Tips Cara Menambahkan RAM di Hape realme dengan Fitur Dynamic RAM Expansion

Trenteknologi.com – realme terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur baru yang mendukung pengalaman pengguna. Salah satu fitur terbaru yang dihadirkan adalah DRE (Dynamic RAM Expansion), yang memungkinkan pengguna untuk menambah kapasitas RAM secara virtual menggunakan penyimpanan internal ponsel mereka.

Fitur DRE ini menjadi solusi bagi pengguna yang ingin meningkatkan kinerja ponsel mereka tanpa harus mengganti perangkat dengan RAM yang lebih besar. Dengan meminjam sebagian kapasitas penyimpanan internal dan mengalokasikannya sebagai RAM virtual, ponsel realme dapat mendukung aplikasi yang lebih berat dan aktivitas multitasking dengan lebih lancar.

Kapasitas RAM virtual yang dapat ditambahkan melalui fitur DRE bervariasi tergantung pada jenis ponsel realme yang digunakan. Pada ponsel kelas menengah ke bawah, pengguna bisa memilih antara tambahan RAM virtual sebesar 2 GB, 3 GB, atau 5 GB. Sementara itu, untuk ponsel seri kelas menengah ke atas, pilihan kapasitas RAM virtual bisa mencapai 4 GB, 6 GB, atau bahkan 8 GB.

Meskipun fitur ini memberikan keunggulan dalam hal peningkatan kinerja, pengguna perlu memperhatikan bahwa penggunaan RAM virtual akan mengurangi kapasitas penyimpanan internal yang tersedia. Sebagai contoh, jika sebuah ponsel memiliki penyimpanan internal 120 GB dan pengguna memilih tambahan RAM virtual sebesar 8 GB, maka sisa penyimpanan internal akan berkurang menjadi 112 GB.

Proses penambahan RAM pada ponsel realme melalui fitur DRE sangatlah mudah. Pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

BACA JUGA :  Jelang Lebaran, realme C67 Kini Hadir dengan Harga Lebih Terjangkau

1. Akses aplikasi Settings di ponsel realme.
2. Pilih menu About device.
3. Pilih opsi RAM Expansion.
4. Aktifkan tombol toggle RAM Expansion.
5. Pilih kapasitas RAM Virtual yang diinginkan pada bagian Expand by.
6. Tekan tombol Restart Now untuk memuat ulang ponsel.
7. Setelah proses restart selesai, DRE akan menambahkan RAM sesuai dengan kapasitas yang ditentukan.

Penting untuk diingat bahwa proses restart diperlukan untuk menyegarkan sistem sehingga efek dari fitur DRE baru dapat dirasakan setelahnya. Selain itu, pengguna juga perlu memastikan bahwa kapasitas penyimpanan internal masih mencukupi sebelum mengaktifkan fitur ini, agar tidak membebani sistem.

Fitur DRE merupakan inovasi yang menarik dari realme untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam hal kinerja dan multitasking. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya tersedia pada ponsel realme generasi baru, sehingga pengguna ponsel realme generasi sebelumnya tidak dapat menikmati fitur ini.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Ketahui Kelebihan realme Note 50, Smartphone realme Termurah Cuma Rp 1 Jutaan!

Next Post

realme 9 Pro 5G Dapatkan Pembaharuan Mencicipi realme UI 5.0 dengan Android 14

Related Posts
Total
0
Share