Connect with us

Aplikasi

Mengenali Lebih Dalam Suku Bunga Perbankan di Indonesia

Published

on

Trenteknologi.com – Dalam kehidupan sehari-hari kata suku bunga bukanlah sesuatu yang asing lagi. Baik itu dari pinjaman ataupun tabungan, unsur suku bunga akan selalu berada di produk-produk perbankan dan akan mempengaruhi nasabah. Jika ingin mendapatkan pinjaman yang termurah maka nasabah akan perlu mencari kredit dengan suku bunga rendah. Sedangkan jika ingin mencari tabungan paling menguntungkan maka nasabah perlu mencari tabungan bunga tertinggi.

Bunga adalah imbal jasa atas pinjaman uang atau harga dari penggunaan uang. Jadi bunga itu dapat dikatakan kompensasi yang diberikan dari sang peminjam uang kepada pemberi pinjaman atas ketersediaannya meminjamkan uang.

Seperti contohnya, imbal jasa dari pengambilan uang untuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah bunga yang ditagihkan, dimana bunga bertindak sebagai “harga” dari mendapatkan uang dalam jumlah penuh sekarang dan membayarnya secara cicilan. Persentase dari pokok pinjaman yang dibayar sebagai bunga dikenal sebagai suku bunga.

Tetapi bagaimana dengan suku bunga simpanan? Apakah konsep bunga itu berbeda di simpanan? Tidak! Sebenarnya simpanan merupakan pinjaman juga, akan tetapi dari nasabah untuk bank. Sehingga bank harus memberikan imbalan jasa atas pinjaman yang nasabah berikan dan imbalan tersebut berupa bunga. Untuk pemahaman lebih lanjut, berikut penjelasan perbandingannya.

Perbandingan suku bunga kredit dan suku bunga simpanan

Suku bunga simpanan merupakan suku bunga yang diberikan kepada nasabah sebagai balas jasa dari penyimpanan uangnya di bank. Tujuan dari suku bunga simpanan untuk mendorong nasabah agar tertarik menempatkan dananya di bank. Suku bunga simpanan untuk setiap produk bank akan berbeda. Sebagian produk simpanan seperti deposito akan lebih tinggi daripada tabungan. Hal ini disebabkan karena tabungan memiliki sifat yang sangat fleksibel, dimana nasabah dapat menarik uang tersebut kapanpun dia inginkan sedangkan deposito tidak.

BACA JUGA :  Ini Dia Peluang Usaha 2016 Yang Pasti Menguntungkan

Sedangkan suku bunga kredit merupakan suku bunga yang ditagihkan dari nasabah sebagai balas jasa atas meminjam uang dari bank. Suku bunga kredit merupakan sumber pendapatan bagi bank, sedangkan suku bunga simpanan merupakan beban pengeluaran untuk bank. Oleh sebab itu, bank akan menagihkan suku bunga kredit lebih tinggi daripada suku bunga pinjaman. Dengan margin perbedaan suku bunga pinjaman dan suku bunga simpanan tersebut maka bank dapat memperoleh keuntungan dan mempertahankan operasionalnya sehari-hari. Alasan lain mengapa suku bunga kredit biasanya lebih tinggi, karena bank memerlukan kompensasi lebih untuk menanggung resiko jika nasabah tidak mampu membayar pinjaman tersebut.

Kedua suku bunga ini berkaitan erat di sistem perbankan. Masing-masing bunga mempengaruhi satu sama lainnya, jadi jika terjadi kenaikan pada suku bunga simpanan maka suku bunga kredit juga akan naik.

Cara kerja bunga

Sebelum mengetahui cara kerja bunga, Anda perlu memahami bahwa dari setiap pinjaman akan tersedia jumlah pokok pinjaman. Jumlah pokok pinjaman merupakan total awal dari pinjaman yang diperoleh. Dalam hal simpanan berarti jumlah awal uang yang nasabah simpan. Bunga dihitung berdasarkan dari perkalian suku bunga dengan jumlah pokok pinjaman. Dalam hal pinjaman bunga akan dibayarkan sepanjang periode dengan cicilan pokok pinjaman. Sedangkan untuk simpanan maka bunga akan dibayarkan di akhir periode yang telah disetujui antara bank dan nasabah.

Tertarik untuk mengetahui tentang perbankan di Indonesia? Periksa juga fungsi bank secara umum dan sampingan.

Faktor yang mempengaruhi suku bunga

Tentunya Anda pernah terpikir mengapa terkadang suku bunga tersebut bisa naik atau lebih tinggi di kondisi tertentu? Atau mengapa terkadang suku bunga itu turun atau lebih rendah? Siapakah yang mengatur suku bunga? Atau apakah faktor yang mempengaruhinya?

BACA JUGA :  Sudah Tahu 4 Fitur dari Pulsa Mentari Ini?

Jika Anda belum mengetahuinya, sebenarnya suku bunga perbankan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dan setiap faktor ini menentukan pengaturan naik turunnya suku bunga bank di Indonesia. Baik itu suku bunga kredit ataupun simpanan. Berikutlah faktor yang mempengaruhinya:

  1. a) Kebutuhan dana

Faktor kebutuhan dana ini khusus untuk bunga simpanan. Apabila bank membutuhkan dana lebih berhubung meningkatnya jumlah permohonan pinjaman, maka solusi yang dilakukan bank untuk mendapatkan dana lebih cepat adalah meningkatkan suku bunga simpanan. Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya jika suku bunga simpanan meningkat maka suku bunga kredit pun akan meningkat. Hal ini berlaku juga sebaliknya, jika bank memliki jumlah simpanan yang besar sehingga pengeluaran bank untuk membayar bunga meningkat. Serta permintaan pinjaman menurun, maka bank akan menurunkan bunga simpanan.

  1. b) Target laba bank

Faktor target laba ditargetkan khusus untuk bunga kredit. Jika bank ingin meningkatkan labanya maka bank akan meningkatkan suku bunga kredit dan demikian juga sebaliknya. Memang terdengar aneh jika bank tidak ingin meningkatkan labanya, tetapi bila dipikir kembali semakin tinggi suku bunga kredit, bank juga harus mempertimbangkan kemungkinan nasabah tidak mampu melunasi tagihan atau menunggak pembayaran. Apabila dua hal itu terjadi maka malah bank akan rugi.

  1. c) Kebijaksanaan pemerintah

Jika Anda belum menyadarinya, pemerintah juga memegang peran penting dalam posisi tingkat suku bunga bank. Baik itu suku bunga kredit ataupun simpanan, pemerintah memberikan batasan tingkat suku bunga melalui kebijakan dari bank sentral (Bank Indonesia). Jadi bank tidak dapat melampaui atau menurunkan lebih rendah dari batasan kebijakan suku bunga. Tujuannya agar saingan antar bank bersifat sehat.

  1. d) Kualitas jaminan
BACA JUGA :  Alasan Kenapa Smartphone Baru Banyak Di Bundling dengan SimPATI

Faktor kualitas jaminan mempengaruhi tinggi rendahnya bunga yang didapatkan dalam pinjaman. Tergantung pada kualitas jaminan yang diberikan oleh nasabah, jika semakin mudah dicairkan (seperti emas) jaminan tersebut maka semakin rendah bunga kredit yang dibebankan untuk jenis pinjaman tersebut, begitu juga sebaliknya.

  1. e) Jangka waktu

Faktor jangka waktu memegang peran penting untuk bunga pinjaman dan simpanan. Dalam hal pinjaman semakin lama jangka waktunya maka semakin tinggi bunga yang ditagihkan. Hal ini disebabkan resiko macet dalam pembayaran semakin tinggi untuk bank, begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk simpanan, semakin lama jangka waktu yang dipilih maka semakin rendah bunga yang diberikan. Walaupun faktor ini berdasarkan dari aturan umumnya, tetapi terkadang ada juga bank yang membuat aturan semakin lama jangka waktu simpanan maka semakin besar suku bunga. Umumnya ini dilakukan oleh bank, ketika bank membutuhkan dana jangka panjang.

  1. f) Jenis produk

Apabila nasabah memilih untuk mengambil pinjaman dari bank untuk membiayai produk yang kompetitif. Maka bank umumnya memberikan bunga relatif rendah dibandingkan produk yang kurang kompetitif.

  1. g) Hubungan baik dan reputasi nasabah

Jika nasabah memiliki hubungan yang baik dengan bank atau reputasi nasabah sangat memuaskan pihak bank, maka bank akan lebih cenderung memberikan suku bunga kredit yang rendah. Hal ini karena bank sudah memiliki kepercayaan terhadap nasabah bahwa dia tidak akan tiba-tiba tidak mampu melunasi kredit atau terlambat melakukan angsuran.

*Sumber Artikel dari AturDuit Suku Bunga Bank.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Aplikasi

4 Tips Mengelola Karyawan Milenial Menggunakan Aplikasi HR Gratis

Published

on

Setiap generasi kerja memiliki karakteristik tertentu yang saling membedakan dari generasi lain. Teknologi yang sudah melekat pada generasi milenial sejak mereka lahir, membuat perbedaan dari budaya kerja perusahaan di era digital saat ini. Termasuk dalam bagian HR perusahaan. Jika dahulu segala aktivitas HR masih menggunakan sistem kertas manual, kini telah muncul berbagai aplikasi HR gratis maupun berbayar yang bisa dimanfaatkan.

Berikut 4 tips mengelola karyawan milenial dengan menggunakan aplikasi HR gratis:

1. Informasi yang mudah diakses

Di era digital semua orang ingin serba praktis dan cepat. Tidak terkecuali soal penyajian data karyawan atau informasi tentang perusahaan. Komunikasi perpesanan instan bisa memudahkan antara karyawan menyusun strategi dalam mencapai target perusahaan. Dalam hal ini, aplikasi HR gratis maupun berbayar memberikan sejumlah fitur yang menyederhanakan antara anggota tim kerja untuk saling berkomunikasi satu sama lain. Bahkan, ada juga yang bisa mengirimkan pesan secara massal atau broadcast cukup dalam satu kali tekan.

2. Fleksibilitas kerja

Bagi karyawan milenial keseimbangan hidup antara pekerjaan dan keluarga sangat penting. Mereka rela meninggalkan pekerjaan lama yang mapan hanya demi bisa menjaga keharmonisan keluarga. Hal ini turut didukung oleh kemajuan internet yang bisa melakukan tugas dari mana pun, termasuk dari kamar kerja Anda di rumah. Bayaran yang lebih tinggi tidak lagi penting, asalkan mereka bisa menikmati lebih banyak waktu liburan dan bekerja dari rumah dengan santai dan bebas stres.

BACA JUGA :  Inilah 3 Aplikasi Yang Wajib Kamu Miliki Untuk Mengantisipasi Bencana Alam

Dengan aplikasi HR yang berbasis Cloud, tidak perlu lagi repot harus ke kantor untuk mengunduh data karyawan yang tersimpan di satu komputer. Cukup menggunakan laptop di rumah yang terhubung internet, semua data dan informasi bisa tersaji secara efisien dan praktis.

Baca Juga :  9 Modul Wajib Yang Harus Ada Di Aplikasi HR

3. Berikan reward dan peluang promosi jabatan

Kaum milenial dikenal ambisius dan pekerja keras. Oleh karena itu, sekecil apa pun prestasi mereka yang dihargai perusahaan tentu akan memberikan dampak yang besar dari segi loyalitas dan produktivitas. Tim HR dapat memantau kinerja karyawan dari aplikasi HR yang sudah diterapkan dalam perusahaan. Data kehadiran, maupun prestasi kerja bisa dengan mudah menentukan kandidat terbaik yang memang layak diberi reward atau peluang promosi jabatan.

4. Melibatkan Karyawan Millenial menjadi Sosial

Karyawan milenial senang jika dilibatkan dalam aneka kegiatan sosial. Perusahaan yang sering melibatkan karyawan dalam kegiatan – kegiatan sosial ataupun mendukung karyawan untuk berkomunikasi satu sama lain dapat meningkatkan produktivitas perusahaan. Saat ini sudah tidak relevan melarang karyawan memakai telepon, smartphone atau media sosial di saat bekerja. Karena rupanya, alat komunikasi ini memang menjadi ciri khas karyawan milenial.

Mendukung karyawan untuk saling berinteraksi atau sosialisasi dan saling bekerja sama antar anggota tim kerja akan menghasilkan solidaritas di dalam perusahaan.

BACA JUGA :  Sudah Tahu 4 Fitur dari Pulsa Mentari Ini?

Kelola sumber daya manusia di perusahaan Anda secara efektif dan efisien menggunakan aplikasi HR terbaik, LinovHR. Software HR berbasis Cloud yang menyederhanakan manajerial HR, sistem penggajian, dan data – data karyawan dengan tampilan sederhana. Sehingga pengelolaan sumber daya manusia dalam perusahaan bisa lebih maksimal.

Continue Reading

Aplikasi

Alasan Kenapa Smartphone Baru Banyak Di Bundling dengan SimPATI

Published

on

Membeli smartphone baru memang tidak identik dengan membeli kartu perdana seluler baru. Namun smartphone baru yang di bundling dengan kartu perdana bisa menjadi peluang bagi operator seluler untuk memasarkan keunggulan kartu seluler selulernya dan berpotensi untuk mendapatkan pelanggan baru yang berpindah dari kartu selulernya yang lama.

SimPATI merupakan salah satu kartu seluler yang sering di-bundling dengan smartphone baru. Bagi pembeli smartphone yang di bundling dengan kartu tersebut, tidak perlu melakukan isi pulsa SimPATI untuk sementara waktu merupakan alasan yang cukup masuk akal untuk menggunakan kartu tersebut selama beberapa saat. Namun selain itu, masih ada beberapa alasan lain kenapa smartphone hari ini banyak di-bundling dengan kartu SimPATI.

Jaringan Internet 4G

Dibandingkan dengan beberapa operator seluler lain, jaringan internet 4G SimPATI termasuk salah satu yang memiliki kualitas terbaik. Selain kualitas yang baik, area coverage dari dari jaringan 4G SimPATI juga merupakan salah satu keunggulan lainnya. Operator SimPATI merupakan operator seluler yang memiliki jangkauan sinyal yang mampu menembus jauh hingga ke daerah-daerah setingkat kecamatan di seluruh Indonesia. Hal ini sangat penting bagi pengguna smartphone yang sudah cukup paham tentang cara memanfaatkan gawainya secara optimal. Streaming video, download aplikasi atau bermain game akan terasa nyaman dengan kualitas jaringan internet yang memadai, khususnya untuk bermain game akan terasa lebih cepat tanpa lag. Ditambah dengan adanya bundling, pengguna tidak perlu bingung melakukan isi pulsa SimPATI atau membeli kartu perdana terpisah untuk dapat mencoba menikmati kualitas jaringan internet 4G dari SimPATI.

BACA JUGA :  Usaha Rumahan untuk Mahasiswa dari Bisnis Online

Kuota Besar

Selain jaringan internet yang memadai, smartphone yang di bundling dengan kartu seluler SimPATI biasanya akan mendapatkan kuota yang cukup besar, terutama kuota internet. Kuota ini penting untuk memastikan penggunaan layanan dan aplikasi dari smartphone yang memerlukan koneksi internet tidak akan terganggu selama penggunaan. Kuota yang besar ini tidak akan cepat habis untuk pemakaian normal sehari-hari, sehingga untuk sementara waktu penggunak tidak perlu melakukan isi pulsa SimPATI. Dari sini, pengguna smartphone bisa menilai sendiri seperti apa pengalamannya menggunakan smartphone yang di dukung oleh kartu seluler SimPATI.

Masa Aktif Lama

Kartu seluler yang di bundling dengan smartphone baru, memiliki masa aktif yang relatif lebih lama jika dibandingkan dengan menggunakan nomor aktif yang sudah dimiliki oleh pelanggan. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa pengguna smartphone baru akan merasa nyaman pada masa awal-awal menggunakan smartphone baru, terutama untuk yang masih dalam proses adaptasi. Selain itu, dengan masa aktif yang lama, pengguna juga bisa menilai kualitas layanan dari kartu seluler SimPATI jika dibandingkan dengan kartu seluler lama milik pelanggan yang sudah lama dipakai sebelumnya. Masa aktif kartu seluler yang di-bundling dengan smartphone bisa bertahan hingga enam bulan atau bahkan satu tahun, sehingga pengguna smartphone hanya perlu untuk melakukan isi pulsa SimPATI seperlunya saja.

BACA JUGA :  Jasa Iklan Google dan Cara Mudah dalam Melakukannya

Bonus Paket Khusus

Bagi pengguna kartu seluler yang di-bundling dengan smartphone, terkadang akan mendapatkan bonus khusus yang tidak ada pada paket-paket lainnya. Seperti misalnya pada SimPATI, pengguna bisa mendapatkan bonus paket khusus berupa tambahan kuota entertainment untuk layanan-layanan  tertentu yang disediakan oleh operator. Kuota ini bisa didapatkan tanpa harus melakukan isi pulsa SimPATI terlebih dahulu.

Mencoba kartu seluler yang di-bundling dengan smartphone bisa jadi menarik dan menguntungkan bagi sebagian orang. Namun ada juga pengalaman isi pulsa SimPATI yang tidak kalah menarik lainnya, yaitu dengan mengisi pulsa di Bukalapak. Di Bukalapak, kita bisa melakukan isi pulsa SimPATI dengan mudah dan murah. Selain itu, masih ada juga keuntungan-keuntungan lainnya yang bisa didapatkan dengan mengisi pulsa di Bukalapak yang mungkin tidak akan didapatkan di tempat-tempat lainnya. Isi pulsa mudah dan murah? Hanya di Bukalapak..

Continue Reading

Aplikasi

Cara Membuka Situs Yang Diblokir Dengan Menggunakan Aplikasi Di Android

Published

on

Kadang kita merasa jengkel pada saat akan membuka situs yang akan kita buka, tetapi situs tersebut tidak bisa diakses karena telah diblokir. Namun anda jangan kuatir, karena saat ini ada aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir. Oleh sebab itu, dalam kesempatan ini akan memberikan informasi tentang aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka situs yang diblokir di Android sebagai berikut :

  1. SurfEasy VPN For Android

Aplikasi ini bisa digunakan melalui koneksi WiFi dan menyamarkan setiap kegiatan internet anda. Dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa memblokir tracker dari iklan yang biasanya sering muncul di handphone anda. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk 500MB data setiap bulannya.

  1. FinchVPN

Aplikasi ini tidak kalah tangguhnya dibandingkan dengan aplikasi yang lainnya. Dengan aplikasi ini anda memiliki keuntungan tersendiri karena bisa menggunakan konfigurasi dari Open VPN, serta memiliki kemampuan untuk tersambung dengan port TCP/UDP.

  1. Hola free VPN

Setelah sukses dengan software dan ekstensi komputernya, Hola Free VPN saat ini sudah bisa digunakan pada perangkat smartphone Android. Selain itu, aplikasi yang satu ini juga memiliki kelebihan seperti koneksi VPN yang sangat cepat, serta bisa berganti-ganti negara dengan mudah.

  1. Psiphon

Selain cara penggunaannya yang sangat mudah, aplikasi ini sangat tangguh dalam membuka proteksi situs-situs yang telah diblokir. Selain itu aplikasi ini bisa digunakan secara gratis dan cepat.

  1. SuperVPN Free VPN Client
BACA JUGA :  Usaha Rumahan untuk Mahasiswa dari Bisnis Online

Aplikasi terbaik berikutnya yang bisa anda gunakan untuk buka situs diblokir di android, yakni bernama SuperVPN Free VPN Client. Adapun mengenai beberapa fitur-fitur yang dimilikinya seperti fitur pelindung privasi, tanpa registrasi, dapat membuka situs yang diblokir dengan mudah, tanpa batasan bandwith, tanpa harus root, dan lain sebagainya.

  1. VPN Master

Sesuai dengan namanya, aplikasi yang satu ini dibuat oleh developer bernama MasterVPN yang bisa anda gunakan untuk membobol situs yang sudah diblokir oleh pemerintah. Selain itu, aplikasi VPN Master juga memiliki tampilan yang begitu sederhana sehingga begitu mudah untuk dijalani. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, aplikasi ini menyediakan lebih 20 user dari negara lain lho.

Itulah beberapa aplikasi terbaik di android yang bisa anda gunakan untuk membuka situs yang telah diblokir. Bagaimana, tertarikkah anda untuk mencobanya?

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5