Zoom Clips Membantu Pengguna yang Bekerja dengan Tim dalam Zona Waktu Berbeda

Trenteknologi.com – Zoom Video Communication, Inc. meluncurkan Zoom Clips secara global yang memungkinkan pengguna untuk merekam, mengedit, dan berbagi pesan dengan format video pendek berkualitas tinggi dengan mudah, baik secara internal maupun eksternal. Kemampuan ini akan membantu tim yang tidak berkomunikasi dalam waktu yang bersamaan (asinkron), mengurangi jumlah rapat, dan mengurangi waktu yang terbuang akibat komunikasi yang ambigu.

“Cara kita menggunakan video semakin berkembang. Kolaborasi dan komunikasi tim menjadi jauh lebih penting dari masa sebelumnya, dan pengguna membutuhkan kemampuan untuk berbagi video yang mudah dilihat dan disimpan, baik secara ad-hoc maupun terencana,” ungkap John Beckmann, Group Product Manager di Zoom. “Dengan Zoom Clips, para rekan kerja dalam tim dapat menghemat waktu mereka yang berharga melalui komunikasi yang jelas dari berbagai zona waktu, memiliki pusat penyimpanan dan pengelolaan klip video, dan berinteraksi dengan rekan tim dalam waktu yang tidak bersamaan.”

Dengan Zoom Clips, pengguna dapat merekam tampilan pada layar mereka dan merekam video melalui kamera, serta mengatur izin akses melihat video ketika pengguna ingin berbagi dengan pengguna lain secara cepat. Klip video disimpan dalam sistem manajemen konten yang terpusat, sehingga memudahkan pencarian klip video dan meningkatkan keterlibatan para penggunanya. Anggota tim dapat memberikan komentar pada video, dan pembuat video dapat melacak jumlah tayangan video.

BACA JUGA :  Zoom CX Summit 2024 Soroti Potensi Transformasi AI untuk Perkembangan Perusahaan

“Kemudahan berkomunikasi dan berkolaborasi merupakan prioritas utama dalam produk dan budaya Front,” ujar Greg Karp-Neufeld, Director of Corporate IT di Front. “Zoom Clips memudahkan kami untuk terhubung satu sama lain dan dengan pelanggan kami, meningkatkan kemampuan kami untuk saling berbagi informasi, dan berkomunikasi dengan lebih jelas, tanpa dibatasi oleh lokasi maupun zona waktu.”

Zoom Clips merupakan salah satu dari rentetan perangkat pendukung Zoom untuk komunikasi yang tidak dilakukan dalam waktu yang bersamaan. Para pengguna dapat menggunakan Zoom Clips untuk bekerja secara fleksibel beserta perangkat komunikasi lainnya, termasuk fitur-fitur Zoom Team Chat (pesan video, pesan suara, pengingat), Zoom Meetings yang memungkinkan kelanjutan percakapan dari rapat, Zoom Scheduler, Zoom Email dan Zoom Whiteboard.

Selain membantu komunikasi tim yang tidak dilakukan dalam waktu yang bersamaan, para rekan kerja dalam tim juga dapat menggunakan Clips untuk memberikan informasi terbaru dalam rapat harian mengenai kemajuan suatu proyek. Selain itu, pengguna juga dapat memberikan pelatihan yang mudah dipahami, serta meningkatkan kualitas pengalaman orientasi bagi karyawan baru. Para anggota tim dapat berinteraksi melalui Clips dengan memberikan komentar atau reaksi berupa emoji.

Fitur Zoom Clips mencakup tiga aspek utama. Pertama, fitur rekaman memungkinkan pengguna untuk dengan mudah merekam video melalui berbagai opsi, termasuk situs Zoom, menu komputer, atau taskbar, serta langsung dari aplikasi Zoom. Mereka dapat merekam tampilan layar dan kamera komputer secara bersamaan untuk menciptakan tampilan diri saat berbicara. Selain itu, fitur ini memungkinkan penyempurnaan rekaman dengan latar belakang virtual dan peredam kebisingan.

BACA JUGA :  Infinix Note 40 Series Resmi Meluncur di Indonesia, Harga Rp 2 Jutaan!

Selanjutnya yaitu fitur penyuntingan memungkinkan pengguna untuk mengedit klip video dengan cara mengubah nama, deskripsi, dan menambahkan tag guna mempermudah pencarian. Mereka dapat memotong atau mempersingkat bagian yang tidak diinginkan serta menambahkan gambar thumbnail.

Lalu fitur berbagi memungkinkan pengguna untuk mengatur izin akses untuk melihat video dan membuat tautan ke klip video, yang bisa dibagikan baik di antara pengguna Zoom secara internal maupun ke pihak eksternal. Fitur ini juga memungkinkan pengguna untuk melihat analitik video dan menerima komentar pada klip.

Dan yang terakhir adalah fitur Engage memungkinkan pengguna untuk meninggalkan komentar atau reaksi pada klip video, mengelola, membagikan, mengganti nama, mengunduh, dan menghapus klip dengan mudah dan aman dalam perpustakaan konten, serta mencari klip berdasarkan judul atau tag. Fitur-fitur ini dirancang untuk memungkinkan pengguna memanfaatkan Zoom Clips dengan cara yang paling efektif dan sesuai dengan kebutuhan komunikasi dan kolaborasi mereka.

Zoom Clips Plus tidak mengenakan biaya tambahan bagi pelanggan Zoom One berbayar; sementara pengguna Zoom One Basic dan pelanggan non-Zoom One lainnya dapat memiliki akses terhadap Clips Basic. Pengguna Clips Basic akan memiliki kemampuan untuk merekam hingga lima klip dengan durasi tiap klip yang tidak lebih dari dua menit. Pengguna Clips Basic dapat membeli Clips Plus sebagai tambahan (add-on) untuk menghilangkan batasan jumlah klip seharga $6,99 per bulan, mulai Desember 2023.

BACA JUGA :  Jelang Lebaran, realme C67 Kini Hadir dengan Harga Lebih Terjangkau
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Rayakan Momen Halloween bersama Ragnarok Origin dalam Gathering Komunitas Pertama di Indonesia

Next Post

Jenius Jadi Pionir dan Berkontribusi dalam Transformasi Perkembangan Digital Banking di Indonesia

Related Posts
Total
0
Share