Review Xiaomi TV Q1E 55, TV QLED dengan Harga Terjangkau

Trenteknologi.com – Xiaomi kembali menghadirkan jajaran TV Pintarnya ke pasar Indonesia yaitu Xiaomi TV Q1E 55”. TV pintar dari Xiaomi ini hadir dengan fitur-fitur canggih seperti layar QLED (Quantum Dot), kemampuan layar yang telah mendukung teknologi 4K HDR 10+, audio dengan dukungan Dolby Audio dan DTS-HD hingga sistem operasi Android TV 10.

Trenteknologi.com memiliki kesempatan untuk mencoba secara langsung Xiaomi TV Q1E 55” yang menjadi salah satu produk andalan dari Xiaomi di tahun ini, bagaimana hasilnya? berikut ini ulasannya.

Desain, Kualitas dan Konektivitas

Hal yang paling pertama kami puji untuk Xiaomi TV Q1E 55” adalah dari segi desain dan kualitas material yang digunakan pada frame layarnya. TV Pintar Xiaomi ini memiliki desain yang minimalis namun terlihat elegan dengan bezel layar yang tipis dan aksen lapisan perak matte. Sebagai fondasi untuk TV nya, TV Android dari Xiaomi ini memiliki dua kaki yang terbuat dari aluminum-alloy sehingga sangat terasa solid dan membuat TV tidak mudah bergoyang pada saat diletakkan di meja.

Sedangkan untuk kelengkapan portnya bisa kita temukan disini terdapat 3 port HDMI dengan dukungan eARC.  eARC tersebut sangat penting bagi Anda yang ingin menambahkan speaker eksternal seperti soundbar. Ada juga dua port USB-A 2.0, jack audio, optical audio out, dan port Ethernet.

Jika Anda lebih suka koneksi nirkabel, Anda dapat memanfaatkan koneksi Bluetooth 5.0 dan juga Wi-Fi 2.4GHz/5GHz. Selain itu juga terdapat port Antenna untuk menangkap siaran TV lokal dan Xiaomi TV Q1E 55” juga telah mendukung DVB-T2, sehingga Anda dapat menangkap siara TV Digital tanpa harus membeli setop-box lagi.

Kualitas Gambar Tajam dan Kaya Warna

Xiaomi TV Q1E menggunakan layar QLED berukuran 55 inci dengan resolusi 4K 3840 x 2160 pixel dan telah dibekali dengan teknologi seperti HDR10+ dan juga Dolby Vision. Kami dikejutkan oleh kontras yang lebih tinggi berkat teknologi Dolby Vision dan reproduksi warna yang luar biasa, yang dimiliki oleh Xiaomi TV Q1E 55” dengan teknologi QLED ini. TV Android ini memiliki color gamut DCI-P3 97%, salah satu yang terbaik di kelasnya, dan juga menawarkan lebih dari satu miliar warna dan ultra-wide color spectrum yang mencapai standar NTSC 100%. Dengan kemampuan layar seperti itu, kami dapat menikmati gambar yang jernih tajam dan kaya akan warna pada TV Android Xiaomi ini.

Untuk pengguna yang ingin menggunakan TV Android Xiaomi ini untuk bermain game konsol seperti PlayStation ataupun Xbox, perlu diketahui bahwa layar pada TV ini hanya mendukung refresh rate 60Hz saja, namun masih cukup nyaman digunakan untuk bermain game konsol berkat teknologi MEMC.

Kualitas Suara Luar Biasa dengan Dolby Audio

Xiaomi TV Q1E 55” dilengkapi dengan dua tweeter dan empat subwoofer yang bekerja melalui speaker stereo 30W yang juga dilengkapi dengan dukungan teknologi Dolby Audio dan DTS-HD. Dengan kemampuan speaker tersebut, kualitas suara yang dihasilkan oleh TV Android ini sangat luar biasa, apalagi Anda yang merupakan penikmati film dapat merasakan suara yang sinematik layaknya di bioskop.

Sistem Operasi Android TV 10 dan Performa yang Ngebut

Untuk sistem operasinya, Xiaomi TV Q1E 55” didukung oleh Android TV 10 yang memiliki UI sangat sederhana sehingga mudah dioperasikan oleh pengguna. Untuk Anda yang ingin menikmati konten hiburan di TV Android Xiaomi ini, telah tersedia aplikasi seperti Netflix, Amazon Prime dan juga YouTube. Jika Anda membutuhkan aplikasi tambahan, Anda dapat langsung mengunduhnya secara langsung melalui Play Store. TV Android Xiaomi ini juga telah dilengkapi dengan fitur Chromecast, yang dapat membuat TV ini terkoneksi dengan smartphone, tablet maupun laptop secara nirkabel.

Untuk mengoperasikan TV Android ini, pengguna dapat menggunakan remote control dengan desain sederhana khas Xiaomi TV. Remote control tersebut hanya memiliki 14 tombol saja yang terdiri dari tombol Power ON/OFF, Google Assistant, 4 tombol arah dan 1 tombol OK, tombol Volume hingga tombol pintas untuk mengakses Netflix dan Amazon Prime. Remote Control ini terhubung ke TV menggunakan koneksi Bluetooth, sehingga untuk mengendalikan, Anda tidak perlu mengarahkan remote control ke TV. Selain itu fitur Google Assistant juga tersedia pada remote control tersebut, yang dapat Anda manfaatkan untuk melakukan perintah suara melalui microfon yang telah tertanam pada remote control.

Lalu untuk dukungan performanya, telah ditanamkan chipset MediaTek MT9611 Quad-core yang memiliki kecepatan hingga 1.5GHz yang di kombinasi dengan RAM 2GB dan penyimpanan eMMC 32GB . Selama menggunakan Xiaomi TV Q1E 55”, kami sangat puas dengan performanya karena tidak merasakan lagging sama sekali, walaupun membuka beberapa aplikasi secara bersamaan.

Kesimpulan

Xiaomi TV Q1E 55” adalah pilihan menarik bagi Anda yang ingin memiliki Smart TV Android dengan harga terjangkau namun memiliki layar QLED yang terkenal ketajaman, kecerahan dan kekayaan warnanya. Walaupun layarnya belum mendukung refresh rate 120Hz, tetapi kami tetap dapat menikmati motion gambar yang halus dan nyaman di mata.

Kelebihan lain dari Xiaomi TV Q1E 55” ini juga terletak pada performanya yang menurut kami sangat baik walaupun hanya dibekali dengan RAM 2GB saja. Kami tidak pernah merasakan peforma yang lambat selama menggunakan TV Android ini, walaupun kami membuka beberapa aplikasi sekaligus.

Secara keseluruhan TV Android Xiaomi ini memiliki kualitas yang sangat baik untuk di kelas harganya. Xiaomi TV Q1E 55” telah tersedia di Indonesia dengan bandrol harga Rp 8.499.000, yang dapat dibeli melalui Authorized Xiaomi Store ataupun melalui online di Xiaomi Official Store.

Total
0
Shares
1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

realme narzo 50i Prime Smartphone Rp1Jutaan Dibekali Chipset Performa Optimal

Next Post

EDGE DC Tingkatkan Kapasitas dengan Data Center 23 MW di Jakarta

Related Posts
Total
0
Share