Connect with us

Review

SanDisk Extreme Portable SSD V2, Tahan Banting dan 2x Lipat Lebih Cepat

Published

on

Trenteknologi.com – Western Digital Indonesia secara resmi telah menghadirkan generasi terbaru dari SanDisk Extreme Portable SSD V2 dan SanDisk Extreme PRO Portable SSD V2 ke Indonesia, generasi terbaru ini diklaim memiliki kecepatan 2x lipat lebih tinggi dibandingkan generasi yang sebelumnya, hal tersebut karena saat ini SSD Portabel tersebut telah didukung oleh USB 3.2 Type-C Gen2 yang mampu melakukan transfer data dengan kecepatan hingga 10Gb/s.

SanDisk Extreme Portable SSD V2 sangat ideal digunakan oleh para profesional seperti fotografer, videografer ataupun content creator yang membutuhkan solusi penyimpanan untuk kebutuhan mengedit foto dan video dengan resolusi tinggi di berbagai tempat atau kondisi.

Untuk kinerjanya, keduanya diklaim memiliki kecepatan yang 2x lebih cepat dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu untuk SanDisk Extreme Portable SSD V2 dengan kecepatan baca hingga 1.050 MB/s dan kecepatan tulis 1.000 MB/s. Lalu untuk SanDisk Extreme PRO Portable SSD V2 diklaim memiliki kecepatan baca hingga 2.000 MB/s dan kecepatan tulis 2.000 MB/s. SSD ini juga telah dilengkapi dengan fitur keamanan yang kuat dengan memanfaatkan enkripsi perangkat keras AES 256-bit dan juga ada opsi untuk memperkuat keamanan dengan menggunakan Kata Sandi yang bisa diaktifkan menggunakan aplikasi SanDisk Security.

Lalu bagaimana kesan Kami terhadap SSD Portabel dari SanDisk ini tentang desain dan juga kinerjanya ? Kami mendapatkan kesempatan untuk mencobanya secara langsung yang berkapasitas 1TB ini, berikut ini ulasannya.

Desain Mungil Namun Sangat Kokoh dan Tahan Banting

Untuk desainnya meskipun secara fisik terlihat kecil, SSD SanDisk ini adalah perangkat yang kokoh dan tahan banting karena telah dibalut dengan kerangka alumunium yang juga berfungsi sebagai heatsink serta casing silikon dengan tutup plastik bermaterial ABS bertekstur dots sebagai aksen, yang semakin menambah kesan Adventure. Dengan ketebalan hanya 0.35 inci dan panjang 3.96 inci, SSD SanDisk ini juga sangat nyaman pada saat digenggam dan dimasukkan kedalam saku celana.

BACA JUGA :  Redmi 7A Resmi Dirilis dengan Baterai & Performa yang Lebih Baik, Ini Harganya

Selain itu yang membuat SSD ini juga menjadi perangkat yang kokoh, SSD Portabel ini juga telah mengantongi sertifikasi IP55 yang menawarkan perlindungan untuk tahan terhadap debu dan air seperti hujan atau tumpahan air yang tidak disengaja. SSD SanDisk ini juga dapat bertahan jika terjatuh dari ketinggian hingga 2 meter dan juga dilengkapi dengan port USB Tipe-C yang tahan air, meskipun port tersebut tidak memiliki penutup.

Lalu pada bagian sisi kanan atas juga terdapat lubang yang berfungsi untuk menggantung SSD Portabel ini diluar tas, celana ataupun di tripod menggunakan Carabiner. Walaupun mungkin kebanyakan orang biasanya lebih suka menyimpan SSD Portabel di dalam tas atau saku celana saat bepergian, tetapi fitur tersebut ada jika Anda membutuhkannya.

Berkinerja Tinggi dengan Kemampuan Baca & Tulis yang Cepat

Untuk mengukur kinerja dari SSD ini, Kami melakukan pengujian menggunakan dua aplikasi Benchmark yaitu Blackmagic Disk Speed Test dan CrystalDiskMark, menggunakan laptop ASUS ROG Strix GL503 dengan memanfaatkan port USB Type-C 3.2 yang dimiliki oleh laptop ASUS ROG tersebut.

