Connect with us

Uncategorized

IxoTransport.com, Luncurkan Paket Liburan Menarik ke Museum dan Rental Mobil Solo

Published

on

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, museum adalah sebuah bangunan untuk memamerkan secara tetap benda-benda yang patut mendapatkan perhatian umum. Yang dimaksud benda yang patut mendapatkan perhatian umum adalah peninggalan dalam bidang sejarah, seni, dan ilmu. Khalayak umum menilai museum adalah tempat menyimpan barang-barang kuno dengan nilai sejarah tinggi.

Dari sekian banyak macam jenis wisata, wisata museum adalah salah satu yang populer. Keuntungan mengunjungi museum ada banyak terutama mendapatkan pengetahuan baru. Museum bukan hanya sekadar arena menikmati benda koleksi tetapi juga sebagai tempat menggelar hal-hal yang bersifat informatif, edukatif, kreatif, kompetitif, inovatif, dan rekreatif.

Museum di Surakarta cukup banyak dan sudah mempunyai nama baik secara nasional maupun internasional. Museum di kota tersebut sebagian besar memamerkan benda-benda peninggalan budaya.

Berikut ini tiga museum yang cukup diminati wisatawan Kota Solo. Untuk mengunjungi museum ini, manfaatkan jasa rental mobil Solo murah iXoTransport.

 

Museum Bersejarah di Kota Solo

  1. Monumen Pers Nasional

Monumen Pers Nasional diadakan setelah melalui rangkaian penggodokan wacana oleh tokoh-tokoh di bidang jurnalistik Indonesia. Sekitar tahun 1940-an, tepatnya tanggal 9 Februari 1941, tokoh-tokoh di bidang pers mengadakan konferensi. Beberapa nama tokoh terkemuka tersebut adalah B. M. Diah, Soemanang, dan Soedarjo Tjokrosisworo.

Kongres pers tersebut diadakan di Gedung Societeit Sasono Suko Mangkunegaran. Pada hari itu, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) berdiri. Tanggal itu pun ditetapkan sebagai Hari Pers Nasional.

Monumen Pers itu sendiri didirikan pada tanggal 9 Februari 1978. Presiden kedua RI, Soeharto, meresmikan museum yang berada di bawah kepengurusan Yayasan Pengelolaan Sarana Pers ini.

Saat ini, museum tersebut menyimpan sejumlah dokumen-dokumen, arsip, dan peninggalan terkait dunia jurnalistik Indonesia. Benda-benda tersebut di antaranya majalah, koran, kamera, foto, seragam kerja jurnalis, mesin ketik, dan dokumentasi foto.

IxoTransport menyediakan paket keliling Kota Solo dengan harga terjangkau. Sewa rental mobil di Solo murah di ixotransport.com.

  1. Museum Batik Danar Hadi

PT Batik Danar Hadi meresmikan Museum Batik Danar Hadi tahun 2008. Nama lain museum ini adalah House of Danar Hadi. Museum ini menempati bekas kediaman KRMTA Wuryaningrat di Jalan Slamet Riyadi No. 261 Surakarta.

Kediaman milik KRMTA Wuryaningrat itu dibeli oleh perusahaan Danar Hadi pada tahun 1999. Untuk kebutuhan Danar Hadi, rumah itu direnovasi dan kemudian dijadikan ruang serba guna. Seiring berjalannya waktu, bangunan tersebut dijadikan museum batik. Koleksi yang dipamerkan di antaranya adalah Batik Nusantara, Batik Cina, Batik Kraton, Batik Belanda, Batik Hokokai, dan Batik Sudagaran.

Destinasi wisata ke Museum Danar Hadi bisa dijangkau dengan mudah karena berada di tengah kota. Hubungi ixoTransport, jasa sewa mobil Solo murah untuk mendapatkan paket wisata museum terbaik.

  1. Museum Radyapustaka

Pada tanggal 28 Oktober 1890, Kanjeng Adipati Sosrodiningrat IV meresmikan pembangunan Museum Radyapustaka. Museum ini disebut sebagai museum tertua di Indonesia. Museum dibuka setiap Selasa hingga Minggu dari pukul 08.30 hingga pukul 13.00 WIB.

Radyapustaka adalah tempat menyimpan surat-surat kerajaan Kasunanan Surakarta, arsip-arsip Belanda, dan arsip-arsip kesusastraan Jawa Kuno. Museum ini juga menyimpan kerajinan keramik, arca, miniatur bangunan bersejarah, benda pusaka, baju, dan lukisan. Para petinggi kraton menyumbangkan koleksi-koleksi mereka untuk museum ini.

Koleksi-koleksi tersebut disimpan di 11 ruangan. Ruangan tersebut disebut Ruang Keramik, Ruang Perunggu, Ruang Memorial, Ruang Numismatika, Ruang Ethnografika, Ruang Rajamala, Ruang Wayang, Ruang Tosan Aji, Ruang Perpustakaan, Ruang Arca Batu, dan Ruang Miniatur.

Sewa mobil Solo ixoTransport menyediakan paket wisata jalan-jalan ke museum dengan harga terjangkau. Nikmati kemudahan menyewa mobil di ixotransport.com.

IxoTransport, sahabat transportasi Anda menikmati Kota Solo, menawarkan Paket Wisata ke Museum Pers, Museum Danar Hadi, dan Museum Radya Pustaka. Pemesanan sewa mobil di Solo murah dapat menghubungi nomor WhatsApp 085778910777

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jooble.id

Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Advertisement

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5