Connect with us

Aplikasi

Mengenali Lebih Dalam Suku Bunga Perbankan di Indonesia

Published

on

Trenteknologi.com – Dalam kehidupan sehari-hari kata suku bunga bukanlah sesuatu yang asing lagi. Baik itu dari pinjaman ataupun tabungan, unsur suku bunga akan selalu berada di produk-produk perbankan dan akan mempengaruhi nasabah. Jika ingin mendapatkan pinjaman yang termurah maka nasabah akan perlu mencari kredit dengan suku bunga rendah. Sedangkan jika ingin mencari tabungan paling menguntungkan maka nasabah perlu mencari tabungan bunga tertinggi.

Bunga adalah imbal jasa atas pinjaman uang atau harga dari penggunaan uang. Jadi bunga itu dapat dikatakan kompensasi yang diberikan dari sang peminjam uang kepada pemberi pinjaman atas ketersediaannya meminjamkan uang.

Seperti contohnya, imbal jasa dari pengambilan uang untuk Kredit Tanpa Agunan (KTA) adalah bunga yang ditagihkan, dimana bunga bertindak sebagai “harga” dari mendapatkan uang dalam jumlah penuh sekarang dan membayarnya secara cicilan. Persentase dari pokok pinjaman yang dibayar sebagai bunga dikenal sebagai suku bunga.

Tetapi bagaimana dengan suku bunga simpanan? Apakah konsep bunga itu berbeda di simpanan? Tidak! Sebenarnya simpanan merupakan pinjaman juga, akan tetapi dari nasabah untuk bank. Sehingga bank harus memberikan imbalan jasa atas pinjaman yang nasabah berikan dan imbalan tersebut berupa bunga. Untuk pemahaman lebih lanjut, berikut penjelasan perbandingannya.

Perbandingan suku bunga kredit dan suku bunga simpanan

Suku bunga simpanan merupakan suku bunga yang diberikan kepada nasabah sebagai balas jasa dari penyimpanan uangnya di bank. Tujuan dari suku bunga simpanan untuk mendorong nasabah agar tertarik menempatkan dananya di bank. Suku bunga simpanan untuk setiap produk bank akan berbeda. Sebagian produk simpanan seperti deposito akan lebih tinggi daripada tabungan. Hal ini disebabkan karena tabungan memiliki sifat yang sangat fleksibel, dimana nasabah dapat menarik uang tersebut kapanpun dia inginkan sedangkan deposito tidak.

Sedangkan suku bunga kredit merupakan suku bunga yang ditagihkan dari nasabah sebagai balas jasa atas meminjam uang dari bank. Suku bunga kredit merupakan sumber pendapatan bagi bank, sedangkan suku bunga simpanan merupakan beban pengeluaran untuk bank. Oleh sebab itu, bank akan menagihkan suku bunga kredit lebih tinggi daripada suku bunga pinjaman. Dengan margin perbedaan suku bunga pinjaman dan suku bunga simpanan tersebut maka bank dapat memperoleh keuntungan dan mempertahankan operasionalnya sehari-hari. Alasan lain mengapa suku bunga kredit biasanya lebih tinggi, karena bank memerlukan kompensasi lebih untuk menanggung resiko jika nasabah tidak mampu membayar pinjaman tersebut.

Kedua suku bunga ini berkaitan erat di sistem perbankan. Masing-masing bunga mempengaruhi satu sama lainnya, jadi jika terjadi kenaikan pada suku bunga simpanan maka suku bunga kredit juga akan naik.

Cara kerja bunga

Sebelum mengetahui cara kerja bunga, Anda perlu memahami bahwa dari setiap pinjaman akan tersedia jumlah pokok pinjaman. Jumlah pokok pinjaman merupakan total awal dari pinjaman yang diperoleh. Dalam hal simpanan berarti jumlah awal uang yang nasabah simpan. Bunga dihitung berdasarkan dari perkalian suku bunga dengan jumlah pokok pinjaman. Dalam hal pinjaman bunga akan dibayarkan sepanjang periode dengan cicilan pokok pinjaman. Sedangkan untuk simpanan maka bunga akan dibayarkan di akhir periode yang telah disetujui antara bank dan nasabah.

Tertarik untuk mengetahui tentang perbankan di Indonesia? Periksa juga fungsi bank secara umum dan sampingan.

Faktor yang mempengaruhi suku bunga

Tentunya Anda pernah terpikir mengapa terkadang suku bunga tersebut bisa naik atau lebih tinggi di kondisi tertentu? Atau mengapa terkadang suku bunga itu turun atau lebih rendah? Siapakah yang mengatur suku bunga? Atau apakah faktor yang mempengaruhinya?

Jika Anda belum mengetahuinya, sebenarnya suku bunga perbankan dipengaruhi oleh beberapa faktor. Dan setiap faktor ini menentukan pengaturan naik turunnya suku bunga bank di Indonesia. Baik itu suku bunga kredit ataupun simpanan. Berikutlah faktor yang mempengaruhinya:

  1. a) Kebutuhan dana

Faktor kebutuhan dana ini khusus untuk bunga simpanan. Apabila bank membutuhkan dana lebih berhubung meningkatnya jumlah permohonan pinjaman, maka solusi yang dilakukan bank untuk mendapatkan dana lebih cepat adalah meningkatkan suku bunga simpanan. Dan seperti yang dijelaskan sebelumnya jika suku bunga simpanan meningkat maka suku bunga kredit pun akan meningkat. Hal ini berlaku juga sebaliknya, jika bank memliki jumlah simpanan yang besar sehingga pengeluaran bank untuk membayar bunga meningkat. Serta permintaan pinjaman menurun, maka bank akan menurunkan bunga simpanan.

  1. b) Target laba bank

Faktor target laba ditargetkan khusus untuk bunga kredit. Jika bank ingin meningkatkan labanya maka bank akan meningkatkan suku bunga kredit dan demikian juga sebaliknya. Memang terdengar aneh jika bank tidak ingin meningkatkan labanya, tetapi bila dipikir kembali semakin tinggi suku bunga kredit, bank juga harus mempertimbangkan kemungkinan nasabah tidak mampu melunasi tagihan atau menunggak pembayaran. Apabila dua hal itu terjadi maka malah bank akan rugi.

  1. c) Kebijaksanaan pemerintah

Jika Anda belum menyadarinya, pemerintah juga memegang peran penting dalam posisi tingkat suku bunga bank. Baik itu suku bunga kredit ataupun simpanan, pemerintah memberikan batasan tingkat suku bunga melalui kebijakan dari bank sentral (Bank Indonesia). Jadi bank tidak dapat melampaui atau menurunkan lebih rendah dari batasan kebijakan suku bunga. Tujuannya agar saingan antar bank bersifat sehat.

  1. d) Kualitas jaminan

Faktor kualitas jaminan mempengaruhi tinggi rendahnya bunga yang didapatkan dalam pinjaman. Tergantung pada kualitas jaminan yang diberikan oleh nasabah, jika semakin mudah dicairkan (seperti emas) jaminan tersebut maka semakin rendah bunga kredit yang dibebankan untuk jenis pinjaman tersebut, begitu juga sebaliknya.

  1. e) Jangka waktu

Faktor jangka waktu memegang peran penting untuk bunga pinjaman dan simpanan. Dalam hal pinjaman semakin lama jangka waktunya maka semakin tinggi bunga yang ditagihkan. Hal ini disebabkan resiko macet dalam pembayaran semakin tinggi untuk bank, begitu juga sebaliknya. Sedangkan untuk simpanan, semakin lama jangka waktu yang dipilih maka semakin rendah bunga yang diberikan. Walaupun faktor ini berdasarkan dari aturan umumnya, tetapi terkadang ada juga bank yang membuat aturan semakin lama jangka waktu simpanan maka semakin besar suku bunga. Umumnya ini dilakukan oleh bank, ketika bank membutuhkan dana jangka panjang.

  1. f) Jenis produk

Apabila nasabah memilih untuk mengambil pinjaman dari bank untuk membiayai produk yang kompetitif. Maka bank umumnya memberikan bunga relatif rendah dibandingkan produk yang kurang kompetitif.

  1. g) Hubungan baik dan reputasi nasabah

Jika nasabah memiliki hubungan yang baik dengan bank atau reputasi nasabah sangat memuaskan pihak bank, maka bank akan lebih cenderung memberikan suku bunga kredit yang rendah. Hal ini karena bank sudah memiliki kepercayaan terhadap nasabah bahwa dia tidak akan tiba-tiba tidak mampu melunasi kredit atau terlambat melakukan angsuran.

*Sumber Artikel dari AturDuit Suku Bunga Bank.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Aplikasi

Bulan Puasa Belanja Online Makin Murah, dengan Promo Ramadhan Ekstra Tokopedia

Published

on

Bulan Ramadhan sebentar lagi akan tiba dalam waktu dekat. Pada bulan Ramadhan biasanya kita mengisi waktu menunggu berbuka puasa dalam berbagai hal, salah satunya adalah belanja online. Bagi Anda yang gemar berbelanja online, Tokopedia memberikan promo khusus yang bertajuk Ramadhan Ekstra. Dalam promo Ramadhan Ekstra, Tokopedia menawarkan berbagai jenis promo seperti Ekstra Flash Sale, Ketupat Ekstra, Ekstra Kejutan, Ekstra Bonus Produk Digital dan Produk Ekslusif Ramadhan.

Dengan adanya promo tersebut, Anda akan dapat menghemat pengeluaran belanja Anda dibandingkan berbelanja di toko offline atau Mall. Dan bagi Anda yang ingin berbelanja online di Tokopedia untuk turut meramaikan promo Ramadhan Ekstra ini, setidaknya terdapat beberapa tips penting agar belanja online Anda hemat selama bulan Ramadhan.

 

Bandingkan harga setiap toko online di Tokopedia

Salah satu kelebihan belanja online di Tokopedia adalah kita dapat membandingkan harga di setiap toko tanpa harus lelah berkeliling seperti di Mall. Jika Anda ingin mendapatkan harga barang termurah di Tokopedia, Anda hanya perlu mengetikkan nama barang yang ingin Anda cari lalu gunakan fitur Sort dan pilih menu Harga Termurah.

Pilih produk berkualitas dari kreator lokal

Produk hasil kreator lokal saat ini tidak kalah berkualitas dengan produk brand terkenal dunia. Bahkan dengan Anda membeli produk dari kreator lokal, Anda akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah serta membantu UKM di Indonesia. Anda dapat dengan mudah menemukan produk hasil kreator lokal melalui aplikasi Tokopedia dengan cara mengaktifkan Menu #KreasiLokal melalui fitur Filter.

Cari toko online terdekat

Ongkos kirim selalu menjadi hal yang paling diperhitungkan oleh pembeli pada saat berbelanja online. Maka dari itu sebagai tips jika Anda menginginkan ongkos kirim yang jauh lebih murah, disarankan untuk mencari toko online dengan lokasi yang dekat dengan lokasi Anda. Dengan Tokopedia, Anda dapat dengan mudah melihat lokasi toko yang menjual barang yang Anda inginkan, dengan cara melihat lebih detail profil toko tersebut.

Pilih cara pembayaran yang tepat

Satu hal lagi yang merupakan kelebihan dari berbelanja online di Tokopedia adalah Anda dapat dengan mudah memilih metode pembayaran yang diinginkan. Saat ini Tokopedia telah memiliki berbagai metode pembayaran yang dapat kita gunakan seperti Saldo Tokopedia, Transfer Bank, Kartu Kredit, Cicilan hingga pembayaran melalui minimarket. Dengan adanya pilihan metode pembayaran yang disediakan oleh Tokopedia tersebut, Anda akan dengan mudah menyesuaikan keuangan dan pastinya dapat lebih menghemat pengeluaran Anda.

Pilih metode pengiriman paling efisien

Saat ini Tokopedia telah bekerjasama dengan banyak jasa pengiriman yang akan sangat memudahkan pembeli untuk memilih jasa pengiriman yang diinginkan. Mulai dari jasa pengiriman konvesional hingga jasa pengiriman melalui transportasi online saat ini sudah dapat Anda gunakan di Tokopedia. Dengan begitu Anda dapat memilih jasa pengiriman dengan harga ongkos kirim terbaik sesuai anggaran Anda, yang pada akhirnya dapat menghemat keuangan.

Manfaatkan promo dan diskon

Dan hal yang paling dapat menghemat belanja online Anda selama bulan Ramadhan sudah tentu adalah promo dan diskon. Bukan Tokopedia rasanya jika tidak menawarkan berbagai promo dan diskon menarik setiap bulannya, khususnya pada bulan Ramadhan mendatang. Tokopedia akan mengadakan promo Ramadhan Ekstra selama bulan Ramadhan, dengan penawaran berbagai diskon menarik.

Makin Ekstra lagi, masih ada rahasia kejutan pada 25 Mei dari Tokopedia yang akan membuat Ramadan Ekstra menjadi lebih Ekstra! Layaknya festival belanja online “Black Friday”, kejutan seperti apa yang bakal buat pengalaman belanja online di bulan Ramadan Ekstra ini jadi lebih special?

Maka dari itu mulai sekarang langsung akses website atau instal aplikasi Tokopedia di smartphone Anda. Dan di tanggal 25 Mei 2018 mendatang, jangan lupa untuk melihat kejutan apa yang akan diberikan oleh Tokopedia. Karena siapa tahu di tanggal 25 Mei 2018, Tokopedia akan memberikan promo untuk produk yang Anda inginkan selama ini, dengan harga yang lebih terjangkau !

Continue Reading

Aplikasi

Muslim GO, Belajar Tentang Islam Semakin Mudah

Published

on

Trenteknologi.com – Belajar tentang Islam saat ini akan menjadi semakin mudah dan efisien, karena di era digital seperti saat ini kita dapat mempelajari Islam melalui berbagai jenis konten digital di smartphone. Dan untuk memenuhi kebutuhan tersebut, salah satu perusahaan pegembang aplikasi di Indonesia secara resmi meluncurkan sebuah aplikasi yang yang akan lebih mempermudah umat Muslim di dunia untuk belajar lebih lengkap mengenai Islam yaitu Muslim GO.

Muslim GO merupakan aplikasi mobile penyedia layanan keagamaan dan panduan lengkap bagi muslim di dunia, menjadi aplikasi Islam pertama dengan font Mushaf Al-Qur’an Standar Indonesia yang disertifikasi Kementerian Agama. Langkah ini semakin mengukuhkan posisi Muslim GO sebagai penyedia pedoman paling akurat dan terlengkap bagi umat Islam di seluruh dunia. Saat ini aplikasi Muslim GO telah digunakan oleh Muslim di beberapa Negara seperti Malaysia, Pakistan, China dan India dengan jutaan pengguna aktif di beberapa Negara tersebut.

(Kiri-Kanan) : H. Deni Hudaeny Ahmad Arifin, M.A – Kepala Bidang Pentashihan; Bapak Zarkasi; Dr. H. Muchlis M Hanafi, M.A – Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur’an; Ustadz Yusuf Mansur; Jarot Utomo – Makreting Manager, Muslim Go, Indonesia

Muslim GO saat ini menjadi satu-satunya aplikasi Islam yang telah di sertifikasi oleh Lembaga Lajnah Kementrian Agama Indonesia. Lajnah adalah lembaga yang bertugas untuk memeriksa atau mengkoreksi setiap mushaf atau lembaran-lembaran berisi tulisan Al-Qur’an yang akan dicetak dan diedarkan kepada masyarakat Indonesia. Lajnah merupakan bagian dari Puslitbang Lektur Keagamaan, Kementerian Agama.

Muslim GO menyediakan berbagai jenis fitur seperti Al-Quran digital, Waktu Sholat, Arah Kiblat, Daftar Restoran Halal hingga Konten Islami seperti ceramah agama, berita dan gaya hidup. Salah satu yang difokuskan dari berbagai fitur aplikasi ini adalah fitur Al-Quran yang telah menggunakan font mushaf Al-Quran standar Indonesia dan telah di sertifikasi secara resmi oleh Lembaga Lajnah Kementrian Agama Indonesia.

“Melayani lebih dari sejuta pengguna aktif dan diunduh lebih dari 2,5 juta kali di Indonesia menjadi tantangan yang kami atasi setiap harinya. Kami yakin, dengan menyediakan konten yang akurat dan berguna akan menarik minat masyarakat. Sehingga, umat takkan sekadar menggunakannya sebagai tools namun juga aplikasi esensial dalam keseharian mereka,” kata Jarot Utomo, Marketing Manager Muslim GO Indonesia.

Continue Reading

Aplikasi

SHAREit Tawarkan Solusi Konten Digital dan File Sharing Untuk Lintas Platform !

Published

on

Trenteknologi.com – Saat ini konsumsi media dalam format digital semakin meningkat di seluruh dunia. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan saat ini jumlah perangkat yang mampu mendukung media digital sudah banyak sekali diluncurkan dn disertai dengan akses internet yang kecepatannya semakin meningkat. Deloitte memberikan laporan bahwa pertumbuhan data tersebut rata-rata dikaitkan dengan berbagai jenis media digital, khususnya media digital pada layanan hiburan. Bahkan sebuah studi yang dilakukan oleh Cisco, 80% lalu lintas internet yan terjadi pada tahun 2019 berasal dari konten video.

Selain itu sebuah studi juga dilakukan oleh Pew Research, bahwa 70% pengguna smartphone di tahun 2017 seringkali berbagi konten video, gambar dan komentar mereka tentang persitiwa yang terjadi di komunitas mereka. Lalu sebuah prediksi juga dibuat oleh Statista, yang memprediksikan bahwa jumlah aplikasi smartphone akan terus meningkat setiap tahunnya. Statista juga memprediksi bahwa pada tahun 2021 mendatang, jumlah pengguna smartphone yang mengunduh aplikasi dapat mencapai 352,9 juta undunhan.

Dan bebekal data tersebut, SHAREit sebagai aplikasi digital content multiplatform dengan pengguna global mencapai 1,3 miliar, dibuat dengan satu tujuan utama yakni memberikan pengguna kesempatan untuk mengakses sebanyak mungkin konten digital dan membaginya dengan siapapun, kapan saja! Salah satu hal terbaik tentang SHAREit, adalah mekanisme transfernya yang optimal membuatnya mudah mengirim dan menerima file besar dengan cepat.

SHAREit merupakan sebuah aplikasi konten digital lintas platform terbaik saat ini, yang memiliki kemampuan mengirim file dengan mudah, cepat dan pastinya gratis. Dengan kemampuannya tersebut, SHAREit menawarkan solusi konektivitas kepada para pengguna smartphone yang menginginkan sebuah aplikasi yang cerdas dan efisien. Saat ini SHAREit dapat digunakan oleh para pengguna smartphone dengan sistem operasi Android, Ios, Windows Phone bahkan juga untuk pengguna PC Desktop yang menggunakan sistem operasi Windows ataupun Mac OS. Untuk mengirim berbagai jenis konten media, SHAREit memiliki keunggulan dalam hal kecepatan pengirimannya, yang diklaim memiliki kecepatan 200 kali lipat lebih cepat dibandingkan Bluetooth, dengan kecepatan pengiriman hingga 20 Mbps.

Selain memiliki kemampuan pengiriman file dengan kecepatan tinggi, saat ini SHAREit juga menawarkan kepada pengguna yang ingin menikmati berbagai jenis konten digital. Dengan menggunakan aplikasi ini, akan memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video online tanpa batas, pemutar musik yang elegan, konten yang dipersonalisasi, dan mentransfer semua jenis file.

Continue Reading

Jooble.id

Advertisement
Advertisement

Tips & Trick

Review

Advertisement

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5