Connect with us

Review

AOPEN 22CV1Q, Monitor Murah yang Cocok untuk Dukung Produktivitas

Published

on

Trenteknologi.com – Bagi Anda yang sedang mencari sebuah monitor namun dengan harga yang lebih terjangkau, mungkin AOPEN 22CV1Q bisa menjadi salah satu pilihan. Meskipun mungkin terdengar seperti merek yang belum pernah terdengar, namun sebenarnya AOPEN ini merupakan sub-brand dari Acer tetapi lebih ditujukan ke segmen harga yang lebih terjangkau. Sebelumnya juga Kami pernah mencoba monitor gaming AOPEN 27HC5R yang dijual dengan harga 4 jutaan.

Dan Trenteknologi.com kembali mendapatkan kesempatan untuk mencoba secara langsung monitor dari AOPEN yaitu AOPEN 22CV1Q yang dijual dengan harga lebih terjangkau kisaran 1 jutaan. Apakah ini monitor ini cocok untuk kebutuhan Anda ? Mari kita cari tahu.

Desain dengan Bezel Tipis dan Layar Full HD

AOPEN 22CV1Q dibekali dengan layar 22 inci dengan panel VA dan bezel tipis di sekelilingnya untuk memaksimalkan tampilan Full HD 1920×1080 dengan detail yang lebih baik dan warna yang lebih akurat. Digunakan untuk menonton film ataupun bermain game, kualitas visualnya sangat memuaskan untuk monitor dikelasnya, sehingga Kami dapat memainkan game yang memiliki tampilan grafis tinggi dengan cukup mulus.

Untuk kualitas warna, monitor ini telah dilengkapi dengan kecerahan warna NTSC hingga 72% dan rasio kontras 3000:1 untuk menghasilkan kualitas warna yang cerah dan jernih. Transisi gambar pada monitor ini pun sangat mulus, hal tersebut karena berkat waktu respons 5ms dan kecepatan Refresh Rate 75Hz. Memang ini bukan yang tercepat, tetapi jika Anda tidak memainkan game yang sangat kompetitif, monitor ini terbilang masih nyaman untuk digunakan berbagai game ataupun menonton film.

Terakhir, monitor ini memiliki viewing angle hingga 178 derajat membuat kualitas gambar dan warna tetap terjaga dari sudut mana pun, sehingga Anda dapat menyesuaikan posisi monitor di berbagai sisi yang diinginkan.

Melindungi Mata dengan BlueLight Shield dan Flickerless

Walaupun panel AOPEN 22CV1Q belum menggunakan panel IPS, namun tetap hadir dengan bekal fitur Blue Light Shield untuk menjaga kesehatan mata pengguna pada saat menggunakan monitor ini dalam waktu yang lama. Dan monitor ini juga hadir dengan teknologi Flickerless untuk mengurangi efek layar berkedip untuk memberikan pengalaman menonton film atau bermain game yang lebih nyaman. Berkat kombinasi dari kedua teknologi ini, menggunakan monitor ini untuk waktu yang lama sangat nyaman dan tidak akan melelahkan mata.

BACA JUGA :  Xiaomi Resmi Boyong Redmi Note 5 ke Indonesia, Apa Saja Keunggulannya ?

Konektivitas Input yang Terbatas

Untuk sebuah monitor dengan harga yang terjangkau wajar jika pilihan Port Input sangat terbatas, namun hal tersebut tetap dapat memenuhi kebutuhan Kami. Pada bagian belakang monitor, terdapat tiga port input yang masing-masing terdiri dari 1x Port VGA dan 1x Port HDMI dan 1x Port DC-IN 12V sebagai Input Power.

 

Lalu di bagian bawah, 5 tombol untuk kontrol yang terdiri dari tombol Power On/Off dan juga tombol untuk menampilkan Menu yang dapat Kami gunakan untuk melakukan pengaturan Brightness, Audio dan Input Port. Selain itu Kami juga dapat melakukan pengaturan Modes yang tersedia seperti Action, Racing, Sports, User, Standart, ECO, Graphics dan Movie.

Pengalaman Bekerja yang Nyaman dengan Kualitas Warna yang Cukup Baik

Untuk melakukan uji coba monitor AOPEN 22CV1Q ini, Kami menggunakan CPU dengan spesifikasi Intel Core i7-8700K dan RAM sebesar 8GB, yang dilengkapi dengan grafis NVIDIA GTX 1060Ti. Dan untuk melakukan uji coba yang maksimal, Kami mencoba melakukan pengetesan dengan memainkan Game Grand Theft Auto V dan PUBG. Serta Kami juga mencoba melakukan pengetesan dengan memutar video beresolusi 4K dan 8K.

 

Selama Kami menggunakan monitor ini untuk memainkan game ataupun menonton film, monitor ini menampilkan kinerja yang terbilang masih cukup layak walaupun dibatasi hanya dengan Refresh Rate 75Hz, mungkin tidak semulus monitor AOPEN 27HC5R_P yang memiliki Refresh Rate 165Hz, namun Kami masih merasakan kenyamanan yang luar biasa selama menggunakan monitor ini. Pengguna juga dapat menggunakan fitur seperti AMD FreeSync atau G-Sync untuk membuat performa monitor ini menjadi lebih baik.

BACA JUGA :  Samsung Hadirkan Galaxy Tab A 2019 Hanya Rp. 1.9 Jutaan, Cocok Untuk Sekolah

Menggunakan monitor ini untuk tugas-tugas yang berpusat pada produktivitas monitor ini sudah lebih dari cukup, namun jika Anda berencana untuk melakukan beberapa pekerjaan yang membutuhkan akurasi warna, walaupun monitor ini telah dibekali dengan kecerahan warna NTSC 72%, Kami tetap lebih merekomendasikan monitor dengan panel IPS yang menawarkan akurasi warna lebih baik dibandingkan dengan panel VA yang digunakan oleh monitor ini. Tetapi jika Anda hanya ingin melakukan pekerjaan edit gambar skala ringan, kualitas warna pada AOPEN 22CV1Q sudah cukup baik.

Kesimpulan

AOPEN 22CV1Q merupakan monitor yang cocok untuk Anda yang lebih sering melakukan pekerjaan berfokus pada produktivitas dan juga sesekali untuk digunakan bermain game serta menonton film. Dijual dengan harga Rp. 1.290.000, AOPEN 22CV1Q bisa dibilang merupakan monitor yang memiliki kualitas warna yang baik dan layar yang jernih serta fitur lengkap dengan harga terjangkau dikelasnya.

Monitor AOPEN 22CV1Q bisa didapat melalui penjualan online di Acer eStore, ataupun Acer Official Store di ecommerce. Kunjungi Acer eStore di https://store.acer.com/en-id/ untuk mendapatkan informasi produk dan promo terkini.

Spesifikasi AOPEN 22CV1Q

Model Name AOPEN 22CV1Q
Display Size 21.5H“
Aspect Ratio 16:9
Max. resolution and refresh rate VGA: 1920×1080 @60Hz

HDMI: 1920×1080 @75Hz

Max Refresh Rate 75 Hz
Panel VA
Glare No
AMD FreeSync Yes
Response time (G/G) 5ms (GTG)
Contrast ratio (native) 3,000:1
Brightness 250 nits (cd/m2)
Viewing angle (CR = 10) 178°(H),178°(V)
Colors 16.7 million
Bits 8bit
Color Saturation 72% NTSC
Input signal

 

• VGA

• HDMI(1.4)

VESA wall mounting

 

75×75 mm
Power consumption Off: 0.3W
Sleep: 0.4W
On: 14.28W
Tilt -5°to 20°
Warranty 3 years service, 3 years sparepart, 1 year panel
Price 1.290.000

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement