Cara Mudah Mengenali Toko Online Palsu

Toko online palsu atau abal abal memiliki beberapa ciri yang wajib untuk diwaspadai supaya kamu terhindar dari penipuan. Di zaman sekarang ini, dimana semakin menjamurnya internet, belanja celana jeans online memang menjadi pilihan paling favorit banyak orang. Memang kegiatan belanja secara online ini akan memberi banyak kemudahan dan kenyamanan. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang lebih tertarik untuk berbelanja secara online ini.

Tetapi sayangnya kegiatan belanja secara online ini dimana kamu tidak bisa mendatangi tokonya secara langsung sehingga membuat banyak orang akan lebih mudah untuk terkena penipuan. Kegiatan berbelanja secara online ini juga akan menjadi momok bagi sebagian orang yang takut atau bahkan trauma. Ada banyak cara yang bisa dilakukan supaya tidak tertipu ketika sedang belanja online, salah satu caranya adalah dengan mengunjungi toko online yang terpercaya.

Lalu bagaimana cara untuk bisa mengetahui sebuah toko online itu palsu atau tidak? Berikut dibawah ini cara mudah mengenali toko online palsu diantaranya yaitu :

  1. Off Comment

Ketika kamu menemukan adanya toko online yang tidak memiliki komentar atau mematikan kolom komentarnya, kamu wajib untuk mencurigainya. Tujuan toko online mematikan kolom komentarnya di media sosial pastinya saja supaya para korban tidak bisa membeberkan penipuan yang dialaminya. Dari komentar yang ada, kamu harus meneliti dengan benar bahasa yang digunakan oleh para pelanggan. Adanya komentar yang sangat memuji muji, hingga tidak ada yang kecewa, ataupun yang merasa biasa biasa saja. Jika sebuah toko online disukai oleh banyak pelanggan maka pastinya akan ada banyak yang memberikan komentar.

  1. Testimoni Dan Bukti Transfer

Adanya testimoni berupa bukti transfer dari pelanggan bisa dijadikan sebagai patokan reputasi dari sebuah toko online. Untuk bukti transfernya sendiri, pihak toko online yang palsu akan mensensor rekening miliknya. Hal tersebut dilakukannya karena kemungkinannya mereka takut jika penipuan yang telah dilakukannya bisa tercium oleh pihak yang berwajib.

  1. Tag Foto

Kemungkinan besarnya pelanggan yang pernah membeli sebuah produk akan menggungah foto penggunaan barang di Instagram. Para pelanggan tersebut akan mencantumkan tag akun toko online yang telah terbukti keabsahannya. Jika adanya sebuah toko online yang tidak memiliki tag foto, kamu wajib untuk mencurigainya.

  1. Menawarkan Harga Yang Sangat Murah

Toko online yang abal abal atau palsu biasanya akan menawarkan barang dengan harga yang lebih murah dari harga pasaran. Mendapat tawaran produk berharga lebih murah memang sangat menggiurkan tetapi sebaiknya kamu tidak langsung mempercayainya.

  1. Tidak Bersedia COD Atau Cash On Delivery

Toko online palsu biasanya tidak memiliki produk sendiri atau produk mereka memang palsu atau rusak, sehingga mereka tidak berani untuk melakukan COD. Selain itu juga untuk menindaklanjuti kasus penipuan online tersebut, adanya beberapa metode yang bisa kamu lakukan. Salah satu metodenya adalah dengan melaporkan si penipu, baik itu berdasarkan akunnya ataupun rekening yang digunakannya.

Ketika kamu menemukan adanya toko online palsu, maka lakukan 2 cara dibawah ini :

  1. Melaporkannya Ke Situs Lapor go.id

Seperti namanya Situs Lapor go.id ini merupakan singkatan dari Layanan Apirasi Pengaduan Online Rakyat.

  1. Melaporkan Rekening Pelaku Ke Situs Cekrekening.id

Atau kamu juga bisa melaporkannya ke Cekrekening.id yang merupakan layanan resmi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Sharkoon Resmi Luncurkan Casing PC RGB LIT 100 dan RGB LIT 200

Next Post

Menunggu Realme Buds Air Datang ke Tanah Air Setelah Terjual 11 ribu Unit di India

Related Posts
Total
0
Share