Connect with us

Aplikasi

Mengenali Lebih Dalam Suku Bunga Perbankan di Indonesia

Published

on

Trenteknologi.com – Dalam kehidupan sehari-hari kata suku bunga bukanlah sesuatu yang asing lagi. Baik itu dari pinjaman ataupun tabungan, unsur suku bunga akan selalu berada di produk-produk perbankan dan akan mempengaruhi nasabah. Jika ingin mendapatkan pinjaman yang termurah maka nasabah akan perlu mencari kredit dengan suku bunga rendah. Sedangkan jika ingin mencari tabungan paling menguntungkan maka nasabah perlu mencari tabungan bunga tertinggi.

Bunga adalah imbal jasa atas pinjaman uang atau harga dari penggunaan uang. Jadi bunga itu dapat dikatakan kompensasi yang diberikan dari sang peminjam uang kepada pemberi pinjaman atas ketersediaannya meminjamkan uang.

Seperti contohnya, imbal jasa dari pengambilan uang untuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah bunga yang ditagihkan, dimana bunga bertindak sebagai “harga” dari mendapatkan uang dalam jumlah penuh sekarang dan membayarnya secara cicilan. Persentase dari pokok pinjaman yang dibayar sebagai bunga dikenal sebagai suku bunga.

Tetapi bagaimana dengan suku bunga simpanan? Apakah konsep bunga itu berbeda di simpanan? Tidak! Sebenarnya simpanan merupakan pinjaman juga, akan tetapi dari nasabah untuk bank. Sehingga bank harus memberikan imbalan jasa atas pinjaman yang nasabah berikan dan imbalan tersebut berupa bunga. Untuk pemahaman lebih lanjut, berikut penjelasan perbandingannya.

Perbandingan suku bunga kredit dan suku bunga simpanan

Suku bunga simpanan merupakan suku bunga yang diberikan kepada nasabah sebagai balas jasa dari penyimpanan uangnya di bank. Tujuan dari suku bunga simpanan untuk mendorong nasabah agar tertarik menempatkan dananya di bank. Suku bunga simpanan untuk setiap produk bank akan berbeda. Sebagian produk simpanan seperti deposito akan lebih tinggi daripada tabungan. Hal ini disebabkan karena tabungan memiliki sifat yang sangat fleksibel, dimana nasabah dapat menarik uang tersebut kapanpun dia inginkan sedangkan deposito tidak.

Sedangkan suku bunga kredit merupakan suku bunga yang ditagihkan dari nasabah sebagai balas jasa atas meminjam uang dari bank. Suku bunga kredit merupakan sumber pendapatan bagi bank, sedangkan suku bunga simpanan merupakan beban pengeluaran untuk bank. Oleh sebab itu, bank akan menagihkan suku bunga kredit lebih tinggi daripada suku bunga pinjaman. Dengan margin perbedaan suku bunga pinjaman dan suku bunga simpanan tersebut maka bank dapat memperoleh keuntungan dan mempertahankan operasionalnya sehari-hari. Alasan lain mengapa suku bunga kredit biasanya lebih tinggi, karena bank memerlukan kompensasi lebih untuk menanggung resiko jika nasabah tidak mampu membayar pinjaman tersebut.

Kedua suku bunga ini berkaitan erat di sistem perbankan. Masing-masing bunga mempengaruhi satu sama lainnya, jadi jika terjadi kenaikan pada suku bunga simpanan maka suku bunga kredit juga akan naik.

Cara kerja bunga

Sebelum mengetahui cara kerja bunga, Anda perlu memahami bahwa dari setiap pinjaman akan tersedia jumlah pokok pinjaman. Jumlah pokok pinjaman merupakan total awal dari pinjaman yang diperoleh. Dalam hal simpanan berarti jumlah awal uang yang nasabah simpan. Bunga dihitung berdasarkan dari perkalian suku bunga dengan jumlah pokok pinjaman. Dalam hal pinjaman bunga akan dibayarkan sepanjang periode dengan cicilan pokok pinjaman. Sedangkan untuk simpanan maka bunga akan dibayarkan di akhir periode yang telah disetujui antara bank dan nasabah.

Tertarik untuk mengetahui tentang perbankan di Indonesia? Periksa juga fungsi bank secara umum dan sampingan.

Faktor yang mempengaruhi suku bunga

Tentunya Anda pernah terpikir mengapa terkadang suku bunga tersebut bisa naik atau lebih tinggi di kondisi tertentu? Atau mengapa terkadang suku bunga itu turun atau lebih rendah? Siapakah yang mengatur suku bunga? Atau apakah faktor yang mempengaruhinya?

Jika Anda belum mengetahuinya, sebenarnya suku bunga perbankan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dan setiap faktor ini menentukan pengaturan naik turunnya suku bunga bank di Indonesia. Baik itu suku bunga kredit ataupun simpanan. Berikutlah faktor yang mempengaruhinya:

  1. a) Kebutuhan dana

Faktor kebutuhan dana ini khusus untuk bunga simpanan. Apabila bank membutuhkan dana lebih berhubung meningkatnya jumlah permohonan pinjaman, maka solusi yang dilakukan bank untuk mendapatkan dana lebih cepat adalah meningkatkan suku bunga simpanan. Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya jika suku bunga simpanan meningkat maka suku bunga kredit pun akan meningkat. Hal ini berlaku juga sebaliknya, jika bank memliki jumlah simpanan yang besar sehingga pengeluaran bank untuk membayar bunga meningkat. Serta permintaan pinjaman menurun, maka bank akan menurunkan bunga simpanan.

  1. b) Target laba bank

Faktor target laba ditargetkan khusus untuk bunga kredit. Jika bank ingin meningkatkan labanya maka bank akan meningkatkan suku bunga kredit dan demikian juga sebaliknya. Memang terdengar aneh jika bank tidak ingin meningkatkan labanya, tetapi bila dipikir kembali semakin tinggi suku bunga kredit, bank juga harus mempertimbangkan kemungkinan nasabah tidak mampu melunasi tagihan atau menunggak pembayaran. Apabila dua hal itu terjadi maka malah bank akan rugi.

  1. c) Kebijaksanaan pemerintah

Jika Anda belum menyadarinya, pemerintah juga memegang peran penting dalam posisi tingkat suku bunga bank. Baik itu suku bunga kredit ataupun simpanan, pemerintah memberikan batasan tingkat suku bunga melalui kebijakan dari bank sentral (Bank Indonesia). Jadi bank tidak dapat melampaui atau menurunkan lebih rendah dari batasan kebijakan suku bunga. Tujuannya agar saingan antar bank bersifat sehat.

  1. d) Kualitas jaminan

Faktor kualitas jaminan mempengaruhi tinggi rendahnya bunga yang didapatkan dalam pinjaman. Tergantung pada kualitas jaminan yang diberikan oleh nasabah, jika semakin mudah dicairkan (seperti emas) jaminan tersebut maka semakin rendah bunga kredit yang dibebankan untuk jenis pinjaman tersebut, begitu juga sebaliknya.

  1. e) Jangka waktu

Faktor jangka waktu memegang peran penting untuk bunga pinjaman dan simpanan. Dalam hal pinjaman semakin lama jangka waktunya maka semakin tinggi bunga yang ditagihkan. Hal ini disebabkan resiko macet dalam pembayaran semakin tinggi untuk bank, begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk simpanan, semakin lama jangka waktu yang dipilih maka semakin rendah bunga yang diberikan. Walaupun faktor ini berdasarkan dari aturan umumnya, tetapi terkadang ada juga bank yang membuat aturan semakin lama jangka waktu simpanan maka semakin besar suku bunga. Umumnya ini dilakukan oleh bank, ketika bank membutuhkan dana jangka panjang.

  1. f) Jenis produk

Apabila nasabah memilih untuk mengambil pinjaman dari bank untuk membiayai produk yang kompetitif. Maka bank umumnya memberikan bunga relatif rendah dibandingkan produk yang kurang kompetitif.

  1. g) Hubungan baik dan reputasi nasabah

Jika nasabah memiliki hubungan yang baik dengan bank atau reputasi nasabah sangat memuaskan pihak bank, maka bank akan lebih cenderung memberikan suku bunga kredit yang rendah. Hal ini karena bank sudah memiliki kepercayaan terhadap nasabah bahwa dia tidak akan tiba-tiba tidak mampu melunasi kredit atau terlambat melakukan angsuran.

*Sumber Artikel dari AturDuit Suku Bunga Bank.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Aplikasi

Software Penjualan Krishand, Program Berguna Untuk Analisa Penjualan Anda

Published

on

Bagi seorang Manajer Penjualan, berkomunikasi tentang penjualan perusahaan Anda dengan tim pastinya sangat penting dilakukan secara berkala. Dan di era pesatnya perkembangan teknologi saat ini, komunikasi menjadi semakin sulit jika Anda dan tim tidak bisa mendapatkan bukti data penjualan dengan cepat dan lengkap.

Maka dari itu software penjualan adalah hal sangat dibutuhkan untuk menganalisa penjualan yang menjadi target Anda dengan tim. Dengan melakukan analisa penjualan, Anda dapat dengan mudah melihat dan memberikan laporan penjualan menjadi beberapa bagian kepada tim dan perusahaan, sehingga memungkinkan Anda dan tim memutuskan dengan tepat strategi penjualan mana yang tidak tepat dan mana yang perlu ditingkatkan.

Untuk memenuhi kebutuhan Anda tersebut, saat ini terdapat salah satu software dari Krishand yang menawarkan berbagai kelebihan bagi Anda, tim dan juga perusahaan dengan harga yang terjangkau. Selain dapat digunakan untuk analisa penjualan, software dari Krishand ini juga dapat digunakan untuk membuat berbagai laporan pencatatan seperti Saldo Awal Piutang, Sales Order, Surat Jalan, Invoice,Kwitansi dan Faktur Pajak.

 

Fitur Lengkap Yang Menjawab Kebutuhan Analisa Penjualan dan Pencatatan Laporan Anda

Sebagai software yang menawarkan berbagai fungsi untuk analisa penjualan dan laporan pencatatan perusahaan, software dari Krishand ini memberikan banyak sekali fitur yang berguna untuk Anda, diantaranya adalah :

  • Berbasis Windows.
  • Multi user (bisa diinstall di beberapa komputer tanpa biaya tambahan)
  • Sederhana dan mudah digunakan.
  • Bisa membuat Sales Order dan Surat Jalan (Delivery Order)
  • Bisa digunakan untuk membuat invoice atas penjualan barang maupun invoice atas jasa (service). Untuk invoice atas jasa, maka di dalam laporan faktur penjualan, tidak tercantum kolom quantity dan harga satuan.
  • Bisa membuat kwitansi sebagai tanda bukti pembayaran.
  • Mudah membuat Faktur Pajak dengan sistem penomoran otomatis sesuai dengan penjatahan.
  • Mencakup transaksi Nota Retur, Nota Kredit, SPT Masa PPN, SSP.
  • Menyediakan fungsi penomoran otomatis untuk berbagai jenis transaksi.
  • Transfer data pajak masukan dan pajak keluaran ke aplikasi eSPT PPN atau yang terbaru ke aplikasi e-Faktur.
  • Menyediakan berbagai laporan baik untuk keperluan eksternal maupun internal
  • Fleksibel, Standar, sederhana dan mudah dipahami.

 

Hasil Laporan Yang Lengkap dan Mudah Digunakan

Salah satu kelebihan software penjualan dari Krishand dibanding software serupa adalah Anda lengkap dan mudahnya dalam membuat laporan. Krishand menawarkan fitur laporan yang Anda butuhkan atau bahkan Anda juga dapat mengaturnya dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Berikut adalah hasil laporan-laporan yang terdapat di software milik Krishand ini.

  • Saldo Awal Piutang.
  • Surat Jalan .
  • Faktur Penjualan (Invoice) .
  • Faktur Pajak .
  • Kwitansi .
  • Daftar Surat Jalan Per Pelanggan .
  • Daftar Faktur Penjualan Per Pelanggan .
  • Daftar Faktur Penjualan Per Salesman .
  • Daftar Faktur Penjualan Per Proyek .
  • Kartu Piutang Dagang .
  • Rangkuman Piutang Dagang Per Proyek .
  • Analisa Umur Piutang Berdasarkan Tgl Invoice .
  • Analisa Umur Piutang Berdasarkan Tgl Jatuh Tempo .
  • Daftar Pembayaran Faktur Penjualan .
  • Daftar Pembayaran Faktur Penjualan Per Pelanggan .
  • Daftar Cek/Giro Yang Diterima .
  • Dan laporan-laporan lainnya untuk keperluan internal perusahaan .

Bagaimana, sangat lengkap kan kelebihan dan fitur yang dimiliki software penjualan Krishand ? Jika Anda ingin mencobanya terlebih dahulu sebelum membeli, Krishand juga menyediakan versi Trial untuk Anda yang ingin merasakan kelebihan dari fitur-fitur yang dimiliki oleh software dari Krishand tersebut dengan mengunjungi situs resminya di www.krishand.com .

