kualitas grafis yang cukup tinggi (Real Racing 3, Mortal Kombat X, Need for Speed, Mario Run) kurang lebih selama 2 jam, hasilnya sangat mencengangkan karena saya dapat bermain berbagai Games tersebut tanpa lag dan sensor temperature menunjukkan di angka yang selalu stabil di 36 derajat !

Untuk kapasitas internal memorinya, ponsel ini telah dibekali dengan internal storage sebesar 32 GB yang dapat di ekspansi hingga 128 GB dengan menggunakan microSD.

Baterai 4100 mAh, Tahan Lama hingga Seharian

Sektor lain yang merupakan salah satu kelebihan dari Redmi Note 4 ini terdapat pada sektor baterainya. Dengan baterai jumbo berkapasitas 4100 mAh dan berkat dukungan teknologi FinFET LPP 14nm, membuat baterai ponsel ini terbilang sangat irit. Bahkan selama 2 minggu pemakaian, Kami tidak pernah berhasil untuk menghabiskan kapasitas baterai Redmi Note 4 ini sampai dengan 0% dalam 1 hari.

Kamera CMOS 13 MP dengan Fitur PDAF & Kamera Depan 5 MP dengan Fitur Beautify

Pada sektor kamera sebenarnya tidak ada yang spesial dari Redmi Note 4 ini, namun memiliki hasil foto yang menurut saya terbilang cukup berkualitas baik. Dengan sensor Sony IMX 258 13 MP dengan aperture f/2.0, membuat hasil foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel ini cukup tajam dan jernih. Selain itu kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur PDAF yang membuatnya dapat menangkap fokus pada objek bergerak dalam waktu 0.1 detik saja !

Kamera belakang beresolusi CMOS 13 MP, menggunakan Sensor Sony IMX 258

Kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur mode pemotretan, seperti Night Mode, Landscape hingga Potrait yang dapat memberikan warna yang berbeda pada setiap hasil foto yang kita ambil. Fitur yang cukup lengkap juga hadir untuk kamera depan ponsel yang beresolusi 5 MP ini, terdapat fitur Beautify yang mampu membuat wajah Anda menjadi lebih cerah.

Hasil Foto Redmi Note 4

Kekurangan Redmi Note 4

Belum Mendukung Fitur Fast Charging

Sebenarnya prosesor yang dimiliki oleh Redmi Note 4 ini sudah mendukung fitur Fast Charging, tetapi sayangnya Xiaomi tidak menggunakan fitur yang dimiliki oleh prosesor tersebut pada ponsel ini. Dengan baterai super besar berkapasitas 4100 mAh, cukup memakan waktu yang lama untuk melakukan pengisian ulang baterai hingga 2 sampai dengan 3 jam lamanya.

Tips : Bagi Anda yang ingin merasakan pengisian ulang daya baterai yang lebih cepat, sangat disarankan untuk langsung mengupdate versi MIUI Anda ke versi 8.2.4.0 . Karena pada saat saya uji coba, setelah saya melakukan update MIUI ke versi 8.2.4.0 waktu pengisian ulang relatif lebih cepat 1 sampai dengan 2 jam saja.

Speaker Belum Stereo

Pada saat pertama kali melihat Redmi Note 4 ini, pada awalnya saya pikir telah dilengkapi dengan Stereo Speaker karena terdapat dua sisi lubang speaker.

Lubang Speaker (Kiri) – Lubang Mic (Kanan)

Namun setelah saya teliti lebih dalam, ternyata speaker ponsel ini masih mengusung Mono Speaker, lubang speaker terdapat di sebelah kiri (kiri pada gambar) dan lubang sebelah kanan (kanan pada gambar) berfungsi sebagai mic.

Kesimpulan

Xiaomi membandrol Redmi Note 4 ini dengan harga yang sangat murah yaitu Rp. 2.399.000. Namun dengan harga yang murah tersebut, ponsel ini bisa diberikan predikat “Murah, tapi tidak murahan” dan patut menjadi pilihan untuk Anda boyong di tahun ini.

Walaupun memiliki beberapa kekurangan, namun secara keseluruhan ponsel ini memiliki kelebihan yang sangat luar biasa, terutama bagi Anda yang gemar bermain games berspesifikasi tinggi. Bagi Anda penggemar game Android, masalah baterai cepat habis dan ponsel terasa panas tidak akan Anda temukan pada Redmi Note 4 ini.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Aplikasi

SHAREit Tawarkan Solusi Konten Digital dan File Sharing Untuk Lintas Platform !

Published

on

Trenteknologi.com – Saat ini konsumsi media dalam format digital semakin meningkat di seluruh dunia. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan saat ini jumlah perangkat yang mampu mendukung media digital sudah banyak sekali diluncurkan dn disertai dengan akses internet yang kecepatannya semakin meningkat. Deloitte memberikan laporan bahwa pertumbuhan data tersebut rata-rata dikaitkan dengan berbagai jenis media digital, khususnya media digital pada layanan hiburan. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh Cisco, 80% lalu lintas internet yan terjadi pada tahun 2019 berasal dari konten video.

Selain itu sebuah studi juga dilakukan oleh Pew Research, bahwa 70% pengguna smartphone di tahun 2017 seringkali berbagi konten video, gambar dan komentar mereka tentang persitiwa yang terjadi di komunitas mereka. Lalu sebuah prediksi juga dibuat oleh Statista, yang memprediksikan bahwa jumlah aplikasi smartphone akan terus meningkat setiap tahunnya. Statista juga memprediksi bahwa pada tahun 2021 mendatang, jumlah pengguna smartphone yang mengunduh aplikasi dapat mencapai 352,9 juta undunhan.

Dan bebekal data tersebut, SHAREit sebagai aplikasi digital content multiplatform dengan pengguna global mencapai 1,3 miliar, dibuat dengan satu tujuan utama yakni memberikan pengguna kesempatan untuk mengakses sebanyak mungkin konten digital dan membaginya dengan siapapun, kapan saja! Salah satu hal terbaik tentang SHAREit, adalah mekanisme transfernya yang optimal membuatnya mudah mengirim dan menerima file besar dengan cepat.

SHAREit merupakan sebuah aplikasi konten digital lintas platform terbaik saat ini, yang memiliki kemampuan mengirim file dengan mudah, cepat dan pastinya gratis. Dengan kemampuannya tersebut, SHAREit menawarkan solusi konektivitas kepada para pengguna smartphone yang menginginkan sebuah aplikasi yang cerdas dan efisien. Saat ini SHAREit dapat digunakan oleh para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, Ios, Windows Phone bahkan juga untuk pengguna PC Desktop yang menggunakan sistem operasi Windows ataupun Mac OS. Untuk mengirim berbagai jenis konten media, SHAREit memiliki keunggulan dalam hal kecepatan pengirimannya, yang diklaim memiliki kecepatan 200 kali lipat lebih cepat dibandingkan Bluetooth, dengan kecepatan pengiriman hingga 20 Mbps.

Selain memiliki kemampuan pengiriman file dengan kecepatan tinggi, saat ini SHAREit juga menawarkan kepada pengguna yang ingin menikmati berbagai jenis konten digital. Dengan menggunakan aplikasi ini, akan memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video online tanpa batas, pemutar musik yang elegan, konten yang dipersonalisasi, dan mentransfer semua jenis file.

Continue Reading

Berita

Xiaomi Resmi Boyong Redmi Note 5 ke Indonesia, Apa Saja Keunggulannya ?

Published

on

Trenteknologi.com – Setelah resmi meluncurkan Redmi 5 dan Redmi 5 Plus beberapa bulan yang lalu, Xiaomi produsen smartphone asal Tiongkok akhirnya secara resmi kembali membawa produk smartphone andalannya ke Indonesia. Seperti di beritakan sebelumnya, pada hari ini Xiaomi secara resmi merilis smartphone dari keluarga Redmi Note yaitu Redmi Note 5.

“Seri Redmi Note kami telah diterima secara luas oleh pengguna Indonesia karena kinerja keseluruhan smartphone yang sangat baik. Melalui peluncuran Redmi Note 5 ini, kami melanjutkan tradisi itu dengan menghadirkan salah satu produk terbaik kami untuk pengguna yang mencari smartphone yang kuat dan memiliki dual kamera AI flagship yang unggul dengan harga yang tak terkalahkan.” Ujar Steven Shi, Head of Xiaomi South Pacific Region and Xiaomi Indonesia Country Manager

Dilihat dari fisiknya, smartphone terbaru Xiaomi ini memiliki desain yang tidak jauh berbeda dengan Redmi 5 Plus perbedaan hanya terlihat dari desain kamera belakangnya. Namun jika melihat dari data spesifikasinya, ponsel ini memiliki spesifikasi yang jauh berbeda dengan pendahulunya tersebut. Bahkan ponsel ini pun memiliki segudang keunggulan yang lebih baik, dan berikut ini adalah beberapa keunggulan dari Redmi Note 5.

Redmi Note 5 Indonesia

Dual Camera dengan teknologi Artificial Intelligence (AI)

Memiliki Dual Kamera yang telah dibekali dengan kecerdasan buatan yaitu Artificial Intelligence (AI) pada kameranya, ponsel ini diklaim memberikan hasil foto dengan kualitas gambar serta kinerja kamera yang sangat luar biasa. Ponsel tersebut telah dirancang untuk menjadi smartphone dengan kemampuan fotografi sekelas smartphone flagship. Kamera utama Redmi Note 5 memiliki sensor 12MP dengan piksel yang besar 1.4μm yang dapat menangkap cahaya yang lebih banyak sehingga dapat memberikan kualitas foto dengan hasil yang sangat baik dalam kondisi minim cahaya. Selain AI, kamera yang dimiliki oleh ponsel Xiaomi terbaru ini juga telah mengusung teknologi Dual Pixel yang biasanya digunakan pada kamera professional DSLR.

Dan bagi penggemar Selfie, Redmi Note 5 ini juga memiliki kamera depan yang dapat menghasilkan kualitas foto Selfie yang menakjubkan. Dengan sensor besar 13MP serta telah dilengkapi dengan lampu LED Selfie, hasil foto Selfie Anda akan sangat baik walaupun dalam kondisi minim cahaya. Bahkan ketika Portrait Mode digunakan, baik kamera depan dan kamera belakang hadir dengan Beautify 4.0 terbaru Xiaomi, yang memiliki efek berbeda dan telah disempurnakan oleh perhitungan AI untuk tampilan lebih natural hingga terlihat mirip dengan sesi makeup profesional. Bahkan, tanpa sensor kedua, kamera depan dapat menghasilkan efek bokeh dalam Portrait Mode, berkat teknologi AI yang membantu untuk mengisolasi subjek dari latar belakang.

 

Smartphone Pertama di Dunia yang Menggunakan Snapdragon 636

Pada sektor dapur pacunya, Redmi Note 5 menjadi smartphone pertama di dunia yang menggunakan prosesor besutan Qualcomm yaitu Snapdragon 636 yang dapat membuat kinerja dari ponsel tersebut, memiliki performa yang lebih baik dari ponsel lainnya di kelas yang sama.

Bahkan Xiaomi juga menunjukkan bahwa performa yang dihasilkan oleh prosesor tersebut, membuat Redmi Note 5 memiliki skor Antutu Benchmark hingga 117 ribuan. Xiaomi mengatakan, bahwa performa terbaik yang dihasilkan oleh prosesor tersebut dikarenakan Snapdragon 636 telah menggunakan mikroarsitektur Kyro yang terbaru, dan lazimnya digunakan pada prosesor kelas High-end seperti Snapdragon 800. Prosesor tersebut dikatakan dapat memiliki kinerja yang lebih baik hingga 50% dan efisiensi daya hingga 40%.

 

Layar Full Screen Display 18:9

Seperti halnya smartphone Xiaomi sebelumnya yang telah diluncurkan sepanjang tahun 2018 ini, Redmi Note 5 juga telah mengusung layar Full Screen Display 18:9 FHD+ 5.99 inci dengan resolusi 2160×1080.

Layar tersebut telah menggunakan desain 2.5D yang dapat menghasilkan kecerahan layar sangat baik 1500:1. Dan sepertinya halnya Redmi 5 serta Redmi 5 Plus, tombol Redmi Note 5 ini mengusung konsep On-Screen Button.

 

Baterai Jumbo yang Dapat Bertahan Hingga 2 Hari

 

Selain dari sektor kamera dan prosesor, Redmi Note 5 juga memiliki keunggulan di sektor Baterai. Ponsel tersebut telah dibekali dengan baterai berkapasitas jumbo sebesar 4000 mAh yang diklaim dapat bertahan hingga 17 jam untuk memainkan musik, 14 jam untuk menonton video, 8 jam untuk aktivitas bermain game, 8 jam untuk merekam video dan 7 jam untuk merekan video beresolusi Full HD.

 

Fitur Keamanan Face Unlock dan Fingerprint

Satu lagi nilai jual Redmi Note 5 yang sangat berguna untuk para pengguna adalah Xiaomi telah menyematkan teknologi Face Unlock pada smartphone terbarunya tersebut. Selain itu juga tidak ketinggalan, fitur keamanan dengan teknologi Fingerprint pun juga telah dibekali untuk smartphone ini.

 

Dijual Dengan Harga Sangat Murah !

Redmi Note 5 tersedia dalam dua versi: 3GB + 32GB dan 4GB + 64GB. Untuk versi 3GB + 32GB, dijual dengan harga Rp. 2.499.000 dan untuk versi 4GB + 64GB dijual dengan harga Rp. 2.999.000. Smartphone ini juga tersedia dalam tiga warna – Blue, Gold dan Black. Dan dalam paket kotak penjualannya, Xiaomi telah memberikan Softcase yang sangat elegan.

Harga Redmi Note 5 Indonesia

Untuk penjualannya, Redmi Note 5 akan dijual secara online melalui Flash Sale di Lazada pada tanggal 25 April 2018 mulai pukul 00.00 . Dan untuk penjualan secara offline di Authorized Mi Store, Redmi Note 5 akan mulai tersedia pada 28 April 2018.

Continue Reading

Berita

Xiaomi Black Shark Resmi Diluncurkan, dengan Snapdragon 845, RAM 8GB dan Shark GamePad

Published

on

Trenteknologi.com – Black Shark perusahaan game yang di danai oleh Xioami, secara resmi telah meluncurkan smartphone gaming pertamanya yaitu Xiaomi Black Shark hari ini di Beijing, Cina. Smartphone gaming ini diciptakan dengan spesifikasi yang mengesankan seperti layar 18: 9, RAM 8 GB, Snapdragon 845, Dual Camera, dan baterai berkapasitas besar. Namun, yang menjadi sorotan utama ponsel ini adalah pengguna dapat memasang GamePad Bluetooth yang disebut Shark GamePad untuk menikmati pengalaman bermain game yang sebenarnya. Serta Water Cooling System yang berguna untuk mendinginkan smartphone ini pada saat kinerja hardware sedang berada di performa yang sangat tinggi.

 

Spesifikasi Smartphone Gaming Xiaomi Black Shark

Dengan layar 5,99 inci dan resolusi 2.160 x 1.080, Xiaomi Black Shark memiliki kecerahan layar hingga 550nits dan memiliki gamut warna yang mencapai 97 persen.

Dan seperti biasa, smartphone gaming Android tidak akan lengkap tanpa kehadiran Snapdragon 845 dan RAM dalam kapasitas besar. Black Shark akan ditawarkan dalam dua varian, yaitu dengan RAM 6GB dan Internal Storage 64GB sementara pilihan model lainnya adalah dengan 8GB RAM dan Internal Storge 128GB. Varian terakhir akan lebih dari cukup untuk pengguna menyimpan banyak game dan media serta memungkinkan untuk membuka banyak aplikasi tanpa khawatir akan membuat smartphone lambat.

Shark GamePad

Singkatnya, smartphone ini bisa menjadi driver harian Anda dan juga menjadi perangkat hiburan portabel Anda pada saat yang bersamaan. Pada sector baterai, Xiaomi Black Shark menggunakan baterai berkapasitas 4.000 mAh, yang sedikit lebih besar daripada kompetitornya yaitu Razer. Selain itu Anda juga akan mendapatkan dukungan Bluetooth 4.0 dan Shark GamePad yang akan memberikan pengalaman bermain game yang lebih menyenangkan. Shark GamePad tersebut juga kompatibel dengan smartphone lain.

Black Shark telah dibekali dengan Dual Camera beresolusi sama yaitu 12MP dengan aperture yang sangat lebar yaitu F / 1.7. Lalu pada kamera depannya, smartphone ini juga dibekali dengan kamera yang sangat mumpuni yaitu 20 MP.

 

Smartphone akan selalu dingin dengan Water Cooling System

Dengan Prosesor Snapdragon 845 yang berjalan pada frekuensi yang sama dan untuk waktu yang lama pastinya akan membuat prosesor tersebut menjadi panas.

Namun pengguna tidak perlu khawatir karena Black Shark telah menggunakan solusi pendinginan unik yang diklaim menggunakan pendingin cair atau disebut Water Cooling System. Ini akan memungkinkan prosesor untuk berjalan pada suhu 8 derajat Celcius lebih dingin, jadi sangat tidak mungkin Anda akan mengalami masalah yang mengganggu saat bermain game.

 

Dibandrol dengan harga $477 USD dan $557 USD

Karena Black Shark akan tersedia dalam dua varian spesifikasi, maka dari itu akan memiliki bandrol harga yang berbeda sesuai dengan varian spesifikasinya. Untuk varian model 6GB RAM dan Internal Storage 64GB akan dibandrol dengan harga $ 477 USD sedangkan untuk versi 8GB RAM dan Internal Storage 128GB akan dibandrol dengan harga $ 557 USD. Dengan bandrol harga tersebut, Xiaomi Black Shark terbilang dijual lebih murah dengan kompetitornya yaitu Razer.

Selain itu bandrol harga tersebut sayangnya belum termasuk dengan kontroller Shark GamePad. Jika Anda ingin menggunakan Shark GamePad, Anda harus mengeluarkan biaya sebesar $28. Untuk saat ini Shark GamePad tersebut tersedia dalam jumlah terbatas.

Menurut Anda, apakah Razer Phone akan mengalami persaingan yang lebih ketat dengan adanya Xiaomi Black Shark ? Beritahu kami di komentar.

Continue Reading

Jooble.id

Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Advertisement

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5