Connect with us

Android

8 Tips Menghemat Baterai ASUS ZenFone

Published

on

Trenteknologi.com – Para pengguna smartphone Android seringkali mengeluhkan konsumsi baterai yang boros, termasuk pengguna smarphone ASUS ZenFone. Sebenarnya, smartphone Android sangat wajar jika terbilang memakan konsumsi daya baterai yang banyak, karena smartphone Android merupakan smartphone multitasking yang berguna untuk pengguna yang membutuhkan berbagai kebutuhan hanya dalam satu perangkat saja. Namun kita dapat sedikit lebih menghemat konsumsi daya baterai smartphone Android dengan berbagai cara, khususnya untuk pengguna ASUS ZenFone. Berikut ini adalah 8 tips menghemat baterai ASUS ZenFone.

 

Kurangi Kecerahan Layar

Sebuah layar yang terlalu terang akan mengkonsumsi daya baterai lebih banyak dan bisa berbahaya bagi mata. Untuk menyesuaikan kecerahan, geser ke bawah bar notifikasi sebanyak dua kali dan gunakan slider untuk mengatur kecerahan layar ASUS ZenFone Anda.

Tips ASUS ZenFone_1

 

Mempersingkat Screen Timeout

Untuk dapat lebih menghemat baterai Anda, Anda dapat mempersingkat Screen Timeout sehingga ASUS ZenFone Anda masuk ke mode sleep lebih cepat. Cobalah ubah waktu Screen Timeout dari default 1 menit menjadi 15 detik. Untuk mengubah Screen Timeout ini, masuk ke Settings > Display > Sleep .

Tips ASUS ZenFone_2

 

Nonaktifkan Aplikasi Yang Berjalan di Sistem

Nonaktifkan beberapa aplikasi yang secara otomatis berjalan di sistem juga merupakan solusi untuk dapat lebih menghemat baterai Anda. Untuk menonaktifkan beberapa aplikasi yang berjalan di sistem, caranya adalah masuk ke Auto-start Manager dan pilih aplikasi yang Anda ingin hentikan.

BACA JUGA :  ASUS ROG G752VS, Notebook Terkuat dengan GTX 1070

Tips ASUS ZenFone_3

 

Gunakan Smart-Saving Mode

Pada ASUS ZenFone 2, ZenFone 2 memiliki banyak mode penghematan baterai yang sangat berguna, salah satunya adalah Smart-Saving Mode. Smart-Saving Mode bekerja dengan cara mengurangi kecerahan hingga memperpanjang fitur siaga yang dapat lebih menghemat konsumsi baterai secara efisien. Untuk mengaktifkan Smart-Saving Mode ini, masuk ke Settings > Power Management > Power Saver > Battery Mode > Smart-Saving Mode.

Tips ASUS ZenFone_4

 

Gunakan Fitur Boost

ZenUI telah dilengkapi dengan fitur Boost yang berguna untuk meningkatkan kinerja ASUS ZenFone Anda hanya dengan menekan satu tombol saja. Ketika Anda menekan Boost , bukan hanya akan membuat ASUS ZenFone Anda berkinerja lebih cepat, tetapi juga dapat menghemat konsumsi baterai. Gesek ke bawah dari bar notifikasi i untuk menemukan tombol Boost.

Tips ASUS ZenFone_5

 

Matikan Layanan Location, Bluetooth & NFC

Mematikan layanan Location, Bluetooth & NFC jika Anda tidak menggunakannya, karena dapat lebih memperpanjang hidup baterai Anda. Untuk menonaktifkan layanan tersebut, geser ke bawah dari bar notifikasi dan tekan ikon Location, Bluetooth & NFC.

Tips ASUS ZenFone_6

 

Atur Jadwal Auto-Switch Mode

Anda pastinya tidak akan menggunakan smartphone Anda sepanjang waktu, maka dari itu Anda disarankan untuk mengatur jadwal Auto-Switch Mode di waktu-waktu smartphone Anda sedang tidak aktif Anda gunakan. Dengan mengatur jadwal Auto-Switch Mode, maka sistem secara otomatis akan beralih ke mode penghemat daya baterai. Untuk mengaktifkan Auto-Switch Mode, masuk ke Settings > Power Management > Power Saver > Auto-Switch Mode.

Tips ASUS ZenFone_7

 

BACA JUGA :  Resmi Hadir di Indonesia, Ini Spesifikasi dan Harga ASUS ZenFone Max Pro M2

Gunakan ASUS ZenPower

Dan yang terakhir dalam tips menghemat baterai ASUS ZenFone, Anda dapat menggunakan PowerBank milik ASUS yaitu ASUS ZenPower yang memiliki dimensi sangat kecil, sehingga dapat dengan mudah Anda bawa kemanapun.

Tips ASUS ZenFone_8

Hobinya ngoprek Android. Bahkan Android sudah dianggap seperti saudara kandungnya sendiri. Menurutnya, jika ia memakan Es Krim dengan Sandwich, Coklat KitKat dan Permen Jelly Bean adalah tindakan kanibalisme....

Advertisement

Tips & Trick

Review

Xiaomi Corner

Advertisement