Connect with us

Brand

Review Earphone: Plantronics BackBeat Fit 305

Published

on

Trenteknologi.com – Plantronics BackBeat Fit 305 adalah sebuah earphone yang dirancang khusus para pecinta olahraga, dengan desain yang sporty dan bobot yang sangat ringan, Anda akan merasakan pengalaman olahraga yang berbeda dengan earphone ini. Earphone ini diklaim memiliki banyak sekali keunggulan, seperti earphone paling ringan saat ini, baterai yang tahan hingga 6 jam, noise cancelation, sweet proof dan masih banyak lagi.

Dan kali ini Trenteknologi.com berkesempatan untuk mencoba serta membuktikannya secara langsung earphone besutan dari Plantronics ini, penasaran seperti apa hasilnya ? berikut ulasan selengkapnya.

Spesifikasi Plantronics BackBeat Fit 305

PRICE Rp. 1.199.000,-
COLOR Dark Blue, Black, Lime Green dan Coral
BLUETOOTH Bluetooth 4.1, HFP 1.6, HSP 1.2, A2DP v1.2, AVRCP v1.4
LISTEN TIME Up to 6 hours
TALK TIME Up to 6 hours
STANDBY TIME Up to 10 days —automatically goes into standby after 90 minutes of being idle
DEEP SLEEP Up to 6 months
SPEAKER DRIVER SIZE 6 mm
FREQUENCY RESPONSE 20 Hz – 20 kHz
SENSITIVY 106 dBSPL @ 1 kHz, max volume
IMPEDANCE 16 ohm
HARMONIC DISTORTION <3%
PASSIVE NOISE CANCELATION Yes
WEIGHT 14 grams/.03 lbs
WATER PROTECTION Sweatproof rated, IPx5 rated
RANGE Up to 33 ft/10 m
AUDIO CODEC CVSD, mSBC, SBC
TIME TO CHARGE Less than 2 hours
NUMBER OF MICS Single wideband-enabled mic
MULTI-POINT Yes; two devices

Paket Penjualan BackBeat Fit 305

Paket Penjualan BackBeat Fit 305

  • Storage Pouch
  • Eartips Size S, M, L
  • Micro USB Cable
  • User Instructions

Desain dan Fitur BackBeat Fit 305 : Sporty dan Fungsional

Pertama kali yang menjadi perhatian kami adalah desain dari Plantronics BackBeat Fit 305. Earphone ini memiliki desain yang sangat simple, namun tetap memiliki desain khas Earphone Sport yang menawarkan berbagai pilihan warna sporty yaitu Dark Blue, Black, Lime Green dan Coral.

BackBeat Fit 305 memiliki driver yang masing-masing berukuran 6mm dengan kabel yang kuat karena telah dibalut dengan bahan bermaterial kain. Pada saat Kami gunakan untuk berbagai aktivitas, Earphone ini terbilang sangat ringan dengan bobotnya yang hanya 14 gram dan diklaim sebagai Earphone Sport teringan saat ini.

BackBeat Fit 305 ini juga telah dilengkapi dengan Inline Control yang memiliki berbagai fungsi seperti Bluetooth 4.1, Tombol Power, Tombol Volume, Mic berkualitas HD yang berfungsi untuk menerima telepon dan sebagai Wireless Earphone tentu saja baterai yang dapat bertahan hingga 6 jam dalam satu kali pengisian daya benar Kami rasakan.

Inline Control BackBeat Fit 305

Namun untuk ukuran dari Inline Control ini menurut Kami terbilang cukup besar, karena cukup menganggu pada saat digunakan untuk aktivitas yang membutuhkan banyak gerakan. Tetapi terdapat hal positif dari Inline Control yang dimiliki oleh earphone ini, Kami merasa cukup mudah untuk menggunakan tombol-tombol terutama untuk tombol volume, hanya saja butuh adaptasi. Karena banyak sekali yang mengeluhkan kesulitan untuk menggunakan tombol-tombol yang terletak di Inline Control dikarenakan ukuran tombol volume yang terlalu kecil, namun Kami tidak merasakan hal tersebut.

Cord Stability Clip pada Eartips BackBeat Fit 305

Salah satu yang menarik dari earphone ini menurut Kami adalah desain dari Cord Stability Clip pada Eartips BackBeat Fit 305 ini. Fungsi dari Cord Stability Clip ini sangat Kami rasakan kegunaannya terutama pada saat digunakan untuk berbagai aktivitas yang butuh banyak gerakan seperti jogging ataupun bersepeda, dengan adanya Cord Stability Clip tersebut membuat earphone ini tidak mudah terlepas dari daun telinga kita.

Eartips BackBeat Fit 305 Dengan Ukuran S, M dan L

Dalam paket penjualan, Plantronics memberikan beberapa ukuran Eartips yang dapat disesuaikan dengan ukuran telinga Kita, terdapat 3 ukuran berbeda yaitu S, M dan L.

BACA JUGA :  Kiat Sempurnakan Foto di Instagram dengan 64MP Realme XT

Dan yang juga cukup fungsional dari desain earphone ini adalah terdapat sebuah cable clip yang telah terpasang pada kabel.

Cable Clip pada BackBeat Fit 305

Cable clip pada BackBeat Fit 305 ini berguna untuk menjepitkan earphone di leher baju sehingga Anda tidak perlu khawatir earphone ini akan terlepas dan jatuh.

Performa Suara BackBeat Fit 305 : Berkualitas dan Sangat Detail

Walaupun BackBeat Fit 305 ini merupakan produk earphone yang ditujukan untuk para penggemar olahraga, namun Plantronics tetap memikirkan kualitas audio pada produknya ini. Dan menurut Kami karakter suara yang dimiliki oleh earphone ini sangat memuaskan, Kami membuktikannya dengan cara mendengarkan musik menggunakan format file FLAC dari beberapa genre untuk menguji Low, Mid dan High pada earphone ini.

Pertama kali Kami mencobanya untuk mendengarkan musik dengan frekuensi Low. Sepertinya khusus untuk genre musik EDM (Electronic Dance Music) bass yang dihasilkan earphone ini dirasa kurang bertenaga, sehingga bagi para pecinta musik EDM sepertinya kurang cocok menggunakan earphone besutan Plantronics ini. Namun untuk musik genre seperti Jazz, Funk, Reggae ataupun Pop, Kami sangat menyukai karakter suara yang dihasilkan karena sangat detail dan seimbang dengan suara Vocal, Bass dan Treble yang tidak terlalu berlebihan. Kualitas suara yang detail tersebut dikarenakan earphone ini telah dibekali dengan fitur Noise Cancelation, sehingga dapat memblokir gangguan Noise yang berasal dari sekitar.

BACA JUGA :  Lenovo dan NetApp Bekerjasama untuk Transformasi Digital Pelanggan

 

Lalu untuk melakukan uji coba frekuensi Mid pada earphone ini, Kami melalukannya dengan mendengarkan musik penyanyi Solo. Hasilnya suara vocal dari penyanyi tersebut terbilang cukup memuaskan di telingan Kami, walaupun terdengar masih kurang bertenaga.

Dan yang terakhir Kami mencoba mendengarkan musik bergenre Rock, Metal hingga Black Metal untuk uji coba pada frekuensi High. Yang hasilnya adalah kenyamanan sangat terasa pada earphone ini walaupun mendengarkan musik Rock, Metal hingga Black Metal dengan distorsi gitar yang menonjol dengan volume maksimal. Karena biasanya Kami menggunakan earphone lain, cukup terganggu dengan suara noise yang dihasilkan oleh distorsi gitar, bahkan tidak sampai 1 jam sudah cukup merasa pusing. Namun pada saat menggunakan BackBeat Fit 305 ini, mendengarkan musik Rock, Metal hingga Black Metal selama seharian sampai baterai habis, telinga Kami tetap merasa nyaman.

Kesimpulan

Plantronics BackBeat Fit 305 memang diciptakan dengan mengedepankan kenyamanan. Namun kenyamanan tidak hanya pada saat terpasang di telinga, namun juga kenyamanan dari sisi performa suara karena performa suara yang dihasilkan sangat detail dan seimbang. Fitur Noise Cancelation yang terdapat pada earphone ini pun bekerja dengan baik, terutama pada saat mendengarkan frekuensi High. Dan sebagai earphone sport, BackBeat Fit 305 ini juga telah mengantongi sertifikat IPX5 sehingga membuat earphone ini tahan terhadap air keringat.

Plantronics BackBeat Fit 305 dibandrol dengan harga Rp. 1.999.000, harga yang masih terbilang setimpal untuk earphone dengan kenyamanan dan performa suara yang luar biasa. Earphone besutan dari Plantronics ini mungkin bisa menjadi salah satu pilihan earphone yang sangat cocok untuk Ada yang gemar melakukan olahraga sambil mendengarkan musik.

Kelebihan BackBeat Fit 305

  • Performa suara pada frekuensi Low, Mid, High jernih dan detail.
  • Desain Cord Stability Clip pada Eartips sangat membantu, agar tidak mudah terlepas dari telinga.
  • Terdapat 3 Eartips dengan ukuran berbeda yaitu S,M dan L yang dapat disesuaikan dengan telinga pengguna.
  • Bluetooth 4.1 yang dapat terhubung ke 2 perangkat sekaligus.
  • Bobot ringan hanya 14 gram.

Kekurangan BackBeat Fit 305

  • Kualitas Low (Bass) khusus pada musik EDM dan sejenisnya kurang bertenaga.
  • Inline Control terlalu besar sehingga cukup menganggu pada saat melakukan aktivitas yang banyak gerakan atau guncangan.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement