4 Pekerjaan yang Cocok Ditekuni Sarjana Baru

Trenteknologi.com – Banyak sarjana baru yang tengah bingung mau melakukan apa untuk hidupnya setelah menyelesaikan kuliahnya, apakah ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, mulai berkarir di sebuah perusahaan besar atau memulai usahanya sendiri. Tapi bukan jadi rahasia lagi, banyak dari mereka yang mengincar posisi dan karir yang bagus demi mendapatkan penghasilan yang besar untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya.

Meski banyak impian yang dimiliki oleh para pemegang gelar sarjana baru, terkadang kenyataan tak berbanding lurus dengan keinginan. Bicara soal pekerjaan dan karir yang baik, kalian sebagai sarjana baru yang sedang memulai karir barunya di sebuah perusahaan jangan lupa untuk ikuti program jaminan sosial ketenagakerjaan dari pemerintah yang bernama BPJS Ketenagakerjaan untuk memberikanmu perlindungan maksimal sebagai tenaga kerja. Mau tahu apa saja sih pekerjaan yang cocok untuk kamu yang baru mendapatkan gelar sarjana? Simak ulasannya berikut.

pekerjaan sarjana menjanjikan

Akuntan & Auditor

Posisi sebagai akuntan dan auditor sangat jarang sekali disasar oleh para sarjana baru. Oleh karena itu, hal ini menjadi kesempatanmu untuk mendapatkan posisi ini dengan kompetitor yang dinilai sangat kecil. Posisi akuntan setidaknya dibagi menjadi tiga jenis, di antaranya adalah akuntan publik/pemeriksa independen, akuntan pemerintah dan akuntan intern/pemeriksa intern. Lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai akuntan ini diprediksikan pada tahun 2020 akan meningkat mencapai 16%. Posisi ini juga sangat cocok bagi kalian sarjana baru yang memiliki impian untuk mendapatkan pekerjaan dengan penghasilan yang besar. Sebab proyeksi peningkatan penghasilan pada posisi ini akan selalu naik.

 

Administrator Sistem Komputer & Jaringan

Perubahan teknologi telah memaksa setiap sektor industri untuk mengembangkan sistemnya sendiri. Hal ini berarti posisi sebagai administrator sistem komputer & jaringan merupakan salah satu posisi yang dicari-cari oleh banyak perusahaan. Syaratnya, kamu harus terlebih dahulu paham mengenai informasi dan teknologi. Jika kita lihat permintaan pasar lowongan kerja pada posisi ini akan terus meningkat. Oleh karena itu diprediksikan pada tahun 2020, posisi ini merupakan salah satu profesi yang akan meningkat permintaannya mencapai 28%.

 

Market Analyst & Marketing Specialist

Profesi ini menuntut seseorang untuk dapat meneliti dan menganalisa perilaku pasar untuk memberlakukan strategi pemasaran yang tepat. Keberhasilan perusahaan dalam menjalankan strategi pemasaran akan menjadi tanggung jawabmu. Posisi ini sangat cocok bagi sarjana baru yang menginginkan karir dengan penghasilan besar. Sebab menurut data pemerintah AS, sekitar 392.740 market analyst dan marketing specialist memiliki penghasilan rata-rata mencapai US$ 67.380 per tahun atau setara dengan Rp 919 juta. Selain itu, profesi ini juga diprediksikan sebagai pekerjaan yang paling dicari. Pada tahun 2020 mendatang, pertumbuhan profesi ini akan mencapai 41%.

 

Pengembang Software

Belakangan banyak anak muda kreatif dan cerdas telah membuktikan kemampuannya untuk menjadi pengembang perangkat lunak atau software. Untuk dapat seperti mereka, kamu setidaknya harus lulus dari pendidikan ilmu komputer atau matematika dan setidaknya memiliki kemampuan pemrograman yang baik. Sebab mereka akan sangat dicari oleh banyak perusahaan yang bergerak di bidang digital. Meski demikian standar penghasilan profesi ini di Indonesia memang tak sebaik di luar negeri.

Jika sudah tahu pekerjaan apa saja yang cocok untukmu, apakah kamu sudah menentukan pilihan yang terbaik? Semoga kalian dapat menentukan langkah kaki untuk menekuni karir yang sesuai dengan keinginan dan passion yang dimiliki. Jangan lupa untuk juga mengikuti program BPJS Kesehatan agar tak merasa kesulitan jika ada resiko kesehatan yang mengintai karena bekerja terlalu keras.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published.

Previous Post

Datascrip Memperkenalkan GHOSTDRONE 2.0 di Acara Drone Meet Up 2016

Next Post

Berbagai Hal yang Harus Anda Tahu Tentang Kartu Kredit

Related Posts
Total
0
Share