Continue Reading

Aplikasi

Kelola Gaji Karyawan dengan Mudah dan Cepat Menggunakan Software Payroll Krishand

Published

on

Dengan canggihnya teknologi perangkat lunak saat ini membuat pekerjaan di berbagai divisi pada sebuah perusahaan menjadi lebih mudah, salah satunya adalah kemudahan mengatur sistem pembayaran gaji karyawan dengan menggunakan sebuah software payroll. Pada dasarnya software tersebut akan sangat membantu dalam hal menghitung gaji para karyawan berdasarkan waktu kehadiran dan jam kerja karyawan. Salah satu pembuat aplikasi payroll tersebut yang sudah sangat terkenal akan fiturnya yang lengkap adalah Krishand.

Saat ini sudah banyak sekali perusahaan dari berbagai bidang mulai dari perusahaan jasa, dagang dan manufaktur yang menggunakan aplikasi payroll milik Krishand ini. Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan,  software payroll Krishand ini juga dijual dengan harga yang terjangkau disertai dengan after sales yang baik untuk para pengguna software Krishand ini.

Kaya Akan Fitur Sesuai dengan Kebutuhan Para Staff HRD

Walaupun dijual dengan harga murah, Krishand membuat software ini dengan fitur yang sangat banyak dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan para staff HRD sehingga akan memberikan kemudahaan pada saat ingin menghitung akumulasi gaji karyawan. Terdapat beberapa fitur yang menjadi kelebihan dari software payroll dari Krishand ini, antara lain :

  • Berbasis Windows, sederhana dan mudah digunakan.
  • Multi-user.
  • Perhitungan PPh 21 sesuai dengan peraturan perpajakan terbaru.
  • Apabila ada perubahan peraturan (PTKP, Biaya Jabatan, dan tarif PPh 21), user dapat mengubah secara langsung dari program.
  • Pengerjaan gaji dapat di bagi berdasarkan level akses/permission menu.
  • Setup Jabatan, Cabang, Departemen, Section, Golongan, Grade , Setup Bank untuk laporan transfer bank.
  • Grouping laporan penghasilan bulanan yang fleksibel sesuai dengan struktur organisasi di perusahaan Anda
  • Data personal karyawan, pendidikan, daftar keluarga, training dan masa kontrak kerja.
  • Modul perhitungan lembur pegawai dan modul pnjaman.
  • Komponen Gaji tidak terbatas(tunjangan dan potongan) dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.
  • Fasilitas untuk membuat formula perhitungan (operator perhitungan AND, IIF , OR , +, -,/, *) dalam komponen penghasilan
  • Laporan Slip gaji, transfer bank dan summary gaji bulanan yang bisa didesign sendiri.
  • Fungsi copy data penghasilan bulan selanjutnya untuk menghindari penginputan data berulang.
  • Fasilitas impor/ekspor data dari/ke Ms. Excel.
  • Metode perhitungan PPh 21 netto (ditanggung karyawan), gross up (ditanggung perusahaan) dan partial gross up (Tarif 20% ditanggung pegawai).
  • Output Daftar Transfer Bank sudah sesuai dgn template transfer beberapa Bank (BCA, BII, CIMB NIAGA, dan beberapa bank lainnya).
  • Menyediakan semua formulir pajak yang berhubungan dengan pelaporan PPh 21 pegawai, baik laporan bulanan maupun tahunan dan format formulir pajak yang disediakan telah mengikuti ketentuan perpajakan terbaru. (Bukti Potong PPh 21/26, 21 Final, SPT Masa PPh 1721, formulir 1721-A1)
  • Untuk mencetak formulir pajak, cukup menggunakan kertas putih polos.
  • Menyediakan informasi mendetail  jumlah PPh 21 yang telah disetor untuk setiap pegawai tetap.
  • Menyediakan fungsi penomoran otomatis pada setiap pembuatan dokumen.
  • Transfer data ke program e-SPT PPh 21 bulanan dan tahunan.
  • Pengiriman slip gaji dalam format PDF ke email masing-masing pegawai yang diproteksi dengan password
  • Bahasa yang digunakan dalam laporan internal dapat dipilih (Indonesia atau Inggris).

 

Hasil Laporan yang Detail dan Dapat Disesuaikan dengan Kebutuhan

Satu lagi kelebihan yang dimiliki oleh software payroll dari Krishand adalah dapat memberikan hasil print out laporan yang sangat detail. Perusahaan dapat meminta kepada Krishand untuk mengatur hasil laporan sesuai dengan kebutuhan Staff HRD. Namun terdapat beberapa kelebihan hasil laporan yang ditawarkan oleh Krishand seperti :

  • Slip Gaji (user defined).
  • Daftar Penghasilan Bulanan/Tahunan (user defined).
  • Daftar Transfer Bank (user defined).
  • Bukti Pemotongan PPh 21/26, 21 Final.
  • SPT Masa PPh 21/26 dan Daftar Bukti Pemotingan PPh 21/26.
  • Formulir pelaporan PPh 21 (formulir 1721, 1721-I, 1721-II, 1721-III, 1721-IV, 1721 A1).
  • Laporan Jurnal Gaji
  • Laporan Saldo Pinjaman pegawai.
  • Laporan Rincian lembur pegawai.
  • Laporan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan
  • Laporan Man Power untuk keperluan analisa sumber daya manusia (SDM)
  • Dan laporan-laporan pelengkap lain untuk keperluan internal.

