Review realme Book, Laptop Ultrabook Murah dengan Performa Kencang

Trenteknologi.com – realme kembali melakukan gebrakan dengan meluncurkan realme Book ke pasar laptop Indonesia. Dengan slogan “Dare to Create”, jelas realme menargetkan laptopnya ini untuk para konten kreator yang membutuhkan sebuah laptop tipis mudah dibawa kemanapun, dengan desain yang stylish, namun dengan performa yang tidak nanggung. Peluncurkan laptop realme ini juga sepertinya sebagai memanfaatkan momen pandemi yang membuat hampir semua orang bekerja dirumah, dan membutuhkan laptop dengan spesifikasi yang dapat memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya.

Lalu bagaimana kesan kami menggunakan realme Book ini selama beberapa hari? apakah laptop ultrabook ini memiliki performa yang memuaskan dan bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan ? Berikut ini adalah ulasan dari Trenteknologi.com.

Desain Premium dan Kompak

Kesan pertama kali ketika kami melihat dan memegang realme Book ini adalah sangat terasa premium. Kesan premium tersebut sangat terasa berkat balutan bodi metal serta dimensi yang sangat tipis hanya 14,9mm dan bobot yang ringan kurang lebih 1.48kg saja. Menurut realme, realme Book ini mengadaptasi campuran aluminium pada desain bahannya, yang dibuat dengan indah melalui proses memotongan CNC, sandblasting, dan anodisasi. Dibuat dengan melalui lebih dari 30 proses sehingga dapat menghasilkan laptop yang trendy dan stylish.

realme Book hadir dengan dua pilihan warna yaitu Real Blue dan Real Grey, dan yang kami gunakan saat ini adalah warna Real Blue yang juga memberikan kesan elegan dan stylish. Selain menjadi laptop yang sangat tipis dan ringan, laptop realme ini juga sangat terasa memiliki bodi yang kokoh, bahkan pada saat kami mengangkatnya dengan satu tangan saja tidak terasa adanya flexing.

Keyboard: realme Book telah dibekali dengan keyboard Chiclet yang dilengkapi dengan Backlit, sangat nyaman digunakan untuk mengetik. Walaupun tidak memiliki travel yang cukup dalam, namun keyboard pada laptop realme ini juga sudah cukup nyaman digunakan aktivitas Gaming.

Fingerprint: Untuk sektor keamanan, realme Book juga telah dilengkapi dengan sensor Fingerprint yang juga sekaligus berfungsi sebagai tombol Power. Sensor yang dimiliki oleh laptop realme ini menurut kami sangat responsif.

Layar 14-inch dengan Kualitas yang Tajam dan Jernih

Dengan layar seluas 14 inch dan rasio 3:2 serta bezel tipis 5,3mm pada realme Book juga menjadi salah satu yang membuat kami takjub dari laptop realme ini, karena memberikan pengalaman visual yang sangat memanjakan mata kita. Pengalaman visual yang luar biasa juga diberikan karena layar 2K Full Vision Display dengan panel IPS beresolusi 2160×1440 yang menampilkan warna yang sangat kaya berkat ruang warna 100% sRGB serta kecerahan layar yang mencapai 400 nits.

Panel layar IPS pada realme Book juga telah menggunakan Corning Gorilla Glass dan Oleophobic Coating yang akan membuatnya anti terhadap goresan dan tahan noda.

Port & Konektivitas Berkecepatan Tinggi

Untuk ketersediaan port, menurut kami realme Book telah memiliki port yang cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan pengguna. Di sebelah kanan, terdapat port USB Type-A dan juga jack audio 3,5mm. Lalu pada bagian kirinya, terdapat port 2 USB Type-C yang salah satunya telah mendukung Thunderbolt 4, dapat digunakan sebagai port pengisi daya baterai dan juga transfer file berkecepatan tinggi. Namun jika nantinya pengguna merasa kurang pada port yang disediakan  laptop realme ini, nantinya realme juga akan segera menghadirkan realme Hub yang mendukung ekspansi port lebih banyak.

Lalu untuk konektivitasnya, realme Book ini juga telah hadir dengan teknologi konektivitas terbaru diantaranya adalah WiFi 6 yang telah mendukung frekuensi 2,4 GHz dan 5 GHz, serta Bluetooth versi 5.2.

Performa Mulus dan Kencang

Walaupun sebagai laptop ultrabook, realme Book telah dibekali dengan spesifikasi dapur pacu yang dapat menghasilkan performa kencang. realme Book menggunakan prosesor Intel Generasi 11 yaitu Intel Core i5-1135G7 berkecepatan 2.4Ghz hingga 4.2GHz dengan Turbo Boost serta CPU 4-core 8-thread dan juga kartu grafis Intel Iris Xe yang terkenal memiliki kinerja jauh lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya bahkan lebih baik dibandingkan dengan NVIDIA MX350.

Performa yang mulus dan kencang pada laptop realme ini juga berkat RAM 8GB LPDDR4x dengan Dual-Channel yang membuat aktivitas multitasking, bermain game hingga untuk menjalankan berbagai aplikasi yang biasa digunakan oleh para konten kreator seperti Adobe Premiere, Adobe Photoshop sangat lancar tanpa kendala.

Pengujian SSD : Untuk lebih membuat performanya lebih mulus, laptop realme ini juga telah menggunakan PCIe NVMe SSD berkapasitas 512GB yang memiliki kecepatan baca 3124.59 MB/s dan kecepatan tulis 1891.84 MB/s.

Kami juga cukup kaget dengan kecepatan baca dan tulis yang dimiliki oleh realme Book tersebut, karena biasanya SSD dengan kecepatan baca dan tulis seperti itu digunakan oleh laptop dengan harga yang jauh lebih mahal.

Pengujian Benchmark : Kami juga melakukan pengujian dengan menggunakan software Benchmark untuk mengetahui berapa skor akurat yang didapatkan untuk performa dari laptop realme ini. Kami mencoba dengan tiga software Benchmark seperti PC Mark 10, 3D Mark dan juga Cinebench R15.

  • PC Mark 10 : 4814
  • 3D Mark Time Spy : 1540

Dengan hasil skor tersebut menurut kami skor tersebut cukup tinggi, mengingat laptop ini merupakan laptop Ultrabook dengan harga yang cukup murah dikelasnya. Sektor dapur pacu yang terdiri dari CPU, GPU, RAM hingga SSD terlihat sangat bekerja dengan baik, tanpa ada kendala seperti bottleneck.

Pengujian Gaming : Untuk mencoba dan membuktikan performa dari laptop realme ini, kami mencoba beberapa game seperti CS-Go hingga Pro Evolution Soccer 2021, hasilnya game yang kami mainkan tersebut berjalan cukup lancar dengan FPS rata-rata 55-65 FPS.

Terbukti perpaduan Intel Core i5-1135G7 dan juga Intel Iris Xe sangat bekerja dengan baik untuk menjalankan game tersebut dengan baik, walaupun dengan catatan harus menyesuaikan resolusi ataupun kualitas grafisnya.

Pengujian Render Video : Terakhir kami juga melakukan pengujian dengan cara melakukan render video menggunakan Adobe Premiere Pro. Untuk video berdurasi 1 menit dengan banyak sekali elemen Audio, Video, Grading Warna dan kami render untuk resolusi 4K, estimasi video hanya memakan waktu sekitar 11 menit saja.

Selama kami menggunakan laptop realme ini untuk bermain game selama berjam-jam, Dual-Fan Strom Cooling System yang telah disematkan pada laptop ini juga bekerja dengan sangat baik untuk pendinginannya dan juga suara kipas yang halus.

Audio yang Jernih dengan Stereo Sound by DTS HARMAN

Tidak hanya menawarkan visual yang luar biasa, realme Book juga menawarkan pengalaman audio yang sangat menawan. Dengan fitur 2 HARMAN pada speakernya dan telah mendukung DTS HD, kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker laptop realme ini sangat jernih.

Selain itu laptop realme ini juga telah dilengkapi dengan Dual Mic dengan fitur Noise Cancellation yang menggunakan alogaritma dari Elevoc Vocplus AI Noise Cancellation serta menggunakan teknologi Vocplus Pre-processing, dan teknologi Vocplus Scream Suppression.

Baterai yang Tahan Lama dengan Pengisian Cepat

realme Book memiliki baterai berkapasitas 54Wh, untuk penggunaan standar seperti browsing, memutar video ataupun mendengarkan musik secara terus menerus, daya baterai pada realme Book ini dapat bertahan lama hingga 11 jam. Jika digunakan untuk aktivitas Gaming, daya tahan baterai laptop realme ini dapat bertahan kurang lebih hingga 4-8 jam.

Lalu dengan adanya port USB Type-C yang telah mendukung Thunderbolt 4, pengisian daya realme Book ini sangat cepat hanya 30 menit untuk mendapatkan daya baterai 50%. Pengisian cepat tersebut juga dapat terjadi berkat charger 65W yang juga cocok dengan teknologi realme 30W sehingga bisa digunakan sebagai pengisi daya baterai smartphone realme, powerbank dan lainnya.

Harga realme Book

realme Book hadir dengan 2 varian yaitu dengan prosesor Intel Core i5-1135G7 dan juga varian Intel Core i3-1115G4 yang dibanderol dengan harga Rp. 10,999,000 dan Rp. 9.299.000 yang dapat Anda beli di realme.com atau JD.ID. Untuk masa garansinya, realme memberikan masa garansi 24 bulan di seluruh realme Official Service Center.

Kesimpulan

Kesimpulan
10 10 0 1
Selama kami menggunakan dan melakukan uji coba pada realme Book ini selama beberapa hari, tidak ada kesan negatif terhadap laptop realme ini. Menurut kami realme berhasil melakukan debut yang sangat luar biasa, realme berhasil menciptakan sebuah laptop yang punya banyak kelebihan namun dengan harga yang kompetitif. realme Book sangat cocok bagi para konten kreator ataupun untuk pemakaian di kantor yang menginginkan sebuah laptop tipis dan ringan sehingga mudah dibawa kemanapun, namun dengan performa yang mulus serta kencang.
Selama kami menggunakan dan melakukan uji coba pada realme Book ini selama beberapa hari, tidak ada kesan negatif terhadap laptop realme ini. Menurut kami realme berhasil melakukan debut yang sangat luar biasa, realme berhasil menciptakan sebuah laptop yang punya banyak kelebihan namun dengan harga yang kompetitif. realme Book sangat cocok bagi para konten kreator ataupun untuk pemakaian di kantor yang menginginkan sebuah laptop tipis dan ringan sehingga mudah dibawa kemanapun, namun dengan performa yang mulus serta kencang.
10/10
Total Score
  • Desain
    10/10 The best
  • Layar
    9/10 Amazing
  • Performa
    10/10 The best
  • Fitur
    10/10 The best
Total
1
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Membuat Bisnis Tampil di Mesin Pencari dengan Jasa SEO Expert

Next Post

Tiga Produk AIoT realme Ini Wajib Dimiliki, untuk Dukung Hidup Lebih Produktif

Related Posts
Total
1
Share