Review realme 11, Smartphone 3 Jutaan dengan Performa Ngebut dan Kamera Memukau

realme 11 mengusung Terminator Triple Combo lewat 3 fitur unggulan yakni chipset yang bertenaga, memori besar, dan pengisian daya tercepat di kelasnya. realme 11 dibekali dengan prosesor MediaTek G99 yang menjadi keunggulannya, dengan skor benchmark AnTuTu yang mencapai lebih dari 420 ribu.

Trenteknologi.com – Setelah meluncurkan realme 11 Pro Series 5G ke pasar Indonesia, tidak lama setelah itu realme kembali mendobrak pasar smartphone kelas menengah di Indonesia dengan meluncurkan realme 11. realme 11 membawa performa yang powerful untuk smartphone di kelasnya dengan mengusung Terminator Triple Combo lewat 3 fitur unggulan yakni chipset yang bertenaga, memori besar, dan pengisian daya tercepat di kelasnya. realme 11 dibekali dengan prosesor MediaTek G99 yang menjadi keunggulannya, dengan skor benchmark AnTuTu yang mencapai lebih dari 420 ribu.

Didukung oleh Dynamic RAM hingga 16GB, realme 11 mampu menghadapi tugas-tugas yang memerlukan daya tinggi, menjadikan pengalaman bermain lebih mulus, terutama saat bermain game dengan tuntutan performa tinggi. Tidak hanya itu, realme 11 juga didukung dengan fitur 67W SUPERVOOC Charge yang merupakan pengisian daya tercepat di kelas harganya, yang diklaim mampu mengisi baterai berkapasitas 5.000 mAh hingga 50% dalam waktu 17 menit saja. Smartphone ini juga menampilkan kamera level flagship dengan resolusi 108MP dan fitur 3x in-sensor zoom.

Bagaimana kesan kami saat menggunakan smartphone ini dari segi bermain game hingga penggunaan sehari-hari? Apakah ponsel dengan harga Rp 3 jutaan ini benar-benar mampu memberikan pengalaman yang memuaskan? berikut ulasannya.

Desain Premium yang Nyaman Digenggam 

realme 11 mengusung desain Glory Halo Design yang cukup menarik untuk smartphone di kelasnya. Dengan desain tersebut, realme 11 ini terlihat sangat premium dengan desain modul kamera utama berbentuk bulat yang menurut realme terinspirasi dari jam tangan mewah. Desain yang menarik yang sulit untuk ditemukan di kelas harga Rp 3 jutaan.

Smartphone ini memiliki dimensi 159.9mm x 73.3 mm x 7.95 mm dengan bobot yang ringan hanya 178g. Saat pertama kali  memegang realme 11 ini, kesan pertama kali adalah smartphone ini sangat nyaman digenggam. Hal yang kami suka juga dari desain smartphone realme ini adalah bodi belakangnya tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari.

Pada bagian samping bodinya, di sisi kanan terdapat tombol daya yang juga berfungsi sebagai pemindai sidik jari, serta tombol volume yang sedikit menonjol. Posisi tombol daya dirancang dengan ergonomis, memudahkan jari pengguna untuk mengaksesnya dan dapat membuka kunci layar dengan lebih cepat. Di sisi kiri, terdapat slot untuk Sim Card Tray ganda yang mendukung Dual SIM, keduanya mendukung jaringan 4G. Pada sisi bawah, terdapat konektor USB-C, bersama dengan lubang speaker dan jack audio 3,5mm.

Performa Ngebut dengan Mediatek Helio G99 

Saat pertama kali menggunakan realme 11, kami langsung dapat merasakan kecepatan performa dari smartphone ini. Dengan chipset Mediatek Helio G99 sebagai otaknya dengan GPU ARM G57 MC2, realme 11 dapat menunjukkan kinerja dan responsivitas yang sangat unggul. Kinerja realme 11 juga ditambah dengan bekal RAM 8GB dengan penyimpanan internal 256GB, yang memungkinkan mengatasi aplikasi yang intensif dan memberikan kinerja yang lancar tanpa lag. Dengan kapasitas memori yang cukup besar ini memastikan pemanfaatan sumber daya sistem secara efisien, sehingga kami dapat dengan lancar menjalankan aplikasi yang membutuhkan banyak memori dan menikmati multitasking tanpa lag.

BACA JUGA :  Rekomendasi Hape Rp 1 Jutaan dari realme C Series yang Bisa Jadi Pilihan Terbaik

Performa yang sangat baik dari realme 11 juga kami dapatkan dengan cara melakukan pengujian menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 445.728
  • GeekBench 6 : 698 (Single Core) – 1882 (Multi Core)
  • PCMark : 10468
  • 3D Mark : 2761 (Sling Shot Extreme)

Performa realme 11 juga dipengaruhi oleh perangkat lunak terbaru, yaitu realme UI 4.0 yang berbasis Android 13. Melalui realme UI 4.0, realme 11 juga telah mendukung fitur Dynamic RAM yang memungkinkan pengguna untuk memperluas RAM secara virtual hingga 8GB+8GB. Terdapat pula perubahan pada Media Control baru sebagai bagian dari Android 13, animasi yang lebih baik, widget dinamis, serta peningkatan pada pusat notifikasi dan kontrol yang juga dihadirkan dalam realme UI 4.0. UI terbaru ini juga menghadirkan fitur yang dapat meningkatkan volume speaker hingga 200% pada smartphone realme ini.

Dengan perpaduan spesifikasi tersebut, kami merasa sangat puas dengan kinerja realme 11 dalam berbagai situasi. Ponsel ini menunjukkan performa yang luar biasa saat digunakan untuk bermain game seperti PUBG, Arena Breakout, Call of Duty, dan Asphalt 9, serta saat menonton video di YouTube dengan resolusi FHD. Selain itu, realme 11 juga mampu menangani dengan lancar streaming video melalui aplikasi layanan streaming, berinteraksi di media sosial seperti Instagram dan Facebook, dan bahkan dalam kegiatan multitasking yang berjalan dengan sangat mulus.

Baterai Tahan Lama dan Pengisian Daya Cepat dengan 67W SUPERVOOC

Dalam mobilitas kita sehari-hari, daya tahan baterai menjadi faktor penentu dalam memilih smartphone. realme 11 tidak hanya memahami kebutuhan ini, tetapi juga memberikan solusi yang luar biasa. Dengan baterai berkapasitas 5000mAh, Anda dapat menjalankan berbagai tugas tanpa khawatir kehabisan daya. Tetapi yang lebih mengesankan adalah fitur 67W SUPERVOOC Charge yang tercepat di kelas smartphone harga Rp 3 jutaan. Dalam waktu singkat, baterai dapat terisi penuh, memungkinkan Anda untuk kembali ke aktivitas tanpa harus menunggu lama.

67W SUPERVOOC Charging Test
67W SUPERVOOC Charging Test

Dalam pengujian kami, dengan fitur 67W SUPERVOOC Charge, hanya butuh waktu kurang dari 1 jam saja untuk mengisi daya baterai realme 11 dari 20% hingga 100%. Daya tahan dari baterai smartphone ini juga cukup menakjubkan, baterai realme 11 memiliki daya tahan baterai yang sangat panjang yaitu siaga: 673 jam, panggilan telepon: 52 jam, YouTube: 21 jam, WhatsApp: 16 jam, Twitter: 10 jam, Spotify: 42 jam, TikTok: 15 jam, PUBG Mobile pada 40fps: 9,19 jam.

BACA JUGA :  Ini Daftar Hape realme yang Cocok Untuk Gaming, Tawarkan Performa Tinggi

Kamera yang Memukau di Segala Kondisi Pencahayaan

Bagi kami, kamera adalah salah satu aspek yang paling penting dalam memilih smartphone saat ini. Dalam hal ini, realme 11 benar-benar memenuhi ekspektasi kami. Kamera belakang utama dengan resolusi 108MP ProLight Camera yang telah mendukung 3x in-sensor zoom adalah daya tarik utama. 

Hasil foto yang dihasilkan penuh dengan detail, bahkan ketika diperbesar. Focal Length 25mm dan FOV 83.63° memberikan sudut pandang yang luas, ideal untuk berbagai jenis foto.

Aperture f/1.79 adalah kelebihan lainnya yang saya hargai. Saya tidak perlu khawatir tentang buramnya gambar akibat guncangan tangan atau kondisi cahaya yang kurang mendukung. Selain itu, adanya kamera potret 2MP dengan efek bokeh yang memukau memberikan fleksibilitas ekstra dalam mengambil foto potret yang menakjubkan.

Kami mencoba mengambil beberapa sample foto pada siang atau malam hari untuk melihat secara langsung bagaimana kemampuan dari kamera 108MP ProLight yang dimiliki oleh realme 11 ini. Menurut kami, kamera utama dari realme 11 ini dapat menghasilkan foto dengan baik pada siang ataupun malam hari, dengan tingkat detail yang tinggi, warna yang ditampilkan lebih natural tidak berlebihan, kontras yang baik, dan dynamic range yang cukup lebar.

Salah satu hal yang juga membuat kami takjub dengan kamera realme 11 ini adalah dukungan 3x in-sensor zoom yang menjadi unggulan di kelasnya, yang mampu menghasilkan kualitas foto lebih detail.

Karena Fitur 3x in-sensor zoom memungkinkan pengguna untuk mendapatkan perspektif angle baru dengan fokus yang lebih dekat pada subjek, tanpa harus mengorbankan kualitas fotonya. 

Ketika mengambil foto di malam hari dengan menggunakan mode Nightscape, kami merasa cukup puas dengan hasilnya. Foto-foto yang diambil pada kondisi pencahayaan minim ini tetap menghasilkan gambar yang terang, dengan keseimbangan yang baik antara highlight dan shadow. Selain itu, foto-foto tersebut tetap tajam tanpa mengurangi detail, warnanya pun tampak natural, noise sangat minim, dan setiap detail terlihat jelas. Menariknya, saat menggunakan mode Nightscape, waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan foto yang siap juga sangat cepat, hanya memerlukan beberapa detik saja.

Mengenai kamera depannya, realme 11 menggunakan sensor kamera 16MP. Hasil foto selfie yang dihasilkan oleh kamera ini juga menunjukkan kualitas yang memuaskan, dengan detail yang tajam, ketajaman yang optimal, serta tingkat noise yang rendah.

BACA JUGA :  realme P1 Series Tawarkan Hape dengan Performa, Kamera, dan Daya Tahan Baterai Unggulan

Tampilan Memesona dengan Layar 90Hz Super AMOLED

realme 11 memberikan pengalaman visual yang memukau dengan reproduksi warna yang hidup dan kontras yang tajam melalui layar Super AMOLED 90Hz. Dengan resolusi 2400×1080 (FHD+) pada ukuran 6.4 inci, setiap detail visual yang ditampilkan pada layar terlihat sangat hidup dan jelas. Layar ini memiliki rasio yang mencapai 90.8%, memberikan pandangan yang lebih luas, sehingga sangat nyaman terutama pada saat menonton video ataupun bermain game. Dengan refresh rate 90Hz memastikan bahwa setiap gerakan di layar terasa lebih mulus, memberikan pengalaman navigasi yang lebih responsif.

Selama kami menggunakan realme 11 ini khususnya untuk bermain game seperti PUBG, Arena Breakout ataupun FIFA yang membutuhkan sentuhan layar yang cepat, kinerja layarnya dapat memenuhi kebetuhan tersebut dan kami sangat puas dengan kinerja layar yang dimiliki oleh smartphone ini.

Harga realme 11

realme 11 tersedia dalam dua pilihan warna yaitu Glory Gold dan Dark Glory. Hadir dengan RAM 8GB+8GB Dynamic RAM dan penyimpanan internal 256GB yang dibanderol dengan harga Rp 3.499.000, dan gratis realme Buds T100 yang akan tersedia secara online mulai periode Flash Sale, eksklusif di realme.com, shopee dan akulaku tanggal 28 Agustus 2023 pukul 12.00 WIB.

Smartphone yang tangguh ini juga bisa dipesan melalui pre-order secara offline di realme Brand Store, Erafone, dan toko mitra dengan menawarkan berbagai promo menarik seperti gratis realme Buds T100, Cicilan 0% dengan DP 0% selama 6 bulan, trade-in dengan cashback hingga 500ribu rupiah (khusus di toko offline realme) dan 6 bulan proteksi layar pada periode 23-31 Agustus 2023.

Ada juga layanan Leap Up Service meliputi gratis stiker bergambar edisi khusus untuk smartphone, perpanjangan masa pergantian unit, serta gratis penggantian anti gores, syarat dan ketentuan berlaku. 

Kesimpulan 

Secara keseluruhan, realme 11 adalah perangkat yang menggabungkan teknologi canggih dengan pengalaman pengguna yang mengesankan. Dari performa yang kuat hingga kamera yang memukau dan layar yang mengagumkan, realme 11 menghadirkan semuanya. Dengan dimensi yang ramping, bobot ringan, baterai tahan lama, dan Performa yang tangguh di kelasnya, smartphone ini benar-benar mewakili kebutuhan pengguna.

Dari pengalaman kami selama menggunakan realme 11, smartphone ini telah memenuhi dan bahkan melampaui ekspektasi. Dalam dunia yang serba cepat, memiliki perangkat yang dapat menemani segala aktivitas adalah impian setiap orang. realme 11, dengan segala daya tariknya, adalah pilihan yang tepat untuk pengguna yang sedang mencari smartphone dengan harga Rp3 Jutaan.

Total
0
Shares
2 comments
  1. Pingback: Kamera Realme 11 Buat Foto Malam Jadi Lebih Menakjubkan - umkonews.com
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Jenius Rayakan 7 Tahun dengan Solusi Keuangan Lebih Canggih bagi Digital Savvy

Next Post

realme Rayakan Tahun Ke-5 dengan Luncurkan realme 11 dan Produk AIoT Terbaru

Related Posts
Total
0
Share