Connect with us

Featured

Review Xiaomi Redmi Note 4 Indonesia : Kencang, Baterai Irit & Dingin !

Published

on

Spesifikasi Redmi Note 4 Indonesia

HARGA Rp. 2.399.000,-
DIMENSI 151×76.3×8.45 mm (5.95×3.0×0.33 in)
PROSESOR Qualcomm MSM8953 Snapdragon 625, Octa Core 2 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506, (650 MHz)
RAM 3 GB
STORAGE 32 GB, microSD up to 128 GB
LAYAR IPS LCD 5.5 inci Full HD (1920 x 1080), Night Display, Reading Mode
KAMERA 13 MP BSI CMOS PDAF, Aperture f/2.0 – 5 MP (Front), Smart & Pro Beautify
BATERAI 4100 mAh (typ) / 4000 mAh (min)
SISTEM OPERASI MIUI 8.0 (based on Android 6.0 Marshmallow)
JARINGAN 4G Dual-SIM

FDD-LTE B1 / B3 / B4 / B5 / B7 / B8 / B20

TDD-LTE B38 / B40

3G WCDMA850 / 900 / 1900 / 2100MHz

2G GSM850 / 900 / 1800 / 1900MHz

KONEKTIVITAS Bluetooth 4.1, Bluetooth HID, Wi-Fi Display, Wi-Fi Direct
INTERFACE IR-Blaster, 3.5mm Jack Audio, microUSB
SENSOR Fingerprint, Electronic compass, Accelerometer, Gyroscope, Hall sensor
Color Black / Gold

 

Trenteknologi.com – Sebagai komitmen Xiaomi pada tagline-nya “KaMI Buatan Indonesia” dengan memproduksi perangkatnya di Indonesia, produsen gadget asal Tiongkok tersebut kembali memboyong smartphone-nya ke pasar Indonesia yaitu Redmi Note 4. Ponsel ini merupakan ponsel kedua Xiaomi yang proses produksinya dilakukan di Indonesia.

Kali ini Trenteknologi.com berhasil memboyong smartphone kelas menengah ini untuk diuji coba. Kami melakukan uji coba pada ponsel ini kurang lebih selama 2 minggu lamanya, agar Kami dapat mengenal lebih dalam tentang berbagai kelebihan dan kekurangan pada ponsel teranyar dari Xiaomi ini. Dan berikut ini hasilnya, yang akan Kami ulas secara lengkap mengenai Redmi Note 4.

Kelebihan Redmi Note 4

Layar Besar dan Bodi Kokoh dengan Design ala Smartphone Premium

Di sisi layar Redmi Note 4 ini, sebagai keluarga Redmi Note, ponsel ini memiliki layar yang sangat besar yaitu 5,5 inci. Penampilan layar ponsel ini juga terlihat semakin berkelas dengan kaca lengkung 2.5D, yang membuat saya merasa sangat nyaman pada saat menggenggam ataupun menggeser layar.

Redmi Note 4 memiliki layar besar dengan bentang 5,5 inci

Walaupun merupakan smartphone kelas menengah, namun tidak membuat ponsel diciptakan dengan asal-asalan. Kesan pertama pada saat saya menggenggam ponsel ini saya merasakan bodi yang sangat kokoh namun ringan, sangat nyaman pada saat digenggam. Untuk bobotnya sendiri, ponsel ini hanya memiliki bobot 165g saja dan ketebalan yang terbilang sangat tipis hanya 8.45mm.

Bodi yang sangat tipis membuat Redmi Note 4 nyaman digenggam

Namun sayangnya dengan material Full Metal yang dimiliki ponsel ini, terbilang sangat licin membuat saya sangat hati-hati pada saat menggenggamnya, maka dari itu sangat disarankan untuk menggunakan softcase untuk memberikan perlindungan lebih pada bodinya.

Performa Juara dengan Qualcomm Snapdragon 625 & RAM 3GB

Bicara masalah performa yang dimiliki oleh Redmi Note 4 ini akan sangat panjang sekali untuk di ulas, karena performa yang dimilikinya sangat “Gila” menurut saya, cocok untuk Anda yang gemar bermain Games atau Multitasking. Pertama kali saya mencoba melakukan tes AnTuTu Benchmark, skor yang didapat oleh ponsel ini dapat menyentuh angka 61520.

Skor AnTuTu Benchmark Redmi Note 4 menyentuh angka 61520

Performa yang baik tersebut dihasilkan berkat Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 Octa-Core yang dapat memberikan kecepatan hingga 2.0 GHz. Lalu untuk mendukung kinerja prosesor, ponsel ini juga ditanamkan RAM sebesar 3GB LPDDR3 yang dapat membuat kinerjanya lebih smooth.

Prosesor yang ditanamkan oleh Xiaomi tersebut juga telah menggunakan teknologi FinFET LPP 14nm, yang dapat membuat Redmi Note 4 ini hemat energi dan selalu dingin walaupun digunakan untuk bermain Games berjam-jam.

Bermain games berspesifikasi tinggi NO LAG !

Saya menguji coba Redmi Note 4 ini untuk bermain Games dengan kualitas grafis yang cukup tinggi (Real Racing 3, Mortal Kombat X, Need for Speed, Mario Run) kurang lebih selama 2 jam, hasilnya sangat mencengangkan karena saya dapat bermain berbagai Games tersebut tanpa lag dan sensor temperature menunjukkan di angka yang selalu stabil di 36 derajat !

Untuk kapasitas internal memorinya, ponsel ini telah dibekali dengan internal storage sebesar 32 GB yang dapat di ekspansi hingga 128 GB dengan menggunakan microSD.

Baterai 4100 mAh, Tahan Lama hingga Seharian

Sektor lain yang merupakan salah satu kelebihan dari Redmi Note 4 ini terdapat pada sektor baterainya. Dengan baterai jumbo berkapasitas 4100 mAh dan berkat dukungan teknologi FinFET LPP 14nm, membuat baterai ponsel ini terbilang sangat irit. Bahkan selama 2 minggu pemakaian, Kami tidak pernah berhasil untuk menghabiskan kapasitas baterai Redmi Note 4 ini sampai dengan 0% dalam 1 hari.

Kamera CMOS 13 MP dengan Fitur PDAF & Kamera Depan 5 MP dengan Fitur Beautify

Pada sektor kamera sebenarnya tidak ada yang spesial dari Redmi Note 4 ini, namun memiliki hasil foto yang menurut saya terbilang cukup berkualitas baik. Dengan sensor Sony IMX 258 13 MP dengan aperture f/2.0, membuat hasil foto yang dihasilkan oleh kamera ponsel ini cukup tajam dan jernih. Selain itu kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan fitur PDAF yang membuatnya dapat menangkap fokus pada objek bergerak dalam waktu 0.1 detik saja !

Kamera belakang beresolusi CMOS 13 MP, menggunakan Sensor Sony IMX 258

Kamera pada ponsel ini juga telah dilengkapi dengan berbagai fitur mode pemotretan, seperti Night Mode, Landscape hingga Potrait yang dapat memberikan warna yang berbeda pada setiap hasil foto yang kita ambil. Fitur yang cukup lengkap juga hadir untuk kamera depan ponsel yang beresolusi 5 MP ini, terdapat fitur Beautify yang mampu membuat wajah Anda menjadi lebih cerah.

Hasil Foto Redmi Note 4

Kekurangan Redmi Note 4

Belum Mendukung Fitur Fast Charging

Sebenarnya prosesor yang dimiliki oleh Redmi Note 4 ini sudah mendukung fitur Fast Charging, tetapi sayangnya Xiaomi tidak menggunakan fitur yang dimiliki oleh prosesor tersebut pada ponsel ini. Dengan baterai super besar berkapasitas 4100 mAh, cukup memakan waktu yang lama untuk melakukan pengisian ulang baterai hingga 2 sampai dengan 3 jam lamanya.

Tips : Bagi Anda yang ingin merasakan pengisian ulang daya baterai yang lebih cepat, sangat disarankan untuk langsung mengupdate versi MIUI Anda ke versi 8.2.4.0 . Karena pada saat saya uji coba, setelah saya melakukan update MIUI ke versi 8.2.4.0 waktu pengisian ulang relatif lebih cepat 1 sampai dengan 2 jam saja.

Speaker Belum Stereo

Pada saat pertama kali melihat Redmi Note 4 ini, pada awalnya saya pikir telah dilengkapi dengan Stereo Speaker karena terdapat dua sisi lubang speaker.

Lubang Speaker (Kiri) – Lubang Mic (Kanan)

Namun setelah saya teliti lebih dalam, ternyata speaker ponsel ini masih mengusung Mono Speaker, lubang speaker terdapat di sebelah kiri (kiri pada gambar) dan lubang sebelah kanan (kanan pada gambar) berfungsi sebagai mic.

Kesimpulan

Xiaomi membandrol Redmi Note 4 ini dengan harga yang sangat murah yaitu Rp. 2.399.000. Namun dengan harga yang murah tersebut, ponsel ini bisa diberikan predikat “Murah, tapi tidak murahan” dan patut menjadi pilihan untuk Anda boyong di tahun ini.

Walaupun memiliki beberapa kekurangan, namun secara keseluruhan ponsel ini memiliki kelebihan yang sangat luar biasa, terutama bagi Anda yang gemar bermain games berspesifikasi tinggi. Bagi Anda penggemar game Android, masalah baterai cepat habis dan ponsel terasa panas tidak akan Anda temukan pada Redmi Note 4 ini.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Android

Huawei Resmi Luncurkan Smartphone Canggih Nova 3i, Apa Kelebihannya ?

Published

on

Trenteknologi.com – Huawei kembali menunjukkan komitmennya kepada para pengguna smartphone di Indonesia dengan resmi meluncurkan smartphone terbarunya di jajaran nova series, Huawei nova 3i. Smartphone ini adalah generasi ketiga perangkat nova i, tapi memiliki desain yang tetap fashionable sebagaimana pendahulunya, disertai dengan peningkatan pada pengalaman fotografi yang luar biasa berkat fitur empat kamera yang diperkuat teknologi artificial intelligence (AI).

Huawei juga membungkus bagian belakang smartphone ini dengan lapisan tipis bertekstur khusus di bawah lapisan kaca yang menghasilkan warna gradasi dan tampilan yang unik. Huawei nova 3i memiliki layar FullView berukuran 6,3 inci, empat kamera beresolusi tinggi dengan kombinasi dua lensa 24MP dan 2MP di depan serta kombinasi lensa 16MP dan 2MP di belakang. Kombinasi antara prosesor terbaru Kirin 710 SoC dengan kemampuan AI dan antarmuka EMUI 8.2 terbaru menghasilkan handset yang akan menawarkan pengalaman fotografi empat kamera yang biasanya ditawarkan pesaing pada smartphone premium mereka.

“Nova 3i adalah produk spesial dari Huawei yang diciptakan bagi pemuda Indonesia yang energetik dan tak takut membawa perubahan. Smartphone ini bukan hanya sekadar pernyataan gaya hidup tapi menjadi medium bagi para pemuda itu dalam menikmati hiburan, menge ksplorasi, dan mengekspresikan dirinya,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

 

Rekam foto-foto terbaikmu berkat 4 kamera yang ditenagai AI

Selfie makin banyak dipilih oleh orang untuk mengekspresikan dirinya. Sekeping foto bernilai ribuan kata, dan selembar foto selfie yang memuaskan akan bernilai lebih besar lagi. Kemampuan fotografi AI pada Huawei nova 3i membuat pengguna tak hanya merekam ekspresi terbaiknya dengan jelas, tapi juga cerita di balik ekspresi itu.

Huawei nova 3i dilengkapi dengan kamera ganda di depan dengan kombinasi sensor utama 24MP dan sebuah sensor 2MP. Lensa utama bertugas merekam detail dengan lensa lebar yang memiliki bukaan atau aperture f/2.0, sementara lensa kedua 2MP merekam data kedalaman dengan hardware pendeteksi kedalaman yang didedikasikan. Saat kedua lensa bersinergi, terciptalah foto-foto yang menakjubkan dan efek bokeh yang otentik. Sebagai tambahan, HUAWEI nova 3i bisa mengenali lebih dari 200 skenario dari delapan kategori, antara lain Blue Sky, Plant dan Beach, dan menerapkan satu set optimalisasi yang unik pada tiap pemotretan sambil melakukan beautification pada obyek foto secara terpisah. Algoritma beautification juga mempertimbangkan bagaimana orang-orang di seluruh dunia mempersepsikan kecantikan dan menerapkan sejumlah penyesuaian terhadap orang-orang yang dipotret berdasarkan jenis kelamin dan warna kulit.

Lebih jauh, hardware pada Huawei nova 3i mendukung pratinjau cuplikan HDR secara real-time. Perangkat nova i generasi ketiga ini juga mendukung lima pencahayaan berkualitas studio, yaitu pencahayaan lembut, pencahayaan kupu-kupu, pencahayaan panggung, pencahayaan terpisah, dan pencahayaan klasik. Huawei nova 3i dapat secara akurat memetakan lima fitur wajah subyek foto dan mengembangkan model 3D, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pencahayaan tambahan atau perlu dilakukan beautification.

Sebagai perangkat yang dibuat bagi mereka yang menganggap smartphone sebagai alat yang amat penting untuk mengekspresikan dirinya, Huawei nova 3i dilengkapi dengan kamera belakang yang powerful juga. Kamera belakang ini mengkombinasikan sensor utama 16MP dan sensor kedua 2MP. Kombinasi ini dapat memotret foto dan video yang cerah sambil merekam data kedalaman untuk menciptakan efek bokeh profesional, hasilnya adalah foto-foto yang tampak alami.

Teknologi AI yang ditanamkan Huawei pada smartphone ini adalah yang terbaik di industri. Teknologi AI bertindak sebagai “photography mastermind,” yang dapat membedakan lebih dari 500 skenario, memilah-milahnya ke dalam 22 tipe dan melakukan optimalisasi pada tiap pengambilan gambar. Saat dipakai mengambil foto, handset ini akan membantu pengguna dengan komposisi yang cerdas, membuat seorang amatir pun bisa dengan mudah memotret dengan hasil yang cantik.

Di dunia dengan orang-orang yang makin nyaman berkomunikasi menggunakan video pendek, fitur perekaman video gerak super lambat 480fps pada Huawei nova 3i membuat pengguna bisa dengan mudah memperlambat momen-momen yang penuh kecepatan, katakanlah seperti pelari parkour atau aksi skateboard. Dengan pembelajaran mesin AI, Huawei nova 3i juga mendukung 3D Qmoji, sebuah fitur menyenangkan yang akan mengubah wajah pengguna menjadi avatar digital.

 

Tampilan yang Luar Biasa

Huawei nova 3i memiliki desain yang trendi dan diciptakan dengan teliti, sehingga smartphone ini sangat fashionable. Tubuhnya menampakkan warna gradasi Iris Purple yang memikat dan layar FullView yang lebar, menawarkan rasio screen-to-body yang amat tinggi dan tampilan depan yang sangat estetis. Huawei nova 3i menggunakan layar FHD+ generasi terbaru, berukuran 6,3 inci (2340×1080) dan rasio 19.5:9. Dengan spek seperti ini, layar Huawei nova 3i dapat menampilkan gambar yang lebih besar dan lebih tajam, meski terlihat lebih ramping ketimbang pendahulunya. Pembaruan lainnya adalah reproduksi warna: generasi terbaru ini mencakup 85 persen gamut warna, lebih tinggi 10 persen ketimbang generasi sebelumnya, sehingga hasilnya adalah pengalaman melihat layar tanpa tandingan.

Bagian depan Huawei nova 3i menampilkan desain yang simetris dan estetis. Speaker untuk telinga diletakkan dengan cantik di antara dua sensor. Di belakang layar yang memiliki notch itu terdapat lapisan kaca yang bertugas melindungi frame tengah yang terbuat dari paduan material aluminum-magnesium. Lapisan kaca ini bertransisi secara tak kasat mata ke frame tengah, sehingga perangkat ini tetap ramping dan nyaman digenggam.

Buah dari karya teknologi yang tinggi, warna gradasi Iris Purple tampil sempurna di lapisan tipis bertekstur di bawah kaca melengkung. Ungu dan biru berpadu harmonis dengan kontras seperti neon, menyatu bersama untuk menciptakan warna yang tampak sangat futuristik.

“Kecantikan ini menempatkan Huawei nova 3i di garis depan trend fesyen dan tak lama lagi ia akan menjadi perangkat yang tak bisa tidak harus dimiliki seorang fashionista,” tutur Lo Khing Seng.

 

Performa kelas premium dengan dukungan fitur-fitur AI

Pasar smartphone hari-hari ini sudah banyak diisi oleh perangkat yang diklaim sudah mendukung AI. Huawei nova 3i adalah platform ideal bagi kaum muda yang berani mengeksplorasi AI masa depan.

Pada satu sisi, Huawei memastikan user experience AI yang berkualitas tinggi berkat prosesor Kirin 710 SoC; di sisi lain, Huawei sudah menghadirkan ekosistem yang lengkap pada antarmuka EMUI-nya, sehingga pengguna bisa berbelanja, mengatur galeri, menikmati komunikasi yang jernih, dan lain-lain, dengan nyaman.

Huawei nova 3i juga mendukung AI gaming mode yang mendorong performa SoC semaksimal mungkin tanpa intervensi sebab ia bisa memblokir notifikasi dan panggilan telepon yang kurang penting, supaya tak mengganggu permainan. Sebagai tambahan untuk Kirin 710 SoC dan RAM sebesar 4GB, Huawei nova 3i juga menggunakan GPU Turbo untuk mengoptimalkan kemampuan pemrosesan grafisnya. GPU Turbo adalah teknologi pengakselerasi pemrosesan grafis yang mengubah cara grafis diolah di level sistem; fitur ini meningkatkan integrasi software-hardware, mengatasi masalah bottleneck yang selama ini menahan CPU dan GPU. GPU Turbo membuat perangkat bisa menjalankan game yang memiliki grafis paling intensif sekalipun, dengan mendongkrak performa dan efisiensi, sebuah pencapaian yang menentang pepatah lama, bahwa sesuatu bisa ada dengan mengorbankan yang lain.[1]

 

Huawei Perkuat Jalur Distribusi untuk Nova 3i

Selain menyajikan spefisikasi dan fitur terbaik, Huawei menjanjikan pendistribusian produk nova 3i yang lebih baik kepada konsumen, baik melalui jalur distribusi online dan maupun melalui offline. Sehingga konsumen dapat dengan mudah mendapatkan smartphone baru ini.

Untuk distribusi offline, Huawei bekerjasama dengan Erafone sebagai offline retail chain terbesar di Indonesia. Dengan tersedianya nova 3i melalui Erafone, Huawei ingin memberikan kesempatan bagi konsumen untuk dapat langsung merasakan pengalaman penggunaan nova 3i dan memastikan kualitas produk smartphone itu. Selain itu Erafone juga menyediakan berbagai cara pembayaran sehingga konsumen dapat menentukan pilihan cara pembayaran yang terbaik bagi mereka.

Untuk jalur online, bersama Lazada sebagai pioner dan pemimpin industri e-commerce di Indonesia, Lazada akan memberikan kemudahan bagi konsumen untuk mendapatkan nova 3i. Lazada menyediakan Huawei Official Store agar konsumen dapat dengan mudah mengakses dan mendapatkan jaminan keaslian produk-produk Huawei. Dengan jangkauan yang luas, Lazada dapat mendistribusikan produk Huawei ke seluruh Indonesia. Seluruh konsumen dari Sabang sampai Merauke akan mendapatkan kesempatan yang sama untuk memiliki produk Huawei. Dengan melakukan pembelian melalui Lazada, konsumen juga mendapatkan fleksibilitas pembayaran dan pengiriman sehingga konsumen dapat memilih cara ternyaman dalam mendapatkan produk-produk Huawei.

 

Harga dan Ketersediaan

Mulai hari ini, 31 Juli 2018, Huawei nova 3i sudah tersedia di Indonesia dengan harga Rp 4.199.000. Huawei menggelar program pre-order mulai 31 Juli hingga 10 Agustus 2018 di Erafone dan Lazada. Mereka yang melakukan pembelian pada periode 31 Juli hingga 7 Agustus 2018 akan mendapatkan bonus cashback sebesar Rp 200.000 dan hadiah eksklusif berupa earphone Bluetooth Huawei. Bagi konsumen yang telah melakukan pre-order dan hadir pada program First Sale yang diadakan oleh Erafone di pusat perbelanjaan Kota Kasablanka pada tanggal 11 Agustus 2018, berhak mendapatkan satu hadiah eksklusif tambahan. Adapun pada 8 Agustus, Lazada akan mengadakan first sale untuk nova 3i.

Pada saat peluncuran, GPU Turbo akan mendukung PUBG MOBILE dan Mobile Legends. Dukungan terhadap game-game lain akan menyusul.

Continue Reading

Android

Ingin Dapat Smartphone Nova Series Terbaru dari Huawei ? Begini Caranya

Published

on

Trenteknologi.com – Huawei akan meluncurkan smartphone terbaru seri Nova pada akhir bulan Juli ini. Dilengkapi dengan empat kamera sekaligus yang ditenagai oleh teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence-AI), seri Nova terbaru ini akan menjadi magnet yang besar bagi kaum muda yang menginginkan perangkat canggih berkelas premium, dengan desain yang fashionable, pada harga yang terjangkau.

“Perangkat ini dibuat bagi anak muda yang melihat smartphone sebagai medium yang penting untuk mengekspresikan dirinya, membantu menghasilkan foto yang bagus secara mudah dan desainnya yang trendi dengan detail yang indah membuatnya begitu modis,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

Ngomong-ngomong soal harga, kalau kamu sudah tak sabar ingin meminang smartphone ini, Huawei menggelar kompetisi Guess the Price Win the Prizes, yaitu kontes menebak harga. Kalau kamu bisa menebak harga smartphone ini dengan tepat, kamu berkesempatan membawa pulang smartphone menengah berteknologi premium ini serta hadiah-hadiah menarik lainnya, dalam kompetisi yang akan digelar mulai pukul 16.00 WIB hari ini, Selasa (24/7).

 

Untuk syarat dan ketentuannya, simak berikut ini:

  • Pertama, kamu harus follow dulu akun Facebook dan Instagram Huawei Mobile Indonesia.
  • Lalu Regram postingan Guess the Price, baik di akun Facebook atau akun Instagram kamu.
  • Jawab harga yang kamu tebak dan sertakan alasan kamu menyukai seri Nova dari Huawei.
  • Tag dan mention akun Facebook dan Instagram Huawei Mobile Indonesia
  • Jangan lupa sertakan hashtag #HuaweiMobileID #GuessTheNovaPrice dan #oooo
  • Periode tebak harga ini akan berlangsung mulai hari ini, 24 Juli, sampai dengan 31 Juli 2018.

 

Pemenang kompetisi ini akan diumumkan pada 6 Agustus 2018. Kamu yang beruntung akan dihubungi oleh pihak penyelenggara untuk mengabarkan kabar baik itu serta proses pengambilan hadiahnya.

“Kompetisi ini sangat menarik dan kami percaya banyak fans Huawei yang tertarik untuk mengikutinya, terutama mereka yang sudah tak sabar ingin memiliki Nova Series terbaru,” kata Lo Khing Seng. Kamu tertarik? Ikuti ketentuannya ya. Guess the price and win the prizes.

Continue Reading

Berita

Nova Terbaru dari Huawei, Inikah Pakar Selfie Sesungguhnya?

Published

on

Trenteknologi.com – Keluarnya Casio dari bisnis kamera saku digital tahun ini membuat kamera yang khusus dibuat untuk selfie pun tinggal sejarah. Sudah lama Casio dikenal sebagai pembuat kamera selfie dengan fitur beautification yang menarik. Meski begitu, pada tahun-tahun ini, kita tahu bahwa smartphone makin lebih baik dalam menawarkan fitur kamera selfie, bahkan sampai pada titik yang mampu mengalahkan Casio.

Pada awalnya, pengguna smartphone sudah sangat antusias dengan hadirnya kamera depan 5MP. Kini, kamera depan bahkan sudah mencapai 20MP dan ada yang menanamkan lensa kedua pula.

Lensa ganda di kamera depan ini kabarnya akan ditanamkan pada smartphone Nova Series terbaru dari Huawei. Gabungan sensor lensa 24MP dan 2MP dihadirkan untuk menangkap gambar sekaligus data kedalaman gambar tersebut. Sinergi kedua kamera ini menghasilkan kualitas gambar yang lebih baik dan hasilnya bisa dicetak jadi foto seukuran 24 inci (300ppi) atau poster berukuran 98 inci (72ppi) dengan kualitas yang masih masuk akal.

“Performa macam ini membuat Nova Series terbaru ini bisa diadu dengan kamera DSLR. Tak heranlah kalau kita melihat makin sedikit saja kamera kompak di pasar saat ini,” kata Lo Khing Seng, Deputy Director Huawei Device Indonesia.

Untuk menghasilkan selfie yang luar biasa, punya kamera beresolusi tinggi saja tak cukup. Perlu ada efek beautifying. Tren beautification ini dimulai dari algoritma sederhana yang memutihkan wajah si obyek foto. Semakin lama teknologi berkembang, manufaktur kemudian mengintegrasikan kemampuan artificial intelligence (AI) ke dalam kamera depan. Tapi sebagian perangkat yang sudah ada di pasar, baru bisa mencerahkan gambar dan menambahkan efek buram. Sedangkan detail macam tekstur kulit masih belum bisa diproses.

Huawei yang banyak berinvestasi di bidang riset dan pengembangan telah mengembangkan fitur selfie dalam smartphone buatannya. Malah ada laboratorium khusus untuk selfie. Huawei juga, kabarnya, melakukan survei kepada konsumen untuk mencari tahu apa sebetulnya definisi kecantikan dan menggunakan data itu untuk meningkatkan algoritma beautification-nya sendiri. Hasilnya? Jepretan kamera Huawei jadi makin luar biasa.

Di sisi lain, ada persoalan juga, manufaktur smartphone terlalu fokus bagaimana meningkatkan penampilan manusia sebagai obyek foto di kamera dan lupa tentang background-nya, yang juga penting. Tak heran kalau background di foto-foto di smartphone sering overexposed atau malah underexposed. Untuk foto yang baik, subyek dan juga background seharusnya sama-sama penting.

Menurut bocoran terkini, perangkat Nova Series terbaru dari Huawei bisa mengenali delapan background yang umum, yaitu Langit Biru, Pantai, Tanaman, Malam, Stage, Bunga, Indoor, dan Salju. Secara pintar, kamera pada smartphone itu bisa melakukan optimalisasi pada masing-masing background secara berbeda-beda. Meski kedelapan background itu sudah mendukung hampir semua kebutuhan pengguna, diyakini Huawei akan menambahkan lebih banyak lagi.

Kita manusia secara genetika diciptakan untuk mengejar kecantikan. Di tengah masyarakat di mana penampilan seseorang memainkan peranan penting bagi kesuksesannya, kita berjuang untuk memperlihatkan yang terbaik dari diri kita setiap saat. Smartphone hari-hari ini membantu kita memenuhi hasrat itu, membuat kita tampak selalu bagus kapan saja dan di mana saja. Saat Nova Series yang selfie-centric itu diluncurkan, yakinlah bahwa itu semua bakal jadi kenyataan. Tunggu saja.

Continue Reading

Facebook

Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Advertisement

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5