Bagi Anda yang mungkin tertarik ingin mencoba terlebih dahulu software dari Krishand ini, Anda dapat menggunakan versi trial yang dapat Anda unduh pada situs resmi Krishand di www.krishand.com .

Continue Reading

Aplikasi

Realme Luncurkan Realme Community Apps untuk Dekatkan Diri Dengan Pengguna Realme di Indonesia

Published

on

Trenteknologi.com – Merek yang terbaik adalah merek yang melakukan lebih dari sekadar menciptakan kesadaran maupun mencoba menarik banyak follower ke halaman media sosial mereka. Sejatinya, merek yang terbaik adalah yang mencoba meningkatkan keterlibatan pengguna atau konsumen dan membangun komunitas. Berangkat dari hal tersebut, Realme menginisiasi Komunitas Realme sebagai wadah untuk berkomunikasi dan berbagi antar pengguna Realme. Tidak hanya mendirikan komunitasnya, untuk memudahkan anggota komunitas agar lebih up-to-date dan dekat dengan merek smartphone yang digemari anak muda ini, Realme juga meluncurkan aplikasi Realme Community yang dapat diunduh melalui Google Play Store.

Komunitas Realme adalah wadah untuk mendapatkan update berita dan acara terbaru Realme, menguasai tips dan trik untuk memaksimalkan perangkat Realme, dan mendapatkan informasi tentang kegiatan online dan offline dari Realme. Anggota dari Komunitas Realme bisa mengunjungi komunitasnya dengan lebih mudah karena Realme telah merilis aplikasi Realme Community di Play Store sehingga anggota komunitas Realme dapat membaca artikel terbaru, menjawab pesan, dan berbincang dengan teman Realme kapanpun dan di manapun.

Hanya dalam waktu satu bulan setelah peluncurannya, Realme telah menjadi pilihan smartphone terbaik untuk generasi muda dan hal ini telah menjadi tonggak sejarah bagi Realme sebagai merek smartphone baru di Tanah Air. Realme juga menjadi barang hot list di kategori smartphone di Lazada setelah memecahkan rekor penjualan online perdana di Lazada. Di media sosial, Realme telah mendapatkan ‘like’ sebanyak 2.000.000 di media sosial dari teman-teman Realme Indonesia yang sangat berarti untuk pencapaian Realme dalam satu bulan hadir di Indonesia.

“Peluncuran aplikasi Realme Community di Indonesia merupakan wujud antusiasme kami menyambut pecinta Realme di Indonesia. Selain menjadi wadah untuk berbagi, update berita dan tips & trick mengenai produk-produk Power Meets Style dari Realme, anggota Komunitas Realme juga akan mendapatkan informasi tentang beragam kegiatan online dan offline kami di mana pada tiap kegiatan, ada banyak hadiah untuk dibagikan, termasuk smartphone Realme kami yang unik,” kata Josef Wang, Marketing Director Realme SEA.

Berbicara mengenai tujuan, Josef ingin menjadikan Realme Community apps ini tidak hanya sebagai platform penghubung antara brand dan pengguna. “Kedepannya, kami ingin mendengarkan feedback mereka, kami ingin berkomunikasi dengan mereka, kami ingin bisa tahu apa yang mereka inginkan melalui aplikasi ini. Ini adalah salah satu strategi kami, filosofi kami untuk menyediakan smartphone yang diinginkan oleh anak muda – smartphone yang mengintegrasikan kinerja yang kuat dan desain yang stylish namun dengan harga yang terjangkau,” tutup Josef.

Untuk mengunduh Realme Community apps, pengguna hanya perlu mengetikkan kata kunci “Realme Community” dalam laman pencarian Google PlayStore atau dengan mengunjungi link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.realmecomm.app. Selain itu, anggota Komunitas Realme di Indonesia juga dapat mengakses platform komunitasnya melalui web browser dengan mengunjungi link berikut: http://c.realme.com/id

Continue Reading
Advertisement Skillupacademy.com

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5