Connect with us

Berita

Pilih Realme 5 Pro dengan RAM 8GB yang Andal Multitasking atau yang Fokus Gaming dengan RAM 6GB?

Published

on

Trenteknologi.com – Pasar ponsel di Indonesia terberkahi dengan disediakan banyaknya pilihan produk. Mau dari range harga bawah satu juta hingga yang di atas 10 juta tersedia secara resmi di sini. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan akan kebutuhan yang baik dalam memilih calon peneman keseharian.

Mayoritas pengguna ponsel pintar menyukai produk berkamera bagus. Inilah yang menjadi latar belakang lahirnya realme 5 Pro. Ponsel pintar dari brand realme tersebut berfokus di bidang pencitraan dengan bukti menyematkan sensor kamera terbaik di kelasnya bernama Sony IMX586 48MP. Sensor ini memiliki keistimewaan dengan menggunakan teknologi quad bayer pixel 4-in-1. Melalui teknologi itu, para pengguna dapat mengambil foto dengan hasil yang terbaik meski di lingkungan rendah cahaya.

Belum lagi tiga tambahan kamera lain. Sebab realme 5 Pro menggunakan konfigurasi empat kamera belakang atau yang disebut dengan nama Quad Camera. Kamera utamanya dipasangkan dengan kamera seperti lensa ultra-wide angle, lensa depth sensor, dan lensa ultra-macro.

Tapi tidak hanya itu, pertimbangan lain yang biasa dilakukan adalah yang berhubungan dengan performa. Untungnya realme 5 Pro menggunakan prosesor Snapdragon 712 sehingga bisa berikan jaminan performa kelas flagship. Prosesor ini memiliki arsitektur 10nm yang berdampak kepada kecepatan kinerja kerja multitasking serta efisiensi.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 menggunakan teknologi proses FinFET 10nm untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa pakai baterai yang lebih lama sambil meningkatkan kinerja saat diajak membuka banyak aplikasi sekalipun. Dikombinasikan dengan kapasitas RAM 8GB, urusan performa sudah bukan menjadi hal yang patut dikhawatirkan lagi.

BACA JUGA :  Realme Buds Air Bakal Resmi Meluncur di Indonesia pada 15 Januari 2020

Tapi baru-baru ini muncul produk lain dengan prosesor MediaTek Helio G90T yang berfokus di kinerja gaming dikombinasikan kapasitas RAM maksimal hanya 6GB. Prosesor Snapdragon sendiri dikenal sebagai prosesor smartphone level kelas atas dengan manajemen pengaturan suhu yang baik. Hal ini menjadikan ponsel bekerja secara lebih stabil, atau tidak melambat meski dipakai terus menerus. Ini penting karena prosesor MediaTek kerap memiliki reputasi yang buruk dalam hal ini. Bahkan tidak jarang produk smartphone yang menggunakan prosesor MediaTek biasanya dianggap lebih rendah kastanya dibandingkan rekan-rekan smartphone dengan Snapdragon.

Dengan range harga yang sama, jelas realme 5 Pro lebih dapat berikan performa all around dibanding kompetitornya yang menggunakan Helio G90T itu. Karena umumnya kita menggunakan ponsel dalam beragam kegiatan tidak hanya gaming. Terlebih chip Snapdragon 712 memang memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya karena didasarkan pada proses fabrikasi 10nm. Jika dibandingkan dengan Helio G90T yang saat ini dipakai oleh Redmi Note 8 Pro didasarkan pada proses fabrikasi 12nm.

Boleh pengguna menyukai performa prosesor yang memiliki performa maksimal saat diajak bermain game. Tapi jangan sampai dalam melakukan aktivitas lain performanya tidak sebaik dalam bermain game. Kapasitas RAM juga berpengaruh dalam performa, jadi lebih besar itu selalu lebih baik dan realme 5 Pro bisa berikan segalanya.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement