Review realme C20, Smartphone 1 Jutaan dengan Performa Mulus & Baterai Besar

Trenteknologi.com – Keterbatasan budget kerap membuat pilihan smartphone yang akan kita beli jadi semakin mengerucut. Apalagi, kalau kita berbicara tentang smartphone harga di bawah 1,5 jutaan. Di kelas entry-level, meski pilihannya cukup banyak. Akan tetapi, hanya sedikit yang benar-benar memberikan spesifikasi dan fitur yang seimbang, seperti yang ditawarkan oleh realme C20.

Kami katakan seimbang karena, hampir semua fitur dan komponen pada realme C20 terasa sangat memuaskan dan sepadan dengan harganya. Mulai dari chipset octa-core Mediatek Helio G35, memori internal 32GB, layar lebar berukuran 6,5 inci, konektivitas Bluetooth 5.0, sistem operasi Android 10, baterai besar berkapasitas 5000mAh yang didukung charger 10W, pilihan warna yang elegan terdiri atas hitam dan biru, hingga dukungan sensor yang lengkap terdiri atas sensor proximity, compass, accelerometer, hingga light sensor.

Seperti yang sudah diketahui, seri-C dari realme telah digunakan lebih dari belasan juta orang di Indonesia, dengan keandalan di baterai besar 5000mAh dan layar yang besar 6,5 inci dengan 89,5% Rasio Bodi-ke-Layar, smartphone ini diklaim menjadi entry-level king baru dengan banderol harga dibawah Rp 1,5 juta untuk memperkuat posisi C series dari realme sebagai Entry-Level King smartphone di Indonesia.

Untuk membuktikan bahwa realme C20 adalah smartphone Entry-Level King Baru, Kami akan mengulas smartphone ini sedikit lebih dalam. Sehingga, Anda bisa mengetahui bagaimana kemampuan baterainya, kualitas layarnya, performanya, kamera, dan fitur-fitur lainnya.

Baterai Besar dengan Daya Tahan Lama

realme C20 dibekali dengan baterai jenis Li-po berkapasitas 5000mAh. Berbekal kapasitas baterai yang besar tersebut, smartphone ini dapat dengan mudah bertahan hingga berhari-hari.

Bagi Anda yang tidak suka bolak-balik charge hape, hape dengan baterai besar seperti ini layak Anda pertimbangkan. Apalagi, realme juga telah meningkatkan kemampuan fitur Super Power Saving Mode pada realme UI.  Dengan kemampuannya yang baru, Super Power Saving Mode pada realme UI memungkinkan C20 bisa bertahan hingga 43 hari pada mode Standby (siaga).

Tidak hanya memperpanjang masa siaga, fitur Super Power Saving Mode ini juga bisa membantu menghemat daya sehingga kita sebagai pengguna bisa memakai smartphone lebih lama untuk berbagai keperluan maupun aktivitas.

Bahkan, ketika baterai hape tersisa hanya 5% saja, kita masih bisa tenang karena, sisa baterai tersebut bisa dimanfaatkan untuk:

  • Nonton youtube (nyaris) hingga 1,5 jam
  • Masih bisa whatsapp-an sampai 1 jam 46 menit
  • Siaga hingga 2 hari
  • Bisa instagram-an 1,5 jam
  • Telepon sampai 2 jam-an, atau
  • Bisa juga dipakai buat mendengarkan musik di Spotify hingga 4 jam lebih

Desain Kekinian Terinspirasi dari Keindahan Alam

Meski ditawarkan dengan harga yang sangat terjangkau, smartphone ini tetap hadir dengan desain geometrik yang kekinian, sehingga terkesan lebih modern dan elegan. Kesan tersebut semakin diperkuat dengan kehadiran balutan warna Lake Blue dan Iron Grey yang terinspirasi dari alam.

Berdasarkan data dari realme, bodi dari smartphone ini dibuat dengan menggunakan teknologi mutakhir dari Jerman yang dapat menciptakan efek khusus, sehingga warna yang membalut body smartphone ini terlihat lebih menarik, sekaligus membuatnya tetap nyaman saat digenggam, tidak mudah meninggalkan bekas sidik jari, tidak gampang tergores, dan tidak mudah selip pada saat digenggam.

Beralih ke bagian depan, realme C20 dibekali dengan layar IPS LCD berukuran 6,5 inci dengan aspek rasio 20:9 yang menawarkan screen-to-body-ratio hingga 89.5%. Dengan layar yang cukup lebar tersebut, menikmati konten YouTube, browsing, streaming film, hingga bermain game jadi makin menyenangkan.

Performa Mulus Walaupun RAM Hanya 2 GB

Spesifikasi realme C20 memang tidak terlalu istimewa, terutama apabila kita melihat kapasitas RAM-nya yang hanya 2 GB. Tapi sebelum Anda mengambil kesimpulan, mari kita lihat bagaimana chipset smartphone ini mengatasi kekurangan tersebut.

realme C20 telah dibekali dengan chipset Helio G35 yang dikenal sebagai entry-level gaming processor. Dengan prosesor octa-core 64-bit yang memiliki kecepatan maksimal hingga 2.3 GHz tersebut, Kami merasakan langsung bagaimana prosesor yang dimiliki oleh realme C20 tersebut dapat membuat performanya cukup mulus. Performa tersebut Kami rasakan pada saat membuka beberapa aplikasi sekaligus dan juga bermain game.

Jadi, bisa dikatakan bahwa kehadiran chipset Helio G35 cukup membantu dalam meningkatkan performa smartphone yang dibekali dengan RAM 2 GB ini.

Kamera dengan Hasil yang Cukup Jernih

Tidak bisa dipungkiri apabila kamera pada sebuah smartphone adalah bagian yang selalu diperhatikan dan selalu menjadi bahan pertimbangan sebelum kita memutuskan untuk membeli. Meski sering tergiur ukuran sensor kamera yang besar, tapi pada kenyataannya ukuran sensor kamera yang besar tidak selalu memberikan kualitas foto dan video yang lebih bagus. Jadi, apabila ingin menilai kamera pada sebuah smartphone, cobalah untuk fokus pada hasil bukan pada spesifikasi di atas kertas.

Seperti halnya kamera utama realme C20, yang meskipun hanya menawarkan sensor 8 MP dengan aperture F/2.0 ternyata bisa menghasilkan foto yang lumayan cerah dan jelas. Selain hasil foto yang memuaskan, kamera smartphone realme ini juga telah dilengkapi dengan fitur autofocus (AF) yang lebih akurat dan lebih responsif. Ditambah lagi dengan fitur Zoom, yang memungkinkan kita mengambil foto dari jarak jauh dengan hasil yang tetap jelas.

Kami rasa, hasil foto yang memuaskan dari kamera 8 MP ini tidak lepas dari fitur Chroma Boost yang dirancang untuk meningkatkan kualitas gambar dan warna sehingga terlihat lebih hidup dan detail. Jangan lupa juga, meskipun membawa sensor yang tidak terlalu besar, kamera utama pada hape ini juga sudah bisa digunakan untuk merekam video FHD (1080p). Jadi, bagi Anda yang ingin membuat Vlog atau menampilkan konten dengan resolusi tinggi, Anda bisa mengandalkan kamera smartphone ini untuk membuat video.

Sedangkan untuk mengambil foto selfie, kamera realme C20 di bagian depan mengandalkan sensor 5 MP yang dilengkapi fitur AI Beauty dan HDR untuk meningkatkan kualitas gambar ataupun video. Hasil foto yang dihasilkan oleh kamera depannya menurut Kami memiliki tingkat kecerahan dan detail yang juga baik.

realme UI Berbasis Android 10 dengan Berbagai Fitur Baru

Secara keseluruhan, pengalaman menggunakan smartphone ini cukup memuaskan. Kehadiran realme UI berbasis Android 10 membuat interaksi Kami dengan smartphone ini mampu menghadirkan kesan yang positif dan menyenangkan.

Dengan hadirnya berbagai fiur baru pada realme UI ini, kini kita bisa merasakan fitur Mode Ganda yang berfungsi untuk mendengarkan musik secara bersamaan langsung dari headphone wireless atau earphone Bluetooth dan handphone kabel. Tak hanya bisa mendengarkan musik atau menikmati berbagai sound dari konten secara bersamaan, kita juga bisa membagi fungsi kedua headphone Bluetooth dan headphone kabel tersebut. Misalnya, kita bisa menggunakan headset bluetooth untuk menelepon dan headset kabel untuk mendengarkan musik, menurut Kami fitur tersebut adalah fitur yang keren dan sangat efektif.

Selain fitur baru tersebut, realme UI juga membawa beberapa fitur lain yang tidak kalah penting seperti:

  • Dark mode : Fitur ini memang menjadi fitur wajib di sebagian besar UI smartphone modern. Karena, selain bisa membantu mengurangi konsumsi daya pada sejumlah smartphone berpanel khusus, juga bisa membantu pengguna menatap layar dengan nyaman meski lingkungan gelap atau minim cahaya. Pada realme UI, Dark Mode telah dioptimasi dan bisa diatur agar otomatis hidup pada saat matahari terbenam dan mati ketika matahari terbit.
  • Focus mode : Fitur baru ini memungkinkan kita melakukan berbagai kegiatan tanpa takut terganggu. Dengan mengaktifkan Focus Mode, kita bisa bekerja, belajar, atau meeting tanpa takut terganggu dering hp dan notifikasi yang berisik. Hal ini bisa terjadi karena realme UI akan otomatis memilih nada dering yang lembut dan akan mencegah penumpukan notifikasi.
  • Perlindungan Informasi Pribadi : Keamanan dan privasi adalah dua hal yang harus menjadi fokus kita saat menggunakan smartphone. Karena pasti, ada banyak data-data penting dan data-data pribadi yang perlu dilindungi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Di realme UI, data-data pribadi kita akan dilindungi dengan mengaktifkan “Perlindungan Informasi Pribadi.” Manfaat utama mengaktifkan fitur ini adalah untuk mencegah kebocoran informasi pribadi seperti, riwayat panggilan, kontak, pesan, dan berbagi informasi yang bersifat private lainnya.

Maka dari itu secara keseluruhan, performa realme C20 juga tidak lepas dari optimasi pada realme UI yang mampu, mempersingkat waktu membuka aplikasi hingga 25%, meningkatkan kelancaran penggunaan hingga 20%, bisa menghemat masa pakai baterai hingga 10%, menurunkan konsumsi daya pada malam hari hingga 35%, mempercepat respon sentuh hingga 35%, dan meningkatkan performa ketika digunakan untuk bermain game hingga 20%.

Ketersediaan realme C20

Untuk informasi lebih lanjut mengenai cara pembelian realme C20, silakan kunjungi:

Kesimpulan

Kesimpulan
8 10 0 1
Meskipun spesifikasi realme C20 tidak terlalu istimewa, namun performa yang dimiliki oleh smartphone realme ini ternyata cukup memuaskan. Bahkan walaupun hanya dibekali dengan RAM 2 GB, namun chipset MediaTek Helio G35 dan realme UI berhasil membantu dalam meningkatkan performanya dan memberikan daya tahan baterai yang sangat baik. Jadi menurut Kami, realme C20 ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget dibawah 1,5 juta namun menginginkan sebuah smartphone yang dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas.
Meskipun spesifikasi realme C20 tidak terlalu istimewa, namun performa yang dimiliki oleh smartphone realme ini ternyata cukup memuaskan. Bahkan walaupun hanya dibekali dengan RAM 2 GB, namun chipset MediaTek Helio G35 dan realme UI berhasil membantu dalam meningkatkan performanya dan memberikan daya tahan baterai yang sangat baik. Jadi menurut Kami, realme C20 ini sangat cocok bagi Anda yang memiliki budget dibawah 1,5 juta namun menginginkan sebuah smartphone yang dapat diandalkan untuk berbagai aktivitas.
8/10
Total Score
  • Desain
    8/10 Very good
  • Kamera
    7/10 Good
  • Performa
    9/10 Amazing

Kelebihan realme C20

  • Daya tahan baterai yang sangat baik
  • Desain yang keren dan nyaman pada saat digenggam
  • Layar besar dan jernih
  • Hasil kamera dengan detail dan warna yang cukup baik

Kekurangan realme C20

  • Hanya terdapat 1 pilihan kapasitas RAM
Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Jenius Luncurkan Program Month of Women, Dukung Impian Perempuan Indonesia

Next Post

Tokopedia Luncurkan Fitur Wakaf Uang, Bisa Berwakaf Mulai Rp.10 Ribu

Related Posts
Total
0
Share