Connect with us

Tips & Trick

Strategi Bisnis Menggunakan Sosial Media

Published

on

Berbicara mengenai peluang bisnis internet saat ini memang banyak sekali macamnya, salah satunya dengan memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Misalnya dengan menggunakan media sosial seperti Facebook yang banyak diakses oleh kalangan usia muda.

Oleh karena itu ada baiknya kita mencari tahu akan sebuah pasar yang benar dan tertarget, serta memberikan fasilitas yang mudah dalam berbelanja online bagi pengguna jejaring sosial tersebut, dengan demikian hampir bisa dipastikan kita akan memperoleh profit lebih banyak.

Jika Anda sudah menetapkan pilihan dan berminat untuk membuka bisnis online melalui media sosial ini dan ingin tahu strategi jitu dalam berjualan, maka Anda bisa membaca strategi bisnis menggunakan sosial media yang saya ulas berikut khusus untuk pembaca TrenTeknologi.

Menentukan Barang Jualan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah menentukan barang yang akan dijual. Ada banyak barang yang bisa Anda jual di internet, contohnya baju, sepatu, alat elektronik, dan sebagainya. Anda bisa menggunakan ini sebagai referensi barang populer di Indonesia di Shopee.

Anda juga bisa memanfaatkan industri kecil di sekitar Anda untuk dijadikan barang dagangan di internet seperti kerajinan batu alam, pengrajin batik, pembuatan aneka kerajinan tangan atau souvenirs, pabrik pembuatan sepatu kulit, dan sebagainya yang ada di seputaran tempat Anda.

Misalnya Anda tertarik dengan barang dagangan berupa sepatu, apakah sepatu tersebut buatan sendiri atau mengambil dari pengerajin lain.

Kalau Anda mempunyai dana yang memadai, dan juga mengetahui cara membuatnya, dan mempunyai tempat usaha, maka Anda bisa memproduksinya sendiri dan mengerjakannya sendiri atau membayar karyawan jika jumlah produksinya banyak.

Sedangkan jika modal Anda tidak terlalu besar maka Anda bisa mengambilnya dari produsen pembuat sepatu atau boleh bekerjasama dengan sistem makelar yang bahkan bisa tanpa modal.

Anda juga bisa memanfaatkan tempat usaha kulakan yang dirasa memberikan harga murah dan memberi untung jika Anda jual kembali seperti kulakan handphone, kelontong, pakaian, dan barang dagangan lainnya.

Anda juga dapat memilah-milah untuk sebuah barang yang peminatnya sangat banyak dipasaran, dengan demikan usaha Anda akan tepat sasaran dan juga cepat laku terjual.

Cara Berjualan yang Tepat

Untuk cara berjualan di media sosial ini Anda cukup membuat sebuah e-mail untuk perusahaan Anda sebagai persyaratan untuk membuat akun di berbagai sosial media. Kemudian buatlah akun baru di sosial media yang sering dikunjungi para netizen seperti di FB, di Twitter, bisa juga di Path, di Instagram dan di sosial media lainnya, agar peluangnya lebih besar.

Baca juga: 7 Ciri Anda Adalah Seorang Entrepreneur Sejati

Untuk facebook contohnya, Anda bisa membuat nama perusahaan yang menarik untuk dilihat para user facebook, misal untuk barang berupa handphone yang akan dijual dengan nama Tekno Selular

Kemudian upload contoh gambar barang yang akan dipasarkan, Anda bisa mengambilnya dari internet atau akan lebih baik mengambil foto langsung pada barang dagangan Anda.

Selanjutnya uraikanlah keterangan atau deskripsi yang lengkap dan terperinci pada setiap item barang yang akan dijualkan, misalnya tentang harganya, sarana komunikasi misalnya nomor telepon dan handphone dengan layanan SMS, dan tata cara pembayaran yang termudah bagi kebanyakan orang, dan keterangan lain yang dianggap perlu.

Nah kalau sudah demikian, maka peluang bisnis internet dengan menggunakan media sosial ini akan lebih efektif jika menggunakan barang jualan untuk anak muda karena kebanyakan penggunanya memang berasal dari kalangan anak muda.

Menggunakan Trik Khusus

Agar barang dagangan Anda lebih laku dan mendapat perhatian dari pengguna internet. Maka Anda bisa menggunakan trik khusus agar tingkat penjualan Anda lebih bagus dan meningkat.

Misalnya mengiklankan barang dagangan Anda melalui iklan Facebook yang akan lebih banyak dilihat orang atau mempromosikannya agar menarik banyak pelanggan dengan biaya cukup terjangkau mulai dari 60 ribuan per hari.

Untuk dapat menggunakan berbagai macam fasilitas yang disediakan di internet, Anda membutuhkan kartu kredit sebagai alat pembayaran. Mulai bandingkan kartu kredit yang paling cocok dengan Anda di situs GoBear Indonesia.

Baca juga: 6 Ide Usaha Sampingan Modal Kecil Keuntungan Tinggi

Kalau tidak ingin mengeluarkan banyak modal untuk iklan, maka cukup promosikan lewat teman-teman dan invite teman untuk memberikan like di page Anda. Jika dirasa sudah cukup banyak orang yang memberikan acungan jempol alias Like pada FB Anda, berikutnya Anda dapat memberikan diskon promo agar peluang bisnis internet ini lebih maju.

Demikianlah tadi ulasan dari GoBear kali ini mengenai strategi bisnis menggunakan sosial media yang juga merupakan strategi bisnis online saat ini yang sedang nge-trend. Bijak menggunakan sarana sosial media akan berbuah manfaat yang baik untuk kita yang sebagai user-nya. Salam bisnis!!.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

2 Comments

2 Comments

  1. Mikail Satria

    Jun 30, 2018 at 8:35 am

    Sepertinya artikel ini tidak membahas dengan detail dan rinci dalam strategi bisnis menggunakan sosmed, karena masih banyak sekali cara berjualan yang tepat dan masih banyak cara mempromosikan produk dengan harga yang terjangkau atau gratis…

    Walau begitu, saya tetap memberikan apresiasi terhadap sang penulis 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement