Connect with us

Review

Spek Oppo A83 dan Harganya

Published

on

Spek Oppo A83 yang bisa dibilang ‘killer’ bukan satu-satunya alasan mengapa Smartphone ini cepat ludes dipasaran. Statusnya sebagai ‘raja selfie’ mungkin menjadi pertimbangan pengguna Smartphone untuk lebih memilih produk Oppo, khususnya Oppo A83.

Sejauh ini point plus produk Oppo memang lebih fokus pada sektor kamera. Jadi terlepas apapun tipenya, wajar jika para ‘penggila selfie’ dan pecinta fotografi ramai-ramai exodus ke brand Oppo yang bisa dikatakan usianya masih seumur jagung.

Seperti yang sudah kita duga, setelah F5, kehadiran Oppo A83 masih menyajikan ‘menu istimewa’ dari sisi kamera. Ini bisa dibuktikan dengan ditambahkannya fitur A1 Beauty Technology yang serta merta membuat penggemar selfie dan fotografi berdecak kagum.

Harus dicatat, Smartphone ini dibekali kamera depan beresolusi 8MP dilengkapi fitur Smart Selfie. Konon fitur ini mampu memindai 254 titik pada wajah sehingga hasil selfie terlihat sangat berkualitas. Berikut ini sedikit review spesifikasi dan harga dari Oppo A83.

Desain Ramping, Layar Jernih, Spesifikasi Mumpuni

Oppo A83 hadir dengan bodi ramping, bahkan tidak terasa bertambah berat saat dimasukkan di kantong bareng Smartphone lain. Ukurannya yang didesain pas di genggaman juga tak membuat ponsel ini banyak makan tempat.

Dari sisi layar A83 dibekali layar IPS LCD dengan bezel minimalis, sementara ukuran diagonalnya 5,7 inch dengan aspek rasio 18:9. Sangat ideal untuk bermain game maupun menonton video.

BACA JUGA :  OPPO Reno3 Resmi Diluncurkan Dijual 5,2 Juta, Ini Spesifikasinya

Dari deretan tombol fungsi tidak ada perubahan dari tipe sebelumnya. Ada tombol Power ditemani slot SIM card di sisi kanan. Sementara di sisi kiri ada tombol volume sekaligus opsi untuk pengambilan foto. Dari sini sudah bisa disimpulkan secara keseluruhan, baik dari sisi desain maupun layar Oppo A83 cukup memuaskan.

Dilihat dari garapan dapur pacunya spesifikasi Oppo A83 juga terlihat serius terkait performa. Setidaknya ini terlihat dari prosesor Helio P23 serta RAM 3GB juga memori internal 32GB.

Berkat dukungan prosesor dan RAM tersebut, secara multitasking tak ada kendala apapu saat melakukan perpindahan antar aplikasi. Bahkan untuk aplikasi game berat yang notabene sangat rakus RAM.

Uji performa dengan game berat Dynasty Unleashed hasilnya nyaris tanpa cacat. Permainan tetap berjalan dengan smooth dan tak ada satu kalipun lagging yang mengganggu. Bentang layar yang cukup luas sudah pasti menambah keseruan bermain game.

Secara visual tampilan Oppo A83 layak diberikan skor tinggi. Warna dan gambar yang ditampilkan terlihat begitu pekat dan sangat tajam.

Kesempurnaan spek Oppo A83 juga terlihat dari sektor baterai. Berbekal kekuatan baterai 3.180 mAh sepertinya tidak sulit bagi Smartphone ini untuk aktivitas download video, maupun game yang instalnya cukup berat selama berjam-jam.

Dari sisi performa dan visual Oppo A83 harus diakui unggul telak. Namun ada sedikit yang mengganggu yaitu di sektor audio. Dengan kata lain kualitas audio A83 bisa dibilang standard. Suara mp3 maupun video tidak begitu bagus meski sudah menggunakan headset original dari Oppo.

BACA JUGA :  Darwis Triadi Ajak Pengguna OPPO Optimalkan Mobile Photography

Jika dilihat dari harga Oppo A83, Smartphone ini termasuk level mid-end. Namun yang patut disayangkan adalah absennya fitur fingerprint pada perangkat ini. Padahal F5 dan beberapa tipe pendahulu yang lain sudah menggunakannya.

Untuk menggantikan fungsi fingerprint Oppo A83 hadir dengan fitur pemindai wajah. Sebelum pemindaian wajah dilakukan, pengguna harus terlebih dulu memasukkan kata sandi. Ini merupakan opsi jika pemindaian wajah tidak memungkinkan atau gagal.

Pada spek Oppo A83 sendiri sudah ditambahkan fitur enkripsi untuk memproteksi aplikasi-aplikasi personal. Ada juga fitur blacklist serta anti-spam sehingga pengguna terhindar dari berbagai kejahatan cyber.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement