Samsung Perkenalkan Tiga Sensor Gambar Terbaru untuk Smartphone

Trenteknologi.com – Samsung Electronics Co, Ltd, pemimpin global dalam teknologi semikonduktor, telah meluncurkan tiga sensor gambar mobile terbaru: ISOCELL HP9, ISOCELL GNJ, dan ISOCELL JN5. Sensor ini dirancang untuk meningkatkan kualitas dan performa kamera utama serta sub-kamera pada smartphone, menjawab ekspektasi konsumen akan fotografi mobile berkualitas tinggi.

“Meningkatkan performa sensor gambar dan mengatasi perbedaan antara kamera utama dan sub-kamera untuk memberikan pengalaman fotografi yang konsisten di semua pengambilan adalah kiblat baru industri ini,” ujar Jesuk Lee, Executive Vice President & CTO System LSI Sensor Business Team, Samsung Electronics. “Kami akan terus menetapkan standar bagi industri dan mendorong batasan teknologi melalui rangkaian sensor mobile terbaru kami, yang mengintegrasikan berbagai teknologi terkini.”

ISOCELL HP9: Sensor Telefoto 200MP Pertama di Industri

ISOCELL HP9 adalah sensor telefoto 200MP dengan piksel 0,56 mikrometer (μm) dalam format optik 1/1,4 inci. Menggunakan lensa mikro high-refractive yang baru, sensor ini meningkatkan pengumpulan cahaya dan reproduksi warna, serta menawarkan sensitivitas cahaya 12% lebih baik dan performa autofocus 10% lebih baik dibandingkan produk sebelumnya. Teknologi Tetra²piksel menggabungkan 16 piksel menjadi sensor 12MP, menghasilkan foto yang lebih tajam dan dramatis bahkan dalam kondisi cahaya rendah.

HP9 juga mendukung zoom in-sensor 2x atau 4x, serta mampu mencapai zoom 12x dengan modul zoom telefoto 3x, sambil mempertahankan kualitas gambar yang tajam.

BACA JUGA :  Layar realme GT 6 Sajikan Visual yang Jernih dan Detail, Dengan Kecerahan Hingga 6000 nits

ISOCELL GNJ: Inovasi Teknologi Piksel Mutakhir

ISOCELL GNJ adalah sensor dual pixel dengan 50 juta piksel 1,0μm dalam format optik 1/1,57 inci. Setiap piksel memiliki dua fotodioda untuk autofocus cepat dan akurat. Teknologi dual pixel dan zoom in-sensor menghasilkan rekaman video dan gambar yang lebih jernih, serta mengurangi artefak atau pola moiré.

Sensor ini menggunakan anti-refractive layer (ARL) transmisi tinggi dan lensa mikro high-refractive untuk meningkatkan transmisi cahaya dan mengurangi pantulan. Selain itu, isolasi piksel dalam deep trench isolation (DTI) yang ditingkatkan meminimalkan crosstalk antar piksel, menghasilkan gambar yang lebih detail dan presisi. GNJ juga menawarkan konsumsi daya yang lebih rendah, dengan peningkatan efisiensi 29% dalam mode pratinjau dan 34% dalam mode video pada 4K 60fps.

ISOCELL JN5: Kamera dengan Autofocus Luar Biasa dan Rentang Warna Luas

ISOCELL JN5 memiliki 50 juta piksel 0,64μm dalam format optik 1/2,76 inci. Teknologi Dual vertical transfer gate (Dual VTG) mengurangi noise dalam kondisi cahaya redup, menghasilkan gambar yang lebih jernih. Super Quad Phase Detection (Super QPD) memungkinkan fokus cepat dan akurat, menangkap detail terkecil dari objek yang bergerak cepat dengan guncangan minimal.

JN5 juga dilengkapi dengan dual slope gain (DSG) untuk HDR yang lebih baik, memperluas jangkauan warna yang dihasilkan oleh sensor. Algoritma remosaic perangkat keras meningkatkan kecepatan pemotretan dan memungkinkan zoom real-time tanpa delay. Format optik ramping membuat JN5 sangat serbaguna, cocok untuk kamera wide-angle, ultra-wide-angle, kamera depan, dan lensa telephoto, menawarkan pengalaman fotografi yang konsisten dari berbagai sudut pengambilan.

BACA JUGA :  Samsung Rilis Bespoke AI Washer & Dryer, Mencuci Pakaian Lebih Cerdas dan Mudah

Dengan tiga sensor gambar terbaru ini, Samsung siap menciptakan standar baru dalam fotografi mobile, memberikan hasil yang memukau dari berbagai sudut pengambilan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Samsung Rilis Bespoke AI Washer & Dryer, Mencuci Pakaian Lebih Cerdas dan Mudah

Next Post

Yup Gandeng BP-AKR Hadirkan Solusi Pembayaran BBM di SPBU BP

Related Posts
Total
0
Share