Connect with us

Review

Review SSD: Western Digital WD Blue SN550 NVMe 1TB

Published

on

Trenteknologi.com – SSD Western Digital WD Blue SN550 adalah penerus SN500 yang dikenal sebagai alternatif penyimpanan Non-Volatile Memory Express (NVMe) M.2 paling terjangkau dengan performa yang sangat cepat.  Bahkan SSD WD Blue SN550 yang dikenal sebagai alternatif NVMe sekelas entry level saja bisa menawarkan kecepatan sequential read hingga 2.400 MBps dan write 1.750 MBps.

Dari gambaran di atas, Anda tentu tidak akan kesulitan untuk menyimpulkan bahwa SSD NVMe merupakan solusi untuk meningkatkan kecepatan komputer atau laptop dalam hal menyimpan hasil kerjaan, booting, menjalankan atau membuka aplikasi (game/software), atau copy-paste data.

Kelebihan WD Blue SN550 Dibandingkan dengan SN500

Sedikit flashback, WD Blue SN500 diluncurkan pertama kali pada bulan Mei atau kuartal pertama tahun 2019. Komponen penyimpanan komputer ini ditawarkan dalam dua pilihan kapasitas yaitu, 250 GB dan 500 GB. Masing-masing menawarkan kecepatan sequential read/write hingga 1700MBps/1450MBps. Harga WD Blue SN500 varian terendah (250 GB) ditawarkan dengan banderol sekitar Rp700.000. Sedangkan varian 500 GB dijual dengan harga sekitar Rp 1.2 jutaan.

SSD ini diperuntukkan untuk pasar entry level atau konsumen dengan anggaran terbatas yang ingin membangun sebuah PC gaming atau komputer berkecepatan tinggi yang mumpuni. Dengan kecepatan baca tulis hingga 3 kali lebih cepat dibandingkan SSD SATA, bisa dikatakan bahwa komponen penyimpanan tipe NVMe ini adalah solusi termurah bagi siapapun yang ingin meningkatkan kinerja komputer mereka. Ditambah lagi, ukuran SSD ini sangat ramping sehingga bisa dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kinerja sebuah ultrabook. Penggunaan dan pemasangannya pun sangat mudah. Komponen ini tidak membutuhkan casing eksternal dan juga tidak membutuhkan konektor tambahan seperti drive SATA.

Pada kuartal keempat tahun 2019, Western Digital kembali menawarkan SSD NVMe yang sama-sama terjangkau namun dengan pilihan kapasitas penyimpanan yang lebih beragam, mulai dari 250 GB, 500 GB, dan maksimal 1TB. Di samping menawarkan kapasitas penyimpanan maksimal yang lebih besar, WD Blue SN550 juga hadir dengan beberapa upgrade, termasuk controller yang lebih cepat dan pembaharuan TLC NAND Flash 96-Layer.

BACA JUGA :  ASUS VivoBook Ultra A412 Resmi Diluncurkan, Ultrabook 14 Inci Terkecil di Dunia

Perbedaan WD Blue SN 500 dengan WD Blue SN 550 lainnya terletak pada harganya. Seperti yang telah diungkapkan di atas, SN500 varian 250 GB ditawarkan dengan harga sekitar Rp700.000 sedangkan SN550 dibanderol sekitar Rp900.000. Meski harganya sedikit lebih mahal pada varian 250GB, ternyata varian 500GB justru dijual jauh lebih murah jika dibandingkan dengan SN500. Sedangkan untuk varian tertinggi yaitu 1TB, ditawarkan dengan harga sekitar Rp 2 jutaan.

Spesifikasi dan Hasil pengujian SSD WD Blue SN550 M.2 NVMe

Form faktor yang digunakan adalah form faktor M.2 2280 dengan antarmuka atau protokol PCIe 3.0 X4 / NVMe 1.4. Tidak seperti WD SN500 yang menggunakan antarmuka PCI Express X2, pada WD SN550 ini sudah menggunakan alokasi jalur PCI Express X4 yang tentu saja memberikan pengaruh sangat signifikan terhadap kecepatan baca-tulis-nya.

Jika kebanyakan SSD lainnya masih menggunakan DRAM atau NVMe Host Memory Buffer untuk membantu mempercepat Flash Translation Layer dan meningkatkan respon dan kinerja SSD, Blue SN550 dari WD tidak justru menggunakannya. Mengapa? Pemangkasan biaya adalah alasan utama peniadaan DRAM pada SSD ini. Meski demikian, WD tetap menyediakan SRAM untuk mengganti tugas DRAM.

 

Untuk melakukan pengujian WD Blue SN550 ini, kami menggunakan platform Intel Core i7-8700K, yang dilengkapi dengan grafis Nvidia GTX 1060Ti, motherboard menggunakan ASUS B150M Pro Gaming dan RAM VGEN Tsunami 2400 MHz 2x8GB.

BACA JUGA :  Ini 7 Alasan Mengapa Harus Membeli HUAWEI WATCH GT Active & Elegant

Untuk performa SSD ini pengujian dilakukan dengan menggunakan software Crystal Disk Mark, yang hasilnya memiliki kecepatan sequential read 2453.10 MBps. Selain itu, dilengkapi pula dengan sequential write 2016.77 MBPs. Kecepatan random read-nya juga luar biasa, mencapai 410k IOPS dengan random write 405k IOPS.

Ketika digunakan untuk booting komputer yang menjalankan sistem operasi Windows 10, SSD WD Blue ini mampu membuat booting terasa sangat cepat, bahkan performanya mendekati Seagate FireCuda 510. Sedangkan, ketika digunakan untuk menjalankan game seperti Battlefield 5 dan Call of Duty: Black Ops 4, performa yang dihasilkan juga sangat memuaskan. Begitu juga ketika digunakan untuk membuka software seperti Adobe Photoshop beserta Adobe Premiere, WD Blue SN550 memiliki performa mampu bersaing dengan SSD sekelas Cardea II.

Kesimpulan dan Harga SSD WD Blue SN550

Kesimpulan kami, SSD ini bisa jadi alternatif terbaik bagi Anda yang ingin meningkatkan performa dan kecepatan komputer atau laptop secara signifikan tanpa harus mengeluarkan terlalu banyak biaya. Sehingga menurut kami WD SN550 sangat cocok bagi Anda yang gemar melakukan aktivitas Gaming ataupun desain grafis bahkan editing video.

Jika melihat kinerja yang ditunjukkan dari hasil pengujian di atas, harga WD Blue SN550 tergolong sangat murah. WD Blue SN550 hadir dalam tiga pilihan kapasitas mulai dari 250 GB, 500 GB hingga 1TB. Untuk harga dengan kapasitas 1TB ini, dipasaran dijual dengan harga Rp. 2 jutaan dengan garansi 5 tahun.

Kelebihan SSD WD Blue SN550

  • Harganya sangat terjangkau
  • Garansi hingga 5 tahun
  • Performa sangat cepat pada saat digunakan untuk bermain Games ataupun berbagai aplikasi
  • Pilihan kapasitas banyak, 250GB, 500GB dan 1TB

Kekurangan SSD WD Blue SN550

  • Hanya memiliki 1 NAND dan kontroler

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement