Jenius Jadi Pionir dan Berkontribusi dalam Transformasi Perkembangan Digital Banking di Indonesia

Salah satu pelopor dalam perbankan digital adalah Jenius, yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam mengubah lanskap perbankan di Indonesia. Jenius diluncurkan pada tahun 2016 oleh Bank BTPN, Jenius telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengubah cara masyarakat mengelola keuangan mereka.

Trenteknologi.com – Dalam beberapa dekade terakhir, dunia perbankan telah mengalami transformasi luar biasa berkat kemajuan teknologi. Perkembangan digital banking di Indonesia adalah salah satu gebrakan yang memengaruhi cara masyarakat mengelola keuangan mereka. Sektor perbankan yang awalnya didominasi oleh kantor cabang fisik kini telah meluas ke dalam ruang digital. Layanan perbankan sekarang dapat diakses dengan mudah melalui smartphone. Ini memudahkan masyarakat untuk membuka rekening, melakukan transaksi, membayar tagihan, mengelola investasi, dan mengakses layanan keuangan lainnya tanpa harus datang ke kantor bank.

Selain itu, digital banking telah memungkinkan inklusi keuangan yang lebih baik. Masyarakat yang sebelumnya sulit mengakses layanan perbankan kini dapat dengan mudah membuka rekening dan mengelola keuangan mereka melalui smartphone saja. Ini membawa manfaat besar bagi berbagai lapisan masyarakat, terutama di daerah yang sulit dijangkau oleh layanan perbankan konvensional.

Salah satu pelopor dalam perbankan digital adalah Jenius, yang telah memberikan kontribusi signifikan dalam mengubah lanskap perbankan di Indonesia. Jenius diluncurkan pada tahun 2016 oleh Bank BTPN, dan Jenius telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengubah cara masyarakat mengelola keuangan mereka.

Inovasi Perbankan Hadir dalam Berbagai Fitur di Aplikasi Jenius

Kemudahan Transaksi

Bank Jenius menawarkan serangkaian fitur yang revolusioner untuk kemudahan transaksi para nasabahnya. Beberapa fitur transaksi yang dapat digunakan oleh nasabah Jenius diantara adalah Send It yang memungkinkan nasabah untuk mentransfer uang dengan mudah melalui berbagai platform, baik melalui pesan teks, email, atau media sosial, memberikan kenyamanan dalam berbagi dana dengan teman dan keluarga.

Ada juga e-Wallet Center sebagai pusat pengelolaan dompet digital yang memungkinkan nasabah mengatur dan mengakses berbagai e-wallet dalam satu tempat. Fitur ini memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi tanpa perlu beralih antar-aplikasi.

Nasabah Jenius juga bisa menggunakan fitur Tagihan yang merupakan solusi terpadu untuk membayar tagihan secara langsung melalui aplikasi Jenius. Dengan fitur ini, nasabah dapat mengelola dan membayar tagihan rutin dengan mudah, menghindari keterlambatan pembayaran dan mengoptimalkan pengelolaan keuangan sehari-hari.

Selain itu terdapat fitur Jenius Pay dan Jenius QR membawa pengalaman bertransaksi menjadi lebih modern. Jenius Pay memungkinkan nasabah bertransaksi online tanpa perlu memasukkan informasi kartu debit, sedangkan Jenius QR menyederhanakan pembayaran dengan teknologi QR code, mempercepat proses transaksi dan memberikan keamanan tambahan.

BACA JUGA :  Hape Jelas MANTAPS realme C51s Turun Harga, Ini Spesifikasi Lengkapnya

Fitur lainnya yang dihadirkan oleh Jenius adalah fitur Pay Me memberikan fleksibilitas kepada nasabah untuk meminta pembayaran dengan mudah melalui aplikasi Jenius. Ini memudahkan dalam situasi pembagian biaya atau pembayaran tagihan bersama teman-teman.

Dan yang terakhir adalah fitur Split Bill memungkinkan nasabah untuk dengan mudah membagi biaya transaksi atau tagihan dengan teman-teman mereka. Ini membantu menghindari kerumitan dalam mengelola pembayaran kelompok dan memberikan kemudahan dalam merencanakan keuangan bersama.

Kemudahan Kelola Investasi

Jenius juga menyediakan fitur Wealth yang dirancang untuk memberikan pengalaman pengelolaan investasi yang lebih pintar dan mudah bagi para nasabahnya. Fitur Wealth ini menyediakan berbagai opsi investasi yang dapat disesuaikan dengan tujuan keuangan dan preferensi risiko masing-masing individu. Nasabah dapat dengan mudah mengelola investasi dengan menggunakan fitur seperti Dream Saver yang memungkinkan nasabah untuk dengan mudah menetapkan dan mencapai tujuan keuangan mereka dengan otomatis menyisihkan dana untuk impian masa depan. Lalu fitur Flexi Saver yang memberikan fleksibilitas tinggi, memungkinkan nasabah menambah atau mengambil dana kapan saja tanpa kendala, memberikan kebebasan penuh dalam pengelolaan keuangan sehari-hari.

Sementara itu ada juga fitur Maxi Saver yang menawarkan suku bunga yang menguntungkan, memberikan peluang untuk mendapatkan hasil maksimal dari investasi tanpa kehilangan akses fleksibel terhadap dana. Nasabah juga dapat meminjam dana dengan menggunakan fitur Flexi Cash yang memberikan solusi instan dengan memungkinkan nasabah mencairkan sebagian atau seluruh saldo Flexi Saver mereka untuk kebutuhan mendesak atau pembayaran langsung, memberikan akses cepat dan mudah terhadap dana tunai.

Jenius juga menyediakan fitur Mata Uang Asing, memungkinkan nasabah untuk mengonversi mata uang dengan mudah tanpa perlu repot-repot ke bank atau money changer. Dengan layanan ini, nasabah dapat melakukan transaksi mata uang asing dengan lebih efisien dan mengelola keuangan mereka dengan lebih cerdas, terutama dalam situasi perjalanan internasional atau bisnis lintas negara.

Kemudahan Pencatatan Keuangan

Dengan menjadi nasabah Jenius, nasabah juga dapat dengan mudah melihat aktivitas transaksi keuangan melalui aplikasi Jenius. Terdapat tiga fitur utama yang dapat nasabah Jenius gunakan untuk melihat pencatatan keuangan mereka, diantaranya adalah Moneytory sebagai fitur unggulan yang memberikan visibilitas menyeluruh terhadap pengeluaran dan pemasukan, memungkinkan nasabah untuk dengan cepat melihat dan menganalisis transaksi keuangan mereka. In & Out merupakan fitur yang mempermudah pencatatan transaksi dengan cara yang intuitif, memungkinkan nasabah mencatat secara rinci setiap pemasukan dan pengeluaran dengan mudah dan akurat.

BACA JUGA :  realme C65 Bakal Hadir di Indonesia pada 2 Mei 2024, dengan Jaminan 4 Tahun Tanpa Lag

Sementara itu, e-Statement adalah fitur yang memajukan cara tradisional menerima laporan bank. Melalui e-Statement, nasabah dapat mengakses laporan rekening mereka secara elektronik, meminimalkan penggunaan kertas, dan menyediakan akses instan ke informasi keuangan tanpa harus menunggu laporan cetak.

Bagaimana Keamanan Digital Banking dari Jenius?

Di era di mana layanan perbankan semakin terdigitalisasi, keamanan digital banking menjadi aspek kritis dalam menjaga kepercayaan nasabah dan melindungi informasi keuangan mereka. Bank Jenius, sebagai salah satu pelopor perbankan digital di Indonesia, memahami pentingnya keamanan dalam menyediakan layanan kepada nasabah.

Jenius memiliki tiga pilar utama yaitu simple, smart dan safe sehingga juga turut memprioritaskan keamanan nasabah dengan menerapkan teknologi tinggi berstandar internasional. Dalam menjaga integritas data nasabah, Jenius menggunakan teknologi keamanan dan enkripsi data terkini yang memenuhi standar internasional. Proses ini merupakan langkah kritis untuk memastikan bahwa informasi pribadi nasabah tetap terlindungi dengan baik.

Langkah kedua yang diterapkan oleh Jenius adalah isolasi dan perlindungan data berlapis. Saat nasabah diminta memasukkan PIN, password, CVV, dan OTP berulang kali, ini bukan sekadar rutinitas, melainkan upaya Jenius untuk memastikan bahwa hanya pemilik akun yang memiliki akses. Melalui langkah-langkah ini, Jenius berkomitmen untuk menjaga keamanan dan privasi Nasabah secara maksimal.

Selain itu, Jenius juga tunduk pada pengawasan ketat dari Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sebagai bagian dari Bank BTPN, Jenius senantiasa mentaati peraturan yang ditetapkan oleh regulator. Sebaliknya, regulator terus memantau setiap kegiatan finansial yang dilakukan oleh Jenius. Kerjasama ini menciptakan lapisan tambahan dalam memastikan bahwa keamanan layanan perbankan digital ini tetap terjaga.

Di samping upaya keamanan sistem, Jenius juga menyajikan sejumlah fitur keamanan di aplikasinya untuk memberikan perlindungan tambahan bagi nasabahnya, diantaranya adalah:

Limit Transaksi

Terdapat pengaturan limit transaksi yang dapat disesuaikan sesuai kebiasaan nasabah dalam bertransaksi. Hal ini memberikan kontrol penuh atas sejauh mana transaksi dapat dilakukan.

BACA JUGA :  Agate Raih Sertifikasi ISO/IEC 27001: 2022, Keamanan Data Jadi Fokus Utama

Pengaturan PIN

Nasabah dapat dengan mudah melakukan pengaturan PIN di setiap kartu debit memberikan kebebasan kepada nasabah untuk menggunakan PIN yang berbeda untuk setiap Kartu Debit Jenius, untuk meningkatkan tingkat keamanan.

Notifikasi Real-Time

Selanjutnya, terdapat pengaturan notifikasi menyeluruh yang dapat disesuaikan. Fitur ini memungkinkan nasabah untuk segera mendapatkan informasi jika terdapat transaksi atau aktivitas yang mencurigakan, sehingga tindakan cepat dapat diambil.

Blokir Kartu

Tidak hanya itu, Jenius juga memberikan kemudahan dalam melakukan pemblokiran dan pengaktifan kembali kartu debit secara langsung melalui aplikasi, memberikan fleksibilitas dan kontrol langsung kepada nasabah.

Jenius Pay

Terakhir, terdapat fitur Jenius Pay yang memudahkan nasabah untuk bertransaksi online tanpa perlu memasukkan informasi kartu debit di e-commerce dan marketplace, meminimalkan risiko keamanan selama berbelanja online.

Dengan kombinasi teknologi keamanan canggih dan fitur-fitur tersebut, Jenius membuktikan komitmen mereka untuk menjaga keamanan nasabah dalam setiap aspek layanan perbankan digital yang mereka tawarkan. Jenius juga menerima masukan dan ide-ide dari para nasabahnya untuk pengembangan fitur, layanan dan program terbaru Jenius melalui wadah bernama Jenius Co.Create. Selain itu para nasabah yang memiliki pertanyaan atau masalah juga dapat dengan mudah menghubungi layanan Jenius melalui telepon di 1500-365 atau melalui email di jenius-help@btpn.com.

Jenius Memberikan Dampak Positif bagi Masyarakat

Melalui inovasi-inovasinya, Jenius telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat Indonesia. Nasabah Jenius merasa lebih terlibat dalam pengelolaan keuangan mereka, memiliki lebih banyak kendali atas tabungan dan investasi, dan merasa lebih aman dalam bertransaksi secara digital.

Jenius telah berkontribusi dalam perkembangan digital banking di Indonesia yang membawa perubahan mendasar dalam cara masyarakat mengelola keuangan mereka. Jenius, sebagai pionir dalam perbankan digital, telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam memajukan perbankan di Indonesia. Dengan fitur-fitur inovatif, aplikasi yang mudah digunakan, edukasi keuangan, dan kolaborasi yang kuat, Jenius telah membantu masyarakat Indonesia untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan mereka. Dengan perkembangan teknologi yang terus berlanjut, masa depan perbankan digital di Indonesia terlihat semakin cerah.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Zoom Clips Membantu Pengguna yang Bekerja dengan Tim dalam Zona Waktu Berbeda

Next Post

Tencent Luncurkan Platform Komunitas Iklim TanLIVE Secara Global

Related Posts
Total
0
Share