Connect with us

Featured

Review Xiaomi Redmi Note 4 Indonesia : Kencang, Baterai Irit & Dingin !

Published

on

Spesifikasi Redmi Note 4 Indonesia

HARGA Rp. 2.399.000,-
DIMENSI 151×76.3×8.45 mm (5.95×3.0×0.33 in)
PROSESOR Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, Octa Core 2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506, (650 MHz)
RAM 3 GB
STORAGE 32 GB, microSD up to 128 GB
LAYAR IPS LCD 5.5 inci Full HD (1920 x 1080), Night Display, Reading Mode
KAMERA 13 MP BSI CMOS PDAF, Aperture f/2.0 – 5 MP (Front), Smart & Pro Beautify
BATERAI 4100 mAh (typ) / 4000 mAh (min)
SISTEM OPERASI MIUI 8.0 (based on Android 6.0 Marshmallow)
JARINGAN 4G Dual-SIM

FDD-LTE B1 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B20

TDD-LTE B38 / B40

3G WCDMA850 / 900 / 1900 / 2100MHz

2G GSM850 / 900 / 1800 / 1900MHz

KONEKTIVITAS Bluetooth 4.1, Bluetooth HID, Wi-Fi Display, Wi-Fi Direct
INTERFACE IR-Blaster, 3.5mm Jack Audio, microUSB
SENSOR Fingerprint, Electronic compass, Accelerometer, Gyroscope, Hall sensor
Color Black / Gold

 

Trenteknologi.com – Sebagai komitmen Xiaomi pada tagline-nya “KaMI Buatan Indonesia” dengan memproduksi perangkatnya di Indonesia, produsen gadget asal Tiongkok tersebut kembali memboyong smartphone-nya ke pasar Indonesia yaitu Redmi Note 4. Ponsel ini merupakan ponsel kedua Xiaomi yang proses produksinya dilakukan di Indonesia.

Kali ini Trenteknologi.com berhasil memboyong smartphone kelas menengah ini untuk diuji coba. Kami melakukan uji coba pada ponsel ini kurang lebih selama 2 minggu lamanya, agar Kami dapat mengenal lebih dalam tentang berbagai kelebihan dan kekurangan pada ponsel teranyar dari Xiaomi ini. Dan berikut ini hasilnya, yang akan Kami ulas secara lengkap mengenai Redmi Note 4.

Kelebihan Redmi Note 4

Layar Besar dan Bodi Kokoh dengan Design ala Smartphone Premium

Di sisi layar Redmi Note 4 ini, sebagai keluarga Redmi Note, ponsel ini memiliki layar yang sangat besar yaitu 5,5 inci. Penampilan layar ponsel ini juga terlihat semakin berkelas dengan kaca lengkung 2.5D, yang membuat saya merasa sangat nyaman pada saat menggenggam ataupun menggeser layar.

Redmi Note 4 memiliki layar besar dengan bentang 5,5 inci

Walaupun merupakan smartphone kelas menengah, namun tidak membuat ponsel diciptakan dengan asal-asalan. Kesan pertama pada saat saya menggenggam ponsel ini saya merasakan bodi yang sangat kokoh namun ringan, sangat nyaman pada saat digenggam. Untuk bobotnya sendiri, ponsel ini hanya memiliki bobot 165g saja dan ketebalan yang terbilang sangat tipis hanya 8.45mm.

Bodi yang sangat tipis membuat Redmi Note 4 nyaman digenggam

Namun sayangnya dengan material Full Metal yang dimiliki ponsel ini, terbilang sangat licin membuat saya sangat hati-hati pada saat menggenggamnya, maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan softcase untuk memberikan perlindungan lebih pada bodinya.

Performa Juara dengan Qualcomm Snapdragon 625 & RAM 3GB

Bicara masalah performa yang dimiliki oleh Redmi Note 4 ini akan sangat panjang sekali untuk di ulas, karena performa yang dimilikinya sangat “Gila” menurut saya, cocok untuk Anda yang gemar bermain Games atau Multitasking. Pertama kali saya mencoba melakukan tes AnTuTu Benchmark, skor yang didapat oleh ponsel ini dapat menyentuh angka 61520.

Skor AnTuTu Benchmark Redmi Note 4 menyentuh angka 61520

Performa yang baik tersebut dihasilkan berkat Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-Core yang dapat memberikan kecepatan hingga 2.0 GHz. Lalu untuk mendukung kinerja prosesor, ponsel ini juga ditanamkan RAM sebesar 3GB LPDDR3 yang dapat membuat kinerjanya lebih smooth.

Prosesor yang ditanamkan oleh Xiaomi tersebut juga telah menggunakan teknologi FinFET LPP 14nm, yang dapat membuat Redmi Note 4 ini hemat energi dan selalu dingin walaupun digunakan untuk bermain Games berjam-jam.

Bermain games berspesifikasi tinggi NO LAG !

Saya menguji coba Redmi Note 4 ini untuk bermain Games dengan kualitas grafis yang cukup tinggi (Real Racing 3, Mortal Kombat X, Need for Speed, Mario Run) kurang lebih selama 2 jam, hasilnya sangat mencengangkan karena saya dapat bermain berbagai Games tersebut tanpa lag dan sensor temperature menunjukkan di angka yang selalu stabil di 36 derajat !

Untuk kapasitas internal memorinya, ponsel ini telah dibekali dengan internal storage sebesar 32 GB yang dapat di ekspansi hingga 128 GB dengan menggunakan microSD.

Baterai 4100 mAh, Tahan Lama hingga Seharian

Sektor lain yang merupakan salah satu kelebihan dari Redmi Note 4 ini terdapat pada sektor baterainya. Dengan baterai jumbo berkapasitas 4100 mAh dan berkat dukungan teknologi FinFET LPP 14nm, membuat baterai ponsel ini terbilang sangat irit. Bahkan selama 2 minggu pemakaian, Kami tidak pernah berhasil untuk menghabiskan kapasitas baterai Redmi Note 4 ini sampai dengan 0% dalam 1 hari.

Kamera CMOS 13 MP dengan Fitur PDAF & Kamera Depan 5 MP dengan Fitur Beautify

Pada sektor kamera sebenarnya tidak ada yang spesial dari Redmi Note 4 ini, namun memiliki hasil foto yang menurut saya terbilang cukup berkualitas baik. Dengan sensor Sony IMX 258 13 MP dengan aperture f/2.0, membuat hasil foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel ini cukup tajam dan jernih. Selain itu kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur PDAF yang membuatnya dapat menangkap fokus pada objek bergerak dalam waktu 0.1 detik saja !

Kamera belakang beresolusi CMOS 13 MP, menggunakan Sensor Sony IMX 258

Kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur mode pemotretan, seperti Night Mode, Landscape hingga Potrait yang dapat memberikan warna yang berbeda pada setiap hasil foto yang kita ambil. Fitur yang cukup lengkap juga hadir untuk kamera depan ponsel yang beresolusi 5 MP ini, terdapat fitur Beautify yang mampu membuat wajah Anda menjadi lebih cerah.

Hasil Foto Redmi Note 4

Kekurangan Redmi Note 4

Belum Mendukung Fitur Fast Charging

Sebenarnya prosesor yang dimiliki oleh Redmi Note 4 ini sudah mendukung fitur Fast Charging, tetapi sayangnya Xiaomi tidak menggunakan fitur yang dimiliki oleh prosesor tersebut pada ponsel ini. Dengan baterai super besar berkapasitas 4100 mAh, cukup memakan waktu yang lama untuk melakukan pengisian ulang baterai hingga 2 sampai dengan 3 jam lamanya.

Tips : Bagi Anda yang ingin merasakan pengisian ulang daya baterai yang lebih cepat, sangat disarankan untuk langsung mengupdate versi MIUI Anda ke versi 8.2.4.0 . Karena pada saat saya uji coba, setelah saya melakukan update MIUI ke versi 8.2.4.0 waktu pengisian ulang relatif lebih cepat 1 sampai dengan 2 jam saja.

Speaker Belum Stereo

Pada saat pertama kali melihat Redmi Note 4 ini, pada awalnya saya pikir telah dilengkapi dengan Stereo Speaker karena terdapat dua sisi lubang speaker.

Lubang Speaker (Kiri) – Lubang Mic (Kanan)

Namun setelah saya teliti lebih dalam, ternyata speaker ponsel ini masih mengusung Mono Speaker, lubang speaker terdapat di sebelah kiri (kiri pada gambar) dan lubang sebelah kanan (kanan pada gambar) berfungsi sebagai mic.

Kesimpulan

Xiaomi membandrol Redmi Note 4 ini dengan harga yang sangat murah yaitu Rp. 2.399.000. Namun dengan harga yang murah tersebut, ponsel ini bisa diberikan predikat “Murah, tapi tidak murahan” dan patut menjadi pilihan untuk Anda boyong di tahun ini.

Walaupun memiliki beberapa kekurangan, namun secara keseluruhan ponsel ini memiliki kelebihan yang sangat luar biasa, terutama bagi Anda yang gemar bermain games berspesifikasi tinggi. Bagi Anda penggemar game Android, masalah baterai cepat habis dan ponsel terasa panas tidak akan Anda temukan pada Redmi Note 4 ini.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

Xiaomi Mi 6X atau Mi A2 Resmi Diluncurkan, Hadir dengan Segudang Teknologi Artificial Intelligence (AI)

Published

on

Trenteknologi.com – Xiaomi akhirnya kembali resmi meluncurkan smartphone andalannya yaitu Mi 6X atau Mi A2 pada sebuah acara di Wuhan University. Smartphone Ini memiliki desain bodi yang dibalut dengan bahan logam, integrasi teknologi AI pada kamera, dan MIUI 9.5 yang berbasis Android 8.1 Oreo. Mi 6X rencananya juga akan segera diluncurkan di India dengan nama Mi A2 yang berbasis Android Stock.

 

Layar 5,99 inci, Snapdragon 660 dan RAM hingga 6GB

Xiaomi Mi 6X memiliki layar 5,99 inci dengan aspek rasio 18: 9 yang terlihat sangat mirip dengan Redmi Note 5 . Smartphone ini telah didukung dengan prosesor Snapdragon 660 AIE SoC dan pengolah grafis Adreno 512 GPU. Dan pada sektor RAM, smartphone tersebut akan hadir dengan pilihan RAM dan penyimpanan internal sebesar 4GB + 64GB, 6GB + 64GB dan 6GB + 128GB.

Kamera dengan Segudang Teknologi AI

Salah satu hal yang menjadi sorotan dari Mi 6X atau Mi A2 ini adalah pada sektor kamera, yang telah menggunakan teknologi AI untuk peningkatan kualitas foto. Kamera depan Mi 6X atau Mi A2 ini menggunakan sensor dari Sony IMX376 beresolusi 20-megapiksel dengan aperture f / 1.75 dan soft-LED flash. Lalu untuk kamera belakangnya, pada kamera utamanya telah menggunakan kamera ganda beresolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX486 dan aperture f / 1.75, piksel 1,25-mikron, dan sensor Sony IMX376 untuk kamera sekunder yang juga beresolusi 20 megapiksel dengan bukaan yang sama tetapi ukuran piksel hanya 1-mikron. Pengaturan kamera belakang disertai dengan phase-detection autofocus dan flash LED Dual Tone.

Pada kamera bagian depan dan belakang, keduanya sudah terdapat teknologi AI Scene Recognition yang berguna untuk memberikan warna yang lebih baik pada hasil foto, serta Potrait Mode. Fitur berbasis AI lainnya yang terdapat di Mi 6X ini juga sudah termasuk AI efek bokeh, AI Smart Beauty 4.0, AI konversi mata uang, dan lain sebagainya. Selain itu Mi 6X juga memiliki fitur terjemahan yang bertenaga AI, dan dapat mengkonversi teks dari bahasa Cina ke bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Bahasa Jepang, Korea dan India. Smartphone ini juga telah mendukung fungsi Face Unlock, serta telah dilengkapi juga dengan sensor sidik jari di bagian belakang.

Baterai 3010 mAh dan QuickCharge 3.0

Kapasitas baterai Mi 6X atau Mi A2 ini berkapasitas 3010mAh, yang telah disertai dengan dukungan untuk QuickCharge 3.0 yang memungkinkan untuk mengisi ulang baterai hingga 50 persen dalam 30 menit saja.

Konektivitas dan Fitur Sensor Mi 6X

Pilihan konektivitas pada Mi 6X atau Mi A2 adalah 4G LTE, Wi-Fi dual-band a / b / g / n / ac, Wi-Fi Direct, Miracast, Bluetooth 5.0, Infra Red, port USB Tipe-C, namun tidak terdapat slot jack earphone 3,5mm saat ini. Sensor di papan termasuk accelerometer, ambient light sensor, gyroscope, proximity sensor.

Harga 6X, Spesifikasi Sama dengan Setengah Harga

Harga Mi 6X telah diluncurkan dalam tiga varian warna yaitu Merah, Emas, Rose Gold, Biru, dan Hitam. Selain itu Mi 6X juga hadir dalam 3 varian pilihan RAM serta penyimpanan internal yang berbeda satu sama lain.

RAM 4GB + ROM 64GB dijual dengan harga sekitar Rp. 3.5 jutaan, sedangkan RAM 6GB +ROM 64GB dijual sekitar Rp. 3.9 jutaan. Dan untuk Mi 6X dengan varian tertinggi RAM 6GB + ROM 128GB dibanderol dengan harga sekitar Rp. 4.4 jutaan saja. Mi 6X untuk sementara ini hanya tersedia untuk pasar Cina saja, dan akan dijual secara online dan offline mulai 27 April 2018.

 

Bagaimana pendapat Kamu tentang Mi 6X atau Mi A2 ini ? Apakah ingin Mi 6X ini juga ikut dirilis di Indonesia ? Tinggalkan komentar kamu dibawah ini.

Continue Reading

Berita

Huawei Nova 2 Lite Resmi Dirilis di Indonesia, Berikut ini 4 Keunggulannya

Published

on

Trenteknologi.com – Huawei resmi meluncurkan smartphone terbarunya di Indonesia yaitu Huawei Nova 2 Lite. Ponsel ini menyasar para pengguna milenial yang menginginkan sebuah smartphone dengan desain yang sangat elegan dan mengesankan. Mengusung layar FullView, Dual Camera dengan lampu flash yang memiliki teknologi selfie toning, akan membuat hasil foto pengguna lebih berkualitas. Ponsel ini berjalan menggunakan sistem operasi EMUI 8.0 berbasis Android 8.0 Oreo, yang juga akan membuat Huawei Nova 2 Lite menjadi smartphone yang menawarkan pengalaman cerdas dan mulus untuk pengguna. Sebagai smartphone yang menyasar kaum milenial, Huawei Nova 2 Lite ini juga akan menawarkan pengalaman bagi para pecinta fotografi fashion, smartphone ini sangat cocok untuk memenuhi kebutuhan pengguna tersebut.

“Seri HUAWEI nova 2 ditujukan untuk konsumen muda Indonesia yang mencari estetika inovatif dan kegunaan unggul dengan harga yang sangat bagus. Sebagai pemain smartphone terbesar ke-3 di dunia, kami telah memfokuskan diri pada generasi milenial dan kami tertarik pada gaya dan perilaku mereka yang dinamis yang menginspirasi kami untuk membawa seri HUAWEI nova 2 terbaru kami ke tingkat berikutnya. Tampilan layar FullView baru HUAWEI nova 2 lite dilengkapi dengan dual camera ini kami yakini  merupakan smartphone yang sesuai dengan gaya hidup mobile generasi milenial saat ini, ujar Fisher Jiang, Country Director Huawei Device Indonesia.

“Sebagai apresiasi kepada generasi Indonesia yang sangat antusias menunggu smartphone modis ini, kami menawarkan mereka hadiah yang tak dapat ditolak dalam jumlah terbatas, yaitu JBL speaker, HUAWEI earphone Bluetooth dan Huawei case untuk setiap pembelian HUAWEI nova 2 lite selama periode Pre Order,” tambah Fisher Jiang.

 

Dual Camera dengan Teknologi Selfie Toning Flash

Sebagai smartphone yang sangat cocok untuk pecinta fotografi fashion, Huawei Nova 2 Lite telah dibekali dengan kamera ganda pada kamera utamanya, yang memiliki resolusi 13MP dan 2MP dengan aperture f2.2. Dengan bukaan aperture sebesar f2.2 tersebut, pastinya ponsel ini sudah dapat menghasilkan foto dengan efek bokeh.

Lalu untuk kamera depannya, Huawei Nova 2 Lite memiliki kamera depan yang telah dibekali dengan kamera beresolusi 8MP dan telah disertai dengan teknologi Selfie Flash Toning yang akan memberikan pencahayaan lebih sempurna ke wajah pengguna.

 

Layar FullView 16:9 Berukuran 5,99 inci

Dengan tren layar smartphone yang ada saat ini, Huawei Nova 2 Lite juga telah dibekali dengan layar ber-desain FullView. Layar tersebut memiliki rasio 16:9 dengan ukuran 5,99 inci dan rasio aspek 18:9 bezel-less sehingga dapat menghasilkan tampilan layar 12,5 persen lebih besar dari biasanya.

Dan untuk lebih menguatkan desain smartphone yang elegan, layar ponsel ini dibuat dengan panel kaca lengkung 2.5D yang juga memberikan tampilan premium dan stylish.

 

Fingerprint Scanner 4.0 dan Face Unlock

Di sektor keamanan, Huawei Nova 2 Lite juga memperkenalkan fitur Face Unlock dan Finger Unlock dengan tingkat presisi tinggi. Face Unlock didukung oleh algoritma AI Facial Recognition yang memungkinkan perangkat mendeteksi 1.024 titik di wajah manusia dan memetakan informasi tersebut secara akurat.

Hanya butuh beberapa milidetik untuk membuka smartphone ini. Huawei Nova 2 Lite juga dilengkapi dengan fitur Finger Unlock dengan Fingerprint Sensor 4.0. yang memungkinkan pengguna untuk membuka perangkat dalam waktu kurang dari 0,35 detik.

 

Didukung oleh Prosesor Snapdragon 430, RAM 3GB, ROM 32GB dan 3 Slot Kartu

Untuk jeroannya, Huawei Nova 2 Lite ini telah didukung dengan prosesor Snapdragon 430, RAM 3GB dan Internal Storage berkapasitas 32GB. Dan bagi pengguna yang merasa kurang dengan penyimpanan internal tersebut, Huawei menyematkan 3 slot kartu yang salah satunya dapat digunakan untuk memori microSD, sehingga pengguna dapat menambahkan kapasitas penyimpanan dengan memori microSD hingga 256GB.

 

Baterai 3000 mAh yang dapat bertahan hingga seharian penuh

HUAWEI nova 2 lite didukung oleh baterai berkapasitas 3000mAh (typical value), yang memungkinkan pengguna menonton video selama 13 jam terus-menerus atau mendengarkan musik hingga 58 jam (berdasarkan hasil uji lab). Dikombinasikan dengan fitur Power Saving 6.0 yang memanfaatkan teknologi penghematan daya, baik untuk hardware maupun software, HUAWEI nova 2 lite memberikan waktu panjang penggunaan baterai.

 

Dijual Dengan Harga 2.599.000 + Speaker JBL

Huawei Nova 2 Lite hadir dalam dua pilihan warna, yaitu warna hitam dan Biru. Dan untuk ketersediannya, saat ini Nova 2 Lite telah tersedia mulai hari ini melalui program Pre Order tanggal 25 April 2018 di online channel Lazada.co.id dan offline channel di toko-toko tertentu mulai tanggal 26 April – 4 Mei 2018 dengan harga Rp2.599.000.

Dan selama periode Pre Order, bagi konsumen yang membeli Huawei Nova 2 Lite akan mendapatkan Speaker JBL secara gratis.

Continue Reading

Aplikasi

SHAREit Tawarkan Solusi Konten Digital dan File Sharing Untuk Lintas Platform !

Published

on

Trenteknologi.com – Saat ini konsumsi media dalam format digital semakin meningkat di seluruh dunia. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan saat ini jumlah perangkat yang mampu mendukung media digital sudah banyak sekali diluncurkan dn disertai dengan akses internet yang kecepatannya semakin meningkat. Deloitte memberikan laporan bahwa pertumbuhan data tersebut rata-rata dikaitkan dengan berbagai jenis media digital, khususnya media digital pada layanan hiburan. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh Cisco, 80% lalu lintas internet yan terjadi pada tahun 2019 berasal dari konten video.

Selain itu sebuah studi juga dilakukan oleh Pew Research, bahwa 70% pengguna smartphone di tahun 2017 seringkali berbagi konten video, gambar dan komentar mereka tentang persitiwa yang terjadi di komunitas mereka. Lalu sebuah prediksi juga dibuat oleh Statista, yang memprediksikan bahwa jumlah aplikasi smartphone akan terus meningkat setiap tahunnya. Statista juga memprediksi bahwa pada tahun 2021 mendatang, jumlah pengguna smartphone yang mengunduh aplikasi dapat mencapai 352,9 juta undunhan.

Dan bebekal data tersebut, SHAREit sebagai aplikasi digital content multiplatform dengan pengguna global mencapai 1,3 miliar, dibuat dengan satu tujuan utama yakni memberikan pengguna kesempatan untuk mengakses sebanyak mungkin konten digital dan membaginya dengan siapapun, kapan saja! Salah satu hal terbaik tentang SHAREit, adalah mekanisme transfernya yang optimal membuatnya mudah mengirim dan menerima file besar dengan cepat.

SHAREit merupakan sebuah aplikasi konten digital lintas platform terbaik saat ini, yang memiliki kemampuan mengirim file dengan mudah, cepat dan pastinya gratis. Dengan kemampuannya tersebut, SHAREit menawarkan solusi konektivitas kepada para pengguna smartphone yang menginginkan sebuah aplikasi yang cerdas dan efisien. Saat ini SHAREit dapat digunakan oleh para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, Ios, Windows Phone bahkan juga untuk pengguna PC Desktop yang menggunakan sistem operasi Windows ataupun Mac OS. Untuk mengirim berbagai jenis konten media, SHAREit memiliki keunggulan dalam hal kecepatan pengirimannya, yang diklaim memiliki kecepatan 200 kali lipat lebih cepat dibandingkan Bluetooth, dengan kecepatan pengiriman hingga 20 Mbps.

Selain memiliki kemampuan pengiriman file dengan kecepatan tinggi, saat ini SHAREit juga menawarkan kepada pengguna yang ingin menikmati berbagai jenis konten digital. Dengan menggunakan aplikasi ini, akan memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video online tanpa batas, pemutar musik yang elegan, konten yang dipersonalisasi, dan mentransfer semua jenis file.

Continue Reading

Jooble.id

Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Advertisement

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5