DeepL Bagikan Tips Lokalisasi Pemasaran yang Hemat Biaya dan Waktu

Trenteknologi.com – Dalam era globalisasi yang semakin pesat, pasar tidak lagi terbatas pada batas-batas negara. Perusahaan-perusahaan kini memiliki kesempatan untuk menjangkau audiens internasional. Namun, untuk berhasil dalam pasar global, konsep lokalisasi dalam pemasaran menjadi sangat penting. Lokalisasi tidak hanya sebatas menerjemahkan teks atau mengganti gambar, tetapi juga memahami dan menyelaraskan pesan bisnis dengan budaya lokal.

Menurut Jarek Kutylowski, Founder dan CEO DeepL, untuk dapat beroperasi secara global, perusahaan perlu membuat konten yang multibahasa, mulai dari situs web hingga email, unggahan di media sosial, dan lainnya. Langkah ini penting untuk terhubung dengan audiens di seluruh dunia, yang pada akhirnya dapat berdampak pada pertumbuhan bisnis. Menurut hasil survei terbaru berjudul “The State of Translation and Localization 2023-2024,” hampir seluruh tenaga pemasaran dari seluruh dunia merasakan peningkatan return on investment (ROI) setelah berinvestasi pada lokalisasi materi pemasarannya.

Dalam survei tersebut, terdapat beberapa tips untuk melakukan lokalisasi pemasaran dengan lebih efisien:

  1. Optimalisasi Penerjemahan Dokumen: Langkah awal penting dalam pemasaran internasional adalah menerjemahkan dokumen. Teknologi AI dapat mempercepat proses ini sambil memastikan nuansa dan konteks lokal tetap terjaga. Penggunaan mesin penerjemah AI dapat mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk riset, memungkinkan tim pemasaran untuk fokus pada strategi dan eksekusi.
  2. Kembangkan Glosarium Khusus Industri: Setiap industri memiliki istilah dan jargon yang unik. Penggunaan istilah yang tidak tepat dapat merusak kredibilitas dan efektivitas komunikasi pemasaran. Untuk mengatasi hal ini, pengembangan glosarium yang terintegrasi dengan sistem penerjemahan AI dapat memastikan konsistensi dan akurasi terminologi.
  3. Gabungkan Kemampuan Manusia dengan AI: Mesin penerjemah tidak dapat bergerak secara sempurna tanpa sentuhan manusia. Tinjauan manusia diperlukan untuk memastikan keakuratan, nuansa, dan kreativitas konten terjemahan. Proses ini tidak hanya tentang mengoreksi kesalahan gramatikal atau leksikal, tetapi juga tentang menyesuaikan terjemahan agar sesuai dengan konteks budaya dan emosional dari target pasar.
BACA JUGA :  4 Alasan realme 12 5G adalah Smartphone Pilihan Tepat untuk Anak Muda

Dengan keterlibatan manusia dan teknologi AI, proses lokalisasi konten dapat memastikan bahwa pesan-pesan pemasaran tidak hanya akurat secara bahasa tetapi juga relevan dengan budaya dan emosi audiens lokal. Ini penting untuk membangun hubungan yang kuat dengan pasar global dan meningkatkan efektivitas pemasaran secara keseluruhan.

Total
0
Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous Post

Make It Real, Semangat Baru realme untuk Beri Pengalaman Teknologi Lebih Nyata

Next Post

OPPO Reno11 F 5G Resmi Dirilis, Tawarkan Layar Borderless dan Kamera Ultra-Clear 64MP

Related Posts
Total
0
Share