Connect with us

Review

Review Redmi Note 8: Smartphone 2 Jutaan dengan Kamera & Performa Terbaik

Published

on

Spesifikasi Redmi Note 8

Harga 3GB/32GB Rp 1.999.000, 4GB/64GB Rp 2.199.000, 6GB/128GB Rp 2.799.000
Layar IPS LCD 6,3 inches, 1080 x 2340 piksel, rasio 19:9
Dimensi 164.4 x 75.6 x 9.3 mm
Chipset CPU: Snapdragon 665, Octa-core (4×2.0 GHz, 4×1.8 GHz); GPU: Adreno 610
RAM 3GB / 4GB / 6GB
Penyimpanan Internal 32 GB, 64 GB, 128 GB (Ekspansi microSD hingga 256 GB)
Kamera Belakang 48 MP f/1.8 PDAF (Main Camera), 8 MP f/2.2 (Ultra-Wide), 2 MP f/2.4 (Macro), 2 MP f/2.4 (Depth Sensor)
Kamera Depan 13 MP
Baterai 4.000 mAh
Konektor USB Type-C
Kartu SIM Dual SIM
Sistem Operasi MIUI 10 (Android 9 Pie)
Keamanan Fingerprint & AI Face Unlock
Warna Neptune Blue, Space Black & Moonlight White

 

Trenteknologi.com – Redmi Note 8 hadir sebagai varian lain dari Redmi Note 8 Pro, dengan berbagai peningkatan yang cukup besar dari pendahulunya yaitu Redmi Note 7. Berbagai peningkatan besar dapat terlihat dari sektor prosesor yang digunakan, desain hingga pengaturan empat kamera yang terdiri dari kamera utama 48MP, 8MP Ultra-Wide, 2MP depth sensor dan juga 2MP lensa makro.

Lalu seperti apa hasil kamera yang dihasilkan oleh Redmi Note 8, yang diklaim Xiaomi sebagai 48MP Kamera Superstar, dan juga bagaimana performanya untuk aktivitas Multitasking dan juga bermain game ? Berikut ini ulasan tentang Redmi Note 8 dari Trenteknologi.com.

Desain Makin Cantik dan Elegan dengan Balutan Gorilla Glass 5

Desain Redmi Note 8 terinspirasi dari pendahulunya yaitu Redmi Note 7. Namun ponsel terbaru dari Xiaomi ini memiliki tepi layar yang lebih melengkung jika dibandingkan dengan Redmi Note 7, sehingga akan membuat pengguna lebih nyaman pada saat menggeggam ponsel ini.

Desain

Redmi Note 8 hadir dalam tiga pilihan warna yaitu Neptune Blue, Space Black dan Moonlight White. Dan unit yang Trenteknologi.com dapatkan adalah unit dengan warna Neptune Blue, yang memberikan kesan pertama pada kami kepada ponsel ini yaitu “Cantik & Elegan” dengan desain holografik S-Curve yang terlihat pada saat terkena pantulan cahaya.

Gorilla Glass 5

Perlindungan Gorilla Glass 5 – 2.5D di bagian depan dan bodi belakang juga menambah keseluruhan desain pada ponsel ini menjadi terlihat lebih elegan. Bodi belakang yang dilapisi oleh Gorilla Glass 5, membuat ponsel ini 2 jutaan ini terlihat mahal, berkelas dan premium untuk di kelasnya. Pada bagian belakang juga, pengaturan Quad Camera pada sisi kiri bodi juga lebih menambahkan keseluruhan desain yang sempurna untuk ponsel ini.

Pada bagian atas, masih terdapat ciri khas dari ponsel-ponsel Xiaomi yaitu IR Blaster dan juga terdapat lubang Mic. Di bagian bawah, terdapat lubang jack headphone 3.5mm, port USB Type-C, lubang Mic dan juga lubang Speaker.

Layar dengan Tingkat Kecerahan yang Baik di Semua Situasi Pencahayaan

Redmi Note 8 hadir dengan layar berukuran 6,3 inci yang memiliki resolusi layar 2280 x 1080p (FHD +) dan memiliki 90% rasio screen-to-body sehingga sangat nyaman untuk menonton video ataupun melihat hasil foto. Layar Redmi Note 8 tidak hanya besar tetapi juga cukup cerah di semua situasi pencahayaan, termasuk di bawah sinar matahari sekalipun.

Layar Redmi Note 8

Kami menggunakan ponsel ini untuk melihat sosial media, menonton video di YouTube dan juga bermain Game. Layar pada Redmi Note 8 juga sudah terverifikasi oleh TUV Rheinland, serta terdapat juga fitur mode sunlight, mode malam dan mode baca untuk meningkatkan kenyamanan pengguna.

BACA JUGA :  MIUI 7.1 Global & China Stable Resmi Dirilis, Hadir dengan Beberapa Perbaikan Bug !

Smartphone 2 Jutaan dengan Kamera Terbaik di Indonesia saat Ini

Mirip dengan Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8 juga dilengkapi dengan pengaturan empat kamera belakang. Perbedaannya hanya resolusi kamera utama yang digunakan, yaitu ponsel ini memiliki kamera utama dengan resolusi 48MP, berbeda dengan Redmi Note 8 Pro yang menggunakan kamera utama beresolusi 64MP. Secara default kamera pada ponsel ini mengambil gambar dalam resolusi gambar 12MP, untuk mendapatkan foto dengan resolusi 48MP pengguna harus memilih menu 48MP terlebih dahulu pada pengaturan aplikasi kamera. Ponsel ini juga dilengkapi lensa ultrawide 8MP, depth sensor 2MP, dan lensa makro 2MP.

Quad Camera 48MP

Pada saat Kami mencoba kamera Redmi Note 8 secara langsung, Kami sangat puas dengan hasil foto yang dihasilkan, hasil foto yang dihasilkan sangat menakjubkan dalam kondisi cahaya yang baik ataupun minim cahaya. Walaupun cukup sulit untuk mengambil fokus pada saat minim cahaya, namun dengan mengaktifkan fitur Night Mode pada kamera ponsel ini, hasil foto menjadi lebih terang dan lebih baik dalam situasi minim cahaya.

Hasil Kamera Ultra Wide

Lalu jika dalam situasi cahaya yang baik, kamera utama dengan resolusi 12MP maupun 48MP berhasil menghasilkan foto yang luar biasa dengan banyak detail dan warna yang akurat. Lensa Ultra-Wide pada Redmi Note 8 juga berhasil menghasilkan foto Wide dengan lebar yang cukup baik menurut Kami.

Pada saat Kami mencoba mengambil foto pada malam hari atau kondisi minim cahaya juga sangat puas. Kami mendapatkan hasil foto yang sangat detail dengan warna yang juga tajam pada saat malam hari, dengan menggunakan Night Mode atau bahkan hanya menggunakan kamera utama beresolusinya 48MP saja.

Performa Handal untuk Aktivitas Multitasking dan Game Selama Berjam-jam

Pada data spesifikasinya, Redmi Note 8 adalah versi yang ditingkatkan dari Redmi Note 7 termasuk peningkatan dari sektor dapur pacunya. Redmi Note 7 ditenagai oleh prosesor Snapdragon 660 dan ponsel ini ditenagai oleh prosesor Snapdragon 665 Octa-Core dengan kecepatan hingga 2.0 GHz dan dukungan grafis Adreno 610. Redmi Note 8 hadir dalam tiga pilihan RAM, 3GB, 4GB dan 6GB. Pengguna juga dapat memilih varian penyimpanan internal mulai dari 32GB, 64GB dan 128GB.

Untuk unit yang Kami gunakan ini, Kami menggunakan Redmi Note 8 dengan RAM 6GB dan penyimpanan internal 128GB. Dalam waktu yang Kami habiskan bersama ponsel, Kami menemukan bahwa ponsel ini memiliki kinerja yang sangat mulus dan bagus dalam multi-tasking ataupun juga pada saat digunakan untuk bermain Game.

Kami menggunakan menggunakan ponsel ini sebagai Daily Driver selama kurang lebih 2 mingguan. Untuk hal multitasking, Kami menggunakan ponsel ini untuk membuka berbagai jenis aplikasi sosial media ataupun menonton video di YouTube, Kami sangat puas dengan kinerja dari ponsel ini tanpa menemukan masalah apapun.

BACA JUGA :  Xiaomi Black Shark Resmi Diluncurkan, dengan Snapdragon 845, RAM 8GB dan Shark GamePad

Kami juga melakukan pengujian performa ponsel ini dengan menggunakan beberapa aplikasi Benchmark untuk mengetahui skor performa yang didapatkan secara akurat.

  • AnTuTu Benchmark : 16.8362
  • GeekBench : Single Core 313 – Multi Core 1294
  • PCMark Work 2.0 : 6.602

Lalu Kami juga menggunakan ponsel ini untuk memainkan game-game yang membutuhkan kinerja ekstra dari prosesor, RAM dan juga grafis seperti PUBG, Call of Duty hingga Asphalt 9. Hasilnya ? Kami benar-benar puas dengan performa dari ponsel ini, Kami tidak menemukan masalah Lagging ataupun Drop FPS pada saat bermain Game yang cukup berat, bahkan temperatur panas yang dihasilkan pun tetap stabil walaupun Kami gunakan untuk bermain Game selama berjam-jam.

Untuk sektor perangkat lunaknya, telah berjalan di MIUI 10 berbasis Android 9 Pie. Salah satu hal yang paling unik dari ponsel terbaru dari Xiaomi ini adalah terdapat sebuah fitur Clear Speaker yang berguna untuk membersikan debu-debu yang menempel pada lubang speaker, sehingga performa dari speaker akan tetap terus optimal.

Fitur Clear Speaker

Fitur Clear Speaker ini dapat ditemukan pada menu Setting > Additional Setting > Speaker. Setelah mengaktifkan fitur ini, speaker akan mengeluarkan suara statis selama 30 detik yang diklaim berguna untuk mengeluarkan debu-debu pada lubang speaker.

Daya Tahan Baterai yang Tahan Seharian dengan Dukungan Fast Charging 18W

Di sektor baterai Kami dapat mengatakan bahwa ponsel ini memiliki daya baterai yang luar biasa. Ponsel ini dibekali dengan baterai berkapasitas 4000 mAh. Pada saat Kami menggunakan ponsel ini untuk membuka berbagai jenis aplikasi sosial media ataupun menonton video di YouTube, ponsel ini dapat bertahan hingga 13 jam lebih. Dan jika Kami menggunakan ponsel ini untuk bermain Game, daya tahan baterainya dapat bertahan hingga 8 jam lamanya.

Redmi Note 8 telah dilengkapi dengan port USB Type-C yang telah mendukung Fast Charging 18W. Dengan dukungan Fast Charging 18W tersebut, ponsel ini hanya membutuhkan waktu sekitar 1,5 jam untuk terisi penuh dari 0% hingga 100%.

Kelebihan Redmi Note 8

  • Performa tinggi untuk Multitasking dan Game
  • Kualitas kamera detail dan warna akurat di semua situasi cahaya
  • Bodi kokoh dan kuat dengan balutan Gorilla Glass 5
  • Desain holografik S-Curve yang menambah kesan mewah
  • Banyak pilihan varian RAM dan penyimpanan

Kekurangan Redmi Note 8

  • Banyak aplikasi Bloatware dan notifikasi yang mengganggu dari MIUI

Kesimpulan

Redmi Note 8 dijual dengan harga mulai Rp. 1.999.000 untuk varian terkecil RAM 3GB dan penyimpanan 32GB. Varian lain dengan RAM 4GB + 64GB dan 6 + 128GB dibandrol dengan harga Rp. 2.199.000 dan Rp. 2.799.000.

Secara keseluruhan, Redmi Note 8 adalah smartphone yang sangat mengesankan. Dengan harga hanya Rp. 2.799.000 untuk seri paling atas (6GB/128GB), hasil kamera luar biasa yang didapatkan, desain yang cantik dan elegan serta performa yang luar biasa menurut Kami sangat setimpal dengan harga yang ditawarkan.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement