Connect with us

Review

Review Vivo V19 : Desain Baru, Hasil Kamera Detail dan Performa Ngebut

Published

on

Trenteknologi.com – Vivo V19 secara resmi telah hadir di Indonesia beberapa minggu lalu. Hadir dengan layar Super AMOLED 6,44 inci dengan kamera punch-hole yang juga telah dibekali dengan 32MP Super Night Selfie Camera dan 48MP AI Quad Camera, dengan memori 8GB RAM + 128GB atau 256GB ROM serta ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 675 AIE.

Desain Baru Ultra O Screen dengan Lubang Kamera Terkecil 

Vivo v19 memiliki desain yang sangat cantik, terutama untuk warna Crystal White yang kami miliki untuk review ini. Vivo V19 memiliki bezel super tipis di bagian atas dan samping layar. Vivo telah memilih desain Ultra O Screen untuk smartphone ini dengan Layar Super AMOLED 6,44-inci FHD+ dengan aspect ratio 20:9.

Pada layar ponsel Vivo ini juga terdapat sebuah lubang kamera atau Punch Hole yang diposisikan di sudut kanan atas dan diklaim menjadi lubang kamera terkecil saat ini berukuran 2,98mm, yang menampung kamera dengan 32MP dengan fitur unggulan Super Night Selfie. Layar pada Vivo V19 ini juga telah memiliki fitur pemindai sidik jari Screen Touch ID.

Dimensi smartphone ini tidak terlalu besar dengan bobot yang tidak terlalu berat, hanya 176 gram. Padahal, ponsel Vivo terbaru ini membawa baterai berkapasitas 4500mAh. Vivo juga menawarkan port USB type-C diapit oleh speaker, Audio Jack 3.5 mm, dan microphone. Tak cukup satu, V19 dilengkapi dengan mikrofon sekunder di bagian atas yang memungkinkan kita untuk menghasilkan rekaman suara lebih baik saat mengambil video.

Beralih ke bagian belakang, 4 buah kamera yang dibawa oleh ponsel ini ditempatkan pada sebuah modul berbentuk persegi panjang. Membuatnya terlihat unik dan berbeda dari kebanyakan smartphone lainnya. Namun modul kamera tersebut agak sedikit menonjol dan menyebabkan perangkat jadi bergoyang dan tak seimbang ketika ditempatkan di permukaan yang datar. Meskipun agak menonjol, namun lensa kamera sudah dilindungi dengan bingkai logam sehingga tidak akan mudah tergores dan bisa diakali dengan menggunakan soft case.

Pada panel bagian belakang ponsel ini sangat mudah meninggalkan sidik jari dan noda. Untungnya, varian warna Crystal White bisa menyamarkan sidik jari dan noda dengan sangat baik. Dalam paket penjualannya, Vivo juga menyertakan casing transparan yang dapat kita gunakan untuk melindungi unit agar tidak mudah tergores saat terjatuh maupun terbentur. Selain soft case, kita juga akan menemukan sepasang in ear headphone di samping charger 18W tipe fast charging pada kotak pembelian.

BACA JUGA :  Xiaomi Buka 6 Authorized Mi Store di Medan, Malang dan Jabodetabek

Kamera Dengan Hasil Foto yang Detail di Berbagai Kondisi Cahaya

Kamera utama smartphone ini menggunakan sensor sebesar 48MP yang ditemani sebuah kamera 8MP untuk mengambil sudut pandang yang lebih luas (wide angle), serta dua buah kamera berukuran 2MP yang masing-masing bertugas untuk mengambil foto makro dan fungsi depth sensor (untuk menghasilkan foto dengan latar belakang bokeh ).

Kamera V19 dilengkapi dengan Mode Pro yang memungkinkan kita untuk mengambil kendali penuh dan melakukan pengaturan secara manual. Di samping Pro Mode, tersedia juga Night Mode yang menurut kami sangat bagus, karena bisa mengurangi noise secara signifikan saat digunakan mengambil foto di tempat-tempat yang minim cahaya.

Disamping itu, kamera Vivo V19 juga telah dilengkapi dengan teknologi HDR, Frame Merging, fitur Super Night Selfie, dan algoritma khusus yang dapat memaksimalkan bidikan hingga mampu menghasilkan foto lebih sempurna. Secara default, kamera utama dengan sensor 48MP akan bekerja pada mode 12MP dan dapat digunakan untuk merekam video dengan resolusi maksimal 4K atau foto maksimal 1080p.

Kami mencoba beberapa kali mengambil foto menggunakan Vivo V19 ini, dan menurut kami kamera smartphone ini tergolong cukup bagus karena bisa mengunci fokus dengan sangat cepat. Disamping itu, kameranya juga bisa menghasilkan latar belakang blur yang cukup baik saat digunakan pada Bokeh Mode.

Kamera selfie di bagian depan juga memberikan hasil yang sangat bagus dan terasa sangat memuaskan saat digunakan mengambil foto di siang maupun malam hari. Tak hanya kamera belakang, kamera selfie smartphone ini juga dibekali dengan Night Mode yang memungkinkan kita untuk mengambil foto lebih cerah dan detail di malam hari.

Performa Handal Walaupun dengan Snapdragon 675 AIE

Vivo V19 telah dibekali dengan prosesor Snapdragon 675 AIE, yang mampu memberikan pengalaman smartphone Android yang lancar tanpa lag. Kami juga dapat melakukan multitasking dengan mudah di beberapa aplikasi berkat RAM 8GB yang dibekali pada ponsel ini. Pemindai sidik jari yang ditempatkan di dalam layar juga menawarkan kinerja yang memuaskan dan cukup cepat. Di samping pemindai sidik jari, tersedia juga pengenal wajah yang dapat digunakan untuk membuka kunci.

Kami menjalankan serangkaian pengetesan menggunakan aplikasi Benchmark untuk mendapatkan data seberapa baik performa dari Vivo V19 ini.

BACA JUGA :  Tidak Memberikan Harapan Palsu, Realme XT Sudah Bisa Dibeli Mulai Hari ini
  • AnTuTu Benchmark – 238.741
  • PCMark – 7.163 (Work 2.0)
  • Geekbench 5 – 511 (Single-core), 1.675 (Multi-core)

Saat digunakan untuk bermain game PUBG Mobile, Call of Duty Mobile hingga Asphalt 9 pada settingan tertinggi, smartphone ini bisa menjalankan game tanpa masalah. Dalam pengujian, setelah digunakan bermain game selama kurang lebih 20 menit, perangkat ini terasa agak hangat meskipun digunakan di ruangan ber-ac. Namun hal tersebut masih kami anggap wajar, sehingga bukan menjadi masalah untuk kami.

Baterai 4500mAh yang disematkan pada V19 bisa bertahan hingga satu setengah hari dengan penggunaan standar. Saat diuji dengan menjalankan video HD, baterai bisa bertahan hingga 16 jam 44 menit. Pengisian baterai tergolong cepat. Dari posisi 0% – 70% hanya memakan waktu kurang lebih 1 jam. Sedangkan untuk mengisi daya hingga penuh, dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam.

Funtouch OS 10 Lebih Minimalis

Software yang disematkan pada V19 adalah Funtouch 10.0 berbasis Android 10. User interface yang ditawarkan melalui Funtouch 10.0 memiliki konsep yang sangat minimalis, sehingga sangat enak dimata dan mudah digunakan karena semua ikon diletakkan di layar tanpa menggunakan app drawer seperti pada kebanyakan hp lain.

Dan pada Funtouch 10.0, bar notifikasi dan quick toggle kini berada di bagian bawah yang bisa dimunculkan dengan mengusap layar dari bawah ke atas, yang pada awalnya terasa agak merepotkan karena pada umumnya smartphone Android meletakkannya di bagian atas, namun menurut kami hal tersebut menjadi pembeda Funtouch OS dibandingkan dengan UI smartphone Android lainnya.

Kelebihan Vivo V19 :

  • Hasil kamera sangat detail di berbagai kondisi cahaya
  • Performa cepat untuk multitasking ataupun aktivitas Game
  • Layar Super AMOLED menghasilkan gambar yang tajam
  • Desain Funtouch OS 10 yang lebih minimalis

Kekurangan Vivo V19 :

  • Banyak notifikasi yang mengganggu
  • Bloatware yang terlalu banyak

Kesimpulan

Vivo V19 secara keseluruhan, smartphone ini sangat layak dihargai Rp 4,2 jutaan (untuk varian terendah), dan Rp 4.9 jutaan untuk varian 256GB. Dengan kamera yang dapat menghasilkan hasil foto yang cukup detail menurut kami, bahkan dengan kondisi cahaya yang minim.

Lalu meskipun hanya dibekali dengan chipset Snapdragon 675 AIE, namun performa yang dihasilkan tetap luar biasa, desain layar Ultra O Screen dengan lubang kamera selfie yang diklaim terkecil saat ini, serta daya tahan baterai yang baik dengan dukungan fast battery charging 18W.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement