Connect with us

Tips & Trick

Lag Saat Bermain Games? 6 Cara Ini Bisa Mempercepat Smartphone Android

Published

on

Trenteknologi.com – Anda pasti pernah mengalami masalah lambatnya performa smartphone Anda pada saat bermain game. Sebenarnya beberapa faktor dapat mempengaruhi masalah lagging pada saat Anda bermain game di smartphone Android, mulai dari kualitas internet smartphone, hingga banyaknya file sampah yang terdapat pada sistem operasi smartphone. Dan kali ini Kami akan berbagi tips tentang cara meningkatkan performa smartphone menjadi lebih cepat, sehingga Anda tidak akan menemukan lagi masalah lagging pada saat bermain game di ponsel Android Anda. Bahkan dengan tips ini Anda juga dapat menghentikan masalah ponsel Android yang terasa panas (Overheat) pada saat digunakan untuk bermain game dan juga akan memberikan stabilitas ke Smartphone Anda. Berikut ini adalah cara mempercepat smartphone Android.

Ruang Peyimpanan yang Cukup

Pastikan penyimpanan internal ponsel Anda memiliki cukup ruang minimal tersisa 20% atau lebih banyak ruang yang tersisa, karena performa ponsel Anda mulai lambat mungkin dikarenakan masalah sisa ruang penyimpanan.

Mempercepat Smartphone Android - Android Storage

Daya Baterai Minimal 70%

Banyak sekali pengguna yang tidak mengetahui bahwa jika daya baterai dalam keadaan lemah, otomatis sistem akan menurunkan performa smartphone. Maka dari itu jika Anda ingin mendapatkan kinerja yang maksimal pada saat bermain games di smartphone, usahakan daya baterai Anda minimal 70%. Selain itu usahakan juga untuk tidak memaksakan ponsel Anda sampai mati atau daya sampai 0% pada saat digunakan, agar baterai pun menjadi lebih awet tidak mudah rusak.

BACA JUGA :  Asus Luncurkan Laptop Paling Ringkas dan Tipis di Dunia, Zenbook UX392 & UX362

Selalu Update Versi Android

Pembaharuan versi Android selalu membawa perubahan yang baik untuk kinerja smartphone. Dan untuk dapat selalu merasakan performa terbaik dari smartphone Anda, selalu usahakan agar sistem operasi ponsel Anda diperbarui ke versi terbaru. Untuk memperbarui perangkat Anda, cukup buka Setting > About Phone > System Update.

Gunakan Game Booster

Salah satu cara mempercepat smartphone Android dan untuk dapat lebih mendapatkan pengalaman bermain games yang baik, menggunakan aplikasi Game Booster dapat juga dijadikan pilihan. Dengan menggunakan aplikasi Game Booster akan meningkatkan kinerja perangkat Anda dan serta kualitas grafis yang lebih baik. Game Booster akan menonaktifkan beberapa aplikasi yang untuk sementara tidak Anda gunakan, sehingga akan lebih memberikan ruang yang lebih luas pada RAM.

Mempercepat Smartphone Android - Android Game Booster

Jadi, opsi yang satu ini akan memberikan peningkatan pada performa smartphone Anda pada saat digunakan untuk bermain games. Aplikasi-aplikasi Game Booster dapat Anda unduh secara gratis di Play Store, dan pilihlah yang sesuai dengan keiinginan Anda.

Bersihkan Sampah Cache Aplikasi

Cache dan data cache disimpan dari waktu ke waktu dan mengkonsumsi banyak ruang dan memori yang lama kelamaan akan membuat ponsel Anda menjadi lambat.

Jadi jangan lupa untuk selalu membersihkan data cache secara teratur dari perangkat Anda untuk mempercepat smartphone Android. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan berbagai aplikasi gratis yang terdapat di Play Store untuk membersihkan data cache tersebut.

BACA JUGA :  Biar Kekinian, Yuk Kepoin Informasi Terkini di Situs Ini!

Nonaktifkan Beberapa Aplikasi yang Tidak Terpakai

Aplikasi sosial media terkenal mengkonsumsi banyak sekali kapasitas memori RAM dan daya baterai ketika mereka bertindak sebagai aplikasi yang berjalan di Background Services. Beberapa aplikasi seperti Whatsapp, Facebook, Instagram dan layanan email membuat prosesor bekerja lebih keras.

Jadi jika Anda ingin memiliki pengalaman bermain games yang lebih baik dan mempercepat smartphone Android Anda, Anda mungkin dapat menonaktifkan sementara beberapa aplikasi sosial media dari Background Services.

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement