Youtap Luncurkan Youtap BOS, Solusi All-in-One Khusus Pemilik Usaha

Trenteknologi.com – Peran UMKM sangat besar bagi pertumbuhan perekonomian Indonesia yang ditunjukan dengan besarnya kontribusi-nya terhadap PDB (60%) dan penyerapan tenaga kerja-nya  (96% dari total penyerapan tenaga kerja nasional). Di sisi lain, pertumbuhan ekonomi di kota-kota tier dua tier tiga yang merupakan slow adopter nyatanya diprediksi menyumbang PDB lebih besar dalam beberapa tahun ke depan. Berdasarkan laporan Alpha JWC Ventures dan Kearny, kontribusi kota-kota tersebut akan meningkat sebesar 3 hingga 5 persen pada 2030. Sejalan dengan hal tersebut, Youtap Indonesia sebagai perusahaan digital yang memfokuskan layanannya untuk pelaku usaha semakin berkomitmen dan konsisten dalam memberdayakan para pelaku usaha UMKM di seluruh kota. Di usia-nya yang ke-tiga tahun, Youtap berkomitmen menjadi perusahaan digital yang terus berinovasi dalam mendorong perkembangan pelaku usaha Indonesia lewat pelebaran jangkauannya ke banyak kota tier-2 dan tier-3.

Untuk semakin memberikan kemudahan dan memberdayakan pelaku usaha, Youtap meluncurkan Youtap BOS, layanan all-in-one khusus untuk pemilik usaha (BOS usaha). Di acara peluncuran yang juga bertepatan dengan perayaan ulang tahun yang ke-tiga, Youtap juga menunjukkan 100 pelaku UMKM dari 100 kota yang berbagi cerita tentang 100 solusi Youtap. Ini menunjukkan peran Youtap dan layanannya yang sudah semakin berkembang dalam memberikan peluang usaha dan memberdayakan pelaku usaha di berbagai level, baik skala mikro, menengah, hingga hadirnya para supplier dan merchant enterprise untuk saling mendukung dan berbagi manfaat akan digitalisasi.

Baik karyawan maupun pemilik usaha memiliki peran yang jelas dan berbeda agar semuanya dapat menjalankan tugasnya masing-masing. Jika Youtap POS lebih diperuntukan untuk menjalankan operasional usaha sebagai aplikasi kasir digital yang bisa digunakan dari hp dan tablet, Youtap BOS lebih diperuntukan untuk pemilik usaha (BOS usaha) sebagai alat memulai, mengatur, memonitor, dan mengelola usaha. Proses registrasi Youtap BOS tidak membutuhkan waktu yang lama. Jika belum memiliki akun Youtap sebelumnya, para BOS bisa mengakses bos.youtap.id dan langsung daftar. Dengan hadirnya Youtap BOS membuat seluruh proses pengelolaan usaha menjadi terintegrasi dan menjadikan seluruh aktivitas toko bisa terpantau dengan baik.

BACA JUGA :  Galaxy AI Akan Hadir di Galaxy Watch, Dengan Peningkatan Fitur Kesehatan

CEO Youtap Indonesia Herman Suharto mengatakan, “Meskipun digitalisasi bisa menjangkau seluruh Indonesia, nyatanya upaya membuka potensi di kota tier 2 dan 3 Indonesia memiliki tantangan berbeda dalam adopsi perilaku digital. Karena itu sejak awal, kami terus menjangkau berbagai lapisan UMKM lewat hadirnya tim lapangan yang terus mengedukasi pedagang di kota besar dan kecil sambil terus mengembangkan ekosistem digital terbesar dan terlengkap bagi para pelaku usaha. Upaya ini tercermin dengan pertumbuhan Youtap di kota tier 2 dan tier 3 yang lebih tinggi, yakni mencapai double growth transaksi. Bahkan, transaksi Youtap di Sulawesi tumbuh mencapai 3x lipat. Dengan adanya pertumbuhan positif di berbagai lini, Youtap menunjukkan profitabilitas pada bisnisnya lewat keunggulan kami di tiga layanan utama.”

Sesuai dengan visi kami yang ingin hadir pada setiap usaha untuk membantu dan memberdayakan mereka untuk pencapaian yang terbaik, di usia ketiga ini kami menghadirkan layanan khusus bagi berbagai tipe BOS (bos pemilik usaha). Ini juga menjadi ekosistem yang menyatukan para BOS pemilik usaha dari seluruh kota di Indonesia untuk saling berbagi peluang dan berkembang. Di ekosistem digital Youtap, para BOS pemilik usaha juga bisa terkoneksi dengan banyak mitra strategis Youtap seperti perbankan, penyedia jasa keuangan dan pemasok stok-stok barang dagangan dan bahan baku untuk usaha. Langkah ini diharapkan bisa melahirkan lebih banyak BOS UMKM yang unggul dari berbagai wilayah dan tercipta hubungan yang saling memberdayakan antara pelaku UMKM, mitra pemasok dan enterprise,” lanjut Herman.

BACA JUGA :  ZTE nubia Neo 2 5G Resmi Meluncur, Hape Gaming dengan Harga Cuma Rp 2 Jutaan!

Sebagai perusahaan digital, Youtap memiliki layanan lengkap yang terangkum dalam tiga pilar utama, antara lain solusi cashless payment, solusi POS (aplikasi kasir online) dan loyalty, hingga solusi supply chain: Belanja Stok. Ketiganya akan hadir di dalam Youtap BOS agar para BOS dapat mengambil keputusan dan menjalankan usahanya lebih maju lagi. Adapun 100 solusi yang dihadirkan, seperti mengetahui untung rugi penjualan, analisa produk, mengetahui status transaksi terbaru, terima semua jenis pembayaran baik tunai hingga non tunai (cashless), berbelanja stok, hingga penawaran paket usaha terlengkap seperti paket Extra Mantap dan Paket Extra Untung. Selain menghadirkan insight mendalam terkait penjualan, salah satu keunggulan Youtap BOS yaitu hadirnya Youtap ADS. Disini, pemilik usaha bisa mendapatkan dukungan branding karena adanya penyediaan layanan visual konten hingga beriklan di media sosial. Hal ini tentu sangat cocok digunakan bagi pemegang keputusan, yakni pemilik usaha.

Semakin lengkap solusi yang dihadirkan Youtap BOS, Youtap akan terus mendukung potensi dari berbagai kota yang sudah menjadi fokus pengembangannya dan terus membuka peluang kerja sama dengan berbagai pihak. Saat ini, sudah lebih dari 500 ribu pelaku usaha gabung di ekosistem Youtap yang tersebar di 510 kota, termasuk beberapa wilayah seperti Dumai, Tebing Tinggi Sumatera Utara, Payakumbuh Sumatera Barat, Pematang Siantar, wilayah timur dan barat Bandung (Jawa Barat – Ciamis, Kuningan, Banjar), Salatiga, Tegal, Karanganyar, Mojokerto, Tulungagung, Pettarani Sulawesi, hingga outer Makassar. (Maricaya, Pettarani, Rappocini, Mangasa). Adapun pertumbuhan digitalisasi paling cepat yakni di kota Riau dan Batam yang mencapai 196%.

BACA JUGA :  Lenovo Produk Laptop dan PC Generasi Baru, Untuk Kreator dan Gamer di Indonesia

Perluasan Layanan Belanja Stok untuk Jangkau Lebih Banyak UMKM

Digitalisasi nyatanya juga berkontribusi besar bagi lebih dari 60% UMKM dalam mencari pelanggan dan pemasok barang-barang yang diperdagangkan oleh mereka. Hal ini pun tercermin dari data Youtap selama 2022. Meski baru diluncurkan tahun lalu, layanan Belanja Stok menjadi favorit pelanggan dengan adanya lebih dari 15.000 transaksi dan 100 ribu barang.

Lewat perluasan layanan Belanja Stok di Youtap BOS, UMKM bisa menemukan beragam produk berkualitas dari supplier ternama seperti Indomarco, Indofood Beverage, Best Meat, Sosro, DIMA, Dagangan, Nutrifood, API, Diamond Fair, Otto, Campina dan Sari Roti. Dengan begitu, pengalaman berbelanja kebutuhan usaha bagi pelaku UMKM terus menguntungkan.

Yoga Wiratyasa, salah satu merchant Youtap yang juga merupakan Pemilik Sego Meduro Cak Brewok di Sampangan menjelaskan, “Semakin tahun, kebutuhan konsumen semakin meningkat. Persaingan dengan sesama pelaku usaha juga semakin nyata. Saya sangat senang bisa ikut bertemu dengan 100 BOS dari 100 Kota. Dari sini saya jadi semakin percaya diri untuk mengembangkan usaha lebih lanjut karena telah didukung oleh para supplier Youtap yang terpercaya. Pengelolaan usaha juga nantinya bisa lebih mudah dengan hadirnya Youtap BOS karena semua bisa dipantau dari satu aplikasi.”

Untuk merasakan manfaat dari fitur-fitur baru Youtap BOS, pelaku usaha bisa mengakses bos.youtap.id dan mengakses 100 solusi dari Youtap.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

realme C55 NFC Dirilis di Indonesia, Hadirkan Kamera 64MP dengan Harga Mulai Rp 2 Jutaan

Next Post

SIRCLO Group Dorong Pelaku Usaha untuk Menerapkan Digitalisasi

Related Posts
Total
0
Share