Tencent Luncurkan Platform Komunitas Iklim TanLIVE Secara Global

Trenteknologi.com – Tencent resmi meluncurkan TanLIVE secara global, sebuah platform komunitas lingkungan, pada Konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang Perubahan Iklim (COP28) ke-28 mendatang.

Peluncuran ini akan dilakukan melalui kerja sama dengan koalisi Innovate for Climate Tech, kumpulan para pecinta lingkungan yang memiliki satu tujuan untuk mendorong pertumbuhan ekosistem teknologi iklim, yang diwadahi melalui COP28.

Dirancang untuk menghubungkan dan memberdayakan organisasi yang berupaya untuk mencapai netralitas karbon, TanLIVE menawarkan perangkat kolaboratif termasuk jaringan komunitas, kumpulan proyek, serta ekosistem solusi teknologi dan pembiayaan yang telah diverifikasi untuk pengusaha, investor, dan lembaga penelitian di sektor iklim. Awalnya, platform digital ini diluncurkan Tencent di China di tahun lalu. Kini, melalui ketersediaan TanLIVE di seluruh dunia, dan penambahan fitur-fitur baru yang dirancang melalui kolaborasi dengan koalisi Innovate for Climate Tech, Tencent berharap dapat menumbuhkan komunitas global inovator teknologi hijau dan mitra-mitra yang berpikiran sama.

Menghubungkan Para Pakar Iklim Global di COP28

Berlangsung di UEA pada November 2023, COP28 adalah kesempatan penting untuk aksi iklim transformatif, yang akan mempertemukan para pemimpin global untuk menegosiasikan tindakan lebih lanjut tentang isu-isu utama seperti mitigasi perubahan iklim, adaptasi, dan keuangan.

Di COP28, Tencent akan menunjukkan dedikasinya terhadap solusi iklim melalui TanLIVE, inisiatif pertama dari koalisi Innovate for Climate Tech. Upaya kolaboratif antara Masdar City, Tencent, dan Catalayst sebagai mitra utama ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan memperbesar proses inisiatif yang sedang berlangsung dan yang akan datang sehingga dapat mempercepat pertumbuhan teknologi iklim dan menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangannya.

BACA JUGA :  Infinix Note 40 Pro 5G dan Note 40 Pro+ 5G Dirilis, Tawarkan Performa Ngebut untuk Gaming

Selain mitra utama di atas, beragam kelompok pemangku kepentingan teknologi iklim dari seluruh dunia telah bergabung dengan koalisi ini sebagai mitra pengetahuan, program, atau peluncuran untuk menciptakan lingkungan yang inklusif untuk berkolaborasi dalam memajukan solusi iklim. Koalisi ini juga akan membangun kesuksesan Masdar City’s Innovate, yang sudah diluncurkan pada tahun 2021 untuk mendukung perusahaan rintisan dan menunjukkan hasil karya mereka.

Innovate for Climate Tech akan terus melanjutkan kolaborasi ini setelah konferensi yang berlangsung selama dua minggu tersebut dengan memulai inisiatif yang sedang berlangsung dan juga memperluas jaringannya. Untuk para mitra lainnya yang berminat dapat menghubungi koalisi ini di partnerships@innovateforclimatetech.org dan innovation@cop28.com.

“Kami bangga dapat meluncurkan TanLIVE secara global, seiring dengan upaya kami untuk mendorong perubahan menuju masyarakat rendah karbon,” ujar Dr. Hao Xu, Vice President of Tencent Sustainable Social Value (SSV) dan Head of Tencent Carbon Neutrality Lab. “Dengan membuat platform ini dapat diakses di seluruh dunia dan bermitra bersama koalisi Innovate for Climate Tech serta mendapatkan dukungan di COP28, kami berharap dapat mempercepat skala teknologi terdepan dan menghubungkan individu maupun organisasi yang berpikiran dan bekerja untuk tujuan yang sama, yaitu untuk mencapai masa depan yang lebih hijau, lebih bersih dan lebih berkelanjutan.”

Sejak diluncurkan tahun lalu, TanLIVE telah menjalin kemitraan dengan banyak organisasi lokal dan internasional. Hal ini termasuk institusional besar seperti Impact Hub Shanghai, New Energy Nexus, Plug & Play China, C Team, Meituan Qingshan Project, dan lainnya. Jaringan anggota yang luas ini menunjukkan peran Tencent dalam mengumpulkan komunitas global yang berkomitmen untuk berkolaborasi dan mendorong aksi iklim. Dengan berkembangnya jaringan ini kedepannya, TanLIVE berharap dapat menyambut organisasi penting lainnya yang memiliki tujuan yang sama.

BACA JUGA :  realme C51s Hape yang Powerful, Ditenagai Chipset Mumpuni dan Memori Hingga 12GB

Alat Teknologi yang Berperan dalam Perubahan Iklim

Diciptakan dari berbagai solusi teknologi Tencent termasuk Tencent EnerLink, TanLIVE menawarkan serangkaian fitur inovatif untuk memberdayakan komunitas lingkungan global dan basis pengguna globalnya.

Pertama, fitur Program (Programs) memberikan kemudahan untuk melakukan penerbitan, pencarian, dan berlangganan sumber daya pendukung teknologi iklim seperti tantangan besar, inkubator, lokakarya dan pameran industri, yang dapat meningkatkan transparansi dan pertukaran sumber daya ini. Kedua, bagian Pengetahuan (Knowledge) adalah portal sumber terbuka untuk berbagi wawasan dan praktik terbaik terkait iklim dalam format yang mudah dipahami, sehingga mendorong tindakan yang terinformasi. Ketiga, melalui Solusi (Solutions), para inovator iklim menampilkan teknologi iklim, menghubungkan para inovator, pengadopsi, dan investor. Sementara itu, bagian Alat (Tools) menggabungkan data dan analisis penting dari mitra, serta memberikan wawasan yang dapat segera diimplementasikan. Dengan menawarkan fitur-fitur tersebut dalam skala internasional, platform digital TanLIVE bertujuan untuk menyederhanakan kolaborasi, mengumpulkan pembelajaran, dan memaksimalkan aksi iklim di tingkat global.

Sehubungan dengan TanLIVE yang akan berekspansi secara internasional, merupakan langkah yang tepat untuk bergabung dengan platform digital ini untuk mencapai misi globalnya dalam memungkinkan netralitas karbon secara luas. Untuk informasi lebih lanjut atau jika ingin mendaftarkan organisasi, mendapatkan askes kolaboratif, kemitraan, dan ikut membantu kemajuan masa depan yang netral karbon, dapat mengunjungi tanlive.com.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Jenius Jadi Pionir dan Berkontribusi dalam Transformasi Perkembangan Digital Banking di Indonesia

Next Post

DeepL Pro Hadir di Indonesia, Siap Bawa Bisnis-Bisnis di Indonesia ke Kancah Global

Related Posts
Total
0
Share