Connect with us

Berita

Huawei Jawab Tantangan Industri Game Mobile dengan GPU Turbo

Published

on

Trenteknologi.com – Ketika turbocharger mobil menginspirasi vendor smartphone, itulah awal kelahiran GPU Turbo. Huawei merilis teknologi ini beberapa waktu lalu, bersamaan dengan update EMUI, antarmuka smartphone buatan Huawei.  

GPU Turbo adalah teknologi pemrosesan grafis yang akan mendongkrak kemampuan smartphone dalam memproses aplikasi dengan grafis intensif, seperti game, dan pada saat yang sama menghemat daya. GPU Turbo akan membuat pengguna menikmati performa game yang telah ditingkatkan, tanpa perlu meng-upgrade smartphone mereka.

GPU Turbo adalah jawaban Huawei terhadap tantangan yang ada di industri yakni GPU yang sulit memenuhi permintaan aplikasi dengan grafis intensif, seperti game dan virtual reality (VR). Pendekatan Huawei adalah mengatur ulang bagaimana grafis diproses di level sistem.

Idenya terinspirasi dari turbocharger pada sebuah mobil, yakni sebuah silinder yang akan memasok udara dalam sistem pembakaran (combustion) di mesin mobil. Turbocharger membuat kendaraan punya tenaga dorongan ekstra tanpa tambahan bahan bakar.

Lantas, bagaimana caranya GPU Turbo bekerja? Jadi, GPU Turbo dapat mengakselerasi kinerja dengan cara mengoptimalisasi cara sistem mengutilisasi sumber daya software dan hardware yang ada. Saat GPU Turbo diinstal, efisiensi pemrosesan grafis ditingkatkan sampai 60 persen, sedangkan komsumsi daya SoC secara keseluruhan dihemat sampai 30 persen. Peningkatan tadi sangat bermanfaat, sebab biasanya operasi yang membutuhkan pengolah grafis tinggi akan banyak menyedot daya baterai.

BACA JUGA :  Huawei FreeLace Resmi Dirilis di Indonesia, Evolusi Earphone Nirkabel

“Performa grafis sangat penting bagi smartphone, sebab perangkat ini dipakai untuk menjalankan berbagai aplikasi, khususnya game. Sebab perkembangan di industri mobile game juga sangat pesat, makin banyak pengguna yang memainkan game yang sangat membutuhkan kinerja grafis tingkat tinggi,” kata Lo Khing Seng, Deputy Country Director Huawei Device Indonesia.

Peningkatan yang terjadi ini baru akan terasa kalau pengguna memainkan game yang cukup intensif. GPU Turbo akan langsung bereaksi ketika pengguna memainkan game macam PUBG mobile dan game MOBA (multiplayer online battle arena) yang sangat popular akhir-akhir ini. Itulah yang dinikmati oleh gamer populer Tobias Julian, yang akrab dipanggil Jess No Limit, saat memainkan Mobile Legend dengan smartphone terbaru Huawei nova 3i yang sudah mendukung GPU Turbo.

Huawei nova 3i adalah smartphone stylish yang sudah dibekali pula dengan fitur uninterrupted gaming dan game acceleration untuk menikmati game yang lebih lancar dan tanpa gangguan. Ditambah kapasitas storage sebesar 128 GB, cukup luas untuk menyimpan game-game bervolume data besar macam PUBG dan Mobile Legend.

Sektor mesin nova 3i memakai chipset Kirin 710 yang menghadirkan keseimbangan antara performa dan konsumsi daya sehingga untuk bermain game tetap cepat dan stabil. Itu berkat paduan 4 x Cortex A73 ditambah 4 x Cortex A53 Big. Dibandingkan pendahulunya, Kirin 659, chipset ini sudah mengalami peningkatan performa single-core sampai 75% dan performa multi-core sampai 68%. Kirin 710 juga mengintegrasikan GPU MaliG51 untuk mendongkrak performa sampai 130% dan menggandakan penghematan daya.

BACA JUGA :  Huawei Y7 Pro, Smartphone Dengan Performa Tinggi Akan Masuk Indonesia Bulan Ini !

Dikombinasikan lagi dengan GPU Turbo, jelas performa nova 3i tiada tanding di kelasnya. Lantas bagaimana pengalaman Jess No Limit memainkan Mobile Legend di layar nova 3i? “GPU Turbo ini terasa ok banget untuk memainkan Mobile Legend, lancar, dan baterainya pun lebih hemat,” katanya menyimpulkan.

Kehadiran GPU Turbo bak angin segar di tengah perkembangan industri mobile game Tanah Air. Dipicu oleh makin tinggi penetrasi smartphone di Indonesia, yang bakal mencapai 92 juta pada tahun depan menurut eMarketer. Saat ini, Indonesia adalah pasar smartphone terbesar ketiga di Asia Pasifik, setelah China dan India.

Menurut data, Indonesia memiliki 30,7 juta gamer aktif dan setengahnya juga bermain mobile game dengan pertumbuhan penetrasi pengguna, menurut Statista.com[1], yaitu sebesar 17,7 persen pada 2018. Average Revenue per User (ARPU) saat ini mencapai US$10,67 juta. Statista.com mencatat revenue di mobile game akan mencapai US$504 juta pada 2018 dengan pertumbuhan 15,8 persen year-on-year, sehingga pada 2022 volume market akan mencapai US$907 juta.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

Resmi ! Vivo V17 Pro dengan Dual Pop-Up Selfie Camera Pertama di Indonesia

Published

on

Trenteknologi.com – Vivo Indonesia akhirnya resmi menghadirkan Vivo V17 Pro yang merupakan smartphone dengan total 6 kamera ke Indonesia. Vivo V17 Pro juga hadir sebagai smartphone dengan kamera Dual Pop-Up Selfie pertama di Indonesia dengan tagline “Wider Selfie, Clearer Night” yang juga hadir dengan banyak sekali rangkaian dukungan fitur premium seperti 48MP AI Quad Camera, 32MP Dual Pop-Up Selfie, 6.44″ FHD+ Ultimate All Screen serta kapasitas memori 8GB RAM + 128GB penyimpanan internal yang dijamin akan memberikan kemudahan untuk mobilitas tinggi dengan produktivitas yang maksimal.

“Kami senang hari ini secara resmi meluncurkan Vivo V17 Pro kepada konsumen Indonesia. Dukungan dari konsumen pada produk-produk Vivo menjadi pemicu kami untuk terus berinovasi dalam menghadirkan fitur-fitur terbaik dan terkini”, ujar Edy Kusuma, Senior Brand Director PT Vivo Mobile Indonesia.

Pengalaman Fotografi yang Sempurna dengan AI Quad Camera

Dengan bekal inovasi teknologi kamera terkini, Vivo V17 Pro menjadi yang pertama di Indonesia dengan membawa teknologi kamera Dual Pop-Up Selfie dengan resolusi besar 32MP sebagai kamera selfie utama dan 8MP Super Wide-Angle yang dapat membuat sudut pandang foto selfie lebih lebar sebesar 105 derajat.

Fitur lain yang disematkan pada kamera Dual Pop-Up Selfie tersebut juga telah dilengkapi dengan Selfie Soft Light yang membuat hasil foto memiliki fokus yang sempurna. Selain itu terdapat juga fitur Super Night Selfie yang berguna untuk menghasilkan foto yang baik dalam kondisi minim cahaya. Fitur Quad-Bayer juga telah disematkan pada kamera selfie Vivo V17 Pro yang berguna untuk mengurangi noise saat malam hari dengan gabungan filter warna yang unik.

BACA JUGA :  Nova Terbaru dari Huawei, Inikah Pakar Selfie Sesungguhnya?

Lalu untuk kamera belakangnya, Vivo V17 Pro telah dibekali dengan teknologi AI Quad Camera yang terdiri dari 48MP AI Rear Camera dengan aperture F/1.8, 8MP Super Wide-Angle. Lalu telah dibekali juga dengan 2MP Depth Camera yang dapat menghasilkan foto bokeh dan juga 2MP Super Macro Camera untuk menangkap foto dengan objek yang kecil. Tidak hanya terdapat pada kamera depannya, kamera belakang Vivo V17 Pro juga dapat menghasilkan foto yang berkualitas pada saat malam hari dengan kondisi cahaya minim, karena adanya fitur Super Night Mode.

Desain Elegan dengan Layar Ultimate All Screen

Dari sektor desain, Vivo V17 Pro telah dibekali dengan layar Full Screen tanpa “notch” yang disebut dengan Ultimate All Screen dengan bezel yang sangat tipis di semua sisinya. Untuk memberikan tampilan layar yang baik, Vivo membekali layar ponselnya tersebut dengan layar Super AMOLED berukuran 6.44″ FHD+ dengan aspek rasio 20:9 dengan rasio layar ke bodi sebesar 91.65%. Layar pada ponsel Vivo ini juga telah lulus sertifikasi TUV Rheiland yang menandakan bahwa dapat melindungi mata dari kelelahan pada saat melihat layar. Dan guna memberikan perlindungan untuk mata pengguna, ponsel Vivo ini juga telah menggunakan teknologi Eliminasi Strobo.

Fitur andalan Vivo juga dihadirkan untuk Vivo V17 Pro ini yaitu adanya fitur Screen Touch ID yang semakin atraktif dengan visualisasi terbaru dari Vivo. Fitur Screen Touch ID pada ponsel terbaru Vivo ini dapat menghasilkan hanya 0,5 detik saja untuk membuka lock screen.

BACA JUGA :  Huawei FreeLace Resmi Dirilis di Indonesia, Evolusi Earphone Nirkabel

Lalu untuk pilihan warna, Vivo V17 Pro hadir dengan 2 pilihan warna yaitu Silk White dan Satin Black dengan casing kaca yang dilapisi dengan polycarbonate yang semakin menghasilkan desain sebuah ponsel yang elegan.

Tidak Hanya Andalkan Kamera, Tapi Juga Memiliki Performa Maksimal

Vivo V17 Pro diciptakan tidak hanya mengandalkan kamera saja, namun juga dibekali dengan dapur pacu yang mumpuni untuk menghasilkan performa yang maksimal. Vivo V17 Pro telah dibekali dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 675 AIE octa-core dan 8GB RAM serta 128GB penyimpanan internal yang dapat menghasilkan kelancaran multi-tasking yang baik.

Dengan dukungan dapur pacu tersebut, bagi pengguna yang gemar bermain game akan merasakan pengalaman bermain game dengan performa maksimal. Dan jika pengguna ingin lebih merasakan pengalaman bermain game yang lebih baik, Vivo V17 Pro juga telah dilengkapi dengan fitur Vivo Multi Turbo yang dapat meningkatkan performa ponsel ini sehingga dapat mengurangi lagging hingga 78%.

Terdapat beberapa fitur lain pada Vivo Multi Turbo ini antara lain, Center Turbo yang berguna untuk mengurangi kinerja yang kurang lancar hingga 200%, Turbo Net yang berfungsi untuk mengoptimalkan koneksi internet agar tetap stabil, AI Turbo yang dapat mengalokasikan sumber daya agar lebih efektif untuk memastikan aplikasi dapat berjalan lebih cepat, Cooling Turbo yang dapat memberikan efek pendinginan yang lebih cepat dan Game Turbo yang akan memberikan pengalaman bermain game tanpa lagging.

Funtouch OS 9 dan Baterai Besar dengan Fitur Dual Engine Fast Charging

BACA JUGA :  Huawei Y7 Pro, Smartphone Dengan Performa Tinggi Akan Masuk Indonesia Bulan Ini !

Pada sektor perangkat lunak, Vivo V17 Pro telah menggunakan Funtoch OS 9 berbasis Android 9.0 yang merupakan OS terbaru saat ini. Dengan OS terbaru tersebut, Vivo menawarkan pengaturan daya yang lebih baik dibandingkan dengan versi sebelumnya yang dapat dibuktikan dengan penggunaan kapasitas baterai yang lebih irit.

Ponsel Vivo ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 4100mAh dengan fitur Dual Engine Fast Charging yang dapat memudahkan pengguna untuk mengisi daya baterai dalam waktu yang singkat, dengan dukungan konektor USB Type-C. Dan untuk memberikan perlindungan lebih pada saat pengisian daya baterai, Vivo V17 Pro telah dilapisi sembilan lapis pelindung pada baterainya.

Harga VIvo V17 Pro

Dengan berbagai keunggulan yang telah disebutkan diatas, Vivo V17 Pro dijual dengan harga yang terbilang cukup setimpal dengan berbagai fitur yang diberikan. Harga Vivo V17 Pro dibandrol Rp. 5.699.000 melalui sistem Pre-Order dengan bundling paket XLSP Platinum selama periode 23-30 September 2019 dan diskon hingga 90%.

Vivo Indonesia juga bekerja sama dengan berbagai partner dengan mengadakan program Trade-In Vivo V17 Pro selama periode 23-30 September 2019 yang dapat dilakukan di 22 Vivo Offline Store, JD.ID, Laku6 dan website Vivosmartphone.id

Bagi konsumen yang mengikuti program Trade In Vivo V17 Pro ini juga akan mendapatkan benefit lainnya seperti hadiah senilai Rp. 500.000, asuransi senilai Rp. 149.000 dan Exclusive Vivo Backpack serta kartu perdana XL Prepaid 12GB.

 

Continue Reading

Berita

Realme 5 & Realme 5 Pro Sudah Mulai dijual Secara Online & Offline, Menangkan juga Hadiahnya !

Published

on

Trenteknologi.com – Setelah diluncurkan beberapa hari lalu, tidak butuh waktu lama untuk mengetahui peminat produk ponsel dari Realme di Indonesia. Pada penjualan perdananya di Lazada, realme 5 Pro langsung terjual habis sebanyak 5.000 unit dalam waktu tiga menit saja. Hal tersebut tidak heran sepertinya dikarenakan Realme pada produk terbarunya ini membawa fitur Quad Camera pada Realme 5 dan Realme 5 Pro, yang menjadi sebuah inovasi baru untuk standar baru ke pasar ponsel di Indonesia.

Namun bagi kalian yang kemarin kurang beruntung mendapatkan Realme 5 ataupun Realme 5 Pro pada saat penjualan perdananya di Lazada, tidak perlu khawatir karena pada tanggal 21 September 2019 baik realme 5 Pro maupun realme 5 sudah mulai tersedia untuk dibeli secara online maupun offline. Ditambah, realme juga  akan menyelenggarakan sebuah kompetisi fotografi secara global yang akan diselenggarakan hingga 1 Januari 2020.

Kompetisi yang akan diselenggarakan oleh Realme bernama Shot On realme tersebut merupakan ajang bagi para pengguna realme untuk menunjukkan kehebatan skill fotografi, tentunya dengan menggunakan gadget Realme. Dan bagi para pemenangnya nanti, akan tersedia hadiah total jutaan rupiah yang bisa didapatkan untuk para pemenang terpilih.

Oleh karena itu ada baiknya jika kita mengenal lebih dekat apa saja kelebihan dari Realme 5 dan Realme 5 Pro yang sangat berguna bagi kalian yang ingin mendapatkan hasil foto yang kreatif dan berkualitas untuk diikutkan dalam kompetisi Shot on Realme.

BACA JUGA :  Nova Terbaru dari Huawei, Inikah Pakar Selfie Sesungguhnya?

Salah satu dari segudang fitur yang ditawarkan di kedua ponsel itu adalah keberadaan Quad Camera. Quad Camera merupakan teknologi yang menghadirkan kamera dengan susunan kamera lensa lebar, kamera utama, kamera dengan lensa portrait, dan juga kamera dengan lensa makro. Keempatnya akan bersinergi untuk selalu bisa memberikan hasil foto terbaik di setiap momen.

Lensa Wide-Angle
Kamera lensa lebarnya memiliki luasan hingga 119 derajat. Ukuran yang sangat cukup untuk bisa menangkap keindahan dari adegan-adegan seperti pemandangan, gedung-gedung bertingkat, hingga untuk keperluan foto bersama dalam jumlah orang yang banyak.

Lensa Utama 48MP dengan sensor Sony IMX586

Kamera utamanya juga tidak main-main. realme percaya bahwa semakin besar bukaan lensa maka akan semakin banyak jumlah cahaya yang masuk untuk kamera. Sedangkan cahaya adalah jiwa dari sebuah kamera. Maka itu baik realme 5 dan 5 Pro menghadirkan kamera utama dengan ukuran aperture besar juga ukuran satuan piksel yang lebih besar. Usaha ini akan memungkinkan sensor untuk memberikan hasil foto terang meski diambil di lingkungan rendah cahaya.

Terlebih, khusus di realme 5 Pro, kamera utamanya memiliki resolusi sangat besar yaitu 48MP dengan sensor Sony IMX586. Jadi kamera ini bisa mengabadikan hasil bidikan tanpa menghilangkan detail yang ditangkap dengan mata. Sekaligus sangat andal saat menangkap foto di lingkungan rendah cahaya.

Lensa Potrait untuk Hasil Foto Bokeh

BACA JUGA :  Desain Huawei Mate 20 Series Dianggap Paling Revolusioner Saat Ini !

Berlanjut memenuhi permintaan hasil foto dalam mode bokeh yang lebih baik, kini disediakan lensa portrait. Lensa ini disediakan untuk membantu berikan kemampuan eksposur yang lebih tinggi untuk foto dan meningkatkan kontras antara terang dan gelap gambar.

Lensa Makro

Terakhir, menjadi tambahan manis adalah keberadaan kamera makro. Di rentang harga dua dan tiga jutaan pengguna sudah bisa menangkap detail-detail kecil di sekitar melalui kamera makro yang memang terdedikasi untuk adegan seperti itu.

Dengan empat kamera untuk menghadapi skenario berbeda dalam pemotretan, pengguna akan bisa lebih baik untuk berkreasi menghasilkan foto terbaik kapan pun. Bergabunglah dengan Shot On realme, dan bersiap menangkan hadiahnya.

Continue Reading

Berita

Realme Power Bank, Power Bank Berkapasitas 10.000 mAh dengan Pengisian Cepat Dua Arah

Published

on

Trenteknologi.com – Disaat yang bersamaan dengan peluncuran Realme 5 dan Realme 5 Pro, guna memperluas portofolio aksesorisnya Realme juga turut menghadirkan aksesoris terbarunya yaitu Realme Power Bank. Dengan tagline “Kecepatan Daya yang Sesungguhnya” dan untuk membuat hidup anak muda lebih menyenangkan dan lebih mudah, Realme Power Bank memiliki desain yang simpel namun elegan dengan tiga pilihan warna yaitu kuning, merah dan abu-abu. Dan juga ada tombol power di paling kanan serta empat LED yang berfungsi sebagai indikator level baterai.

 

Realme Power Bank memiliki dua port – port USB Type-C dan port USB A. Untuk Port Type-C berfungsi ganda yaitu sebagai port input dan output. Lalu kedua port tersebut juga telah mendukung pengisian cepat dua arah 18W, yang berarti Anda juga dapat mengisi daya Power Bank tersebut dengan cepat. Realme juga mengklaim bahwa Realme Power Bank ini dapat mengisi baterai iPhone XS Max dari kondisi 0% hingga 100% dalam waktu 56 menit saja.

Realme Power Bank memiliki baterai lithium berkapasitas 10000mAh yang diklaim Realme dapat mengisi daya Realme 5 Pro sebanyak 1,73 kali, Realme X sebanyak 1,86 kali dan iPhone XS sebanyak 2,3 kali. Realme bahkan juga mengklaim bahwa Realme Power Bank ini dapat mengisi daya laptop dan juga perangkat lainnya yang berdaya rendah secara bersamaan. Dari segi keamanan, Power bank ini juga telah dibekali dengan 12 perlindungan berbeda demi keamanan pengguna.

BACA JUGA :  Resmi Dirilis di Indonesia, Ini Dia Kelebihan HarmonyOS buatan Huawei

Realme Power Bank ini akan dijual dengan harga Rp. 349.000 dan akan mulai tersedia mulai Oktober 2019 di seluruh Indonesia melalui Store Realme online ataupun offline.

 

 

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5