Di Blackmagic Disk Speed Test, SanDisk Extreme Portable SSD V2 menampilkan kecepatan baca 920.6 MB/s dan kecepatan tulis 950.4 MB/s. Dan dengan CrystalDiskMark, menampilkan kecepatan baca 963.89 MB/s dan kecepatan tulis 802.79 MB/s.

Dengan data pengujian tersebut, kecepatannya masih terbilang cepat dan memiliki kinerja yang mengesankan dibandingkan dengan generasi sebelumnya dan tetap patut untuk dijadikan pilihan dikelasnya.

Kesimpulan dan Harga SanDisk Extreme Portable SSD V2

Menurut Kami, SanDisk Extreme Portable SSD V2 adalah solusi penyimpanan yang mengesankan ditujukan untuk para profesional seperti fotografer, videografer ataupun content creator yang membutuhkan SSD Portabel yang kokoh dengan kinerja sangat cepat. SSD dari SanDisk generasi terbaru ini juga dilengkapi dengan kompatibilitas multi-perangkat dengan dukungan USB Type-C 3.2, sertifikasi IP55, enkripsi perangkat keras AES 256-bit dan pilihan kapasitas hingga 2TB.

BACA JUGA :  Lag Saat Bermain Games? 6 Cara Ini Bisa Mempercepat Smartphone Android

Melihat performanya, menurut Kami SSD Portabel ini memberikan hasil terbaik untuk SSD Portabel di kelasnya. Di Blackmagic Disk Speed Test, SanDisk Extreme Portable SSD V2 menampilkan kecepatan baca 920.6 MB/s dan kecepatan tulis 950.4 MB/s. Dan dengan CrystalDiskMark, menampilkan kecepatan baca 963.89 MB/s dan kecepatan tulis 802.79 MB/s.

SanDisk Extreme Portable SSD dan SanDisk Extreme PRO Portable SSD didukung oleh garansi terbatas lima tahun yang telah dijual di Tokopedia dan Shopee, hadir dengan varian kapasitas 500GB, 1TB dan 2TB yang masing-masing dijual dengan harga Rp 2.156.000 untuk kapasitas 500GB, Rp 3.801.000 untuk kapasitas 1TB, dan Rp 7.170.000 untuk kapasitas 2TB. Dan untuk SanDisk Extreme PRO Portable SSD, akan tersedia pada bulan November yang dijual dengan harga Rp 5.320.000 untuk kapasitas 1TB dan dan Rp 9.651.000 untuk kapasitas 2TB.

Kelebihan

  • Performa baca dan tulis cepat karena telah menggunakan USB 3.2 Gen2 Type-C
  • Pilihan kapasitas lengkap
  • Dimensi yang sangat kompak, nyaman digenggam ataupun didalam saku celana
  • Tahan banting karena telah mengantongi sertifikasi IP55
  • Enkripsi AES 256-bit dan perlindungan kata sandi
  • Garansi sangat panjang 5 tahun

Kekurangan

  • Hanya terdapat satu pilihan warna

Spesifikasi SanDisk Extreme Portable SSD V2

Available Capacities 2TB, 1TB, 500GB
Interface USB 3.2 Gen2 (10Gb/s); backward compatible with USB 3.2
Connection USB Type-C
Dimensions (L x W x H) 3.96 x 2.06 x 0.35 in. (100.54 mm x 52.42x 8.95 mm)
Operating Temperature 0ºC to 45ºC
Storage Temperature -20ºC to 85ºC
Encryption 256-bit AES Hardware with password protection
Format Preformatted ex-FAT for PC and Mac compatibility; Can be reformatted and repartitioned to user desire
Operating Vibration 5.0gRMS, 10-2000 Hz
Inside the box SanDisk Extreme Portable SSD, USB Type-C to USB Type-C cable, USB Type-C to USB Type-A adapter
Warranty 5-years

 

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement