Connect with us

Berita

Xiaomi Mi 6X atau Mi A2 Resmi Diluncurkan, Hadir dengan Segudang Teknologi Artificial Intelligence (AI)

Published

on

Trenteknologi.com – Xiaomi akhirnya kembali resmi meluncurkan smartphone andalannya yaitu Mi 6X atau Mi A2 pada sebuah acara di Wuhan University. Smartphone Ini memiliki desain bodi yang dibalut dengan bahan logam, integrasi teknologi AI pada kamera, dan MIUI 9.5 yang berbasis Android 8.1 Oreo. Mi 6X rencananya juga akan segera diluncurkan di India dengan nama Mi A2 yang berbasis Android Stock.

 

Layar 5,99 inci, Snapdragon 660 dan RAM hingga 6GB

Xiaomi Mi 6X memiliki layar 5,99 inci dengan aspek rasio 18: 9 yang terlihat sangat mirip dengan Redmi Note 5 . Smartphone ini telah didukung dengan prosesor Snapdragon 660 AIE SoC dan pengolah grafis Adreno 512 GPU. Dan pada sektor RAM, smartphone tersebut akan hadir dengan pilihan RAM dan penyimpanan internal sebesar 4GB + 64GB, 6GB + 64GB dan 6GB + 128GB.

Kamera dengan Segudang Teknologi AI

Salah satu hal yang menjadi sorotan dari Mi 6X atau Mi A2 ini adalah pada sektor kamera, yang telah menggunakan teknologi AI untuk peningkatan kualitas foto. Kamera depan Mi 6X atau Mi A2 ini menggunakan sensor dari Sony IMX376 beresolusi 20-megapiksel dengan aperture f / 1.75 dan soft-LED flash. Lalu untuk kamera belakangnya, pada kamera utamanya telah menggunakan kamera ganda beresolusi 12 megapiksel dengan sensor Sony IMX486 dan aperture f / 1.75, piksel 1,25-mikron, dan sensor Sony IMX376 untuk kamera sekunder yang juga beresolusi 20 megapiksel dengan bukaan yang sama tetapi ukuran piksel hanya 1-mikron. Pengaturan kamera belakang disertai dengan phase-detection autofocus dan flash LED Dual Tone.

BACA JUGA :  Pocophone F1 Jadi Smartphone Snapdragon 845 Termurah di Dunia, Apa Saja Keunggulannya ?

Pada kamera bagian depan dan belakang, keduanya sudah terdapat teknologi AI Scene Recognition yang berguna untuk memberikan warna yang lebih baik pada hasil foto, serta Potrait Mode. Fitur berbasis AI lainnya yang terdapat di Mi 6X ini juga sudah termasuk AI efek bokeh, AI Smart Beauty 4.0, AI konversi mata uang, dan lain sebagainya. Selain itu Mi 6X juga memiliki fitur terjemahan yang bertenaga AI, dan dapat mengkonversi teks dari bahasa Cina ke bahasa Inggris, Perancis, Jerman, Spanyol, Bahasa Jepang, Korea dan India. Smartphone ini juga telah mendukung fungsi Face Unlock, serta telah dilengkapi juga dengan sensor sidik jari di bagian belakang.

Baterai 3010 mAh dan QuickCharge 3.0

Kapasitas baterai Mi 6X atau Mi A2 ini berkapasitas 3010mAh, yang telah disertai dengan dukungan untuk QuickCharge 3.0 yang memungkinkan untuk mengisi ulang baterai hingga 50 persen dalam 30 menit saja.

Konektivitas dan Fitur Sensor Mi 6X

Pilihan konektivitas pada Mi 6X atau Mi A2 adalah 4G LTE, Wi-Fi dual-band a / b / g / n / ac, Wi-Fi Direct, Miracast, Bluetooth 5.0, Infra Red, port USB Tipe-C, namun tidak terdapat slot jack earphone 3,5mm saat ini. Sensor di papan termasuk accelerometer, ambient light sensor, gyroscope, proximity sensor.

Harga 6X, Spesifikasi Sama dengan Setengah Harga

Harga Mi 6X telah diluncurkan dalam tiga varian warna yaitu Merah, Emas, Rose Gold, Biru, dan Hitam. Selain itu Mi 6X juga hadir dalam 3 varian pilihan RAM serta penyimpanan internal yang berbeda satu sama lain.

BACA JUGA :  Xiaomi Resmi Luncurkan Redmi 6 dan Redmi 6A, Smartphone Terbaik Dikelasnya

RAM 4GB + ROM 64GB dijual dengan harga sekitar Rp. 3.5 jutaan, sedangkan RAM 6GB +ROM 64GB dijual sekitar Rp. 3.9 jutaan. Dan untuk Mi 6X dengan varian tertinggi RAM 6GB + ROM 128GB dibanderol dengan harga sekitar Rp. 4.4 jutaan saja. Mi 6X untuk sementara ini hanya tersedia untuk pasar Cina saja, dan akan dijual secara online dan offline mulai 27 April 2018.

 

Bagaimana pendapat Kamu tentang Mi 6X atau Mi A2 ini ? Apakah ingin Mi 6X ini juga ikut dirilis di Indonesia ? Tinggalkan komentar kamu dibawah ini.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Berita

Membandingkan Realme 5 Pro vs Redmi Note 8 Pro, Dari Segala Sisi

Published

on

Trenteknologi.com – Vendor smartphone asal China, realme, belum lama ini menghadirkan lini produk terbarunya, yakni realme 5 Pro. Smartphone yang dijuluki sebagai Quad Camera SpeedMaster ini membawa beragam spesifikasi unggulan khas realme.

realme 5 Pro membawa beragam fitur yang dapat meningkatkan performa smartphone, seperti Snapdragon 712 AIE, teknologi quad camera di bagian belakang, dan warna holografik dengan tekstur diamond cutting terbaru.

realme 5 Pro akan berhadapan dengan banyak produk kompetitor yang telah hadir di pasar. Salah satu lawan terkuatnya adalah Redmi Note 8 Pro yang baru saja dirilis oleh Xiaomi. Redmi Note 8 Pro adalah produk andalan Xiaomi tahun ini yang membawa spesifikasi yang tidak kalah menarik. Daripada penasaran, mari simak perbandingan antara realme 5 Pro dengan Redmi Note 8 Pro.

Spesifikasi Realme 5 Pro

Mari mulai dengan aspek yang paling penting dulu, yakni Chipset. realme 5 Pro membawa prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE baru yang ditingkatkan dengan arsitektur delapan inti Kryo. Inti CPU ditingkatkan ke angka 2,3 GHz, di mana kinerja keseluruhan 10% lebih tinggi dari prosesor Qualcomm Snapdragon 710. Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 AIE sudah diproses menggunakan teknologi FinFET 10nm  untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa baterai yang efisien.

Sementara itu, Redmi Note 8 Pro menggunakan prosesor MediaTek terbaru chip Mediatek Helio G90T. Chipset tersebut diproduksi menggunakan teknologi fabrikasi 12nm yang masih belum diketahui konsumsi dayanya.

BACA JUGA :  Review : Spesifikasi Lengkap Xiaomi Yi – Sports Camera

Chip Qualcomm khususnya seri Snapdragon 712 memang memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya karena didasarkan pada proses fabrikasi 10nm. Jika dibandingkan, kompetitor setingkatnya yaitu MediaTek Helio G90T yang dipakai oleh Redmi Note 8 Pro didasarkan pada proses fabrikasi 12nm. Apalagi Snapdragon 712 telah dilengkapi dengan Qualcomm Spectra ™ ISP generasi ke-2, pengguna dapat menangkap foto dan video yang penuh warna serta berkualitas tinggi.

Dari segi layar, realme 5 Pro dan Redmi Note 8 Pro sama-sama menggunakan layar IPS LCD. Bicara soal ukuran, realme 5 Pro mengusung layar  6,3 inci sedangkan redmi Note 8 Pro membawa layar 6,53 inci.

Beralih ke aspek desain, realme 5 Pro mengadopsi desain potongan berlian yang akan berkilau jika terkena pantulan cahaya. Generasi terbaru ini menggunakan tekstur skala nano baru. Kemudian bodinya dibalut oleh warna holografik nanometer. Dimensi realme 5 Pro juga nyaman digenggam karena menggunakan desain bodi 3D dan dilengkapi dengan 2 pilihan warna yang elegan, Crystal Green & Sparkling Blue.

Di sisi lain, Redmi Note 8 Pro juga mengusung konsep bodi 3D empat sisi yang memudahkan pengguna. Redmi Note 8 Pro tersedia dalam 3 warna, Mineral Grey, Pearl White, Firest Green yang dapat dipilih.

Spesifikasi Redmi Note 8 Pro

Bicara soal kamera keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Realme 5 Pro menggunakan kamera depan 16 MP dengan sensor Sony IMX471. Sedangkan di bagian belakang terdapat quad camera. realme 5 Pro menghadirkan kombinasi kamera utama 48 megapiksel (Sony IMX586) + 119 ° lensa ultra-wide-angle 8MP + lensa ultra macro 2MP + lensa portrait di belakang  2MP.

BACA JUGA :  Review Xiaomi Redmi Note 4 Indonesia : Kencang, Baterai Irit & Dingin !

Redmi Note 8 Pro memiliki konfigurasi 64 MP lensa utama, 8 MP lensa sudut lebar, 2 MP lensa makro, dan 2 MP lensa kedalaman. Kamera depannya memiliki resolusi 20 MP.

Lantas, apa pilihan kalian? Realme 5 Pro dan Redmi Note 8 Pro memiliki keunggulannya masing-masing sesuai kebutuhan pengguna. Namun yang pasti, bagi realme, kenyamanan pengguna merupakan yang utama. realme sendiri sedang gencar untuk memberikan berbagai nilai tambah bagi para pengguna dengan harga yang tetap bersahabat.

Continue Reading

Berita

Pilih Realme 5 Pro dengan RAM 8GB yang Andal Multitasking atau yang Fokus Gaming dengan RAM 6GB?

Published

on

Trenteknologi.com – Pasar ponsel di Indonesia terberkahi dengan disediakan banyaknya pilihan produk. Mau dari range harga bawah satu juta hingga yang di atas 10 juta tersedia secara resmi di sini. Oleh karena itu dibutuhkan pengetahuan akan kebutuhan yang baik dalam memilih calon peneman keseharian.

Mayoritas pengguna ponsel pintar menyukai produk berkamera bagus. Inilah yang menjadi latar belakang lahirnya realme 5 Pro. Ponsel pintar dari brand realme tersebut berfokus di bidang pencitraan dengan bukti menyematkan sensor kamera terbaik di kelasnya bernama Sony IMX586 48MP. Sensor ini memiliki keistimewaan dengan menggunakan teknologi quad bayer pixel 4-in-1. Melalui teknologi itu, para pengguna dapat mengambil foto dengan hasil yang terbaik meski di lingkungan rendah cahaya.

Belum lagi tiga tambahan kamera lain. Sebab realme 5 Pro menggunakan konfigurasi empat kamera belakang atau yang disebut dengan nama Quad Camera. Kamera utamanya dipasangkan dengan kamera seperti lensa ultra-wide angle, lensa depth sensor, dan lensa ultra-macro.

Tapi tidak hanya itu, pertimbangan lain yang biasa dilakukan adalah yang berhubungan dengan performa. Untungnya realme 5 Pro menggunakan prosesor Snapdragon 712 sehingga bisa berikan jaminan performa kelas flagship. Prosesor ini memiliki arsitektur 10nm yang berdampak kepada kecepatan kinerja kerja multitasking serta efisiensi.

Prosesor Qualcomm Snapdragon 712 menggunakan teknologi proses FinFET 10nm untuk secara efektif mengurangi konsumsi daya prosesor dan mencapai masa pakai baterai yang lebih lama sambil meningkatkan kinerja saat diajak membuka banyak aplikasi sekalipun. Dikombinasikan dengan kapasitas RAM 8GB, urusan performa sudah bukan menjadi hal yang patut dikhawatirkan lagi.

BACA JUGA :  Apa Itu Teknologi Sunlight Display Pada Xiaomi Mi 4i dan Mi Note ?

Tapi baru-baru ini muncul produk lain dengan prosesor MediaTek Helio G90T yang berfokus di kinerja gaming dikombinasikan kapasitas RAM maksimal hanya 6GB. Prosesor Snapdragon sendiri dikenal sebagai prosesor smartphone level kelas atas dengan manajemen pengaturan suhu yang baik. Hal ini menjadikan ponsel bekerja secara lebih stabil, atau tidak melambat meski dipakai terus menerus. Ini penting karena prosesor MediaTek kerap memiliki reputasi yang buruk dalam hal ini. Bahkan tidak jarang produk smartphone yang menggunakan prosesor MediaTek biasanya dianggap lebih rendah kastanya dibandingkan rekan-rekan smartphone dengan Snapdragon.

Dengan range harga yang sama, jelas realme 5 Pro lebih dapat berikan performa all around dibanding kompetitornya yang menggunakan Helio G90T itu. Karena umumnya kita menggunakan ponsel dalam beragam kegiatan tidak hanya gaming. Terlebih chip Snapdragon 712 memang memiliki keunggulan dalam hal efisiensi daya karena didasarkan pada proses fabrikasi 10nm. Jika dibandingkan dengan Helio G90T yang saat ini dipakai oleh Redmi Note 8 Pro didasarkan pada proses fabrikasi 12nm.

Boleh pengguna menyukai performa prosesor yang memiliki performa maksimal saat diajak bermain game. Tapi jangan sampai dalam melakukan aktivitas lain performanya tidak sebaik dalam bermain game. Kapasitas RAM juga berpengaruh dalam performa, jadi lebih besar itu selalu lebih baik dan realme 5 Pro bisa berikan segalanya.

Continue Reading

Berita

Kiat Sempurnakan Foto di Instagram dengan 64MP Realme XT

Published

on

Trenteknologi.com – Instagram hingga saat ini masih menjadi tempat terbaik untuk memamerkan hasil foto. Baik itu hasil foto dari kamera smartphone hingga kamera profesional. Namun karena jumlah pengguna aktif yang sangat besar yakni mencapai 1 miliar pengguna, dibutuhkan usaha yang lebih agar bisa menarik perhatian di sana.

Ada beberapa aturan yang bisa diikuti agar unggahan-unggahan Instagram bisa mendapatkan perhatian lebih di Instagram. Hal yang paling krusial adalah masalah pencahayaan. Foto yang diunggah harus memiliki eksposur cahaya yang baik. Namun masalahnya kebanyakan kamera smartphone kewalahan jika berhadapan dengan lingkungan rendah cahaya.

Tidak demikian dengan foto yang diambil melalui realme XT. Smartphone dari realme yang membawa pembidik utama 64MP ini memiliki gabungan teknologi dari sisi hardware dan software yang memastikan hasil foto selalu terang kapanpun dan di manapun.

Pembidik utama 64MP yang dipasangkan menggunakan sensor Samsung ISOCELL GW1. Dirancang khusus untuk mengambil foto yang terang dan tajam dalam pencahayaan apa pun melalui teknologi Tetracell. Sensor GW1 menawarkan resolusi lebih tinggi dari kamera ponsel yang ada di pasaran, namun tetap mempertahankan ukuran piksel yang sama seperti sensor 48MP.

Dari sisi software ada mode khusus bernama Nightscape. Melalui mode yang tidak bisa ditemukan di smartphone kompatitor ini, maka pengaturan kamera akan otomatis menyesuaikan demi menciptakan hasil foto terang, lebih detail, dan jernih ketimbang dengan pengambilan mode reguler.

BACA JUGA :  Pocophone F1 Jadi Smartphone Snapdragon 845 Termurah di Dunia, Apa Saja Keunggulannya ?

Oleh karena itu, para pengguna smartphone ini tidak diwajibkan untuk mahir dalam fotografi. Hanya dengan sekali klik, terciptakan karya yang luar biasa. Satu hal yang perlu dipastikan adalah penggenggaman yang stabil selama dua detik setelah tombol shutter diketuk. Ini karena sistem kamera akan mengambil sejumlah foto dan mengombinasikannya demi hasil terbaik.

Aturan berikutnya adalah pastikan hasil foto yang akan diunggah ke Instagram memiliki ketajaman yang baik. Dengan mode khusus yang bernama Ultra 64MP maka bisa tercipta sebuah foto dengan resolusi 9216×6912 piksel. Ukuran yang besar akan memberi pengguna kebebasan untuk melakukan pembesaran atau cropping, bahkan hingga pencetakan dalam ukuran besar, tanpa mengurangi kualitas yang dihasilkan.

Umumnya besaran piksel tinggi di ukuran sensor sekecil sensor kamera smartphone akan menghasilkan foto dengan kualitas yang kurang baik atau performa yang mengecewakan dalam lingkungan rendah cahaya. Tidak demikian dengan kamera utama realme XT. Melalui beragam teknologi canggih yang ditanamkan, mau menggunakan pembidik dengan resolusi penuh atau reguler, hasilnya akan sama baiknya.

Berikutnya juga jangan takut untuk bermain dengan warna. Warna yang kontras atau berkarakter juga bisa membantu subjek pada foto terlihat jauh lebih baik. Salah satu kelemahan umum yang dimiliki oleh kamera smartphone adalah pengomposisian warna yang seadanya, yang mana terlihat kurang kontras.

BACA JUGA :  Kirin 980 dan Kecerdasan Buatan, Membongkar Batasan Imaginasimu

Untungnya realme XT membawa mode khusus bernama Chroma Boost yang akan memaksimalkan foto agar memiliki warna lebih kontras. Hasil foto akan jauh lebih memanjakan mata.

Melalui realme XT, mengabadikan momen dan berbagi ke Instagram tidak lagi membutuhkan usaha khusus. Hanya manfaatkan fitur-fitur unggulan yang ada dan hasil foto akan siap untuk dipamerkan ke semua orang.

Continue Reading
Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement

Top 5